Tips Menghaluskan Tekstur Rak Bunga Kayu dengan Produk Biovarnish

Menghaluskan tekstur rak bunga kayu bukan hal yang sulit, anda bisa membuat tekstur rak bunga kayu menjadi halus dengan sanding sealer. Penggunaan sanding sealer dapat membantu anda mendapatkan tekstur rak bunga kayu yang halus dengan mudah.

Menghaluskan Tekstur Rak Kayu

Memiliki rak bunga kayu tentu sangat menarik, secara tampilan rak ini dapat membantu menambah estetika ruangan. Selain dari segi tampilan, secara fungsional rak ini juga sangat membantu anda untuk menata bunga maupun tanama hias lainnya.

Rak bunga kayu juga banyak digunakan karena bisa memberikan tampilan natural yang menarik. Model rak bunga kayu natural memang masih memiliki banyak penggemar hingga saat ini. Selain dari segi tampilannya, rak bunga kayu akan lebih menarik jika permukaannya halus dan rata.

Anda bisa menghaluskan tekstur rak bunga kayu dengan menggunakan bahan finishing yang tepat. Tentu saja dibantu dengan cara finishing yang tepat. Untuk mendapatkan tekstur halus pada rak bunga kayu, anda bisa menyimak tipsnya pada artikel berikut ini.

Langkah Finishing Rak Bunga Kayu

Salah satu hal penting yang mempengaruhi hasil finishing halus pada rak bunga kayu ada pada proses finishing yang anda lakukan. Untuk mendapatkan hasil finishing natural dengan serat kayu yang masih terlihat, anda perlu menggunakan bahan finishing yang tepat.

Berikut ini langkah finishing yang tepat untuk rak bunga kayu yang bisa anda ikuti:

>> Lakukan Persiapan

Persiapan yang bisa anda lakukan sama seperti proses finishing media atau furniture lainnya. Penting untuk selalu melakukan pengamplasan sebelum memulai proses aplikasi cat. Anda bisa menggunakan amplas kasar seperti amplas 240 lalu lanjutkan dengan amplas 320 atau 400 untuk menghaluskan permukaan media. Jangan lupa untuk selalu membersihkan debu sisa pengamplasan ini.

>> Aplikasikan Sanding Sealer

Setelah pengamplasan, anda bisa melanjutkan dengan tahap aplikasi. Untuk mendapatkan hasil finishing open pore, anda bisa mengaplikasikan sanding sealer. Encerkan sanding sealer sesuai dengan petunjuk yang tersedia pada kemasan.  Lalu aplikasikan hingga merata pada seluruh permukaan rak bunga kayu. Tunggu hingga mengering lalu anda bisa melanjutkan dengan proses pewarnaan.

Sudahkah Lantai Kayu Anda Menggunakan Biovarnish Sanding Sealer - biovarnish

Penggunaan sanding sealer sangat penting untuk menghaluskan tekstur rak bunga kayu. Sanding sealer dapat digunakan untuk mengisi pori kayu sehingga pori rak bunga kayu dapat terisi sempurna. Selain itu, sanding sealer berfungsi untuk memotong bulu kayu dan menahannya agar tidak mudah muncul lagi. Hal ini akan membuat tekstur rak bunga kayu menjadi lebih halus.

>> Warnai dengan Liquid Stain

Tahap selanjutnya, anda bisa melakukan pewarnaan pada rak bunga kayu dengan menggunakan Liquid Stain Biovarnish. Anda bisa memilih warna Liquid Stain sesuai dengan keinginan dan kebutuhan anda.

Kayu Cedar : Pengolahan hingga Cara Finishingnya yang Mudah

Encerkan sesuai takaran yang tersedia, lalu aplikasikan dengan hingga merata menggunakan kuas maupun alat spray. Tunggu kering sempurna lalu amplas ambang, anda bisa mengulangi tahap ini jika diperlukan.

>> Aplikasikan Lapisan Clear Coat

Untuk menutup proses finishing, anda bisa mengaplikasikan clear coat. Lapisan clear coat ini bisa anda aplikasikan untuk membuat lapisan film yang menjaga lapisan sanding sealer dan wood stain yang telah anda aplikasikan. Tunggu lapisan clear coat mengering sempurna sampai 24 jam agar rak bunga kayu bisa anda gunakan.

Sanding Sealer untuk Menghaluskan Tekstur Rak Bunga Kayu

Melihat dari fungsinya, sangat penting untuk anda menggunakan sanding sealer untuk menghaluskan tekstur rak bunga kayu. Memiliki rak bunga kayu dengan permukaan bertekstur halus akan membuat anda lebih nyaman dan aman menggunakan rak bunga kayu.

