Produk Wood Stain Liquid Rekomended yang Sering Digunakan di DIY

Mengenal wood stain liquid dalam dunia finishing adalah hal yang penting dilakukan. Wood stain liquid dapat menjadi pewarna saat melakukan proses finishing.

Dalam dunia perkayuan, banyak tukang yang malas melakukan proses finishing karena membutuhkan banyak budget. Namun jika sebuah furniture tidak dilakukan finishing, hasilnya tentu saja tidak akan maksimal. Bahkan resiko kerusakan furniture yang telah dibentuk dengan menarik bisa terjadi dengan cepat.

Pengenalan Wood Stain Dalam Dunia Finishing

Salah satu bahan yang banyak digunakan saat melakukan proses finishing adalah wood stain. Bahan ini biasa digunakan pada proses pewarnaan. Untuk lebih memahami mengenai wood stain, anda dapat menyimak artikel ini.

Apa Itu Wood Stain Liquid?

Wood stain adalah pewarna kayu yang digunakan untuk mendapat hasil finishing natural. Tahap aplikasinya  biasa dilakukan setelah aplikasi wood filler. Wood stain liquid sebagai cat pelapis kayu warna natural bisa Anda gunakan untuk memberikan nilai estetis pada kayu. Jika Anda menggunakan kayu jati dengan serat kayu yang indah maka penggunaan wood stain akan menonjolkan sisi serat tersebut.

Bentuk dari wood stain liquid adalah larutan encer dengan beragam pilihan warna. Anda bisa memilih warna ini sesuai kebutuhan dan jenis warna asli dari kayu tersebut. Terbuat berbagai pigmen warna yang telah dilarutkan dengan bahan tertentu serta binder, bahan ini akan memberi tampilan warna yang menarik.

Ketika diaplikasikan, maka larutan akan meresap pada media kayu dan memberikan warna poada permukaan kayu tersebut. Apabila Anda mengaplikasikan wood stain cukup banyak maka warna yang akan dihasilkan adalah warna yang lebih gelap.

Terdapat dua macam wood stain liquid yang diperjual belikan saat ini, yaitu wood stain liquid water based dan wood stain liquid solvent based. Keduanya memiliki efek yang berbeda dan juga memiliki keuntungan yang berbeda dari berbagai sisi. Hal ini juga meliputi biaya, proses aplikasi, serta keamanan bahan.

Jenis Wood Stain Liquid Terbaik untuk Finishing

Jika berbicara jenis, kita perlu memperhatikan penggunaan bahan yang digunakan saat formulasi wood stain liquid. Bisa dibedakan menjadi 2 jenis, water based dan solvent based jelas membuat liquid stain ini memiliki perbedaan. Baik dari formula, cara aplikasi, metode aplikasi, keamanan, harga, dan faktor-faktor lainnya.

Pengenalan Wood Stain Dalam Dunia Finishing

Wood stain liquid water based yang berkualitas diformulasikan sesuai dengan keamanan bahan yang digunakan. Mengikuti standar formulasi bahan kimia internasional, membuat bahan ini menjadi lebih aman dan ramah lingkungan untuk digunakan dibanding dengan wood stain solvent based. Hanya menggunakan pelarut air, membuat wood stain liquid lebih hemat untuk diaplikasikan. Anda tidak perlu mengeluarkan biaya tambahan untuk membeli cairan thinner.

Dari segi aplikasi, penggunaan wood stain liquid water based juga lebih fleksibel dan cepat kering. Anda dapat mengaplikasikan produk ini dengan kuas maupun spray gun. Selain itu, proses pengeringannya juga cepat dan mudah. Anda dapat melakukan finishing dimana saja dan kapan saja karena tidak membutuhkan cahaya matahari langsung. Produk ini juga tidak berbau, sehingga anda dapat mengaplikasikannya dengan nyaman.

