Cukup 3 Langkah, Ini Cara Menggunakan Sanding Sealer Kayu yang Benar

Penting untuk mengetahui cara menggunakan sanding sealer kayu, cara menggunakan sanding sealer kayu harus anda lakukan dengan benar agar hasil finishing lebih optimal. Anda bisa mendapatkan hasil finishing yang lebih berkualitas jika menggunakan sanding sealer dengan cara yang benar.

Tahukah Anda apa itu sanding sealer? Kapan cara menggunakannya yang tepat dan bagaimana cara menggunakannya dengan benar? Jika Anda adalah penghobi kayu pasti sudah mengenal betul apa itu sanding sealer. Bahkan para pengrajin kayu selalu memasukan sanding sealer sebagai daftar utama bahan finishing yang harus dibeli. Tanpa adanya sanding sealer finishing tidak akan sempurna.

Mengenal Sanding Sealer

Jadi apa itu sanding sealer sendiri? Sanding sealer adalah cairan cat yang berfungsi sebagai cat dasar kayu dan sebagai lapisan antar cat. Fungsinya yang begitu jelas ini membuat sanding sealer harus berwarna bening sehingga warna kayu dan lapisan cat di atasnya tidak terpengaruh. Satu lagi yang harus diketahui, sanding sealer adalah bahan cat yang digunakan untuk hasil finishing natural.

Sanding Sealer Berkualitas Untuk Semua Jenis Kayu

Selama ini jenis sanding sealer kayu yang banyak dikenal adalah sanding sealer yang terbuat dari bahan solvent. Resin yang digunakan menggunakan solvent sehingga untuk cara menbgaplikasikannya membutuhkan thinner sebagai bahan pelarut atau pengencernya.

Namun semakin tahun bahaya akan penggunaan sanding sealer solvent makin disadari di kalangan masyarakat. Sanding sealer yang terbuat dari solvent melibatkan sejumlah bahan kimia berbahaya seperti timbal dan formalin. Pada saat selesai diaplikasikan bahan kimia berbahaya tersebut akan menguap dan menjadi polusi di udara.

Tentu saja udara yang sudah tercemar secara tidak disadari di hirup oleh manusia setiap harinya. Inilah yang membahayakan bagi pekerja finishing di pabrik-pabrik besar dan juga pengguna furniture di rumah.

Akhirnya karena masalah polusi dan membahayakan tersebut, sanding sealer water based pun muncul. Sanding sealer ini digunakan untuk menggantikan sanding sealer solvent yang selama ini ternyata berbahaya. Namun karena penggunaan sanding sealer solvent yang sudah terlalu lama, penggunaannya hingga kini masih banyak. Para pengrajin sebagian belum mau berpindah menggunakan sanding sealer water based.

Cat Water Based Vs Solvent Based

Banyak alasan yang dijadikan mereka untuk tidak beralih, namun karena tuntutan beberapa furniture yang akan diekspor ke luar negeri harus menggunakan cat water based mau tidak mau mereka harus berpindah menggunakan sanding sealer kayu water based.

Tidak ada ruginya menggunakan sanding sealer water based karena banyak manfaat yang juga akan di dapatkan melebihi sanding sealer solvent. Inilah produk yang seharusnya digunakan saat ini mengingat level keamanannya cukup baik dan merupakan sanding sealer yang benar untuk digunakan.

Merk Sanding Sealer yang Berkualitas

Jika sanding sealer water based adalah pilihan utama, kini saatnya Anda memilih mana merk yang terbaik sebelum menggunakannya. Memilih merk yang baik tentu saja sering membuat bingung karena di Indonesia kini sudah banyak sekali sanding sealer water based yang beredar.

Namun sebaiknya Anda menggunakan Biovarnish Sanding Sealer yang merupakan produk water based pertama yang ada di Indonesia. Sebagai produk sanding sealer,, ada banyak keunggulan yang didapatkan dibandingkan dengan sanding sealer yang lainnya.

Kapan Saatnya Menggunakan Sanding Sealer Kayu dengan Benar?

Berikut ini apa saja kelebihan yang di dapatkan ketika menggunakan sanding sealer water based Biovarnish:

Kecepatan kering lebih baik

Siapa yang tidak ingin melakukan proses finishing dengan cepat? Banyaknya proyek finishing yang harus diselesaikan membuat kecepatan bahan finishing untuk kering sangat diperlukan. Sanding Sealer Biovarnish hadir dengan kecepatan kering yang luar biasa. Tanpa dijemur dan hanya diletakan dalam ruangan kering berventilasi udara yang baik maka Anda hanya perlu menunggu kering sekitar 60 menit saja. Setelah 60 menit dan lapisan sanding sealer mengering pengamplasan akan lebih mudah dilakukan.

Pengamplasan yang ringan

Salah satu masalah yang sering ditemui dalam aplikasi sanding sealer adalah lapsan cat yang diamplas terasa berat. Tidak hanya itu saja cat yang sudah kering cenderung mengelupas karena lapisan tidak melekat dengan baik hingga akhirnya mengalam pengelupasan setelah proses pengamplasan. Hal ini tidak akan terjadi jika Anda menggunakan Sanding Sealer water based Biovarnish. Lapisan telah melekat dengan baik pada pori kayu sehingga membentuk ikatan yang kuat. Menyebabkan proses pengamplasan bisa dilakukan dengan mudah dan cepat.

