Apakah Cat Terbaik untuk Finishing Berbagai Jenis Furniture?

Memilih cat terbaik untuk finishing berbagai furniture adalah hal yang efisien, anda bisa menggunakan cat untuk finishing furniture berulang kali. Sebaiknya, Anda menggunakan cat water based terbaik yang mudah diaplikasikan untuk finishing berbagai jenis furniture.

Berikan furniture lama Anda tampilan mewah dengan cat yang baru. Apapun jenis furniture yang dimiliki mulai dari kursi, meja, dan furniture untuk dekorasi. Para DIY perlu membuat proyek finishing untuk memberikan tampilan furniture yang unik dalam beberapa jam saja. 

Apakah Cat Terbaik Untuk Finishing Berbagai Macam Jenis Furniture

Jenis Cat Terbaik untuk Finishing Furniture Kayu

Anda memiliki banyak pilihan untuk mengecat furniture. Berbagai jenis cat yang tersedia adalah hal terbesar yang perlu diperhatikan. Beberapa jenis bahan finishing seperti cat solvent, latex, chalk paint adalah pilihan yang banyak tersedia di pasaran. 

Masing-masing dari jenis cat tersebut memiliki keunikan yang menjadi kesempatan untuk beberapa furniture memiliki penampilan berbeda. Melalui artikel ini Anda akan mengenali tipe cat manakah yang cocok untuk berbagai macam furniture. Pelajari dan pahami ketika Anda hendak memilih jenis cat. Ketahui kelebihan dan kekurangan yang perlu diperhatikan. 

–> Cat Latex

Cat latex adalah pilihan yang sangat populer karena lebih mudah untuk diakses dan memberikan berbagai jenis warna. Anda bisa memilih berbagai merk cat latex karena produknya lebih banyak. 

Ada pula cat latex yang memiliki kandungan volatile organic compound (voc) yang direkomendasikan untuk aplikasi indoor. Sayangnya cat latex memiliki waktu kering sangat lama. Hasil finishingnya terkenal lebih lunak dibandingkan cat lainnya sehingga tidak disarankan untuk aplikasi furniture heavy duty. 

Apakah Cat Terbaik Untuk Finishing Berbagai Macam Jenis Furniture - cat latex

Satu keuntungan besar menggunakan cat latex adalah persiapan berbagai macam warna. Pilih warna yang sesuai dengan kebutuhan Anda. Mudah dibersihkan dengan sabun dan air namun tidak semua cat latex memiliki karakteristik ini. 

–> Cat Acrylic

Cat acrylic adalah cat kayu water based untuk furniture dan hampir mirip dengan cat latex. Partikel warna yang dihasilkan dari cat acrylic lebih kaya dan memberikan hasil tampilan halus. Cat dapat diaplikasikan untuk berbagai macam permukaan kayu. 

Biasanya cat acrylic ini dijual dalam bentuk kaleng kecil membuatnya cocok dan terbaik untuk proyek finishing furniture berukuran kecil. Cat acrylic dapat bekerja self leveling sehingga lebih mudah untuk dibentuk.  Waktu keringnya lebih cepat dan mudah dibersihkan. 

Apakah Cat Terbaik Untuk Finishing Berbagai Macam Jenis Furniture - cat acrylic

Perlu diperhatikan juga bahwa cat ini memiliki elastisitas yang sangat tinggi. Cat tidak mudah retak bahkan chipping dibandingkan jenis cat yang lainnya. Bisa diaplikasikan untuk membentuk beberapa lapisan coating. 

–> Cat Solvent

Cat ini seringkali disebut sebagai cat alkyd dan merupakan jenis cat yang sangat kuat. Hanya saja karena ketahannya yang tinggi harga dari cat ini cukup mahal. Membutuhkan waktu kering lebih maka ditambah kandungan VOC yang sangat tinggi. Oleh karena itu penerapannya membutuhkan ventilasi udara yang sangat tinggi. 

Cat solvent perlu dipertimbangkan untuk furniture heavy duty sehingga tidak mudah muncul retakan atau chipping. Anda perlu menggunakan kuas dengan bulu alami dan thinner sebagai bahan pelarutnya. Thinner juga digunakan untuk membersihkan cat. 

Keuntungan lain dari cat ini adalah bisa diaplikasikan untuk berbagai macam jenis kayu karena dapat meresap dengan merata di pori. Waktu kering sangat lama yaitu sekitar 24 jam lebih. Anda bisa menggunakan cat solvent jika tidak menemukan produk lain di toko. 

Apakah Cat Terbaik Untuk Finishing Berbagai Macam Jenis Furniture - solvent base

Hanya saja berhati-hati dengan kandungan voc yang sangat tinggi. Voc akan mengganggu proses aplikasi membuat mata mudah perih, kulit gatal dan juga batuk. Proses pengeringan cat akan mengeluarkan kandungan voc cukup tinggi sehingga perlu diwaspadai. 

–> Chalk Paint Terbaik untuk Finishing Furniture Kayu

Vintage furniture seringkali didapatkan dengan menggunakan chalk paint. Jika Anda menyukai kesan lawasan pada furniture maka gaya vintage bisa menjadi alternatif utama. Chalk paint merupakan cat water based yang tipenya hampir sama seperti latex namun dapat menciptakan permukaan yang tebal dan tekstur kuat. 

