Cara Aplikasi Plitur Kayu Berkualitas Bisa Lebih Mudah dengan Merk Ini

Saat memilih merk plitur kayu, pastikan  yang berkualitas dan juga memiliki cara aplikasi yang mudah, dan tentunya tidak sulit untuk ditemukan di pasaran.

Jika berbicara tentang merk plitur kayu, ada banyak sekali merk plitur yang diproduksi dan diperjual belikan di Indonesia. Salah satu ciri plitur yang berkualitas adalah memiliki cara aplikasi yang mudah tetapi hasilnya tetap berkualitas.

Inilah Cara Menggunakan Plitur Kayu Yang Benar - plitur kuas

Anda tentu tidak ingin melakukan kesalahan dalam membeli plitur kayu bukan? Karena penggunaan plitur kayu tentu akan sangat mempengaruhi proses dan hasil finishing dari pekerjaan anda. Agar tidak salah dalam memilih merk plitur, kenali terlebih dahulu jenis plitur kayu berdasarkan bahan pelarutnya.

Jenis Plitur Berdasarkan Bahan Pelarutnya

Terdapat dua jenis plitur kayu jika dibedakan berdasarkan bahan pelarutnya, yaitu plitur kayu dengan pelarut solvent dan plitur kayu dengan bahan pelarut air.

1. Plitur Bahan Pelarut Solvent

Jenis plitur ini menggunakan formula solvent yang mengandung banyak bahan kimia berbahya, seperti merkuri dan timbal. Bahan pelarutnya menggunakan solvent atau thinner dengan bau menyengat. Karena mengandung bahan kimia yang berpotensi membahayakan kesehatan manusia, Anda sebaiknya waspada saat ingin menggunakan plitur ini. Saat aplikasi plitur ini memiliki tarikan kuas yang berat karena kandungan minyak yang lengket, dan akan meninggalkan brush mark. Untuk proses pengeringan sangat tergantung panas matahari agar solvent menguap.

Mengatasi-Brush Mark- Pada-furniture

2. Plitur bahan pelarut air

Jenis cat plitur kayu dengan pelarut air tidak berbahaya bagi kesehatan manusia karena telah diformulasi sesuai dengan standar regulasi bahan kimia internasional. Sehingga plitur jenis ini aman dan ramah lingkungan untuk digunakan. Tarikan kuas dalam aplikasi plitur ini lebih ringan dan tidak meninggalkan efek brush mark. Proses pengeringan plitur ini juga lebih cepat dan tidak bergantung pada panas matahari, sehingga sangat memungkinkan Anda untuk melakukan finishing kapan saja.

Cara Aplikasi Plitur Kayu yang Benar

Berikut ini adalah cara aplikasi plitur kayu yang benar agar dapat memudahkan anda saat melakukan finishing:

  1. Pastikan bidang kerja atau media kayu dalam kondisi bersih, kering dan halus. Jika perlu gunakan dempul kayu terlebih dahulu lalu amplas hingga bersih dan bersihkan debu sisa pengamplasan.
  2. Campurkan cat plitur kayu dengan bahan pelarut dan aduk hingga merata. Selama pengaplikasian selalu aduk bahan agar tidak ada yang mengendap dan menyebabkan hasil finishing dengan warna berbeda.
  3. Kuaskan plitur ke seluruh permukaan kayu. Perhatikan apakah tarikan kuas ringan dan tidak menimbulkan brush mark. Untuk hasil yang lebih halus lagi Anda bisa menggunakan kain katun perca warna putih yang dibalutkan pada kuas.
  4. Tunggu material kering dan amplas permukaan kayu dengan amplas alumunium oxide no. 400 hingga permukaan halus dan bersih. Raba permukaan dan pastikan sudah benar-benar halus. Jika warna yang dihasilkan masih kurang memuaskan Anda bisa mengaplikasikan plitur kembali. Baru terakhir adalah pemberian top coat.

Hanya dengan 4 langkah saja Anda sudah bisa melakukan finishing berbagai macam furniture atau produk olahan kayu.

Biovarnish Liquid Stain, Merk Plitur Kayu Yang Berkualitas

Sebagai plitur kayu water based, Biovarnish liquid stain adalah plitur kayu terbaik yang harus anda gunakan saat melakukan proses finishing. Produk ini akan memberikan hasil finishing berkualitas terbaik dengan cara aplikasi yang mudah dan murah. Biovarnish liquid stain telah memenuhi standar keamanan bahan kimia internasional sesuai dengan regulasi ECHA (European Chemical Agency) dan US EPA (Enviromental Chemical Agency). Sehingga kadar VOC (Volatile Organic Compound) produk ini cenderung rendah.

Produk-biovarnish-liquid-stain

Untuk mengaplikasikannya, anda hanya perlu menggunakan air bersih sebagai pelarutnya dan aplikasikan menggunakan kuas atau bisa juga dengan spray gun. Aplikasi dengan kuas juga tidak akan menimbulkan adanya efek brush marking yang biasanya Anda temukan pada jenis produk cat water based lainnya.

Plitur kayu biovarnish liquid stain juga dapat anda gunakan untuk finishing furnitur indoor dan juga outdoor. Lapisan filmnya akan melindungi dari paparan panas matahari dan juga hujan. Jadi cat akan mampu bertahan lebih lama. Untuk mendapatkan lapisan film yang lebih kuat, anda dapat menggunakan produk biovarnish lainnya untuk melengkapi rangkaian finishing yang akan anda lakukan.

Cari Artikel Berdasarkan Judul

——– About Biovarnish !!! ——–

——– Biovarnish on Tokopedia ——–

——– BioCide on Tokopedia ——–

——– Bioindustries on Tokopedia ——–

——– BioPolish on Bukalapak ——–

——– Official Web BioIndustries ——–

Artikel "Finishing Kayu"

Youtube Channel

Channel youtube Bio Paint kami berisi konten tutorial finishing dan produk unggulan Bio.

About Us

catkayu.com merupakan website yang memuat artikel – artikel tentang finishing menggunakan cat kayu, perawatan, dan pencegahan furniture kayu dari kerusakan.

Biovarnish merupakan bahan finishing kayu berbahan dasar water-based acrylic dengan sistem aplikasi oles atau kuas, digunakan untuk finishing kayu interior / exterior seperti interior & eksterior furniture, wood building (gazebo, door, wall, pergola, pagar), toys and craft, yang aman dan ramah lingkungan.

Telp / WhatsApp : Klik Disini

©2015 - 2021 Cat Kayu - by DH

CAT KAYU