You are currently viewing Wood Stain Liquid Spray yang Bagus untuk Finishing Kayu Sonokeling

Wood Stain Liquid Spray yang Bagus untuk Finishing Kayu Sonokeling

Penggunaan wood stain liquid dengan teknik spray akan mempermudah proses finishing pada kayu sonokeling, simak langkah aplikasinya disini!

Wood Stain Liquid Sonokeling

Indonesia sebagai salah satu negara dengan berhektar-hektar hutan, tentu punya berbagai jenis kayu yang tumbuh dan berkembang di dalamnya. Salah satu dari sekian banyak kayu yang tumbuh dan sering dimanfaatkan sebagai bahan pembuatan furniture adalah kayu sonokeling. Di Indonesia kayu sonokeling paling banyak ditemui di daerah hutan Jawa Tengah dan juga Jawa timur.

Kayu sonokeling memiliki karakter yang hampir sama dengan kayu jati yaitu memiliki lingkaran tahun yang menarik. Jenis kayu ini juga memiliki pori kayu yang rapat sehingga tahan terhadap rayap dan resiko akan proses pelapukan yang cepat.

Mengenal Karakteristik Kayu Sonokeling

Penting untuk mengenal lebih dalam tentang karakteristik kayu sonokeling sebelum memulai tahap finishing. Kayu ini termasuk dalam kategori kayu keras dengan berat jenis sekitar 0,83 dan kadar airnya 15%. Sonokeling memiliki tekstur halus dengan sebagian besar serat lurus, namun juga bergelombang di beberapa bagian.

Meja Tv Kayu Lipat dari Kayu Sonokeling Bagusnya Difinishing Apa?

Bagian tengah kayu sonokeling berwarna coklat kehitaman, sementara bagian kayu gubalnya berwarna putih atau cenderung putih kekuningan dengan ketebalan hingga 5cm. Pengolahan kayu ini biasanya menggunakan plitur agar terlihat lebih mewah dan lebih awet. Kayu ini harus difinishing dengan bahan yang tepat karena saat ini sering digunakan sebagai furniture maupun decking kayu yang butuh ketahanan lebih terhadap gangguan cuaca maupun serangan hama.

Mengingat saat ini jenis kayu sonokeling mulai langka dan terkesan eksklusif seperti kayu jati, maka sudah selayaknya difinishing dengan baik. Jangan sampai ada proses finishing yang salah, termasuk pelimihan bahan finishing yang salah. Anda dapat menggunakan bahan finishing dengan bahan dasar water based. Penggunaan wood stain pada kayu sonokeling juga dapat lebih mudah dan praktis dengan menggunakan wood stain liquid dengan bahan water based.

Proses aplikasi yang mudah dan cepat tentu akan mempercepat proses finishing sehingga waktu pengerjaan furniture sonokeling dapat berjalan lebih efisien. Hasil finishing yang aman dan ramah lingkungan tentunya akan membuat tampilan furniture sonokeling menjadi lebih mewah dan eksotis dengan serat kayu yang terekspos sempurna.

Finishing Kayu Sonokeling dengan Wood Stain Liquid

Untuk mendapatkan hasil finishing terbaik dengan cat kayu water based, anda perlu menggunakan wood stain liquid dari biovarnish. Cat biovarnish adalah jenis cat water based yang sangat mudah dan efektif untuk digunakan. Berbahan dasar air, proses aplikasi produk ini juga membuat anda menghemat biaya karena hanya perlu menggunakan air bersih sebagai pelarutnya.

Liquid Stain Spray

Biovarnish liquid stain juga sangat efektif diaplikasikan. Anda dapat mengaplikasikannya dengan menggunakan spray agar proses finishing berjalan lebih cepat. Jika anda ingin menggunakan kuas, produk ini juga dapat mudah diaplikasikan. Dengan fleksibilitas ini, tentu saja akan memudahkan anda dalam pelaksanaan proses pengecatan.

Coating Schedule Finishing Sonokeling dengan Biovarnish

Berikut ini adalah langkah aplikasi yang perlu anda lakukan untuk mendapatkan finishing open pore menggunakan biovarnish liquid stain:

1. Amplas Permukaan Kayu Sonokeling

Untuk mengawali proses finishing, anda perlu melakukan pengamplasan pada seluruh permukaan kayu sonokeling. Hal ini dilakukan agar hasil finishing kayu sonokeling nantinya mempunyai permukaan yang halus merata.

2. Aplikasikan Biovarnish Liquid Stain

Pentingnya Sanding Sealer BioColours untuk Finishing Meja CafeSelanjutnya, gunakanlah biovarnish liquid stain. Wood stain liquid spray sonokeling ini sangat mudah digunakan. Anda cukup menggunakan air sebagai pengencernya dengan perbandingan 1:1 atau 2:1, dapat disesuaikan dengan intensitas warna yang anda inginkan. Selain dapat diaplikasikan dengan spray, pewarna kayu sonokeling ini juga dapat diaplikasikan menggunakan kuas spons agar tidak berbusa. Keringkan, lalu ulangi tahap ini jika dirasa perlu.

