Cara Mengecat dan Memilih Warna Liquid Stain yang Tepat untuk Dinding

Pengecatan dinding kayu dengan cat kayu berkualitas sangat penting dilakukan, gunakan cat kayu Biovarnish liquid stain untuk tampilan dinding kayu terbaik !!!

Rumah dengan bahan dasar kayu membutuhkan perawatan yang ekstra karena material kayu yang mudah rusak. Salah satu bagian yang sering menggunakan material kayu pada rumah adalah dinding. Selain jenis kayu, yang harus diperhatikan saat melakukan finishing pada dinding adalah penggunaan bahan finishing yang tepat. Jenis kayu untuk dinding harus kuat agar dapat berfungsi dengan baik sebagai dinding. Biasanya jenis kayu yang sering digunakan adalah kayu jati, kayu damar laut, kayu meranti merah, kayu bengkirai, kayu sonokeling, kayu ulin dan lainnya.

Teknik Aplikasi Pewarna Kayu Water Based Biovarnish Wood Stain Pada Dinding 1

Jika jenis kayu yang dipilih sudah kuat maka selanjutnya adalah gunakan bahan finishing yang tahan air. Mengingat dinding akan melindungi rumah dan menjadi kerangka penting dalam melindungi penghuni dari gangguan luar maka dinding kayu butuh diberikan perlindungan dari cat kayu tahan air.

Biovarnish yang merupakan merk cat kayu tahan air untuk dinding kayu ini sangat disarankan untuk digunakan. Selain dapat melindungi dari hujan atau air cat ini juga akan melindungi dari perubahan cuaca dan juga panas matahari. Cat yang sudah dilengkapi dengan bahan anti serangga dan anti jamur ini akan membuat dinding kokoh dan tahan lama.

Pemasangan Dan Pengecatan Dinding Kayu

Dalam mendirikan dinding kayu, Anda harus memperhatikan bentuk dari kayu. Ada dua jenis yang bisa Anda gunakan yaitu papan dan juga dolken atau kayu gelam. Kayu yang berbentuk dolken adalah kayu bulat dengan diameter 6-10 cm. Kayu dolken bisa digunakan sebagai steger pada saat mengecor atau untuk pagar sementara.

Jika Anda menggunakan kayu papan maka kayu harus memiliki ketebalan 2 hingga 3 cm. Untuk rangka dinding dibutuhkan batang kayu yang berukuran 5/7 cm atau 5/10 cm.

  • Pemasangan

Cara memasang dinding kayu sangat mudah karena bahan kayu mudah untuk dipotong atau dibentuk. Jika dinding membutuhkan tampilan estetika tinggi maka pemasangannya bisa dengan ditumpuk secara horisontal atau vertikal bahkan diagonal. Lalu bentuk kayu sesuai dengan ukuran dinding yang akan digunakan kemudian Anda bisa langsung merakit kayu pada dinding dengan cara dipaku, disekrup bahkan dilem.

  • Pengecatan

Dalam hal mengecat dinding kayu maka Anda bisa menggunakan pernis Biovarnish cat kayu tahan air yang akan melindungi dengan maksimal. Hasilnya, dinding akan terlihat warna natural transparan sehingga pengguna ruangan akan terhanyut dalam suasana alami.

Pengecatan dengan produk Biovarnish liquid stain hanya membutuhkan air dan kuas. Anda dapat melakukan finishing dengan mudah mengikuti petunjuk yang tertera dalam kaleng.

Pemilihan Warna Biovarnish Untuk Dinding

Anda dapat memilih dan menyesuaikan warna sesuai dengan keinginan anda. Berikut ini beberapa jenis kayu serta warna yang bisa menjadi rekomendasi Anda sesuai dengan 20 pilihan warna natural Biovarnish liquid stain:

  1. Jati

Kayu jati yang identik dengan warna terang khas cokelat muda sangat cocok dengan Biovarnish Liquid Stain warna light brown, yellow ox, gardena teak, red teak, dark teak. Sedangkan untuk dempulnya Anda bisa menggunakan wood filler Jati.

  1. Damar laut

Warna alami kayu damar laut cenderung cokelat gelap. Sebaiknya gunakan warna yang senada dengan kayu seperti  warna biovarnish liquid stain brown, dark brow, SHP brown, walnut brown, salak brown bahkan warna black. Untuk dempulnya Anda juga bisa menggunakan Biovarnish Wood Filler Jati.