Cara Aplikasi Wood Stain

Berikut ini cara aplikasi wood stain yang mudah, cepat dan tidak boros:

  • Siapkan media kayu yang bersih dan kering. Bersihkan dan ratakan dengan amplas, bersihkan debu sisa pengamplasan untuk melanjutkan ke tahap aplikasi berikutnya.
  • Aplikasikan wood filler untuk menutup pori kayu menggunakan pisau scrape. Tunggu mengering lalu amplas hingga serat kayu terlihat, baru aplikasikan wood stain liquid.
  • Campurkan wood stain dengan bahan pelarutnya baik itu solvent maupun air sesuai dengan petunjuk yang terdapat dalam kemasan. Aduk merata, lalu aplikasikan sesuai petunjuk aplikasi menggunakan kuas atau spray gun. Tunggu mengering lalu lanjut ke tahap aplikasi selanjutnya.
  • Terakhir agar lapisan cat lebih kuat maka tambahkan aplikasi clear coat sebagai lapisan film pelindung. Clear coat adalah lapisan warna bening atau transparan yang bisa Anda aplikasikan seperti wood stain.

Sangat mudah mengaplikasikan wood stain, yang terpenting adalah alat yang digunakan. Jika Anda ingin mendapatkan hasil yang bagus dan maksimal maka gunakan spray gun. Namun jika Anda hanya memiliki kuas saja maka aplikasikan wood stain sesuai arah serat agar hasilnya tidak brush mark.

Selain itu kunci keberhasilan aplikasi juga tergantung pada produk yang digunakan. Anda akan mendapatkan hasil finishing yang maksimal jika produk yang digunakan memiliki formula yang bagus.

Rekomendasi Merk Wood Stain Berkualitas

Berbicara tentang produk wood stain maka Anda harus mencari merk produk yang memang telah terbukti kualitasnya. Anda tidak perlu lagi untuk masalah kesehatan dan juga untuk masalah aplikasi yang sulit. Dengan menggunakan Biovarnish wood stain liquid Anda bisa mendapatkan 20 pilihan warna natural yang akan memperlihatkan serat kayu menjadi lebih tajam.

Warna dari Biovarnish wood stain akan sangat mendekati warna kayu dengan lima warna andalan yaitu yellow ox, light brown, walnut brown, candy brown dan salak brown. Sebagai produk yang paling dicari Anda bisa menggunakan Biovarnish liquid stain yang dicampur dengan air. Anda tidak akan menghabiskan banyak budget untuk proses finishing.

Kayu Cedar : Pengolahan hingga Cara Finishingnya yang Mudah

Segera dapatkan Biovarnish liquid stain lengkap dengan wood filler dan clear coat di situs ini. Anda juga bisa mendaftarkan diri untuk menjadi agen cat kayu Biovarnish sebagai usaha sampingan Anda. Apabila Anda masih mendapatkan kesulitan mengenai bahan finishing atau ingin membeli Biovarnish secara langsung maka hubungi nomor costumer service yang tertera dalam situs ini.

Pembelian langsung bisa Anda lakukan secara langsung di alamat berikut ini:

Bio Center Yogyakarta

Jl. Sidikan 94, Surosutan, Yogyakarta

Daerah Istimewa Yogyakarta

Indonesia 55162
Phn / fax: +62 274 388301

e-mail: [email protected]

Bio Service Point Jepara

Jl. Raya Kudus Km. 9, Ngabul, Tahunan
Jepara, Jawa Tengah 59417
Phn: +62.291.598992
e-mail: [email protected]

Bio Service Point Cirebon

Jl. Escot No.42 RT.014/RW.04,

Desa Tegalwangi, Weru,

Cirebon, Jawa Barat 45154
Phn: +62 231 320759
e-mail: [email protected]

Cari Artikel Berdasarkan Judul

——– About Biovarnish !!! ——–

Biovarnish

——– Biovarnish on Tokopedia ——–

——– Biovarnish on Bukalapak ——–

——– Biovarnish on Shopee ——–

——– BioCide on Tokopedia ——–

Anti Rayap Jamur Kayu Terbaik

——– Official Web BioIndustries ——–

Artikel "Finishing Kayu"

Youtube Channel

Logo Biopaint

About Us

CAT KAYU merupakan website yang memuat artikel tentang finishing menggunakan cat plitur dan pernis kayu, perawatan, serta pencegahan furniture kayu dari kerusakan.

Biovarnish merupakan bahan finishing kayu berbahan dasar water-based acrylic dengan sistem aplikasi oles atau kuas, digunakan untuk finishing kayu interior / exterior seperti interior & eksterior furniture, wood building (gazebo, door, wall, pergola, pagar), toys and craft, yang aman dan ramah lingkungan.

Telp / WhatsApp : Klik Disini

©2015 - 2021 catkayu.com - All Right Reserved.