3 Langkah yang Benar dalam Mengecat Tempat Tidur Klasik di Rumah

Agar tempat tidur klasik atau dipan tampak lebih menarik anda perlu mengecatnya dengan benar, berikut ini cara mengecat tempat tidur klasik yang bisa anda lakukan. Saat mengecat tempat tidur klasik anda perlu menggunakan bahan finishing yang tepat. Tempat tidur dengan gaya klasik perlu pengecatan khusus untuk tetap mempertahankan tampilan klasiknya.

Langkah yang Benar dalam Mengecat Tempat Tidur Klasik di Rumah - tempat tidur klasik kayu jati

Bagi Anda yang memiliki tempat tidur bergaya klasik di rumah yang sudah mulai usang segera perbaiki dengan mengecat ulang. Jangan sampai tempat tidur Anda rusak karena rayap dan juga jamur. Gaya klasik membutuhkan proses yang khusus mengingat bisa saja memiliki umur yang sangat tua. Banyak bagian rusak yang harus diperbaiki dengan teliti agar tidak ada kerusakan berlanjut yang muncul.

Selain itu juga perbaikan yang dilakukan tidak boleh sembarangan untuk tetap mempertahankan penampilan aslinya. Nah untuk mendapatkan tampilan tempat tidur yang benar-benar natural, Anda bisa menyerahkan tugas tersebut pada cat kayu water based Biovarnish. Cat kayu Biovarnish didesain khusus untuk memperlihatkan keindahan warna kayu dan serat yang asli.

Cat kayu water based merk Biovarnish tidak hanya bagus hasilnya namun proses aplikasinya juga sangat mudah. Anda bisa mengaplikasikan cat ini hanya dengan kuas dan bahan pelarut air saja. Kecepatan keringnya akan membuat Anda melakukan refinishing hanya dalam beberapa jam saja.

Persiapan Tempat Tidur Klasik sebelum Refinishing

Sebelum memulai proses refinishing, anda butuh melakukan persiapan. Dalam persiapan ini ada beberapa hal yang dilakukan yaitu menyediakan alat dan bahan serta mempersiapkan media yang akan difinishing. Permukaan tempat tidur harus siap untuk dicat sehingga hasilnya lebih halus.

Bahan dan alat yang dibutuhkan adalah Biovarnish wood filler, wood stain dan juga clear coat. Alat yang digunakan adalah gelas plastik, kuas bulu nilon dan juga amplas. Kertas amplas yang disiapkan berbahan aluminium oxide nomor 220-400.

Langkah yang Benar dalam Mengecat Tempat Tidur Klasik di Rumah - amplas tempat tidur

Khusus untuk tempat tidur, Anda harus menghilangkan lapisan coating yang lama. Manfaatkan bahan kimia yang dapat menghilangkan cat, dan lanjutkan dengan pengamplasan. Haluskan permukaan tempat tidur dengan mesin amplas. Pilih kertas amplas grit kasar kemudian beralih ke halus.

Selesaikan proses pengamplasan terakhir dengan kertas amplas nomor 400. Bersihkan debu bekas pengamplasan dengan kain microfiber yang telah dibasahi. Semua debu akan terangkat khususnya yang menutup pori kayu.

Perbaikan Bagian Rusak Pada Tempat Tidur

Setelah digunakan dalam waktu lama maka tidak heran jika banyak bagian tempat tidur yang rusak. Anda harus melepaskan semua perangkat keras dan tandai dengan pensil bagian mana yang digunakan untuk memasang skrup. Pastikan tidak mengisi lubang tersebut dengan dempul.

Pertama cari bagian paku atau siku yang mulai lepas. Jika strukturnya sudah tidak rapat dan kuat, tambahkan paku atau gunakan lem kayu. Gunakan clamp untuk merekatkan setiap siku dan diamkan selama beberapa jam hingga benar-benar kuat.

Langkah yang Benar dalam Mengecat Tempat Tidur Klasik di Rumah 3

Sambil menunggu lem mengering, cari bagian kayu lain yang berlubang atau cacat goresan. Isilah bagian tersebut dengan Biovarnish wood filler menggunakan pisau palet. Lapisi dengan wood filler hingga permukaan menjadi rata. Diamkan kayu kering selama kurang lebih 20 menit.

Lanjutkan dengan proses pengamplasan hingga menjadi halus. Jika lubang belum tertutup sempurna, sebaiknya ulangi aplikasi. Jika sudah selesai dan permukaan merata lepaskan clamp. Pastikan sekali lagi bahwa strukturnya kembali kuat.

Proses Pengecatan Tempat Tidur dengan Biovarnish

Kini saatnya melakukan pegecatan tempat tidur. Anda bisa menggunakan kuas namun pastikan kuas yang digunakan adalah kuas bulu nilon. Hal ini penting karena kuas dengan bulu nilon tidak memiliki kemampuan meresap air berlebihan. Pilih kuas baru dan jangan gunakan kuas bekas terlebih setelah digunakan untuk cat solid.