Cat ini merupakan cat spesial dan mampu digunakan untuk fungsi yang lebih luas lagi. Beberapa orang berhasil membuat chalk paint sendiri namun cara terbaik tetap membelinya dari pabrik. Chalk paint pabrikan memiliki formula yang lebih konsisten dibandingkan buatan sendiri. 

Apakah Cat Terbaik Untuk Finishing Berbagai Macam Jenis Furniture - chalk paint

Tidak seperti cat pada umumnya, chalk paint untuk furniture dapat digunakan untuk berbagai jenis permukaan furniture. Baik datar dan berukir bisa digunakan untuk menghasilkan tampilan sempurna. Waktu keringnya sangat cepat yang merupakan keuntungan bahkan jika Anda menggunakan dan muncul brush mark tidak menjadi masalah yang besar. 

Chalk paint bisa diaplikasikan dengan teknik distress karena mudah di amplas. Selain tampilan vintage, chalk paint juga sering digunakan untuk gaya shabby chic. 

Mengenal Sheen Level dari Masing-Masing Jenis Cat

Setiap cat memiliki tingkat glossy atau akrab disebut dengan sheen level. Anda hanya bisa mengetahui secara pasti tingkat sheen level dengan glossy meter yaitu alat pengukur khusus. Namun secara umum Anda bisa membedakan dengan mudah masing-masing sheel level tersebut. 

Berikut ini beberapa jenis sheen level yang bisa Anda pilih sesuai kebutuhan furniture. 

–> Gloss

Tampilan cat yang mengkilap atau gloss akan memberikan furniture lebih tahan lama. Setiap goresan akan disembunyikan sehingga furniture tampak selalu bersih dan baru. Cat akan menampilkan furniture mengkilap yang mewah. Bisa diaplikasikan untuk furniture dalam dan luar ruangan. 

–> Semi gloss

Tampilannya mengkilap hanya saja tidak memantulkan cahaya lebih dibandingkan dengan gloss. Permukaan furniture yang menggunakan lapisan ini sangat mudah dibersihkan dan juga tahan lama. Banyak orang sering menggunakannya untuk kabinet dapur. 

Sheen level

–> Satin

Tingkat kilap ini hanya memantulkan cahaya sangat tipis sehingga tidak terlalu cocok digunakan untuk furniture luar ruangan. Khususnya garden furniture yang sering terkena panas dan hujan secara langsung. Namun masih bisa digunakan untuk furniture teras. 

–> Matte

Cat dengan tampilan matte tidak merefleksikan cahaya dengan kata lain berlawanan dengan gloss. Hasil finishing ini tidak cocok untuk furniture luar ruangan bahkan kursi teras. Anda bisa menggunakannya untuk furniture yang tidak sering digunakan. Misalnya seperti meja tv, lemari pakaian, dll. 

Tips Finishing Terbaik Berbagai Jenis Cat untuk Furniture

Tidak hanya Anda harus memperhatikan jenis cat dan tingkat glossy yang dibutuhkan namun juga bagaimana cara untuk bisa mengaplikasikannya. Cat harus bisa diaplikasikan dengan berbagai alat dan teknik yang digunakan juga harus tepat. 

Tips mengecat

Jika Anda ingin mendapatkan hasil finishing halus, perhatikan beberapa hal penting berikut ini. 

  • Jika mengecat dengan cat berbasis solvent pastikan kuas dengan bulu alami yang digunakan. Sedangkan jika menggunakan cat water based pilih kuas dengan bulu nilon. 
  • Jangan menekan kuas ketika mengecat karena akan menimbulkan brush mark. Sebaliknya pegang kuas dengan ringan kemudian tarik dengan sudut 45 derajat. 
  • Anda bisa menggunakan kain katun untuk aplikasi untuk hasil yang lebih halus dan rata. 
  • Proses pengeringan dengan cat water based sebaiknya tidak dijemur karena akan merusak hasil penampilannya. 
  • Lakukan percobaan untuk memastikan Anda mendapatkan hasil finishing yang tepat. Percobaan perlu dilakukan pada jenis kayu yang sama. 

Cari Artikel Berdasarkan Judul

——– About Biovarnish !!! ——–

Biovarnish

——– Biovarnish on Tokopedia ——–

——– Biovarnish on Bukalapak ——–

——– Biovarnish on Shopee ——–

——– BioCide on Tokopedia ——–

Anti Rayap Jamur Kayu Terbaik

——– Official Web BioIndustries ——–

Artikel "Knowledge"

Youtube Channel

Logo Biopaint

About Us

CAT KAYU merupakan website yang memuat artikel tentang finishing menggunakan cat plitur dan pernis kayu, perawatan, serta pencegahan furniture kayu dari kerusakan.

Biovarnish merupakan bahan finishing kayu berbahan dasar water-based acrylic dengan sistem aplikasi oles atau kuas, digunakan untuk finishing kayu interior / exterior seperti interior & eksterior furniture, wood building (gazebo, door, wall, pergola, pagar), toys and craft, yang aman dan ramah lingkungan.

Telp / WhatsApp : Klik Disini

©2015 - 2021 catkayu.com - All Right Reserved.