Apa Itu Cat Kayu Warna Natural?

2294

Cat kayu warna natural, selama ini masyarakat mengenal bahan finishing untuk warna natural kayu adalah pernis maupun plitur. Pernis adalah bahan finishing yang digunakan untuk warna natural transparan sedangkan plitur digunakan untuk finishing warna natural yang memiliki tingkatan warna kayu berbeda misal seperti warna kemerahan dari kayu warna mahoni. Padahal sebenarnya pengertian dari pernis maupun plitur sangat berbeda jauh. Fungsinya memang sama yaitu untuk bahan finishing tetapi hasil yang diberikan tidak jauh berbeda.

Plitur adalah cat kayu yang terbuat dari resin serangga di India dan sering disebut dengan sheelac. Sedangkan pernis adalah cat kayu yang terbuat dari getah damar. Jenis pernis dan plitur kayu terbuat telah digunakan oleh manusia selama berabad-abad. Sampai pada akhirnya muncul bahan finishing yang disebut dengan melamin setelah itu bahan cat kayu berkembang pesat dan saat ini yang banyak dikenal adalah cat water based.

Cat kayu warna natural water based muncul karena kekhawatiran manusia yang terlalu banyak menggunakan cat kayu solvent berpelarut thinner. Jenis cat kayu terbuat berbahaya untuk kesehatan manusia dan lingkungan hidup karena kandungan toxic yang tinggi sedangkan untuk cat water based tidak mengandung bahan kimia yang berbahaya.  Bahkan hasil yang diberikan tidak kalah baik dengan cat kayu solvent lainnya.

Ide Warna Dengan Cat Kayu Warna Natural Biovarnish

Cat kayu tidak hanya memberikan warna natural saja tetapi juga memberikan tampilan berbeda dari tampilan gloss. Cat kayu Biovarnish yang memiliki 20 pilihan warna natural bisa Anda terapkan dalam berbagai macam gaya. Warna natural tentu akan meninmbulkan suasana hangat dan tergantung Anda mengambil jenis warna apa saja.

CS Biovarnish

Berikut ini bebrapa ide warna menggunakan cat kayu warna natural Biovarnish;

  1. Warna Yellow Ox

Warna yellow ox sangat cocok jika Anda membutuhkan bahan finishing yang berwana natural cerah. Jika Anda memiliki kayu jati belanda maka sangat cocok finishing dengan warna ini. Anda bisa menggunakan gaya natural modern minimalis karena warna kayu yang cenderung cerah.

  1. Warna Red Mahogany

Warna kayu yang kemerahan seperti warna kayu mahoni sangat cocok bagi Anda yang ingin mendapatkan suasana hangat di dalam rumah. Anda bisa menggunakan Biovarnish Red Mahogany untuk jenis kayu mahoni, kayu jati belanda, kayu pinus dan kayu warna cerah lainnya. Gaya dengan warna red mahogany adalah gaya klasik.

  1. Warna Light Walnut

Warna light walnut ini sangat cocok jika digunakan pada jenis kayu warna cokelat terang seperti kayu jati, kayu ulin, kayu walnut. Gaya yang cocok pada warna kayu light walnut ini adalah gaya scandinavian yang penuh dengan warna kayu cokelat terang.

  1. Warna Sonokeling

Kayu sonokeling memiliki warna hitam yang sangat anggun dan juga elegan. Serat kayu sonokeling yang indah butuh diperlihatkan dengan warna cat kayu Biovarnish sonokeling. Tetapi Adna tidak harus mengaplikasikan warna kayu sonokeling ini pada kayu sonokeling. Anda bisa mengaplikasikannya pada kayu warna yang lebih terang seperti kayu jati, kayu jati belanda, kayu pinus dan juga kayu walnut atau oak. Gaya yang bisa Anda gunakan dengan warna sonokeling ini adalah gaya kontemporer dan juga gaya modern minimalis.

