Manakah Cat Kayu Ramah Lingkungan?

233

Jika Anda sering menemukan aroma yang menyengat dari cat atau bahan finishing maka Anda harus lebih waspada karena aroma tersbut berisi banyak sekali kandungan logam berat. Pada awalnya, Anda akan merasakan mata yang perih kemudian berubah menjadi iritasi mata, Anda juga akan merasakan sakit tenggorokan bahkan akan menimbulkan batuk. Jika gejala tersebut dirasakan berkelanjutan maka Anda harus segera memerikasakannya ke dokter. Jika tidak gajala tersebut akan berubah menjadi penyakit yang bisa mengancam nyawa Anda dan semua itu berawal dari kesalahan penggunaan produk cat.

Ketika Anda sedang mencari produk finishing bahkan jika Anda akan mencari produk furniture yang akan digunakan di dalam rumah maka Anda harus mencari produk yang tidak mengandung bahan logam berat. Mencari jenis cat kayu ramah lingkungan saat ini tidak sesulit zaman dahulu karena cat yang saat ini banyak digunakan adalah cat water based. Lalu seperti apakah jenis cat water based yang aman dan juga ramah lingkungan? Selain tidak mengandung logam berat kualitas apalagi yang dibutuhkan dalam sebuah produk cat?

Mengapa cat kayu water based lebih dianggap aman dibandingkan dengan cat solvent? Pernahkah Anda mempertanyakan hal ini dalam kepala Anda? Penggunaan cat minyak atau solvent based sudah dimulai sejak abad pertengahan bahkan hingga saat ini. Dulu manusia masih menggunakan cat solvent sebagai bahan finishing hingga pada suatu saat penelitian mengenai cat solvent pada kesehatan manusia memberikan hasil bahwa kandungan dalam cat solvent yaitu logam berat sanagt tidka dibutuhkan dalam tubuh manusia. Percobaan pun dilakukan pada berbagai jenis hewan dan memberikan hasil bahwa logam berat apda cat solvent menimbulkan penyakit kanker.

Setelah banyak penelitian mengenai cat solvent, pada tahun 1990 The Enviromental Protection Agency (EPA) di Amerika salah satu logam berat yang banyak terdapat pada cat yaitu merkuri dilarang lagi untuk digunakan. Maka setelah itu pula diciptakanlah cat water based yang tidak mengandung logam berat yang mengancam kesehatan manusia. Selain di Amerika, di Eropa juga telah dibentuk standar regulasi penggunaan bahan kimia pada cat yaitu ECHA (European Chemical Agency). Dalam standar ECHA ini penggunaan 82 jenis bahan kimia sangat dibatasi bahkan beberapa ada yang dilarang. Baik itu US EPA dan ECHA selalu memperbaharui peraturan standar penggunaan bahan kimia setiap tahunnya sehingga semua produk cat kayu ramah lingkungan pasti selalu mengikuti kedua standar regulasi tersebut.

Bahaya Logam Berat Pada Tubuh Manusia

CS Biovarnish

Pambahasan kali ini banyak mengarah pada bahaya logam berat. Sebenarnya apakah logam berat itu? Dan apakah kegunaan logam berat pada cat sehingga digunakan pada cat solvent dan apa saja yang terkandung sebagai logam berat. Logam berat adalah logam dengan densitas, beratatom atau nomor atom yang tinggi. Pada tubuh manusia logam berat tidak dibutuhkan sehingga apabila tubuh manusia terkntaminasi oleh logam berat ini maka akan berakibat fatal bahkan berujung pada kematian. Apa saja yang terkandung dalam logam berat dan bagaiamanakah fungsinya pada cat serta bahayanya pada tubuh manusia? Berikut ini beberapa jenis logam berat yang sering digunakan pada cat:

  1. Merkuri

Pasti Anda seirng sekali mendengar istilah merkuri, logam berat ini juga sering digunakan pada kosmetik dan sangat berbahaya. Jika digunakan sebagai bahan cat merkuri berfungsi untuk memberikan pigmen dan juga memberikan bahan anti jamur. Kandungan merkuri pada kosmetik akan merusak kulit sedangkan jika digunakan pada cat akan menimbulkan keracunan pada tubuh. Berbagai jenis penyakit yang bisa ditimbulkan akibat terlelu banyak menghirup kandungan merkuri adalah timbulnya kaku pada bagian tangan dan kaki, otot akan melemah, mengganggu kinerja ginjal, dan juga penurunan kemampuan otak manusia dan sanagt berbahaya bagi tumbuh kembang anak.

