7 Rekomendasi Warna Finishing Jati Furniture Outdoor dengan Biovarnish

Warna finishing jati untuk furniture outdoor bisa anda dapatkan dengan Biovarnish, cat Biovarnish memiliki warna jati yang cocok untuk furniture outdoor. Hasil finishing furniture outdoor warna jati menjadi lebih maksimal dengan Biovarnish.

Warna Finishing Jati Dengan Biovarnish Pada Furniture Outdoor

Apakah furniture outdoor memiliki warna yang sama dengan furniture indoor? Bagi sebagian orang warna dianggap sama dan sebagian dianggap berbeda. Apakah cat pada furniture indoor dapat digunakan untuk furniture outdoor atau bahkan sebaliknya?

Jika dilihat dari komponennya maka cat indoor tidak dapat digunakan untuk finishing furniture outdoor. Kekuatan lapisan film yang dibentuk berbeda, pada cat indoor maka cat tidak memiliki ketahanan terhadap perubahan cuaca.

Padahal furniture outdoor membutuhkan lapisan ketahanan tersebut. Jika menggunakan cat indoor untuk furniture outdoor maka tidak heran jika lapisan cat akan sangat mudah mengelupas. Simak ulasan lengkap mengenai pilihan cat outdoor terbaik, terutama jika anda membutuhkan hasil finishing dengan warna jati.

Cat Biovarnish untuk Segala Kebutuhan Finishing

Jika Anda kesulitan mendapatkan cat untuk furniture outdoor maka carilah jenis cat yang dapat digunakan untuk keduanya. Bahan finishing Biovarnish adalah salah satu jenis cat water based yang dapat digunakan untuk kebutuhan furniture indoor maupun outdoor.

Kayu jati sering menjadi pilihan utama sebagai material furniture outdoor. Walaupun kayu ini terkenal dengan resin yang tidak disukai dengan rayap dan tetap membutuhkan perlindungan lapisan cat.

Cat Plitur Kayu Pernis

Biovarnish dapat melindungi furniture kayu jati untuk outdoor dengan maksimal bahkan memberikan pilihan warna yang bervariasi. Perlindungan ini dimulai dari lapisan dasar yaitu Wood Filler, lapisan pewarna dari Wood Stain dan lapisan akhir dari Clear Coat.

Ketiga lapisan cat yang dibentuk dari Biovarnish akan memberikan lapisan film yang kuat menghadapi perubahan cuaca. Furniture outdoor seperti furniture untuk taman dan teras akan memiliki warna yang tetap stabil sehingga bertahan lebih lama.

Ada banyak sekali pilihan warna dari cat kayu Biovarnish yang bisa Anda dapatkan. Warna-warna ini tentu saja akan membuat banyak kesan pada furniture kayu jati di rumah. Kayu jati pada dasarnya dapat diberikan warna apapun mulai dari warna gelap hingga terang.

Mengapa Biovarnish untuk Furniture Outdoor?

Mengapa produk Biovarnish yang disarankan untuk melapisi furniture kayu jati untuk outdoor? Alasannya sangat simple yakni cat ini adalah cat water based yang akan memberikan perlindungan tahan lama.

Pastikan Memilih Sanding Sealer Tahan Air Untuk Furniture Outdoor

Cat water based banyak digunakan pada modern ini karena keamanan dari bahan organik. Cat terkenal dengan kandungan bahan kimia yang berbahaya untuk lingkungan. Sedangkan cat water based adalah inovasi terbaru yang aman dan ramah lingkungan.

Bahan organik yang banyak digunakan seperti formalin, timbal dan merkuri dibatasi hingga batasan paling dasar sebagai bahan utama pembuat cat. Ketika digunakan pada furniture tentu tidak akan membahayakan dan mempengaruhi lingkungan terutama penggunanya yaitu manusia.

Biovarnish memiliki kandungan bahan organik yang dibatasi. Jumlah bahan organik yang digunakan di bawah 100 gram per liternya. Sesuai dengan aturan dari beberapa regulasi kesehatan dunia, bahan organik yang digunakan dalam cat tidak boleh di atas dari 300 gram per liternya.

Tentu saja hal ini membuat cat kayu Biovarnish aman digunakan dalam lingkungan. Pengguna cat kayu Biovarnish tidak akan terganggu dengan proses aplikasi yang biasanya mengganggu pernapasan.

Cat yang mengandung bahan organik tinggi memiliki bau yang menyengat. Bau ini dikeluarkan dan menjadi polusi udara. Baik itu pada saat aplikasi terlebih pada saat proses pengeringan cat.

Kandungan Cat Biovarnish

Produk Biovarnish dengan kandungan bahan organik yang rendah tidak menimbulkan polusi dalam ruangan. Sehingga aman digunakan untuk siapa saja, Anda bahkan bisa mengecat bersama dengan anak-anak sebagai kegiatan di akhir pekan.

