Pengenalan Wood Stain Dalam Dunia Finishing

1314
Pengenalan Wood Stain Dalam Dunia Finishing

Apakah Anda sudah melakukan finishing dengan benar? Jika sudah apakah Anda telah mendapatkan hasil sesuai dengan yang diinginkan? Apabila Anda belum mendapatkan hasil yang maksimal dimanakah letak kesalahan dari segi proses finishingnya? Bisa jadi teknik aplikasi yang Anda gunakan salah atau bisa juga karena bahan finishing yang Anda gunakan tidak berkualitas.

Dalam dunia perkayuan, banyak tukang yang malas melakukan proses finishing karena terkesan kotor dan juga membutuhkan banyak budget. Namun jika sebuah furniture tidak dilakukan finishing hasilnya tentu saja tidak akan maksimal bahkan furniture yang telah dibentuk dengan menarik tidak akan tahan lama.

Pengenalan Wood Stain Dalam Dunia Finishing

Sebelum menggunakan bahan finishing seperti wood stain, Anda harus memahami terlebih dahulu apakah fungsi dari wood stain dan bahan finishing yang lainnya tersebut. Wood stain memiliki dua funsgi yang tidak boleh dilupakan yaitu untuk melindungi dan kedua untuk memberikan penampilan.

CS Biovarnish

Furniture yang telah dilapisi wood stain dan bahan finishing lainnya akan membuat kayu menjadi lebih tahan lama bahkan tahan terhadap goresan, rayap dan juga jamur. Sedangkan untuk tampilan, wood stain akan memberikan warna natural pada kayu dan juga akan memperlihatkan serat kayu menjadi lebih tajam dan juga memperlihatkan lebih natural.

Jadi bahan finishing merupakan salah satu bagian yang sangat penting dan tidak boleh dilupakan dari proses finishing. Kecuali jika Anda memang menginginkan hasil furniture tidak difinishing. Namun untuk pencegahan rayap dan juga jamur pada material kayu unfinish Anda bisa menggunakan poles kayu untuk furniture seperti Biopolish Linseed Oil.

Apa Itu Wood Stain?

Sebelum menggunakan bahan finishing ketahui terlebih dahulu masing-masing fungsinya seperti wood filler atau wood putty, wood stain atau cat duco dan juga clear coat atau top coat. Dari masing-masing jenis bahan finishing tersebut Anda bisa menggunakan wood stain sebagai bahan finishing yang menghasilkan warna natural. Dan Anda bisa menggunakan cat duco untuk finishing warna solid.

Wood stain sebagai cat pelapis kayu warna natural bisa Anda gunakan untuk memberikan nilai estetis pada kayu. Jika Anda menggunakan kayu jati misalnya dengan serat kayu yang indah dan juga lingkaran tahun maka penggunaan wood stain akan menonjolkan sisi serat tersebut.

Bentuk dari wood stain adalah larutan encer dan memiliki warna yang berbeda. Anda bisa memilih warna ini sesuai kebutuhan dan jenis warna asli dari kayu tersebut. Dengan terbuat dari satu bahkan lebih pigmen yang telah dilarutkan dengan bahan tertentu serta binder maka akan mengikat campuran pigmen tersebut. Ketika diaplikasikan, maka larutan akan meresap pada media kayu dan memberikan warna poada permukaan kayu tersebut.

Apabila Anda mengaplikasikan wood stain cukup banyak maka warna yang akan dihasilkan adalah warna yang lebih gelap.

Macam-Macam Wood Stain

Setelah mengenal apa itu wood stain, allu ada berapa macam wood stain yang paling banyak digunakan dan juga beredar? Di dunia finishing ada dua jenis wood stain berdasarkan dengan bahan pembuatnya yaitu wood stain yang terbuat dari air dan juga wood stain yang terbuat dari solvent. Keduanya memiliki efek yang berbeda dan juga memiliki keuntungan yang berbeda.

Pengenalan Wood Stain Dalam Dunia Finishing

Mari bedakan keduanya dari segi budget terlebih dahulu. Wood stain solvent adalah bahan finishing yang terbuat dari minyak dimana bahan pelarut yang digunakan adalah thinner. Harga wood stain solvent di pasaran memang lebih murah namun Anda juga harus memperhitungkan seberapa banyak thinner yang harus Anda beli untuk digunakan.

Berbeda dengan wood stain solvent, wood stain water based hanya membutuhkan air sebagai bahan pelarutnya. Anda tidak perlu merogoh uang lebih banyak untuk membeli air ketimbang dengan thinner. Selain budget air yang tidak mudah menguap seperti thinner akan lebih hemat ketika digunakan. Anda bahkan tidak perlu untuk membeli dalam jumlah banyak.

Dari segi kesehatan dan juga keamanan, wood stain solvent terkenal dengan bahan yang mengandung logam berat tinggi seperti formalin, merkuri dan juga timbal. Anda bisa terkena penyakit berbahaya jika tidak memperhatikan hal-hal tersebut. Jika Anda menggunakan wood stain water based tidak ada logam berat yang terkandung di dalamnya sehingga tidak akan menimbulkan bahaya kesehatan.

