Wajib Coba! Cara Menyamakan Warna Kayu Jati dengan Biovarnish Ini

Warna natural kayu jati yang tidak seragam seringkali menyulitkan proses finishing, untuk menyamakan warna kayu jati bisa dilakukan dengan menggunakan Biovarnish Liquid Stain. Saat melakukan proses finishing kayu terutama pada kayu jati, terkadang kita menemukan warna dasar kayu yang tidak seragam. Jika warna kayu tidak diseragamkan, maka hasil finishing juga tidak akan maksimal.

Warna dasar kayu yang berbeda seringkali menyulitkan proses finishing untuk mendapatkan target warna yang diinginkan. Oleh karena itu, diperlukan proses penyeragaman warna terlebih dahulu. Proses penyeragaman warna kayu bisa dilakukan dengan berbagai cara. Salah satu cara yang dapat dilakukan adalah dengan menggunakan teknik natural finishing menggunakan produk Biovarnish Liquid Stain.

Cara ini berbeda dengan teknik penyeragaman menggunakan bahan kimia yang berpotensi merusak serat kayu. Biovarnish liquid stain tidak diformulasikan dengan bahan kimia berbahaya, sehingga sangat cocok digunakan untuk menyeragamkan warna kayu tanpa takut adanya serat kayu yang rusak.

Coating Schedule Menyamakan Warna Kayu Jati 

Proses finishing yang dilakukan berfungsi untuk menyeragamkan warna kayu jati sesuai warna yang diinginkan . Tahap finishing juga dilakukan untuk memberikan perlindungan pada kayu tersebut. Material yang digunakan untuk tahap finishing perlu diperhatikan, agar dapat mencapai tujuan finishing yang diharapkan.

Sebelum proses finishing dimulai, anda harus memastikan kayu yang akan difinishing dalam kondisi kering yang sempurna dengan MC kurang lebih 12%. Bersihkan kayu dari minyak, debu maupun kotoran lainnya yang berpotensi mengganggu proses peresapan bahan coating ke dalam substrat kayu. Amplas permukaan kayu searah serat kayu dengan menggunakan amplas no. 120 sampai halus merata.

Produk yang bisa digunakan pada coating schedule untuk menyamakan warna kayu jati diantaranya adalah Biovarnish Wood Filler, Biovarnish Liquid Stain dan Biovarnish Clear Coat. Berikut ini langkah aplikasi dari masing-masing produk:

Aplikasi Biovarnish Wood Filler

Gunakan produk Biovarnish Wood Filler jati untuk menutup pori dan cacat pada media kayu jati. Tambahkan air bersih secukupnya, lalu aduk secara perlahan hingga larutan menjadi homogen. Aplikasikan wood filler menggunakan pisau palet ke permukaan kayu atau bisa juga hanya digunakan untuk mengisi celah pori-pori atau  bagian yang cacat pada kayu.

Jangan lupa untuk mengaduk larutan sebelum dan selama proses aplikasi agar lebih nyaman untuk digunakan. Setelah diaplikasikan, tunggu hingga media kayu mengering kira-kira selama 10 menit. Setelah benar-benar kering, lanjutkan proses selanjutnya yaitu melakukan pengamplasan dengan menggunakan amplas no. 240 searah serat  kayu pada seluruh permukaan media atau pada bagian yang diaplikasikan wood filler hingga rata dan halus.

Pastikan proses pengamplasan dilakukan maksimal, hingga wood filler yang tertinggal adalah yang menjadi dempul, yang berada dalam pori-pori kayu.

Aplikasi Biovarnish Liquid Stain

Kenalan Dulu Yuk Dengan Kayu Mindi Sebagai Alternatif Kayu Jati Belanda

Setelah selesai dengan tahap aplikasi wood filler, anda dapat melanjutnya proses finishing dengan melakukan aplikasi menggunakan biovarnih liquid Stain. Pada tahap ini, anda dapat menggunakan produk Biovarnish Liquid Stain dengan Seri Jati, atau warna lain yang sesuai dengan jenis kayu dan kebutuhan warna yang anda inginkan.

Anda dapat menambahkan air bersih jika dibutuhkan saat proses aplikasi, atau disesuaikan dengan warna yang anda inginkan. Rekomendasi pengenceran adalah 1:1 atau hingga perbandingan 2:1. Aduk larutan hingga homogen, anda dapat melakukan aplikasi biovarnish liquid stain dengan menggunakan sistem kuas atau spray sesuai dengan alat yang anda miliki.