Finishing Meja Trembesi

Alasan lain yang perlu dipertimbangkan adalah proses aplikasi yang mudah. Anda perlu memberikan tiga lapisan cat dan tidak perlu kesulitan mengaplikasikannya. Alat yang dibutuhkan adalah air dan kuas nilon atau kuas busa.

Kuas bagi sebagian besar orang dianggap sebagai alat yang mudah didapatkan dan memiliki harga yang murah. Namun menggunakan cat yang memang dikhususkan untuk aplikasi kuas juga penting.

Tanpa cat Biovarnish Anda belum tentu akan mendapatkan hasil finishing yang merata, halus dan bebas brush mark. Kebanyakan cat dengan merk abal-abal ketika dikupas akan menimbulkan bekas sapuan kuas.

Bekas sapuan kuas ini sulit dihilangkan jika Anda tidak melakukan pengecatan ulang. Sedangkan cat Biovarnish dirancang khusus untuk pengecatan dengan kuas. Bahan pelarut air akan melarutkan bahan dengan sangat halus dan Anda bisa memuaskannya ke permukaan kayu.

Tampilan warna yang tajam akan didapatkan jika Anda mengaplikasikan beberapa kali pewarna kayu atau wood stain. Karena dapat digunakan untuk furniture jati outdoor maka warna dirancang untuk lebih kuat daripada cat lainnya.

Tampilan Baru Jendela Rumah Sebelum Lebaran

Anda bisa mendapatkannya jika mengaplikasikan dua hingga tiga kali lapisan. Pastikan setiap lapisannya tidak terlalu tebal. Inilah keuntungan lain yang akan Anda dapatkan. Dua jenis tampilan bisa dipilih yaitu glossy dan matte.

Tampilan glossy akan membuat furniture lebih tahan terhadap goresan sedangkan untuk tampilan matte akan membuat furniture tampak lebih natural. Keduanya sama-sama akan menghasilkan lapisan film yang kuat menopang perubahan cuaca.

Pilihan Warna Menarik untuk Furniture Jati Outdoor

Keuntungan tambahan satu lagi adalah banyaknya pilihan warna yang akan Anda dapatkan jika menggunakan produk Biovarnish. Kayu jati kebanyakan akan di finishing apa adanya atau transparan.

Namun dengan tambahan wood stain akan membuat tampilan furniture lebih tajam. Inilah sebabnya mengapa Anda harus memilih warna yang tepat. Produk Biovarnish menyediakan 20 warna natural dari wood stain untuk berbagai jenis kayu.

Warna Finishing Jati dengan Biovarnish Pada Furniture Outdoor

Anda bisa memilih salah satunya yang hampir dekat dengan warna kayu jati atau justru membuat warna lain. Kayu jati memiliki warna coklat muda dengan efek keemasan. Anda bisa memberikan warna yang sama atau memberikan warna yang lebih gelap.

Mempermudah Anda memilih warna finishing jati dengan Biovarnish, berikut ini beberapa pilihan warna yang bisa didapatkan.

√ Light brown

Warna ini yang paling mendekati warna kayu jati. Anda bisa memberikan tampilan gelap pada serat kayu jati. Selain itu warna keemasan dari kayu jati akan tetap terlihat, jadi Anda akan dilihat tampilan furniture kayu jati outdoor yang sangat menarik.

√ Dark brown

Anda suka dengan warna yang lebih gelap lagi, maka pilihlah Biovarnish Wood Stain warna dark brown. Warna ini akan memberikan tampilan furniture outdoor yang lebih mewah. Kesan gelap diberikan untuk membuat kayu tampak lebih mewah.

√ Light walnut

Kayu walnut terkenal karena warnanya yang tiada tandingannya. Anda bisa memberikan kayu jati dengan sentuhan warna walnut. Furniture outdoor Anda akan memiliki keindahan serat kayu jati dengan warna walnut.

√ Salak brown

Warna yang banyak diminati oleh DIY yang telah menggunakan Biovarnish. Warna salak brown yang menyerupai warna kulit salah ini bisa diterapkan pada kayu jati. Efeknya hampir sama dengan furniture yang mewah.

√ Candy brown

Warna yang sering digunakan pada garden furniture tampilan natural. Warna ini lebih terang dibandingkan warna-warna yang lainnya. Sentuhan akhir dari Biovarnish clear coat matte akan memberikan tampilan furniture lebih natural.

√ Black

Warna hitam yang diberikan bukan warna solid melainkan warna hitam transparan. Anda tetap bisa melihat serat kayu jati pada furniture. Warna ini bisa menjadi pilihan pada furniture dengan berbagai macam gaya. Warna ini sangat netral untuk diletakan di luar ruangan seperti taman.

√ Papua rose

Masih dengan tema warna kayu jati yang gelap, Anda bisa menggunakan cat Biovarnish warna papu rose. Warna ini memang gelap namun memiliki warna semburat kemerahan kas kayu yang berasal dari Indonesia timur.

Jika Anda masih bingung dengan pilihan warna di atas, maka Anda bisa memilih beberapa warna lainya. Baik warna kayu cokelat terang dan coklat muda akan tetap sesuai pada kayu jati yang dimiliki.

