Tingkat Keamanan Biovarnish hingga Cocok untuk Tempat Tidur Bayi

Apakah Anda sedang mempersiapkan tempat tidur di kamar bayi yang akan segera lahir? Jangan lupa keamanan ruang tidur mereka harus terus menerus dijaga. Jagalah suhu ruangan untuk tetap teratur tidak terlalu lembab bahkan panas. Selain suhu ruangan, perabotan di dalamnya juga perlu dijaga keamanannya. 

Pasti Anda sudah tahu bahwa perabotan seperti tempat tidur bayi memiliki lapisan yang disebut dengan cat. Lapisan ini memiliki kandungan logam berat, yang bisa membahayakan kesehatan bayi jika Anda tidak memperhatikannya. 

Cat yang masih terus menerus masuk tahapan pengeringan mengeluarkan toxic mengandung formaldehyde. Kandungan ini tidak terlihat dan juga tidak terasa dan inilah yang membuatnya semakin berbahaya. Jadi bagi Anda para orang tua yang memilih menggunakan tempat tidur bayi dari kayu perhatikan keamanan dengan memilih cat tepat. 

Selain mengeluarkan gas yang berbahaya ke udara, tempat tidur bisa saja mengenai kulit bayi yang sangat sensitif. Ketika cat yang dipilih mengandung logam berat tinggi maka kulit bayi bisa saja mengalami iritasi. Kerusakan pada kulit terjadi akibat gesekan dengan tempat tidur terus menerus. 

Cat Apakah yang Tepat untuk Keamanan Tempat Tidur Bayi? 

Kekhawatiran masalah kesehatan anak di masa depan harus diperhatikan. Anda bisa saja membuat tempat tidur dari bahan kayu sendiri agar memiliki desain yang unik. Tetapi keamanan dan keselamatan anak tetapi harus diperhatikan melalui jenis cat yang dipilih. Nah seperti apakah cat yang tepat untuk digunakan? 

Anda bisa menggunakan produk Biovarnish yang merupakan paket lengkap dari pernis water based. Biovarnish memiliki kandungan air serta logam berat, namun untuk logam berat jumlahnya sangat dibatasi. Jumlah tersebut mengacu pada beberapa regulasi internasional. 

Seperti regulasi EPA (Environmental Protection Agency) dari Amerika dan ECHA (European Chemical Agency) di Eropa. Masing-masing dari regulasi tersebut menyatakan jumlah kandungan logam berat minimal pada pernis adalah 100 gram. Sedangkan Biovarnish hanya mengandung sejumlah 50 gram per liternya. 

Jumlah inilah yang akan mengurangi resiko pada bayi untuk terkena masalah kesehatan seperti asma, iritasi kulit, hingga penyakit dalam lainnya. Apakah Anda sudah siap untuk menggunakan produk ini? 

Segi Keamanan Tempat Tidur Bayi yang Diberikan Biovarnish

Cat yang digunakan pada tempat tidur bayi baru lahir harus diperhatikan keamanan nya. Jika Anda memilih Biovarnish maka segi keamanan dari kandungan logam berat pun akan berkurang. Tidak seperti pernis berbasis solvent yang kandungan logam bertanya  sangat tinggi. Ada beberapa kandungan logam berat yang perlu diperhatikan dan inilah yang menjadi kelebihan Biovarnish. 

Berikut ini kandungan logam berat yang rendah sehingga membuat Biovarnish aman digunakan. 

  • Formalin

Istilah ini pasti sudah tidak asing lagi, apalagi sempat menjadi geger ketika formalin digunakan dalam makanan. Bukan hanya makanan, formalin digunakan juga pada bahan finishing karena fungsinya sebagai bahan anti jamur dan rayap. Cat juga lebih mudah untuk digunakan karena kandungan formalin. Namun efeknya juga buruk bagi lingkungan khususnya bayi. 

Formalin ini ketika menguap akan berubah menjadi bahan formaldehyde yang tadi sempat disampaikan. Nah di dalam Biovarnish kandungan ini formalin sangat rendah yang dibuktikan dengan rendahnya gas amonia yang keluar. Sehingga tidak tercium aroma amonia yang menyengat ketika kaleng cat dibuka. 

  • Timbal

Selain formalin, kandungan logam berat lainnya yang cukup berbahaya adalah timbal. Fungsi timbal dalam cat adalah memberikan pigmen warna dan tingkat gloss pada pernis. Nah jika Anda menemukan pernis dengan tingkat glossy sangat tinggi artinya kandungan timbal sangat tinggi. Efeknya pada manusia adalah mengganggu tidur dan jangka panjang merusak sistem saraf. 

Kandungan timbal dalam Biovarnish sangatlah dibatasi, oleh karena itu tampilan glossy yang diberikan tidak terlalu tinggi. Biovarnish memiliki tampilan gloss maksimal yaitu 85%. 