  1. Meranti merah

Sesuai dengan warna kayu meranti merah ini maka Anda bisa memberikan warna dengan produk Biovarnish Wood Stain Red GL, Red Mahogany, Light Brown, Cherry dan Red Ox. Untuk dempul kayu yang digunakan disarankan menggunakan Biovarnish Wood Filler Mahogany.

Kayu Cedar : Pengolahan Hingga Cara Finishingnya Yang Mudah
  1. Bengkirai

Warna kayu ini memiliki efek kekuningan seperti kayu jati belanda. Sehingga dapat menggunakan warna apa saja bahkan warna gelap. Tetapi jika Anda ingin menampilkan warna kayu asli Anda bisa menggunakan pilihan warna candy brown, light walnut, red teak, dan juga yellow ox. Untuk dempulnya gunakan Biovarnish Wood Filler Ramin.

  1. Sonokeling

Warna kayu ini sangat eksotis oleh karena itu Anda harus mengeluarkannya dengan Biovarnish Liquid Stain sonokeling atau papua rose hingga black. Untuk dempulnya Anda bisa meggunakan semua jenis dempul karena akan ditutup warna gelap.

Selain pemilhan warna, anda juga dapat menggunakan Biovarnish Clear Coat untuk memberi perlindungan tambahan pada dinding kayu. Jika Anda ingin mendapatkan hasil finishing warna natural seperti kayu yang tidak terlihat difinishing, Anda bisa mengganakan Biovarnish Clear Coat Doff. Sedangkan jika Anda ingin mendapatkan hasil warna kayu yang terlihat sedikit mewah Anda bisa menggunakan Biovarnish Clear Coat Gloss.

Kelebihan Cat Kayu Biovarnish Untuk Dinding kayu

Mengapa Anda harus menggunakan Biovarnish sebagai bahan pengecatan pada dinding kayu Anda? Mungkin pertanyaan ini telah muncul dalam kepala Anda.

Produk Biovarnish

Alasan mengapa Anda harus menggunakan produk Biovarnish selain aplikasinya yang mudah adalah masalah keamanan dan kesehatan lingkungan. Biovarnish berbeda dengan produk cat water based lainnya yang masih mengeluarkan bau gas amonia. Produk Biovarnish ini sama sekali tidak mengandung bahan kimia formalin atau bahan kimai berbahaya lainnya. Bahkan kandungan VOC (Volatile Organic Compound) sudah dibatasi.

Penggunaan bahan kimia Biovarnish telah sesuai dengan standar  regulasi ECHA (European Chemical Agency) dan juga US EPA (United States Enviromental Protection Agency). Maka jika diterapkan dalam rumah atau gedung lainnya. Cat kayu Biovarnish tidak hanya melindungi kayu tetapi juga melindungi penghuni rumah dari bahan kimia berbahaya.

Kelebihan dari segi pilihan warna serta perlindungan pada material kayu sudah lengkap terdapat dalam satu kaleng Biovarnish. Nah untuk apalagi Anda membeli produk lain yang belum terjamin kualitas perlindungan dan warnanya? Segera gunakan Biovarnish dan amankan lingkungan tempat tinggal Anda dengan Biovarnish.

Cari Artikel Berdasarkan Judul

——– About Biovarnish !!! ——–

——– Biovarnish on Tokopedia ——–

——– BioCide on Tokopedia ——–

——– Bioindustries on Tokopedia ——–

——– BioPolish on Bukalapak ——–

——– Official Web BioIndustries ——–

Artikel "Finishing Kayu"

Youtube Channel

Channel youtube Bio Paint kami berisi konten tutorial finishing dan produk unggulan Bio.

About Us

catkayu.com merupakan website yang memuat artikel – artikel tentang finishing menggunakan cat kayu, perawatan, dan pencegahan furniture kayu dari kerusakan.

Biovarnish merupakan bahan finishing kayu berbahan dasar water-based acrylic dengan sistem aplikasi oles atau kuas, digunakan untuk finishing kayu interior / exterior seperti interior & eksterior furniture, wood building (gazebo, door, wall, pergola, pagar), toys and craft, yang aman dan ramah lingkungan.

Telp / WhatsApp : Klik Disini

©2015 - 2021 Cat Kayu - by DH

CAT KAYU