Aplikasi Furniture Outdoor dengan Biovarnish

Apakah terdapat perbedaan antara finishing furniture outdoor dan furniture indoor? Jika dilihat dari cara aplikasi tidak ada yang berbeda. Namun sebelum melakukan finishing disarankan untuk memberikan lapisan bahan anti rayap khususnya pada furniture outdoor.

Walaupun terbuat dari kayu jati, namun furniture yang langsung bersentuhan dengan tanah cenderung lebih cepat untuk mengalami kerusakan. Tanah yang basah dan lembab akan lebih mudah meresap ke dalam pori di kaki kayu.

Inilah yang akan menjadi penyebab utama rayap. Jika furniture sebelumnya telah diberikan lapisan pelindung berupa bahan anti jamur maka pencegahan kerusakan akan didapatkan sejak awal.

Sebelum mengecat furniture sebaiknya gunakan BioCide Insecticide yang telah dicampur dengan air. Campurkan BioCide dengan air kemudian oleskan larutan obat ke seluruh permukaan kayu yang sudah di amplas dan dibersihkan.

Lanjutkan dengan penjemuran agar bahan obat meresap ke dalam pori kayu dan melakukan perlindungan dari dalam. Sangat disarankan untuk mengaplikasikan obat anti rayap ini satu hari sebelum proses finishing dimulai. Jika kayu sudah benar-benar kering amplas kembali dan persiapkan untuk mengecat dengan cat kayu Biovarnish.

Berikut ini langkah mengecat furniture outdoor dengan Biovarnish:

1. Aplikasikan Biovarnish Wood Filler

Clear Coat Terbaik Untuk Finishing Furniture Rotan Tahan Lama - Biovarnish Wood Filler

Pilihlah Wood Filler dengan warna jati, gunakan pisau scrape untuk aplikasinya. Aplikasikan secara tipis merata. Tunggu kering sempurna lalu amplas dengan kertas amplas 240 hingga lapisan Wood Filler habis. Bersihkan debu pengamplasan, lalu lanjutkan dengan tahap pewarnaan.

2. Lakukan Pewarnaan

Clear Coat Terbaik Untuk Finishing Furniture Rotan Tahan Lama - Biovarnish Wood Stain

Gunakan Biovarnish Wood Stain warna jati, encerkan dengan air bersih pada perbandingan 2:1 atau hingga larutan mencapai NK2. Anda bisa mengaplikasikan Wood Stain dengan kuas maupun alat spray, aplikasikan hingga merata lalu tunggu kering maksimal. Amplas ambang dengan kertas amplas 400 lalu ulangi pewarnaan.

3. Gunakan Top Coat

Mengenal Clear Coat Untuk Hasil Yang Lebih Profesional - Biovarnish Clear Coat

Lapisan terakhir, anda bisa mengaplikasikan Biovarnish Clear Coat. Cara aplikasinya sama persis dengan Bivarnish Wood Stain. Setelah diaplikasikan secara merata, anda bisa mengeringkannya selama 24 jam lalu furniture siap untuk anda gunakan.

Kini Anda sudah mendapatkan lapisan cat Biovarnish pada furniture outdoor. Selanjutnya cukup melakukan perawatan furniture dengan bahan poles kayu. Perawatan furniture sangat penting karena akan menjaga penampilan furniture tetap mengkilap dan berwarna tajam. Bahan poles akan memperkuat lapisan film akhir sehingga Anda tidak akan mendapatkan warna kayu jati yang pudar.

Pada tahapan perawatan ini Anda bisa menggunakan Biopolish Linseed Oil. Caranya sangat mudah, cukup oleskan Biopolish ini dengan kain bersih dan kering. Gunakan bahan kain katun dan usapkan merata ke permukaan kayu jati. Perawatan ini cukup dilakukan satu bulan sekali untuk menjaga agar tampilan dari furniture benar-benar terawat baik.

Cari Artikel Berdasarkan Judul

——– About Biovarnish !!! ——–

——– Biovarnish on Tokopedia ——–

——– BioCide on Tokopedia ——–

——– Bioindustries on Tokopedia ——–

——– BioPolish on Bukalapak ——–

——– Official Web BioIndustries ——–

Artikel "Finishing Kayu"

Youtube Channel

Channel youtube Bio Paint kami berisi konten tutorial finishing dan produk unggulan Bio.

About Us

catkayu.com merupakan website yang memuat artikel – artikel tentang finishing menggunakan cat kayu, perawatan, dan pencegahan furniture kayu dari kerusakan.

Biovarnish merupakan bahan finishing kayu berbahan dasar water-based acrylic dengan sistem aplikasi oles atau kuas, digunakan untuk finishing kayu interior / exterior seperti interior & eksterior furniture, wood building (gazebo, door, wall, pergola, pagar), toys and craft, yang aman dan ramah lingkungan.

Telp / WhatsApp : Klik Disini

©2015 - 2021 Cat Kayu - by DH

CAT KAYU