Step by Step Cara Mengecat Kayu yang Tepat pada Furniture Lama

Memiliki furniture lama yang sudah kusam dan banyak cacat bukan berarti Anda harus membuangnya. Mengecatnya ulang bisa menjadi alternatif lain. Ada banyak bahan cat yang dapat digunakan dan ada banyak hasil yang bisa didapatkan untuk memilki furniture lama dengan penampilannya yang baru. Dan ada banyak tutorial recoating furnitur lama, bahkan cara pernis kayu agar mengkilap pada furniture lawas.

Tidak sulit kok melakukannya Anda hanya perlu menghilangkan lapisan cat lama kemudian memberikan lapisan cat yang baru. Jika Anda menyerahkan pekerjaan ini ada tukang reparasi furniture maka uang yang akan dikeluarkan tiga kali lipat daripada Anda mengecat ulang sendiri.

Bahkan seringkali harga reparasi furniture kayu sama seperti membeli furniture yang baru. Akan sayang sekali bukan jika Anda tidak bisa menyimpan uang karena menyerahkan pekerjaan ini pada tukang reparasi. Padahal alat dan bahan tersedia dimana-mana. Gunakan waktu akhir pekan untuk memperbaiki furniture lama menjadi lebh baru.

Cara Mengecat Kayu Agar Furniture Mengkilap

Sebelum memulai pekerjaan, Anda harus memutuskan hasil terbaik apakah yang diinginkan. Apakah Anda ingin hasil yang sama seperti sebelumnya atau justru Anda akan memberikan warna dan tampilan yang benar-benar berbeda? Salah satu hasil paling mudah didapatkan adalah finishing mengkilap.

Apapun warna yang diberikan baik itu warna natural maupun solid, laisan mengkilap adalah pilihan lapisan yang terbaik. Berpenampilan mewah dan mudah untuk dikerjakan adalah pilihan terbaik jika ini adalah proyek refinishing Anda yang pertama.

Jika memilih finishing doft Anda harus berhati-hati karena sedikit goresan atau debu akan tampak pada hasil finishing. Sedangkan hasil finishing mengkilap cenderung menyembunyikan permukaan yang cacat. Namun ada beberapa persiapan yang perlu dilakukan.

Apa saja persiapan yang perlu dilakukan untuk pengecatan dengan hasil mengkilap? Berikut ini persiapan yang harus dilakukan.

  1. Permukaan material kayu

Persiapan utama adalah material kayu. Persiapan ini meliputi pengamplasan permukaan. Pastikan permukaan kayu adalah rata dan halus. Semakin rata maka aakn semakin baik kilap yang dihasilkan. Kilap dihsilkan oleh adanya pantulan cahaya ke mata melalui permukaan furniture. Jika permukaan rata maka pantulan kilap yang dihasilkan tinggi sedangkan jika pantulannya buruk artinya permukaan kayu tidak rata.

Cara Mengecat Kayu Agar Mengkilap Pada Furniture Lama

Inilah mengapa semua furniture kayu rustic yang tidak memiliki permukaan rata tidak akan menghasilkan permukaan kayu yang halus. Nah untuk mengamplas dan menghemat waktu disarankan untuk menggunakan hand sander, gunakan amplas nomor 150 dan perlahan beralih pada amplas nomor 220. Jangan lupa untuk membersihkan debu amplas hingga bersih.

Pastikan jika Anda akan menegcat furniture lama, hilangkan seluruh lapisan cat lama sebelum mulai mengamplas dan memperhalus permukaan.

  1. Persiapan alat dan bahan

Peralatan dan bahan sangat mempengaruhi hasil. Bahan yang kompatibel dengan alat tidak lain adalah cat kayu water based seperti BioColours. Bahan cat ini akan memberikan hasil maksimal dengan tingkat gloss mencapai 85% dengan aplikasi alat semprot.

Ya menggunakan alat semprot adalah keharusan apabila Anda ingin mendapatkan hasil finishing yang rata dan juga halus. Gunakan spray gun dengan nozel 1 untuk mendapatkan kecepatan dan tekanan pengaplikasian standar. Cat akan keluar dengan baik dan menyelimuti permukaan.

Pastikan spray gun dan juga kompresor bekerja dengan baik, Anda perlu mengisi angin kompresor dan mengatur tekanan yang keluar. Spray gun harus baik dan tidak macet, pastikan tidak ada kendala pada saat proses aplikasi sedang berjalan.

  1. Persiapan ruangan dan alat keamanan

Walaupun Anda telah menggunakan bahan cat water based, pastikan ruangan dn alat keamanan yang digunakan untuk melindungi tubuh sesuai. Ruangan yang dibutuhkan adalah ruangan cukup luas dan memiliki sirkulasi udara yang baik. Jika Anda akan bekerja di dalam garasi pastikan terdapat jendela yang cukup baik untuk mengatur sirkulasi udara.