Pelajari teknik menggunakan kuas. Pertama pegang kuas searah dengan serat kayu, kemudian tarik kuas searah serat kayu. Arah serat akan menentukan arah sapuan kuas untuk menghindari pengecatan yang tidak merata.

Memilih Wood Filler Yang Sesuai Dengan Proyek Pekerja Kayu

Kedua adalah sapukan cat dalam satu kali sapuan panjang. Sebaiknya lakukan penguasan secara bertahap, dimulai dari lapisan yang tipis dan biarkan mengering terlebih dahulu. Perhatikan hasilnya setelah kering, jika warnanya kurang meresap anda bisa mengulangi proses aplikasi warna selanjutnya.

Sebaiknya celupkan kuas ke dalam larutan sedalam ¾ bagian saja. Kemudian kurangi kelebihan cat yang terserap ke dalam bulu kuas. Pastikan Anda melarutkan cat di wadah yang berbeda. Jangan gunakan kaleng cat untuk melarutkan.

Memberikan Warna Natural

Sangat baik untuk mencoba warna yang akan Anda aplikasikan sebelum menggunakannya secara langsung. Anda bisa mengecat sedikit pada bagian kayu yang tidak terlalu terlihat dari tempat tidur. Biovarnish wood stain menyediakan 20 pilihan warna menarik yang bisa digunakan.

Langkah yang Benar dalam Mengecat Tempat Tidur Klasik di Rumah - biovarnish wood stain color swatch

Jika warna sudah dipilih, Anda bisa mengikuti langkah-langkah mengecat berikut ini:

  • Campurkan Biovarnish wood stain dengan air perbandingan 2 bahan : 1 air. Dapatkan viskositas 11-12 detik NK2.
  • Kuaskan cat dari bagian sudut dan bawah furniture kemudian merata ke seluruh bagian.
  • Tunggu lapisan mengering selama 60 menit kemudian amplas. Gunakan amplas grit 400 hingga permukaan halus. Ulangi aplikasi jika hasilnya belum sesuai dengan warna yang anda inginkan.

Biovarnish wood stain akan memberikan warna yang semakin gelap jika Anda mengaplikasikan coating hingga beberapa kali. Kuncinya, pastikan setiap lapisan coating harus tipis, merata dan juga di amplas. Pengamplasan antar lapisan coating ini berfungsi untuk membentuk ikatan dengan cat yang ada di atasnya. Dengan mengamplas juga akan menghilangkan kotoran atau brush mark yang muncul.

Menciptakan Lapisan Pelindung

Lapisan terakhir yang dibutuhkan adalah pernis kayu, dalam hal ini anda bisa menggunakan Biovarnish clear coat gloss dan matte. Anda bisa memilih tampilan manakah yang cocok untuk tempat tidur klasik di rumah. Jika memilih gloss maka Anda akan lebih mudah untuk membersihkan dan goresan akan tersamarkan dengan baik.

Langkah yang Benar dalam Mengecat Tempat Tidur Klasik di Rumah - biovarnish clear coat

Cat dan air sudah disiapkan Anda bisa mengikuti langkah aplikasinya berikut ini:

  • Campurkan Biovarnish clear coat dengan air. Gunakan perbandingan 2 bahan : 1 air kemudian aduk hingga merata. Dapatkan viskositas 11 -12 detik NK2.
  • Kuaskan cat searah dengan serat kayu. Anda bisa menggunakan langkah yang sama ketika mengaplikasikan wood stain.
  • Anda tidak perlu tipis aplikasinya namun tetap dalam ketebalan yang normal. Proses pengeringan tidak perlu dijemur.
  • Diamkan tempat tidur di dalam ruangan yang bersih dan juga kering selama 24 jam.

Perawatan Tempat Tidur Klasik agar Tahan Lama

Jika Anda ingin tempat tidur bergaya klasik tetap memiliki penampilan menarik sepanjang masa, rawatlah dengan bahan poles kayu. Biopolish Linseed Oil bisa memberikan lapisan pelindung tambahan terhadap pernis. Tidak hanya itu saja, bahan poles ini bisa memberikan tambahan perlindungan terhadap jamur.

Proses aplikasinya dapat dimulai dengan menguaskan bahan ke seluruh permukaan tempat tidur yang sudah kering. Kemudian gosok dengan kain katun yang bersih dan juga kering. Gosoklah hingga permukaan berubah menjadi lebih kering dan seperti baru.

Jangan terlalu banyak menguaskan bahan, cukup tipis saja agar hasilnya tidak lengket. Bahan poles yang diaplikasikan berlebihan justru akan memicu tumbuhnya jamur. Anda bisa mengulangi proses pemolesan setiap tiga minggu sekali.

Scroll to Top