3. Gunakan Sanding Sealer (untuk mempertajam warna dan mencegah tumbuhnya bulu kayu)

Tahap selanjutnya, gunakanlah sanding sealer dari biovarnish yang dapat anda encerkan dengan air bersih. Encerkan dengan perbandingan 2:1, lalu aplikasikan secara merata ke seluruh permukaan kayu sonokeling. Aplikasinya sama dengan liquid stain, bisa dengan spray atau dengan kuas spons agar tidak berbusa. Keringkan, amplas ambang dengan amplas no 400 lalu lanjut ke aplikasi top coat.

4. Terakhir, gunakan top coat.

Sebagai tahap akhir finishing, anda dapat menggunakan top coat. Penggunaan top coat atau clear coat bertujuan untuk menjaga lapisan coating agar lebih tahan terhadap berbagai kerusakan yang berpotensi terjadi. Proses aplikasinya sama dengan biovarnish liquid stain dan sanding sealer. Anda dapat memilih tingkat glossy sesuai dengan kebutuhan dan keinginan anda.

Keunggulan Biovarnish Liquid Stain untuk Finishing Sonokeling

Berikut ini beberapa keunggulan yang dimiliki oleh wood stain liquid dari biovarnish yang menjadikannya sangat cocok digunakan sebagai pewarna kayu sonokeling, diantaranya adalah:

produk-biovarnish-liquid-stain

  • Aman dan ramah lingkungan

Diformulasikan sebagai cat water based yang ramah lingkungan dengan memperhatikan standar keamanan sesuai dengan regulasi yang ditetapkan oleh EU-ECHA Reach Regulation compliance dan US EPA Regulation Compliance dengan kadar VOC yang rendah sehingga aman dan ramah lingkungan untuk digunakan baik bagi aplikator maupun bagi lingkungan sekitar.

  • Cepat kering

Anda dapat mengeringkan lapisan finishing dengan biovarnish liquid stain tanpa perlu menggunakan panas matahari. Pengeringan dapat terjadi ±20 menit dengan mengandalkan suhu ruang, sehingga anda dapat melakukan finishing kapan saja meski dalam kondisi hujan.

  • Transparansi warna baik

Produk ini memiliki transparansi warna yang tidak kalah dengan cat solvent based. Transparansi warnanya akan bantu menonjolkan serat alami kayu sonokeling yang eksotis sehingga hasil finishingnya lebih terekspos.

  • Penetrasi warna cepat

Dari segi waktu, anda dapat lebih cepat saat melakukan finishing dengan produk ini karena wood stain liquid biovarnish dapat meresap dengan cepat setelah diaplikasikan pada media termasuk pada kayu sonokeling. Selain itu, anda juga akan lebih hemat karena tidak perlu berulang kali melakukan aplikasi untuk mendapat warna pada finishing kayu sonokeling yang lebih tajam.

  • Tahan terhadap perubahan cuaca ekstrim

Keunggulan selanjutnya adalah, produk ini tahan terhadap perubahan cuaca yang ekstrim. Sehingga dapat digunakan untuk furniture indoor maupun outdoor dari kayu sonokeling. Penggunaannya akan melindungi furniture dari pengaruh sinar UV maupun kondisi hujan.

  • Mudah diaplikasikan

Dan tentu saja, produk ini sangat mudah diaplikasikan. Proses aplikasinya dapat dilakukan dengan cara spray maupun dengan menggunakan kuas spons agar tidak berbusa. Anda dapat menyesuaikan hal ini dengan kebutuhan dan keinginan anda.

Mau Beli Biovarnish?

Anda bisa membeli berbagai varian produk biovarnish di service point kami berikut ini:

Bio Center Yogyakarta

Jl. Sidikan 94, Surosutan, Yogyakarta

Daerah Istimewa Yogyakarta

Indonesia 55162

Phn / fax: +62 274 388301

e-mail: [email protected]

Bio Service Point Jepara

Jl. Raya Kudus Km. 9, Ngabul, Tahunan Jepara, Jawa Tengah 59417

Phn: +62.291.598992

e-mail: [email protected]

Bio Service Point Cirebon

Jl. Escot No.42 RT.014/RW.04, Desa Tegalwangi, Weru, Cirebon, Jawa Barat 45154

Phn: +62 231 320759

e-mail: [email protected]

Anda juga dapat membeli berbagai varian produk biovarnish secara online melalui beberapa kanal kami berikut ini:

Whatsapp: 082264411073

Website : https://www.biovarnish.com/

Facebook : https://www.facebook.com/officialbiovarnish/

Instagram : https://www.instagram.com/biovarnish/