Tidak masalah juga untuk bekerja di luar ruangan namun janganlah menjemur furniture yang telah dilapisi oleh cat water based BioColours. Lapisan cat yang sudah diaplikasikan tidak dapat dijemur karena akan mengalami kerusakan yaitu pengeringan yang tidak sempurna. Anda cukup mendiamkan furniture yang telah dicat di dalam ruangan.

Peralatan keamanan diperlukan untuk melindungi diri sendiri dari partikel cat yang telah disemprotkan. Walaupun termasuk cat aman, cat tetap memiliki sedikit kandungan toxic yang tidak berbahaya. Anda perlu menggunakan masker dan juga sarung tangan jika perlu siapkan kacamata.

Cat adalah bahan kimia jika terkena mata akan sangat berbahaya. Padahal proses aplikasi menggunakan alat semprot membuat partikel cat akan berterbangan kemana-mana. Pastikan area wajah terlindungi dengan baik.

Setelah persiapan ini sudah Anda pahami dan benar-benar dipersiapkan dengan baik selanjutnya Anda hanya perlu melakukan proses finishing. Tidak sulit melakukannya dengan bahan cat kayu BioColours.

Step by Step Cara Mengecat Kayu Agar Mengkilap

Aplikasi cat kayu water based BioColours hanya membutuhkan pelarut air. Selebihnya alat yang dibutuhkan adalah amplas dan juga alat semprot. Nah Anda bisa memilih untuk menggunakan BioColours top coat gloss untuk hasil finishing warna natural maupun warna solid.

Cara Mengecat Kayu Agar Mengkilap Pada Furniture Lama

Kelebihan dari lapisan cat ini adalah aman digunakan di segala permukaan kayu yang akan terkena makanan. Kandungan toxic yang rendah serta aman terkena makanan membuatnya lebih baik digunakan di area dapur atau meja makan.

Anda tidak perlu khawatir dengan bau, bahan pelarut air mengakibatkan cat tidak mengeluarkan bau yang menyengat baik itu pada saat proses aplikasi dan sesudahnya. Jadi sangat aman dan nyaman digunakan. Berikut ini langkah yang bisa Anda lakukan.

  • Pencampuran cat BioColours top coat dilakukan di gelas plastik. Jika Anda ingin sedikit mengaplikasikannya. Anda bisa menggunakan perbandingan 2 bahan : 1 air kemudian diaduk hingga rata dalam gelas, pastikan tidak ada cat yang masih mengendap.
  • Tuangkan larutan cat ke dalam tabung spray gun, jangan terlalu penuh kemudian tutup, posisikan material sejajar dengan nozel sehingga Anda akan lebih mudah melakukan proses mengecatnya. Lakukan pengecatan dari atas ke bawah hingga cat seluruhnya melapisi furniture.
  • Tunggu lapisan cat mengering. Anda bisa menggunakan dua lapisan. Setelah cat mengering amplas dengan ambang menggunakan amplas nomor 400. Setelah itu lakukan pembersihan debu amplas bisa menggunakan vakum.
  • Setelah bersih permukaan furniture aplikasikan kembali lapisan top coat dengan cara yang sama. Kali ini Anda cukup menunggu kering selama 24 jam atau selama semalaman sebelum furniture digunakan.

Jika Anda mengikuti aturan penggunaan di atas maka proses aplikasi akan berjalan cepat dan hasilnya tampilan mengkilap maksimal oleh cat water based didapatkan.

Anda bisa menggunakannya tidak hanya pada furniture dalam ruangan tetapi juga furniture di luar ruangan. Perlindungan yang diberikan sangat baik khususnya untuk panas dan hujan. Jika Anda ingin mendapatkan hasil yang lebih baik dan tahan lama tambahkan poles kayu.

Poles kayu akan memberikan kemilau yang tahan lama dan perlu dilakukan secara rutin. Gunakan bahan poles kayu secara rutin setiap satu bulan sekali, perlindungan juga akan bertambah dengan menggunakan bahan poles kayu. Itulah cara mengecat kayu agar mengkilap pada furniture lama. Selamat mencoba.

Cari Artikel Berdasarkan Judul

——– About Biovarnish !!! ——–

Biovarnish

——– Biovarnish on Tokopedia ——–

——– Biovarnish on Bukalapak ——–

——– Biovarnish on Shopee ——–

——– BioCide on Tokopedia ——–

Anti Rayap Jamur Kayu Terbaik

——– Official Web BioIndustries ——–

Artikel "Finishing Kayu"

Youtube Channel

Logo Biopaint

About Us

CAT KAYU merupakan website yang memuat artikel tentang finishing menggunakan cat plitur dan pernis kayu, perawatan, serta pencegahan furniture kayu dari kerusakan.

Biovarnish merupakan bahan finishing kayu berbahan dasar water-based acrylic dengan sistem aplikasi oles atau kuas, digunakan untuk finishing kayu interior / exterior seperti interior & eksterior furniture, wood building (gazebo, door, wall, pergola, pagar), toys and craft, yang aman dan ramah lingkungan.

Telp / WhatsApp : Klik Disini

©2015 - 2021 catkayu.com - All Right Reserved.