  • Merkuri

Jika biasanya para wanita mengenal merkuri dalam kosmetik, ternyata kandungannya juga terdapat dalam cat. Fungsi dari merkuri juga memberikan pigmen jadi kandungannya yang paling tinggi adalah pada cat tembok. Namun tidak memungkiri juga jika kandungannya terdapat dalam pernis. Bahaya merkuri ini mengakibatkan gagalnya fungsi paru-paru. 

Sama seperti logam berat lainnya, Biovarnish membatasi kandungan merkuri. Sehingga warna dan tampilan glossnya tidak terlalu cerah. 

Cara Mengaplikasikan Biovarnish pada Tempat Tidur Bayi

Anda mungkin masih bertanya-tanya, jika kandungan logam berat yang mempengaruhi pigmen rendah apakah hasil finishing nantinya bisa menarik? Banyak sekali yang meragukan ini, tapi Anda akan terlihat hasil yang memuaskan langsung setelah mengaplikasikan Biovarnish. 

Warna yang terlalu mencolok justru akan membuat tampilan tempat tidur kurang menarik. Biovarnish terdiri dari tiga produk yaitu Biovarnish wood filler, wood stain dan juga clear coat yang merupakan pernis. Wood stain akan memberikan warna natural pada tempat tidur bayi jadi Anda bisa mendapatkan warna yang lebih hangat. 

Cara mengaplikasikannya pun cukup mudah. Setelah selesai membangun tempat tidur yang dibuat sendiri, finishing hanya membutuhkan kuas. Pastikan kuas yang Anda gunakan berbulu nilon dan juga air sebagai bahan pelarut. Berikut ini langkah-langkah pengaplikasikannya.

Pengamplasan Tempat Tidur

Proses mengamplas dilakukan untuk semua tempat tidur bayi bekas atau yang baru. Tujuan pengamplasan untuk menghaluskan permukaan kayu dan menghilangkan semua kotoran. Pasti masih banyak lapisan cat lama atau bekas potongan pada permukaan kayu yang belum rata. Sehingga kayu akan menjadi halus dan tidak akan melukai kulit bayi nantinya. 

Pengamplasan bisa dilakukan dengan amplas alumunium oxide nomor 180 kemudian berganti dengan nomor 220. Amplaslah dengan alat bantu balok kayu atau mesin amplas agar permukaan rata dan pekerjaan cepat selesai. Setelah pengamplasan, bersihkan semua debu dengan kain. 

Perbaikan cacat lubang kayu

Apapun jenis kayu yang Anda gunakan untuk membuat tempat tidur cacat pasti akan terlihat jelas setelah selesai mengamplas. Cacat pada kayu tersebut perlu diperbaiki dengan Biovarnish wood filler. Anda bisa memilih warna wood filler sesuai dengan warna kayu hasil warna yang diinginkan. 

Isikan semua cacat kayu dengan wood filler hingga merata. Tekan dan ratakan dengan scrape sehingga permukaan kayu lebih halus. Diamkan mengering selama 20 menit kemudian lanjutkan dengan proses pengamplasan. Kali ini mengamplas perlu kertas amplas nomor 240. Bersihkan debu amplas sesudahnya. 

Pemberian warna natural

Saatnya memberikan warna natural pada kayu dengan Biovarnish wood stain. Anda perlu memilih warna yang cocok dari 20 pilihan yang disediakan. Kemudian campurkan Biovarnish dengan air dan aduk hingga merata. Lanjutkan dengan proses penguasan, lakukan searah dengan serat kayu dan baru keringkan. 

Cukup mendiamkan tempat tidur bayi di dalam ruangan tanpa harus dijemur selama 60 menit. Baru setelah kering amplas ambang dengan amplas nomor 400. Bersihkan debu amplas kembali. 

Mengaplikasikan pernis

Pernis selalu diaplikasikan terakhir karena akan memberikan bentuk perlindungan luar. Cara mengaplikasikannya pun mudah. Cukup campurkan Biovarnish dengan air kemudian aduk hingga merata. Aplikasikan dengan kuas yang baru, dan kuaskan searah dengan serat kayu. Terakhir diamkan tempat tidur mengering selama 24 jam. 

Cari Artikel Berdasarkan Judul

——– About Biovarnish !!! ——–

Biovarnish

——– Biovarnish on Tokopedia ——–

——– Biovarnish on Bukalapak ——–

——– Biovarnish on Shopee ——–

——– BioCide on Tokopedia ——–

Anti Rayap Jamur Kayu Terbaik

——– Official Web BioIndustries ——–

Artikel "Tips Memilih Bahan Finishing"

Youtube Channel

Logo Biopaint

About Us

CAT KAYU merupakan website yang memuat artikel tentang finishing menggunakan cat plitur dan pernis kayu, perawatan, serta pencegahan furniture kayu dari kerusakan.

Biovarnish merupakan bahan finishing kayu berbahan dasar water-based acrylic dengan sistem aplikasi oles atau kuas, digunakan untuk finishing kayu interior / exterior seperti interior & eksterior furniture, wood building (gazebo, door, wall, pergola, pagar), toys and craft, yang aman dan ramah lingkungan.

Telp / WhatsApp : Klik Disini

©2015 - 2021 catkayu.com - All Right Reserved.