Jika sudah diaplikasikan hingga merata, selanjutnya tunggu hingga kering kira-kira selama 30 menit. Kemudian, amplas dengan kertas amplas no. 400. Anda dapat mengaplikasikan biovarnish liquid stain sekali lagi atau sampai mendapatkan warna yang sesuai dengan keinginan anda.

Penggunaan bahan ini sangat penting untuk menyamakan warna kayu jati, sehingga produk ini sangat direkomendasikan untuk anda. Terutama yang akan menggunakan pada tahapan finishing untuk menyamakan warna kayu jati. Untuk mengetahui lebih lanjut mengenai biovarnish liquid stain, berikut adalah beberapa keunggulan cat kayu transparan ini yang perlu anda ketahui:

Keunggulan Biovarnish Liquid Stain

  • Aman dan ramah lingkungan

Diformulasikan dari air dan bahan kimia yang ramah lingkungan, membuat produk ini aman dan tidak menyebabkan dampak negatif bagi lingkungan jika digunakan. Penggunaan produk ini juga tidak memberikan efek buruk pada kesehatan aplikator, sehingga benar-benar aman untuk diaplikasikan.

  • Transparansi warna baik

Sebagai plitur kayu, produk ini memiliki tingkat transparansi warna yang tinggi. Sehingga pengaplikasian produk ini tidak akan menutup serat alami pada kayu jati. Selain itu, plitur kayu water based ini dapat digunakan juga sebagai pewarna dasar yang akan membantu meningkatkan warna alami kayu.

  • Penetrasi warna lebih cepat

Sebagai cat kayu water based, penggunaan pewarna kayu biovarnish liquid stain akan menghasilkan penetrasi warna yang lebih cepat. Proses aplikasi produk ini juga akan lebih hemat dari segi biaya karena tidak membutuhkan banyak pengulangan aplikasi untuk mencapai warna yang diinginkan.

  • Hasil lebih natural

Hasil aplikasi dengan biovarnish liquid stain akan lebih natural dibandingkan saat anda menggunakan plitur kayu lainnya. Hal ini selaras dengan hasilnya karena memiliki transparansi warna yang baik. Serat kayu menjadi lebih terlihat dan menampakkan hasil yang lebih natural.

  • Aplikasi lebih fleksibel

Metode aplikasi produk ini juga lebih fleksibel, karena dapat diaplikasikan melalui dua metode yaitu spray maupun kuas. Karena memiliki tekstur liquid, aplikasi dengan metode spray lebih direkomendasikan.

Aplikasi Biovarnish Clear Coat

Sebagai tahap terakhir dalam coating schedule untuk menyamakan warna kayu jati, anda dapat menggunakan  Biovarnish Clear Coat sesuai dengan tingkat glossy yang diharapkan. Tersedia dua pilihan clear coat yaitu glossy dan matte.

Aplikasi produk ini berfungsi untuk memberi perlindungan pada kayu yang telah difinishing, juga digunakan untuk melapisi serta memberikan efek tampilan akhir sesuai dengan tingkat glossy yang diharapkan. Untuk aplikasinya, anda dapat mengaplikasikan biovarnish clear coat setelah dilakukan pengenceran dengan rasio 2:1. Pastikan larutan tercampur hingga merata, lakukan pengadukan secara berkala agar lebih mudah untuk digunakan.

Setelah tahap aplikasi selesai, tunggu hingga benar-benar kering sentuh selama kurang lebih 20 menit. Jika anda menghendaki kering packing, diamkan hingga 24 jam.

Cari Artikel Berdasarkan Judul

——– About Biovarnish !!! ——–

——– Biovarnish on Tokopedia ——–

——– BioCide on Tokopedia ——–

——– Bioindustries on Tokopedia ——–

——– BioPolish on Bukalapak ——–

——– Official Web BioIndustries ——–

Artikel "Coating Schedule"

Youtube Channel

Channel youtube Bio Paint kami berisi konten tutorial finishing dan produk unggulan Bio.

About Us

catkayu.com merupakan website yang memuat artikel – artikel tentang finishing, perawatan, dan pencegahan kayu dari kerusakan.

Biovarnish merupakan bahan finishing kayu berbahan dasar water-based acrylic dengan sistem aplikasi oles atau kuas, digunakan untuk finishing kayu interior / exterior seperti interior & eksterior furniture, wood building (gazebo, door, wall, pergola, pagar), toys and craft, yang aman dan ramah lingkungan.

Telp / WhatsApp : Klik Disini

©2015 - 2020 catkayu.com - All Right Reserved.