Mau Tahu Produk Sanding Sealer Terbaik untuk Kayu Eksotis? Cek Di Sini

Memilih sanding sealer terbaik untuk kayu eksotis tidaklah sulit, anda perlu memperhatikan kualitas sanding sealer agar mampu membuat kayu eksotis lebih menarik. Anda bisa menggunakan sanding sealer Biovarnish untuk finishing natural pada kayu eksotis agar mendapatkan hasil terbaik.

Produk Sanding Sealer Terbaik Untuk Kayu Eksotis

Apa itu kayu eksotis dan bagaimana cara untuk bisa mengawetkannya. Banyak yang mengira semua kayu adalah eksotis namun sebenarnya tidak. Ada beberapa kayu yang termasuk kayu eksotis dan adapula yang tidak. Mari kita telaah dari apa itu eksotis dan bagaimana penerapannya pada jenis kayu.

Eksotis sendiri adalah sesuatu yang unik dan baru bahkan ada beberapa pula yang mengartikan bahwa eksotis adalah eksperimen alam. Itu semua memang benar adanya, dan ketika diterapkan pada jenis kayu ada banyak kayu yang memiliki keunikan masing-masing. Keunikan biasa muncul dari penampilannya.

Ya kebanyakan cara untuk mengetahui bahwa kayu itu termasuk eksotis adalah penampilannya. Banyak penampilan dari setiap jenis kayu mulai dari warna hingga bentuk seratnya. Apakah Anda pernah melihat kayu dengan warna unik dan tidak beda dari biasanya? Pastikan dulu bahwa kayu tersebut belum dicat atau merupakan warna asli kayu.

Selain itu juga kayu yang termasuk jenis eksotis bukanlah kayu buatan seperti plywood, kayu adalah kayu solid atau lumber. Anda bisa melihat warna dan juga bentuk seratnya yang berlekuk menandakan umur dari kayu tersebut.

Indonesia adalah surganya kayu eskotis, luas hutan yang besar menjadi alasan utama mengapa hampir sebagian besar kayu eksotis berasal dari Indonesia. Di Indonesia sendiri ada puluhan jenis kayu yang termasuk kayu eskotis dan tidak, masing-masing kayu memiliki kekuatan kelas kuat dan kelas keawetan yang berbeada.

Keawetan dan Kekuatan Kayu

Untuk masalah kelas keawetan dan kekuatan kayu eskotis pemerintah mengklasifikasikannya menjadi kelas I, II, III dan IV. Semakin baik maka akan mendapatkan peringkat kelas I, namun tingkat keawetan dan kekuatan tersebut semakin baik juga harga kayu akan semakin mahal. Persiapkan uang sebanyak mungkin untuk mendapatkan kayu tersebut.

Penampilan dari kayu eksotis memang sangat menarik, bagaimana dengan cara merawatnya? Kayu ini tentunya harus diberikan lapisan cat, namun bukan sembarangan cat kayu. Memperlihatkan warna eksotis dari kayu artinya Anda harus memberikan cat warna transparan, cat warna transparan sebagai cat dasar adalah sanding sealer.

Apakah produk sanding sealer kayu terbaik dan bagaimana cara menggunakannya? Anda akan menemukan jawabannya dalam artikel ini.

Jenis-Jenis Kayu Eksotis

Sebelum membeli kayu eksotis, pelajari dulu apakah jenis-jenis kayu yang termasuk kayu eskotis. Coba pilih dari jenis kayu eksotis berikut ini:

1. Mahoni

Kayu mahoni termasuk jenis kayu eksotis, alasannya adalah kayu ini memiliki warna kemerahan dan tidak dimiliki oleh jenis kayu lainnya.

Kualitas dari kayu mahoni sendiri cukup baik dan memiliki bentuk serat yang indah. Serat kayu mahoni adalah serat lurus dan akan memberikan penampilan pada proyek apapun yang akan dibuat. Baik itu kursi, meja, lemari semuanya akan menjad indah jika menggunakan kayu mahoni. Kayu mahoni banyak ditemukan di pulau Jawa dan Sumatera

2. Sonokeling

Kayu sonokeling adalah kayu yang berasal dari Indonesia, kayu ini akan memberikan hasil yang menarik pada sebuah furniture. Warnanya yang hitam dan memilik serat kayu terlihat seperti belang zebra ini sangat memikat. Tidak ada jenis kayu lain yang menandingi keindahan lekuk serat kayu sonokeling.

Kayu ini memiliki kekuatan yang sangat baik dan keras. Butuh usaha keras dalam pengolahannya. Harganya cukup mahal mengingat kayu ini sudah mulai jarang ditemukan.

3. Jarrah

Kayu ini memang bukan berasal dari Indonesia namun berasal dari Australian selatan. Jenis kayu Jarrah terkenal akan warnanya yang merah kehitaman hampir mirip dengan warna kayu mahoni namun sisi gelap lebaih terlihat.

Kayu jarrah memiliki serat kayu yang unik dan tidak lurus beraturan. Kayu ini mahal karena berasal dari Australia.

