Cara Aplikasi Sanding Sealer Indoor Pada Kayu Ramin

Sering bingung dengan cara aplikasi sanding sealer pada kayu? Sebenarnya apa sih fungsi dari sanding sealer untuk kayu dan apa saja kelebihan kayu ramin? Mengapa banyak yang menggunakan kayu ramin dan bagaimana dengan finishingnya yang tepat? Jika Anda masih bingung dan melakukan percobaan maka artikel ini akan membantu Anda untuk mendapatkan hasil finishing yang tepat pada material kayu ramin.

Kayu ramin adalah salah satu jenis kayu yang paling mudah ditemukan di Indonesia. Karena keunggulannya pemerintahpun membudidayakan kayu ramin agar tidak habis karena penggunaannya yang penting.

Keunggulan dari kayu ramin adalah banyaknya hasil yang bisa digunakan. Pengolahannya pun bervariasi mulai dari pembuatan kayu lapis atau plywood, veneer hingga furniture dan juga bahan bangunan. Kayu ini banyak diminati karena penampilannya yang cukup menarik. Pada saat menjadi pohon kayu ramin bisa tumbuh hingga mencapai 45 meter dengan diamter 60 cm lebih.

Ukuran pohon yang cukup besar membuat kayu yang dihasilkan pun tebal mudah untuk diolah menjadi apa saja. Pertumbuhan dari pohon ramin yang cukup cepat membuat pohon ini akan mudah dipanen sehingga menjaga ketersediaan untuk tetap banyak pun bukan suatu hal yang sulit. Kebanyakan tempat pembudidayaan kayu ramin berada di Pulau jawa.

Bagi Anda yang ingin menggunakan kayu ramin sebagai proyek utama maka tidak perlu mengeluarkan banyak uang karena harga yang didapatkan dari kayu ini cukup murah. Bagaimana Anda bisa memilih kayu ramin yang berkualitas?

Berikut ini beberapa ciri kayu ramin yang berkualitas agar tidak salah pilih nantinya.

  1. Warna kayu

Kayu ramin memiliki warna keseluruhan cenderung kekuningan. Ketika kayu dipanen maka pada bagian kulit kayu akan mengelupas dan menimbulkan warna di bawah kulit adalah cokelat adapula yang abu-abu kemerahan. Namun seiring waktu ditambah dengan proses penyimpanan yang benar serta proses pengeringan yang maksimal maka warna kayu akan berubah menjadi warna kuning. Jangan pilih kayu ramin yang memiliki warna putih artinya kayu tersebut tidak memiliki kelebihan atau tidak memiliki keunggulan.

  1. Melihat dari permukaannya

Kayu ramin adalah jenis kayu yang memiliki kekuatan kelas II namun kelas keawetan cukup baik yakni kelas II. Jika Anda ingin menggunakannya sebagai furniture indoor maka akan cukup tahan lama. Nah untuk menilai kelas kayu yang baik Anda bisa meraba pada bagian permukaannya. Bagian permukaan kayu ramin akan terasa halus dan merata. Sedikit terasa licin dan tampilan mengkilap seperti kayu jati akan didapatkan hanya dengan warna yang lebih terang.

  1. Tingkat kelembaban kayu

Ini paling sulit namun sangat penting yakni mengenai kelembaban kayu. Kayu ramin yang berkualitas akan dikeringkan menjadi kelebaban 12%. Jika kelembaban tidak sesuai standar tersebut maka kayu memiliki resiko berjamur setelah difinishing dan juga mudah pecah pada saat diolah atau dipotong. Anda perlu memilih kayu ramin yang dijamin oleh penjualnya dan beberapa toko akan menawarkan garansi. Pastikan Anda mendapatkan keseriusan penjual dan kejujuran penjual mengenai masalah kelembaban.

  1. Ketebalan kayu
Cara Aplikasi Sanding Sealer Indoor Pada Kayu Ramin

Seperti yang dijelaskan di atas bahwa kayu ramin yang berkualitas adalah kayu yang tebal karena pohon kayu ramin akan tumbuh besar. Jika Anda tidak mendapatkan kayu dengan ketebalan lebih dari 4 cm. Penyusutan dari kayu ramin yang kecil pada saat pengeringan berlangsung membuat untung para penjual kayu ini karena tidak banyak kayu yang terbuang karena tingkat susut yang kecil. Pastikan Anda selalu mendapatkan kayu dengan ketebalan yang tepat.

