Bagaimana Menyeragamkan Warna Kayu Jati Emas? Ini Cara Mudahnya

Diperlukan beberapa tahap untuk memperoleh kayu jati emas agar memiliki warna yang seragam. Simak langkah penyeragaman warna kayu jati emas disini!

Kayu jati adalah jenis kayu andalan khas Indonesia. Banyak pengrajin kayu jati yang telah memasuki pasar ekspor untuk memenuhi kabutuhan furniture kayu jati di negara luar seperti Eropa dan juga Amerika. Dalam proses pembuatannya menjadi furniture, ada banyak hal yang harus dilakukan. Mulai dari pemilihan jenis kayu jati, penebangan yang tepat, pengeringan, pengawetan hingga cara mengecat kayu jati emas dan perawatannya.

Cara Mengecat Kayu Jati Emas Agar Memiliki Warna Seragam

Pemilihan jenis kayu jati yang tepat adalah tahap yang sangat penting dilakukan untuk mendapatkan furniture yang berkualitas. Jenis kayu jati yang kini banyak digunakan adalah kayu jati emas karena mulai menurunnya kayu jati tua di perhutanan Indonesia. Pengganti kayu jati tua ini memiliki masa tebang lebih cepat dibandingkan dengan kayu jati tua.

Untuk tingkat ekspor kini banyak pengrajin menggunakan kayu jati emas yang banyak ditemukan di wilayah Jawa Barat.  Kayu jati emas memiliki harga yang lebih murah namun tetap memiliki serat yang indah seperti kayu jati tua. Hanya saja warna kayu jati emas yang akan membedakannya dengan kayu  jati tua, oleh karena itu diperlukan teknik khusus untuk menyamakan atau mendekati warnanya seperti kayu jati tua.

Mengenal Karakter Kayu Jati Emas

Kayu jati emas adalah jenis kayu yang memiliki masa tumbuh sangat cepat. Jenis kayu ini hanya memerlukan waktu panen sekitar 7 hingga 15 tahun saja. Walaupun masa tebangnya pendek, kayu jati emas dapat tumbuh dengan batang lurus dan tidak memiliki banyak cabang seperti kayu pinus.  Sehingga jenis kayu ini tidak banyak memiliki mata kayu yang sering menimbulkan kerusakan kayu pada saat diolah.

Cara Mengecat Kayu Jati Emas Agar Memiliki Warna Seragam

Masa tebang kayu jati emas yang cepat ini juga dipengaruhi kemampuannya yang baik akan penyakit busuk akar dan busuk pangkal batang. Kayu gubal dari kayu jati emas cenderung tidak terlalu tebal jadi kekuatan dan kekerasan kayu cukup baik.

Dari segi keawetan, kayu ini tentu tidak sekuat dan setahan kayu jati tua terhadap rayap. Batangnya yang cukup besar tidak memiliki pori kayu yang rapat sehingga memungkinkan kelembaban dan juga serangga untuk bisa merusak kayu jati emas. Pengawetan kayu jati emas bisa dilakukan menggunakan BioCide Insecticide dan BioCide Wood Fungicide sebelum proses pengecatan dilakukan. Untuk mencegah tumbuhnya jamur permukaan pada furniture bisa ditambahkan BioCide Surface film Preservative saat aplikasi lapisan coating.

Karena termasuk kayu jati muda, kayu jati emas memiliki warna yang berbeda dengan kayu jati tua. Jika selama ini warna kayu jati tua dikenal dengan warna kayu cokelat kemerahan warna kayu emas cenderung cokelat putih. Sehingga para pengrajin kebanyakan menggunakan bahan sejenis teak oil yang akan merubah warna menjadi lebih gelap seperti kayu jati tua. Namun  masih cukup sulit untuk mengontrol hasil warna yang benar-benar mirip.

Menurut beberapa sumber langsung dari para pengrajin furniture di Jepara, kayu jati emas yang telah diubah warnanya ini menjadi terlalu kemerahan sehingga tidak mirip dengan kayu jati tua. Maka perlu perlakuan khusus untuk meyeragamkan warna kayu ini sebelum melakukan pengecatan.

Penyeragaman Warna Kayu Jati Emas Sebelum Finishing

Kayu jati emas yang menjadi terlalu merah ketika selesai diaplikasikan produk teak oil ini akan membuat harga jual dari furniture kayu jati emas sangat turun. Untuk bisa menyeragamkan warna kayu jati emas maka dibutuhkan proses bleaching kayu yang aman dan ramah lingkungan.

Cara Mengecat Kayu Jati Emas Agar Memiliki Warna Seragam

Produk WA 250 adalah pemutih kayu yang akan menurunkan warna dengan cara aplikasi yang sangat mudah sehingga warna kayu jati emas menjadi seragam. Tidak hanya warna yang seragam, semua noda warna yang ada pada kayu misalnya seperti warna kayu gubal dan kayu teras yang berbeda, adanya noda blue stain karena penyimpanan kayu timber yang kurang baik dan noda yang lainnya.