 

  1. Timbal/ Lead

Timbal adalah logam berta yang sering dikenal dengan istilah Pb atau Plumbum. Kandungan racunnya sangat tinggi dan terdiri dari berbagai amcam timbal. bentuknya adlaah logam dan fungsinya pada cat adlaah untuk memberikan pigmen warna-wanra cerah seperti merah, kuning, hijau,atau orange. Resiko yang akan ditimbulkan akibat terlalu banyak menghirup timbal adalah rusaknya sistem saraf otak.

 

  1. Cobalt

Kepanjangan dari cobalt adalah Co Abbreviated dan tidak berasah dari alam tetapi merupakan buatan manusia. Fungsi cobalt pada cat solvent adalah untuk memeprcepat proses pengeringan atau mempercepat bahan pelarut untuk menguap. Tetapi dibutuhkan bantuan dari panas matahari untuk mempercepat proses penguapan. Jika cobal terkena kulit akan sangat berbahaya dan bisa menimbulkan lapisan kulit ari mengelupas setrta penyakit dermatitis.

 

  1. Formaldehyde

Kandungan formaldehyde biasanya sangat mendominasi dalam cat. Formaldehyde berbentuk gas sedangkan jika berbentuk cairan disebut dengan formalin. Fungsi dari formaldehyde adalah untuk mempermudah aplikasi cat pada material seperti daya penguasan yang mudah serta akan memebntuk lapisan film yang kuat dan juga tahan lama. Formaldehyde juga akan mempermudah cat untuk mengeras dan mengering. Walaupun fungsinya sangat bagus untuk cat, formaldehyde sangat buruk untuk kesehatan manusia. Jika terlalu banyak menghirup gas ini maka akan mengganggu sistem imun tubuh. Sedangkan jika tidak sengaja terkena kulit akan menimbulkan iritasi kulit hingga penyakit luka bakar.

 

  1. Nickel

Tampilan dari nickal (Ni) adalah berwarna silver dan semburat warna emas. Fungsinya adalah untuk mencegah timbulnya karat. Nickel sangat mudah menimbulkan reaksi akan tetapi pergerakan atau perubahan akan sangat lambat pada suhu udara dan tekanan yang normal. Masalah kesehatan yang akan ditimbulkan olek nickel adalah alergi dan iritasi kulit apabila terkena kulit langsung. Kulit akan berubah menjadi merah, sendangkan jika dihirup terus menerus akan mengganggu sistem pernapasan.

 

  1. Cadmium

Cadmium yang memiliki simbol Cd adalah logam berat yang dengan kanudngan racun yang sangat tinggi. Apabila digunakan pada cat, cadmium berfungsi untuk memberikan warna kuning dan merah. Sedangkan untuk cat besi, cadmium berfungsi untuk memberikan warna silver. Jika terkena atau diserap dalam tubuh manusia maka akan mengganggu atau merusak tulang, sistem saraf pada otak, dan menyerang sistem kekebalan tubuh. Jika dihirup berkelanjutan maka akan menimbulkan gangguan sistem pernapasan akut. Bahkan tidak jarang cadmium adalah sumber utama kanker, keguguran dan gangguan pada sistem reproduksi.

 

  1. Chromium

Bahan chromium sangat sering digunakan pada cat besi karena berfungsi untuk memberikan warna silver dan mencegah timbulnya karat. Apabila Anda terlalu banyak dalam menghirup chromium maka infeksi karsinogenik. Jika terkena kulit akan menimbulkan iritasi.

Produk Cat Kayu Ramah Lingkungan Yang Bebas Logam Berat

colibri-chair-dengan-biovarnish

Jika bahaya logam berat akan Anda hindari maka saatnya Anda menggunakan cat kayu water based yang aman dan ramah lingkungan. Produk cat water based manakah yang bebas dari logam benar? Anda bisa menggunakan cat kayu water based Biovarnish yang bebas logam berat. Produksi dari cat kayu water based biovarnis sudah sesuai dengan standar regulasi ECHA dan US EPA. Bahkan untuk kanudngan VOC (Volatile Organic Compound) sudah dibawah standar yang ditentukan.

Jadi dengan produk Biovarnish Anda akan bisa mendapatkan ruangan bebas logam berat yang mengancam kesehatan.