4. Ebony

Produk Sanding Sealer Terbaik untuk Kayu Eksotis

Banyak yang mengenal kayu ebony, kayu ini berasal dari Kamboja dan memberikan tampilan hitam mirip dengan kayu sonokeling. Hanya saja untuk seratnya kayu emoby lebih tampak keemasan. Alur serat yang menarik bisa Anda dapatkan dan cocok digunakan sebagai material furniture apapun. Kebanyakan kayu ebony digunakan pada proyek burukuran kecil karena harganya yang sangat mahal.

5. Pisatachio

Kayu ini berasal dari Amerika dan memiliki harga yang sangat mahal. kayu ini sangat langka namun memiliki penampilan yang sangat indah. Ada tiga warna yang terdapat dalam satu jenis kayu ini. Warna yang pertama berasal dari kayu gubal warna kekuningan, warna kayu terasnya adalah cokelat muda dan paling unik bentuk seratnya memperlihatkan warna kehitaman sehingga terdapat tiga warna yang terlihat.

Cara Finishing Sanding Sealer Pada Kayu Eksotis

Mengenal kayu eksotis maka akan semakin tinggi keinginan untuk memperlihatkan. Tidak ada kayu eksotis yang akan dicat menggunakan lapisan cat warna solid. Justru banyak pernis dan plitur yang digunakan. Namun tidak hanya itu saja kayu eskotis membutuhkan perlindungan dari sanding sealer.

Produk sanding sealer adalah produk yang digunakan sebagai cat dasar kayu dan cat yang memperkuat lapisan di atasnya. Jika kamu ingin memperlihatkan serat dan warna kayu eskotis maka gunakan lapisan finishing dari sanding sealer kemudian top coat.

Cat Pelapis Kayu Biovarnish Sanding Sealer

Gunakan produk yang berasal dari Biovarnish. Baik sanding sealer dan juga top coat Biovarnish merupakan bahan finishing berstandar internasional karena masalah keamanannya yang baik. Keamanan dari cat Biovarnish meliputi kandungan toxic rendah serta tambahan proses aplikasi yang mudah.

Langkah Membuat Tampilan Furniture Tampak Eksotis

Produk Sanding Sealer Terbaik untuk Kayu Eksotis

  1. Amplas seluruh permukaan kayu eksotis dengan amplas kasar. Ini akan membantu untuk mendapatkan hasil finishing yang halus dan juga rata. Hilangkan debu amplas jika sekiranya permukaan sudah halus dan rata.
  2. Campurkan Biovarnish Sanding Sealer dengan air menggunakan perbandingan 2 bahan : 1 air dan aduk rata. Tuangkan ke spray gun kemudian mulai semprotkan secara merata. Kamu bisa menunggu lapisan cat mengering selama 60 menit.
  3. Lanjutkan dengan pengamplasan yang dilakukan secara ambang ke seluruh permukaan kayu eskotis. Gunakan amplas 400 agar tidak merusak lapisan sanding sealer, bersihkan debu amplas kembali.
  4. Lapisan akhir adalah Biovarnish Clear Coat matte untuk mendapatkan tampilan natural. Campurkan Clear Coat matte dengan air ke dalam gelas pencampur. Tambahkan air setangah dari takaran cat. Aduk merata kemudian semprotkan ke seluruh permukaan kayu eksotis. Tunggu kering selama 24 jam sebelum kayu digunakan.
Top Coating Kayu Clear Coat Water Based

Clear Coat matte digunakan untuk menghindari hasil gloss yang akan menurunkan tampilan eksotis dari kayu. Bagi Anda yang ingin mendapatkan hasil yang halus pastikan terlebih dahulu jika furniture sudah dilakukan pengamplasan dengan benar. Mengamplas adalah tugas yang penting.

Biovarnish Sanding Sealer adalah produk terbaik untuk kayu, selain warna transparan yang bisa bertahan lama, cat juga akan melindungi kayu eksotis dari panas, hujan serta perubahannya. Jika menggunakan kayu eskotis yang mahal dan keras Anda bisa menggunakannya sebagai furnitur outdoor asalkan telah dilapisi dengan Biovarnish Sanding Sealer terlebih dahulu.

Cari Artikel Berdasarkan Judul

——– About Biovarnish !!! ——–

——– Biovarnish on Tokopedia ——–

——– Biovarnish on Bukalapak ——–

——– Biovarnish on Shopee ——–

——– BioCide on Tokopedia ——–

Anti Rayap Jamur Kayu Terbaik

——– Official Web BioIndustries ——–

Artikel "Finishing Kayu"

Youtube Channel

Logo Biopaint

About Us

catkayu.com merupakan website yang memuat artikel – artikel tentang finishing menggunakan cat kayu, perawatan, dan pencegahan furniture kayu dari kerusakan.

Biovarnish merupakan bahan finishing kayu berbahan dasar water-based acrylic dengan sistem aplikasi oles atau kuas, digunakan untuk finishing kayu interior / exterior seperti interior & eksterior furniture, wood building (gazebo, door, wall, pergola, pagar), toys and craft, yang aman dan ramah lingkungan.

Telp / WhatsApp : Klik Disini

©2015 - 2021 Cat Kayu - by DH

catkayu.com