Tidak menimbulkan bau menyengat

Beberapa lapisan cat water based lain masih menimbulkan aroma yang menyengat. Aroma menyengat ini timbul karena lapisan sanding sealer yang dibuat masih mengandung banyak formalin. Berbeda dengan Biovarnish merk ini telah mengikuti aturan dari regulasi luar negeri terkait dengan bahan kimia yang digunakan. kandungan formalinnya hanya di bawah 50 gram per liternya sehingga tidak mengancam kesehatan bahkan menimbulkan bau yang menyengat.

Memiliki tampilan transparan tinggi

Kapan Saatnya Menggunakan Sanding Sealer Kayu dengan Benar?

Formalin tidak hanya menimbulkan efek bau namun juga pada hasil tampilan furniture. Hasil transparan adalah hasil yang dibutuhakn dan juga diinginkan. Karena Biovarnish kandungan formalinnya sangat rendah maka sifat transparan yang dihasilkan sangat tinggi. Anda tidak perlu khawatir akan adanya perubahan warna yang dihasilkan dari penggunaan cat kayu Biovarnish ini.

Tingkat kelenturan dan daya sebarnya tinggi

Ketika Anda menggunakan bahan cat maka harus dapat menyesuaikan dengan perubahan bentuk dari materialnya. Kayu adalah material yang mudah menyusut dan juga memuai karena perbahan cuaca sehingga lapisan cat harus bisa mengikutinya dengan baik. Sama seperti Sanding Sealer Biovarnish. Sifatnya yang lentur akan mengikuti perubahan bentuk dari kayu. Bahkan daya sebarnya yang luas akan membuat Anda hemat dalam menggunakan bahan finishing.

Cara Aplikasi Sanding Sealer Kayu yang Benar

Anda sudah mendapatkan bahan cat yang tepat kini saatnya Anda mengetahui bagaimana dan kapan saat yang tepat untuk mengaplikasikan sanding sealer? Berikut ini beberapa langkah dan produk yang perlu anda aplikasikan:

1. Lakukan Persiapan

Pertama untuk hasil yang halus dan rata Anda harus melakukan pengamplasan pada susbtrat kayu. Debu pengamplasan atau debu lain yang termasuk dalam kotoran harus dibersihkan. Permukaan kayu yang kotor dapat dibersihkan dengan kain lap.

2. Gunakan Wood Filler

Sudahkah Lantai Kayu Anda Menggunakan Biovarnish Sanding Sealer - Wood Filler Aplikasi

Kedua adalah jika ingin hasil finishing pori kayu tertutup maka lapisi permukaan kayu dengan Biovarnish Wood filler terlebih dahulu. Pastikan wood filler adalah jenis water based yang kompatibel digunakan sebelum sanding sealer. Lapisan ini akan memperkuat dasaran dan juga menutup pori kayu sehingga sanding sealer akan memperkuat dasaran dari lapisan cat.

3. Aplikasikan Sanding Sealer

Cat Pelapis Kayu Biovarnish Sanding Sealer

Ketiga adalah aplikasi sanding sealer bisa dilakukan sebagai cat dasar dan juga sebagai cat antara lapisan Biovarnish Clear Coat dan juga Biovarnish Liquid Stain. Lakukan pengenceran terlebih dahulu menggunakan air bersih dengan perbandingan 2:1. Aduk hingga merata kemudian aplikasikan menggunakan spray ataupun kuas ke seluruh permukaan kayu.

Setelah mengering, anda bisa melanjutkan aplikasi dengan menggunakan Biovarnish Clear Coat atau melakukan pewarnaan dengan Biovarnish Liquid Stain. Sanding sealer pada dasarnya memiliki fungsi sebagai cat dasar namun kelebihannya dapat digunakan di antara lapisan cat. Kegunaannya adalah untuk memperkuat antar lapisan cat dan menjadi perekat yang baik.

Anda bisa menggunakannya sebagai cat yang digunakan antar lapisan cat lainnya. Yang terpenting adalah lakukan pengamplasan sebelum dan sesudah mengaplikasikan Sanding Sealer Biovarnish. Hasilnya lapisan cat pada kayu akan lebih kuat dan juga lebih tahan terhadap perubahan cuaca.

Sanding Sealer Biovarnish dirancang untuk dapat digunakan pada furniture luar ruangan sehingga jika Anda ingin menggunakannya pada garden furniture dan material turunan kayu lainnya sangat baik.

Cari Artikel Berdasarkan Judul

——– About Biovarnish !!! ——–

——– Biovarnish on Tokopedia ——–

——– BioCide on Tokopedia ——–

——– Bioindustries on Tokopedia ——–

——– BioPolish on Bukalapak ——–

——– Official Web BioIndustries ——–

Artikel "Finishing Kayu"

Youtube Channel

Channel youtube Bio Paint kami berisi konten tutorial finishing dan produk unggulan Bio.

About Us

catkayu.com merupakan website yang memuat artikel – artikel tentang finishing menggunakan cat kayu, perawatan, dan pencegahan furniture kayu dari kerusakan.

Biovarnish merupakan bahan finishing kayu berbahan dasar water-based acrylic dengan sistem aplikasi oles atau kuas, digunakan untuk finishing kayu interior / exterior seperti interior & eksterior furniture, wood building (gazebo, door, wall, pergola, pagar), toys and craft, yang aman dan ramah lingkungan.

Telp / WhatsApp : Klik Disini

©2015 - 2021 Cat Kayu - by DH

CAT KAYU