Apakah Sanding Sealer Terbaik untuk Lantai Kayu? Ini Dia Produknya

Menggunakan sanding sealer untuk lantai kayu adalah hal yang penting, lantai kayu akan lebih awet dan tahan lama dengan perlindungan sanding sealer. Pastikan anda memilih menggunakan sanding sealer terbaik yang berkualitas untuk lantai kayu.

Ingin memiliki lantai kayu yang tahan lama? Lantai sudah digunakan bertahun-tahun namun tetap memiliki tampilan yang mengkilap dan bebas goresan? Kuncinya terdapat pada perawatan dan juga bahan finishing yang digunakan. Sanding sealer terbaik adalah bahan yang sangat dibutuhkan untuk lantai sebelum aplikasi top coat.

Fungsi Sanding Sealer

Fungsi Sanding sealer pada kayu adalah memberikan hasil warna atau tampilan yang menarik sekaligus perlindungan yang terbaik agar lantai kayu tahan lama. Masalahnya adalah apakah jenis sanding sealer yang harus digunakan? Tidak semua jenis sanding sealer dapat bertahan lama khususnya yang digunakan untuk lantai.

Pemilihan sanding sealer untuk lantai memang harus selektif. Jika tidak lantai kayu akan kehilangan kekuatan dan tampilannya. Bahkan setelah sanding sealer diaplikasikan lantai kayu bisa saja rusak dan Anda terpaksa harus melakukan proses aplikasi kembali dengan sanding sealer dan top coat yang baru. Bukankah cara ini membuang waktu dan menghabiskan uang?

Jika iya maka Anda harus memperhatikan pemilihan sanding sealer sejak awal. Apakah sanding sealer yang sebaiknya digunakan dan tidak. Apakah cara aplikasi sanding sealer pada lantai sudah baik dan apakah sanding sealer mampu memberikan fungsinya dengan maksimal. Hal inilah yang harus menjadi pertanyaan ketika Anda memilih.

Lalu langkah awal apa yang akan Anda lakukan ketika memilih produk sanding sealer di toko? Tenang saja dalam artikel ini Anda akan mempelajarinya dengan mudah. Ada beberapa tips yang bisa Anda pelajari ketika pemilihan sanding sealer terbaik untuk lantai kayu.

Cara Memilih Sanding Sealer Terbaik untuk Kayu

Apakah yang Anda lakukan ketika berada di toko bahan bangunan dan memilih produk sanding sealer? Anda akan bertanya pada pegawai toko apa saja sanding sealer yang mereka miliki dan melihat kalengnya satu per satu. Cara ini salah Anda kini bisa memilih jenis sanding sealer bahkan jauh sebelum masuk ke toko bahan bangunan.

Cari semua identifikasi dan kemampuan sanding sealer melalu internet. Di sana Anda akan menemukan banyak sekali informasi yang terkait dengan sanding selaer seperti yang Anda lakukan saat ini. Tentunya lebih mudah ketika informasi yang sudah dikumpulkan bisa digunakan sebagai bahan memilih sanding sealer yang tepat.

Nah berikut ini beberapa ciri sanding sealer yang terbaik dan bisa digunakan untuk lantai kayu yang lebih tahan lama.

1. Memiliki daya tutup baik dan tahan terhadap cuaca

Tidak semua cat atau sanding sealer dirancang khusus untuk furniture outdoor. Sanding sealer yang kuat akan dirancang khusus yakni tahan terhadap perubahan cuaca. Inilah yang dibutuhkan dari sanding sealer untuk lantai yakni memiliki daya tutup yang bagus dan tahan cuaca. Daya tutup yang bagus akan membantu melindungi (fungsi proteksi) media kayu. Anda tidak hanya menggunakan sanding sealer pada lantai kayu dalam rumah namun juga di luar rumah.

Tahan Lama, Inilah Sanding Sealer Terbaik untuk Lantai

Lantai kayu juga akan berdekatan dengan tanah yang penuh dengan kelembaban. Alasan inilah yang membuat Anda harus memilih sanding sealer terbaik sehingga bisa digunakan agar lebih tahan lama. Ketahanan terhadap kelembaban dan juga cuaca akan membuat lantai kayu menjadi bertahan dalam musim apapun serta perubahannya.

2. Memiliki daya serap dan sebar yang luas

Menggunakan sanding sealer pada lantai artinya Anda akan mengaplikasikannya pada bidang yang luas. Bersiap dengan uang yang cukup untuk membeli bahan sanding sealer. Anda juga harus memperhatikan daya sebar yang luas agar tidak boros. Selain daya sebar yang luas,daya serap juga harus baik. Sanding sealer harus bisa masuk ke dalam pori kayu dan menutupnya dengan baik.

Jangan sampai menggunakan sanding sealer yang berdaya sebar kecil dan tidak menyerap ke dalam pori kayu dengan baik. Sanding sealer jenis ini akan mudah mengelupas karena tidak menyerap dalam pori kayu dengan baik.