Menghaluskan Tekstur Rak Kayu

Untuk mendapatkan hasil finishing rak bunga kayu dengan tekstur yang halus, anda perlu menggunakan sanding sealer yang berkualitas. Secara umum, terdapat dua jenis sanding sealer yang bisa anda gunakan yaitu sanding sealer solvent based dan sanding sealer water based. Namun, untuk mendapat hasil finishing yang lebih berkualitas sebaiknya anda menggunakan sanding sealer water based.

Seperti layaknya aplikasi cat solvent based, penggunaan sanding sealer solvent based juga perlu menggunakan thinner sebagai bahan pelarutnya. Bahan ini juga yang akan menyebabkan bau menyengat saat anda mengaplikasikannya. Selain itu, hasil finishing dari sanding sealer solvent based juga dapat menguning di kemudian hari. Hal ini karena masih adanya campuran penggunaan shellac pada bahan yang digunakan.

Tentu saja hasil yang berbeda akan anda dapatkan saat mengaplikasikan sanding sealer water based. Selain proses aplikasinya lebih aman, anda juga akan lebih nyaman saat melakukan finishing serta menggunakan hasil finishing. Terdapat merk sanding sealer water based terbaik yang dapat anda gunakan, yaitu Biovarnish.

Mengenal Biovarnish Sanding Sealer

Biovarnish Sanding Sealer adalah bahan finishing yang akan mempermudah anda memperoleh tampilan finishing natural. Produk ini dapat anda gunakan sebagai lapisan base coat sekaligus untuk menutup pori kayu. Selain itu juga dapat anda gunakan sebagai lapisan intermediate yang akan membantu mengikat lapisan filler maupun stain.

finishing metode spray

Anda dapat menggunakan Biovarnish Sanding Sealer saat akan melakukan finishing natural close pore maupun open pore. Cara aplikasi produk ini tentu sangat mudah dan cepat, anda hanya perlu mengencerkannya dengan air kemudian bisa langsung anda aplikasikan. Kuas maupun alat spray bisa anda gunakan untuk mengaplikasikan Sanding Sealer dari Biovarnish.

Biovarnish Sanding Sealer sudah terbukti aman dan ramah lingkungan untuk digunakan. Telah diformulasikan sesuai dengan standar keamanan bahan kimia internasional. Produk ini sudah mengantongi sertifikat kemanan bahan kimia sesuai regulasi US-EPA dan ECHA. Sehingga anda tidak perlu khawatir saat akan mengaplikasikan sanding sealer untuk finishing rak bunga kayu di dalam rumah.

Tidak akan ada bau menyengat saat anda mengaplikasikan Biovarnish Sanding Sealer. Aktifitas finishing yang anda lakukan juga jadi lebih nyaman karena dapat anda lakukan dimana saja dan kapan saja. Anda juga tidak membutuhkan waktu lama saat melakukan finishing dengan sanding sealer. Lapisan sanding sealer akan mengering sempurna kurang lebih 60 menit setelah anda aplikasikan.

Keunggulan Biovarnish Sanding Sealer dalam Menghaluskan Tekstur Kayu

Menggunakan Sanding Sealer dari Biovarnish dapat sangat membantu berbagai kebutuhan finishing anda. Termasuk saat anda ingin melakukan finishing pada rak bunga kayu di rumah. Untuk mengetahui lebih lanjut berbagai keuntungan yang bisa anda dapatkan saat melakukan finishing dengan produk ini, anada perlu mengetahui keunggulan Biovarnish Sanding Sealer.

Sudahkah Lantai Kayu Anda Menggunakan Biovarnish Sanding Sealer - aplikasi sanding sealer

Beberapa keunggulan Biovarnish Sanding Sealer untuk finishing rak bunga kayu diantaranya adalah:

>> Aman dan ramah lingkungan

>> Aplikasi fleksibel, bisa dikuas dan disemprot

>> Mudah rata (self leveling)

>> Tidak meleleh (no sagging)

>> Cepat kering

>> Mudah diamplas

>> Mampu menutup pori dan mengunci warna

>> Membantu meningkatkan tingkat glossy

>> Dapat meningkatkan daya tahan terhadap cuaca

Dengan berbagai keunggulan ini, produk Biovarnish Sanding Sealer dapat anda gunakan untuk finishing natural pad arak bunga kayu kesayangan anda. Selain itu, anda juga dapat menggunakan Sanding Sealer water based dari Biovarnish untuk kebutuhan finishing berbagai furniture lainnya. Produk ini juga dapat anda gunakan untuk finishing furniture outdoor maupun indoor.