  1. Warna Papua Rose

Warna kayu papua rose yang lebih cenderung lebih terang atau kemerahan dibandingkan dengan warna kayu sonokeling. Warna kayu papua rose banyak sekali yang menggunakan karena unik dan tidak terlalu gelap. Untuk gaya yang yang cocok pada kayu papua rose ini seperti gaya retro, gaya neo klasik, dan juga gaya vintage.

  1. Warna Dark brown

Warna dark brown ini warna nomor satu yang paling banyak dicari masyarakat. Warna dari Biovarnish ini akan memperlihatkan serat kayu dengan jelas. Warn cokelat yang diberikan cukup gelap tetapi tidak terlau gelap jika dibadingkan dengan warna sonokeling. Anda bisa menggunakan gaya klasik, gaya retro dan juga gaya scandinavian.

  1. Warna Gardena Teak

Gardena teak sangat cocok untuk jenis furniture patio. Warna terang dari Biovarnish ini sangat cocok apabila Anda melakukan finishing doff karena akan memperlihatkan sifat natural dari kayu. Anda bisa menggunakan gaya modern untuk warna ini.

  1. Warna Red Teak

Warna merah kayu jati yang baru saja ditebang bisa Anda miliki dengan mudah yaitu Biovarnish Red Teak. Warna ini akan memberikan ketenangan di dalam rumah, gaya yang cocok digunakan adalah klasik, neo klasik, baroque dan juga gaya kontemporer.

  1. Warna brown

Warna cokelat dari Biovarnish ini sangat banyak digunakan untuk furniture luar negeri atau yang masuk ke dalam ranah ekspor. Warna Biovarnish Brown banyak disukai oleh orang asing seperti di Eropa dan juga Amerika. Warna brown lebih condong pada gaya yang simpel.

  1. Warna Salak Brown

Memperlihatkan warna kulit salak adalah tujuan dari pilihan dari Biovarnish Salak brown. Anda bisa menggunakannya pada furniture di teras rumah karena warna salak memberikan kecerahan dan membawa suasana hati lebih nyaman. Gaya yang bisa dan ciptakan dengan kombinasi warna ini adalah gaya sheesham yang berbbentuk unik khas Indian.

Tak Hanya Penampilan Natural, Cat Kayu Biovarnish Melindungi

Jika Anda melihat cat kayu dari warnanya saja, belum tentu cat tersebut memiliki kualitas perlindungan yang baik. Banyak sekali produk cat kayu yang menawarkan warna menarik tetapi furniture tidak bisa bertahan lama karena perubahan cuaca, karena adanya rayap bahkan karena adanya jamur. Produk Biovarnish tidak hanya memberikan Anda warna natural transaparan saja tetapi juga memberikan  furniture perlindungan seperti yang dijabarkan berikut ini:

  1. Anti rayap

Cat kayu Biovarnish telah diberi kelengkapan anti rayap. Sehingga mikro organisme yang merusak kayu ini tidak akan bersarang di dalam. Cat Biovarnish dilengkapi dengan bahan yang tidak disukai oleh rayap maupun kutu.

  1. Anti jamur

Jenis kayu yang Anda gunakan mungkin bisa saja berkualitas tinggi seperti kayu jati misalnya, tetapi tetap saja perlindungan anti jamur dari cat kayu sangat dibutuhakn Biovarnish dilengkapi dengan bahan anti jamur sehingga pada saat kelembapan bertambah tinggi jamur tidak akan mudah tumbuh.

  1. Tahan perubahan cuaca

Lapisan film yang dihasilkan oleh cat kayu Biovarnish sanagt kuat karena Anda harus mengaplikasikan mulai dari dempul kayu Biovarnish Wood Filler, bahan warna Biovarnish Wood Stain dan terakhir  pernis yaitu Biovarnish Clear Coat. Tentu saja lapisan kuat akan dibentuk bahkan Anda bisa menggunakannya pada furniture otudoor.

  1. Aman dan ramah lingkungan

Salah satu poin penting dalam mencari produk yang berkualitas adalah aman dan ramah lingkungan. Produk Biovarnish sama sekali tidak mengandung toxic yang mengganggu kesehatan lingkungan manusia dan lingkungan hidup lainnya.

 

CS Biovarnish