Melihat bagamana Anda mendapatkan kayu ramin yang berkualitas tidak terlepas dari bagaimana Anda akan melakukan pengecatan dengan bahan cat yang berkualitas. Ada banyak sekali jenis cat kayu yang akan Anda pilih dan manakah yang sesuai untuk finishing kayu ramin?

Cara Finishing Kayu Ramin dengan Tepat

Bagaimana cara Anda mendapatkan finishing kayu ramin yang tepat? Apabila Anda belum mendapatkan hasil finishing yang tepat tidak masalah karena warna kayu ramin yang cukup sulit untuk didapatkan transparansi yang tepat. Ada dua pilihan yang bisa didapatkan yakni aplikasi dengan wood stain atau hanya sanding sealer.

Apabila Anda ingin aplikasi wood stain maka mendapatkan warna wood stain yang sama atau mirip dengan warna kayu ramin akan sangat sulit. Tidak semua jenis wood stain memiliki warna yang dibutuhkan oleh kayu ramin. Sebaliknya jika Anda menggunakan sanding sealer maka Anda akan mendapatkan hasil yang maksimal.

Kayu ramin yang akan menarik jika digunakan di dalam ruangan membutuhkan sanding sealer indoor yang bekerja memberikan perlindungan dan transparansi yang tahan lama. Sanding sealer yang direkomendasikan di sini adalah BioColours. Produk ini adalah cat water based yang akan memberikan transparansi terbaik tanpa melupakan perlindungan yang maksimal.

Sebagai furniture indoor, kayu ramin tetap membutuhkan perlindungan untuk menghalangi kelembaban merusak substrat kayu tanpa disadari. Nah cara sanding kayu indoor pun cukup mudah Anda tidak perlu lagi menggunakan kuas atau roll karena semua aplikasinya adalah dengan alat semprot.

Hasil yang maksimal dari kayu ramin tergantung dengan persiapan yang dilakukan. Anda perlu mengamplas seluruh permukaan kayu hingga mendapatkan hasil yang rata dan juga halus. Selanjutnya adalah menghilangkan debu amplas dengan kain lap yang halus dan juga bersih.

Cara Aplikasi Sanding Sealer Indoor Pada Kayu Ramin

Cara aplikasi BiColours sanding sealer indoor bisa dimulai dengan pencampurannya menggunakan air. Gunakan perbandingan 2 bahan : 1 air dan aduk hingga rata di dalam wadah pencampur. Aduk rata dan tuangkan ke dalam tabung spray kemudian mulai aplikasikan ke seluruh permukaan kayu kamper.

Agar aplikasi berhasil lakukan dari atas ke bawah kemudian dari kiri ke kanan, maka seluruh partikel cat akan masuk dan merata ke dalam kayu kamper. Anda bisa juga menggantung kayu kamper sehingga proses aplikasi bisa tegak dan cepat selesai.

Tunggu sanding sealer indoor mengering setelah proses pengecatan selesai. Proses kering akan membutuhkan waktu selama 60 menit dan Anda bisa melanjutkan dengan proses pengamplasan. Lakukan pengamplasan secara ambang dan lakukan merata, hilangkan debu amplas sebelum proses aplikasi selanjutnya.

Untuk mendapatkan hasil warna transparan dari kayu ramin maka lapisan akhir bisa langsung menggunakan top coat. Anda bisa juga menggunakan BioColours top coat baik itu gloss atau matte sesuai kebutuhan. cara aplikasi dan jumlah campuran dengan air sama ketika Anda mengaplikasikan sanding sealer.

Hanya saja proses kering membutuhkan waktu yang lebih lama yakni 24 jam atau semalaman. Anda harus menunggu kayu kamper benar-benar kering sebelum kayu digunakan. Baik itu furniture kayu kamper atau bukan perlindungan dari sanding sealer dan top coat BioColours ini akan sangat penting demi mencegah kerusakan yang diakibatkan oleh jamur dan juga rayap.

Artikel "Featured"

About Us

Catkayu.com merupakan web official untuk produk Biovarnish, bahan finishing kayu water based yang aman dan ramah lingkungan.

Biovarnish merupakan bahan finishing kayu berbahan dasar water-based acrylic dengan sistem aplikasi oles atau kuas, digunakan untuk finishing kayu interior / exterior seperti interior & eksterior furniture, wood building (gazebo, door, wall, pergola, pagar), toys and craft.

WA: 082219357399

©2015 - 2019 CatKayu.com - All Right Reserved.