Cat Water Based yang Mengubah Lemari Kayu Jati Jadi Lebih Awet

Merawat lemari jati agar tampak awet adalah hal yang harus dilakukan, untuk mendapatkan hasil terbaik anda bisa menggunakan cat water based

 

Bagaimana Anda merawat lemari jati yang sudah berusia puluhan tahun? Apabila Anda belum melakukan perawatan apapun seharusnya dari awal cat yang dipilih memiliki kualitas yang bagus. Lemari jati adalah lemari yang sudah memiliki kualitas baik. Kayu jati memiliki resin khusus yang mampu mengatasi serangan rayap, namun untuk menjaga ketahanannya anda tetap harus memberikan bahan pelapis dari cat yang berkualitas.

Bagaimana ciri cat yang berkualitas? Simak ulasan mengenai cat lemari jati berkualitas pada artikel ini!

Ciri-Ciri Cat yang Berkualitas

Untuk memperoleh cat yang berkualitas, anda harus mengetahui kandungan apa saja yang terdapat pada cat tersebut. Berikut ini adalah bahan-bahan yang perlu ada pada cat kayu berkualitas agar mampu menjaga lemari kayu jati tetap awet:

  1. Mengandung anti jamur

Jamur adalah hama pada kayu yang akan mengundang rayap. Jika  sebuah cat mengandung bahan anti jamur maka lapisan coating yang terbentuk pada luar bagian furniture akan tahan terhadap serangan jamur yang berasal dari kelembaban.

  1. Ada kandungan anti rayap

Selain bahan anti jamur cat juga harus mengandung bahan anti rayap. Kayu adalah makanan rayap yang sangat lezat banyak kayu yang tampaknya utuh dari luar namun pada bagian dalamnya habis dimakan rayap. Jika Anda tidak ingin hal ini terjadi pada lemari kayu anda, sebaiknya gunakan  cat cara yang sudah mengandung bahan anti rayap terbaik.

  1. Lapisan film yang kuat

Anda perlu menggunakan cat dengan lapisan film yang kuat. Anda dapat memperolehnya pada penggunaan top coat, jika diperlukan anda bisa menggunakan top coat yang mengandung bahan polyurethane.

  1. Aman dan ramah lingkungan

Selain aman untuk perlindungan lemari kayu, anda juga perlu memperhatikan keamanan lingkungan di mana lemari tersebut diletakan. Anda tidak bisa membiarkan lingkungan tercemar karena menggunakan bahan cat yang beracun dan menguarkan bau menyengat ke udara sampai terhirup oleh manusia. Berbagai macam penyakit kanker dapat timbul di masa depan. Sebaiknya gunakan cat water based yang bebas dari bahan beracun.

  1. Aplikasi yang mudah

Cat yang berkualitas juga harus mudah diaplikasikan. Sehingga akan memudahkan proses finishing yang akan anda lakukan. Anda dapat menggunakan cat water based yang fleksibel diaplikasikan dengan kuas ataupun dengan spray.

Cat Kayu Water Based untuk Finishing Lemari Jati

Jika Anda telah memahami faktor-faktor di atas maka cat water based adalah pilihan yang tepat. Cat water based adalah jenis cat kayu yang memudahkah para penggunanya serta memberikan hasil finishing yang terbaik. Warna solid atau warna natural bisa Anda pilih sesuai kebutuhan.

Salah satu merk cat water based yang direkomendasikan adalah Biovarnish. Produk Biovarnish liquid stain adalah cat pewarna lemari kayu jati yang mudah diaplikasikan. Anda dapat menggunakan kuas atau menggunakan cara spray sehingga lebih fleksibel.

Lemari Jati Tampak Awet dengan Cat Water Based

Biovarnish liquid stain telah diformulasikan sesuai dengan standar regulasi bahan kimia internasional (EU-ECHA Reach Regulation compliance dan US EPA Regulation Compliance). Kadar VOC (Volatile Organic Compound) pada produk ini sudah dibawah standar yang ditetapkan, sehingga aman untuk diaplikasikan dan tidak berbahaya bagi kesehatan aplikator maupun kesehatan lingkungan di sekitarnya.

Tersedia dengan berbagai pilihan warna, produk ini juga sangat mudah dan cepat untuk diaplikasikan. Anda tidak perlu membeli thinner sebagai bahan pelarut karena produk ini dapat diaplikasikan cukup menggunakan air bersih. Kemudian, anda juga akan menghemat waktu dan biaya dengan menggunakan produk ini.

Cara Menggunakan Biovarnish Liquid Stain untuk Finishing Lemari Jati

Tertarik menggunakan cat biovarnish untuk finishing lemari kayu jati di rumah anda? Untuk mendapatkan hasil finishing terbaik, mari simak langkah aplikasi produk ini dengan berbagai varian produk biovarnish lainnya:

Kayu Cedar : Pengolahan Hingga Cara Finishingnya Yang Mudah
  • Tahap pertama adalah pengamplasan. Amplas seluruh permukaan lemari jati hingga halus merata. Bersihkan debu sisa pengamplasan untuk memudahkan proses aplikasi.
  • Aplikasikan biovarnish wood filler sebagai dempul kayu. Gunakan pisau scrape, aplikasikan tipis saja tapi harus merata. Tunggu kering sekitar 20 menit, amplas hingga serat kayu mulai terlihat. Bersihkan debu sisa pengamplasan.
  • Lanjutkan dengan tahap pewarnaan menggunakan biovarnish liquid stain. Anda bisa memilih warna sesuai dengan yang anda inginkan. Encerkan dengan air bersih pada perbandingan 2:1. Anda dapat menggunakan kuas atau spray gun. Keringkan dengan diangin-anginkan sekitar 30-60 menit. Amplas ambang dan ulangi tahap ini jika dirasa perlu.
  • Selanjutnya, gunakan sanding sealer untuk memperkuat lapisan dasar warna. Proses aplikasinya sama dengan tahap aplikasi liquid stain. Keringkan sekitar 30 menit lalu lanjutkan dengan penggunaan clear coat.
  • Terakhir, gunakan biovarnish clear coat. Anda dapat memilih tingkat glossy yang diperlukan. Proses aplikasinya sama dengan liquid stain dan sanding sealer. Untuk mendapatkan furniture yang kering dan siap digunakan, simpan dan diamkan selama semalaman.

Cari Artikel Berdasarkan Judul

——– About Biovarnish !!! ——–

——– Biovarnish on Tokopedia ——–

——– Biovarnish on Bukalapak ——–

——– Biovarnish on Shopee ——–

——– BioCide on Tokopedia ——–

Anti Rayap Jamur Kayu Terbaik

——– Official Web BioIndustries ——–

Artikel "Biovarnish Liquid Stain"

Youtube Channel

Logo Biopaint

About Us

catkayu.com merupakan website yang memuat artikel – artikel tentang finishing menggunakan cat kayu, perawatan, dan pencegahan furniture kayu dari kerusakan.

Biovarnish merupakan bahan finishing kayu berbahan dasar water-based acrylic dengan sistem aplikasi oles atau kuas, digunakan untuk finishing kayu interior / exterior seperti interior & eksterior furniture, wood building (gazebo, door, wall, pergola, pagar), toys and craft, yang aman dan ramah lingkungan.

Telp / WhatsApp : Klik Disini

©2015 - 2021 catkayu.com - All Right Reserved.