3. Bebas toxic

Ingat bahwa sanding sealer adalah cat yang terbuat dari bahan kimia. Bahan kimia akan berbahaya jika jumlahnya tidak dikendalikan. Sama dengan bahan kimia yang terdapat dalam sanding sealer, kandungan toxic atau yang lebih dikenal dengan VOC (volatile organic compound). Kandungan bahan organik yang berbahaya bagi lingkungan sebaiknya tidak digunakan sebagai bahan finishing lantai kayu seluruh rumah.

Efeknya akan sangat terlihat ketika cat mengering maka seisi rumah akan bau dan membuat mata pedas. Inilah saat voc menguap dan membahayakan jiwa manusia di masa depan. Apabila ingin aman gunakan jenis sanding sealer water based.

4. Mudah diaplikasikan

Daya sebar yang luas tidak memastikan bahwa sanding sealer mudah diaplikasikan. Definisi mudah diaplikasikan adalah cat ini haruslah mudah disemprotkan, cepat kering, tidak menimbulkan cacat finishing seperti saging. Mengetahui kemudahan cara aplikasi tentu saja harus dengan mencobanya langsung.

Anda bisa memilih jenis sanding sealer yang bisa diaplikasikan menggunakan roll. Aplikasi sanding sealer pada lantai adalah menggunakan roll atau pad agar proses aplikasi cepat selesai. Nah sudah paham bukan apa saja jenis sanding sealer yang harus dipilih?

Merk Sanding Sealer Terbaik untuk Lantai Kayu

Kini saatnya Anda membeli sanding sealer terbaik untuk kayu. Bagi Anda yang masih bingung sebaiknya gunakan sanding sealer merk Biovarnish. Produk ini dirancang khusus untuk finishing lantai sehingga memiliki daya sebar dan serap tinggi dan paling penting adalah cat water based.

Cat Pelapis Kayu Biovarnish Sanding Sealer

Menggunakannya pun sangat mudah, apabila diaplikasikan pada lantai Anda bisa menggunakan roll, sedangkan untuk furniture Anda bisa mengaplikasikannya dengan alat semprot. Proses aplikasinya tidak membutuhkan waktu yang lama, kecepatan kering yang tinggi yakni hanya sekitar 60 menit saja tidak akan menghabiskan waktu seharian untuk aplikasi.

Kecepatan kering ini didukung oleh bahan pelarut air yang mudah menguap dengan sempurna dalam kondisi cuaca apapun. Perlu diperhatikan adalah untuk proses kering cepat Anda membutuhkan ruangan yang kering dengan ventilasi udara terbaik. Hasilnya lantai kayu akan kering dengan cepat dan Anda bisa melanjutkan proses aplikasi selanjutnya.

Lantai kayu adalah bagian yang sering terkena goresan dan juga debu. Selain menggunakan sanding sealer perawatan lantai kayu harus diperhatikan. Bagaimana caranya? Selan sanding sealer Anda perlu menggunakan bahan poles kayu. Produk ini disebut dengan Biopolish Linseed Oil.

Proses aplikasinya membutuhkan buffer yakni mesin yang digunakan untuk memoles lantai. Buffer bisa ditambahkan dengan Biopolish Linseed Oil kemudian diaplikasikan di seluruh permukaan lantai kayu. Proses ini perlu dilakukan setiap satu atau dua bulan sekali melihat seberapa sering lantai digunakan.

Bahan poles ini tidak akan membuat lantai licin justru sebaliknya akan membuat lantai lebih terlindungi. Proses aplikasi yang mudah tidak akan membuat Anda membuang waktu terlalu lama. Anggap saja untuk proses pemeliharaan atau proses pembersihan seperti hari-hari biasanya.

Tidak ingin lantai kayu cepat  rusak? Maka perhatikan bagaimana dengan perawatan yang dilakukan. Semakin sering Anda merawat lantai kayu maka tampilan kayu dan ketahanannya akan semakin baik. Anda tidak perlu takut lantai kayu akan rusak dalam waktu satu atau dua tahun mendatang.

Cari Artikel Berdasarkan Judul

——– About Biovarnish !!! ——–

——– Biovarnish on Tokopedia ——–

——– BioCide on Tokopedia ——–

——– Bioindustries on Tokopedia ——–

——– BioPolish on Bukalapak ——–

——– Official Web BioIndustries ——–

Artikel "Finishing Kayu"

Youtube Channel

Channel youtube Bio Paint kami berisi konten tutorial finishing dan produk unggulan Bio.

About Us

catkayu.com merupakan website yang memuat artikel – artikel tentang finishing menggunakan cat kayu, perawatan, dan pencegahan furniture kayu dari kerusakan.

Biovarnish merupakan bahan finishing kayu berbahan dasar water-based acrylic dengan sistem aplikasi oles atau kuas, digunakan untuk finishing kayu interior / exterior seperti interior & eksterior furniture, wood building (gazebo, door, wall, pergola, pagar), toys and craft, yang aman dan ramah lingkungan.

Telp / WhatsApp : Klik Disini

©2015 - 2021 Cat Kayu - by DH

CAT KAYU