Jika Anda ingin menurunkan warna kayu jati emas yang terlalu merah Anda bisa melakukan langkah berikut ini:

  1. Pastikan kayu sudah memiliki MC standar 12% agar obat bleaching mudah bekerja.
  2. Siapkan White Agent 250 dan dicampur dengan air perbandingan 1 bahan : 1 air.
  3. Kuaskan seluruh obat menggunakan kuas hingga benar-benar mengenai seluruh permukaan kayu jati emas.
  4. Anda bisa menunggu kering dan obat bekerja tanpa dijemur pada panas matahari, cukup diangin-anginkan saja dalam ruangan dalam waktu 4-6 jam perubahan warna akan terlihat.
  5. Agar obat bekerja dengan sempurna maka Anda bisa menunggu agar warna menjadi konstan dalam waktu semalaman dan melakukan pengecatan keesokan harinya.
  6. Sebelum proses pengecatan lakukan pembilasan menggunakan air yang sudah dicampur dengan detergen untuk menghilangkan sisa WA-250 yang masih melekat pada substrat kayu.
  7. Jika pembilasan sudah selesai tunggu kayu jati emas mengering dalam ruangan kembali. Lanjutkan pada proses pengecatan.

Cara Mengecat Kayu Jati Emas dengan Biovarnish Liquid Stain

Untuk cara cat kayu jati emas Anda bisa menggunakan produk cat kayu Biovarnish. Cat water based biovarnish liquid stain sangat cocok digunakan untuk membuat warna seragam pada berbagai macam furniture dari kayu jati emas. Misalnya pada dining set, kursi tamu, coffee table, tempat tidur, cabinet dan lain sebagainya.

Menggunakan cat kayu water based Biovarnish sama saja dengan cara mengecat kayu dengan pernis karena fungsi dari Biovarnish liquid stain adalah untuk memberikan lapisan coating natural transparan. Bahkan proses aplikasinya yang manggunakan kuas dan air tidak akan meninggalkan noda sapuan kuas.

Cara mengecat kayu jati emas menggunakan cat kayu water Biovarnish dapat mengikuti langkah-langkah berikut ini:

  • Pastikan furniture sudah kering dengan MC kayu 12 % dan terbebas dari debu amplas maupun kotoran.
  • Untuk menutup pori kayu gunakan Biovarnish Wood Filler warna jati menggunakan pisau scrape secara merata ke seluruh permukaan kayu. Tunggu hingga filler mengering sekitar 20 menit tanpa dijemur. Amplas permukaan kayu hingga serat kayu jati emas terlihat dan bersihkan debu amplas.
  • Campurkan Biovarnish Liquid Stain sesuai dengan warna pilihan Anda kemudian campurkan dengan air perbandingan 2 bahan : 1 air. Aduk merata dan kuaskan ke seluruh permukaan kayu.
  • Tunggu liquid stain mengering sekitar 60 menit kemudian amplas dengan kertas amplas nomor 400 secara ambang. Amplas hingga permukaan kayu menjadi lebih halus.
  • Terakhir aplikasikan Biovarnish Clear Coat. Aplikasikan dengan cara mencampur dengan air pebandingan 2 bahan : 1 air kemudian kuaskan secara merata ke seluruh permukaan kayu. keringkan semalaman untuk kering sempurna.

Pilihan Warna Liquid Stain untuk Kayu Jati Emas

Berbeda dengan cara mengecat kayu dengan melamin yang sangat mudah menimbulkan brush mark (noda sapuan kuas) jika menggunakan kuas. Sebagai cat dasar kayu yang bagus, produk Biovarnish akan menutup pori kayu dengan produk wood filler yang mengisi pori dengan kuat.

Cara Mengecat Kayu Jati Emas Agar Memiliki Warna Seragam

Beragam pilihan warna dari cat water based biovarnish liquid stain yang bisa Anda gunakan untuk finishing pada furniture kayu jati emas. Ada 20 pilihan warna natural yang bisa Anda pilih. Lima warna unggulan yaitu warna walnut brown, yellow ox, salak brown, candy brown dan light brown.

Jika Anda menghendaki hasil warna yang mendekati warna kayu jati tua maka disarankan untuk memilih warna walnut brown, salak brown dan juga light brown. Campuran cat kayu Biovarnish adalah air jadi Anda akan menghemat budget finishing Anda setelah menambahkan budget menggunakan bahan bleaching kayu.

Cari Artikel Berdasarkan Judul

——– About Biovarnish !!! ——–

——– Biovarnish on Tokopedia ——–

——– Biovarnish on Bukalapak ——–

——– Biovarnish on Shopee ——–

——– BioCide on Tokopedia ——–

Anti Rayap Jamur Kayu Terbaik

——– Official Web BioIndustries ——–

Artikel "Knowledge"

Youtube Channel

Logo Biopaint

About Us

catkayu.com merupakan website yang memuat artikel – artikel tentang finishing menggunakan cat kayu, perawatan, dan pencegahan furniture kayu dari kerusakan.

Biovarnish merupakan bahan finishing kayu berbahan dasar water-based acrylic dengan sistem aplikasi oles atau kuas, digunakan untuk finishing kayu interior / exterior seperti interior & eksterior furniture, wood building (gazebo, door, wall, pergola, pagar), toys and craft, yang aman dan ramah lingkungan.

Telp / WhatsApp : Klik Disini

©2015 - 2021 Cat Kayu - by DH

catkayu.com