Perbandingan lainnya adalah dari segi aplikasi. Ketika Anda mengaplikasikan wood stain solvent maka panas matahari sangat dibutuhkan agar thinner dapat menguap sempurna setelah diaplikasikan pada permukaan kayu. Tak hanya itu saja Anda juga harus menunggu waktu yang lama agar cat benar-benar mengering. Akibatnya jika Anda tidak melakukan proses pengeringan dengan panas matahari maka hasilnya adalah warna kayu yang keputihan atau muncul efek mengembun.

Jika Anda menggunakan wood stain water based maka proses aplikasi lebih mudah. Tidak perlu Anda menunggu lama karena hanya dengan suhu udara dalam ruangan saja wood stain akan mengering dengan sempurna dan juga tidak akan mengalami efek mengembun.

Cara Aplikasi Wood Stain

Apabila melihat cara aplikasi wood stain yang mudah tersebut, lalu bagaimana cara aplikasi yang tepat? Jika Anda menggunakan wood stain water based maka Anda bisa langsung membeli dan juga bisa langsung menggunakan wood stain water based. Berikut ini cara aplikasi wood stain yang mudah, cepat dan tidak boros.

  • Siapkan substrat kayu yang bersih dan juga kering. Pastikan furniture atau kayu yang akan difinishing memiliki MC kayu sekitar 12%. Jika Anda masih mendapati permukaan kayu yang kotor maka bersihkan dengan amplas. Pastikan juga debu amplas sudah kering dan juga sudah bersih.
  • Sebelum Anda mengaplikasikan wood stain gunakan dempul kayu untuk warna natural atau wood filler. Aplikasikan dengan pisau scrape searah serat kayu hingga merata ke seluruh permukaan. Pastikan permukaan berubah menjadi kering dan bisa langsung diamplas dengan kertas amplas hingga serat kayu terlihat.
  • Jika aplikasi wood filler sudah berhasil, Anda bisa langsung mengaplikasikan wood stain. Campurkan wood stain dengan bahan pelarutnya baik itu solvent maupun air sesuai dengan petunjuk yang terdapat dalam kemasan.
  • Aduk wood stain hingga rata kemudian aplikasikan menggunakan kuas maupun dengan spray gun ke seluruh permukaan hingga rata. Tunggu hingga permukaan berubah menjadi kering benar dan amplas permukaan hingga mendapatkan permukaan kering dan halus. Jika warna yang didapatkan belum sempurna maka Anda bisa mengaplikasikan kembali wood stain hingga mendapatkan warna yang sesuai.
  • Terakhir agar lapisan cat kuat maka tambahkan aplikasi clear coat sebagai lapisan film pelindung. Clear coat adalah lapisan warna bening atau transparan yang bisa Anda aplikasikan seperti wood stain.

Sangat mudah mengaplikasikan wood stain, yang terpenting adalah alat yang digunakan. Jika Anda ingin mendapatkan hasil yang bagus dan juga maksimal maka gunakan spray gun. Namun jika Anda hanya memiliki kuas saja maka aplikasikan wood stain sesuai arah serat agar hasilnya tidak brush mark.

Selain itu kunci keberhasilan aplikasi juga tergantung pada produk yang digunakan. Anda akan mendapatkan hasil finishing yang maksimal jika produk yang digunakan memiliki formula yang bagus.

Merk Wood Stain Paling Dicari

Berbicara tentang produk wood stain maka Anda harus mencari merk produk yang memang telah terbukti kualitasnya. Anda tikda perlu lagi untuk masalah kesehatan dan juga untuk masalah aplikasi yang sulit. Dengan menggunakan Biovarnish wood stain Anda bisa mendapatkan 20 pilihan warna natural yang akan memperlihatkan serat kayu menjadi lebih tajam.

Warna dari Biovarnish wood stain akan sangat mendekati warna kayu dengan lima warna andalan yaitu yellow ox, light brown, walnut brown, candy brown dan salak brown. Sebagai produk yang paling dicari Anda bisa menggunakan Biovarnish wood stain yang dicampur dengan air. Anda tidak akan menghabiskan banyak budget untuk proses finishing.

Membeli Produk Cat Water Based Di Wilayah Bantul

Segera dapatkan Biovarnish wood stain lengkap dengan wood filler dan clear coat di situs ini. Anda juga bisa mendaftarkan diri untuk menjadi agan cat kayu Biovarnish sebagai usaha sampingan Anda. Apabila Anda masih mendapatkan kesulitan mengenai bahan finishing atau ingin membeli Biovarnish secara langsung maka hubungi nomor costumer service yang tertera dalam situs ini.

Pembelian langsung bisa Anda lakukan secara langsung di alamat jalan Sidikan no. 94 Sorosutan Yogyakarta.

CS Biovarnish