Bahan Pelapis Triplek Kayu Anti-Air yang Paling Banyak Dicari

Triplek adalah salah satu jenis kayu lapis yang terbuat dari pabrikan dan membutuhkan pelapis tahan air. Papan triplek terbuat dari veneer kayu yang direkatkan satu sama lain setiap lembarnya dengan lem.

Triplek sendiri adalah material yang paling sering digunakan karena harga yang sangat murah, memiliki fleksibilitas yang tinggi, pembentukan yang mudah untuk pengolahan serta mudah untuk didaur ulang.

lapisan kayu anti air untuk triplek tahan air

Pembuatan triplek sendiri disesuaikan dengan serat kayu, setiap lapisan veneer yang ditumpuk harus berjumlah ganjil agar menjadi triplek yang lebih kuat dan mencegah terjadinya pembengkokan atau warping. Selain itu juga menimbulkan konstruksi seimbang. Jika menggunakan lapisan berjumlah genap dapat menimbulkan distrosi.

Baca Juga : tips aplikasi finishing dengan lapisan kayu anti air pada triplek kayu

Ada berbagai macam ketebalan dari triplek dimulai dari 0.8mm hingga ketebalan 25mm dengan kualitas yang berbeda. Anda bisa memilih ketebalan triplek sesuai dengan kebutuhan. Melihat kemampuan dari triplek ini, bagi Anda yang akan menggunakannya harus mengetahui apa saja kelemahannya agar Anda tidak salah saat pengaplikasian.

Kelemahan Triplek:

  1. Triplek tidak tahan terhadap cuaca panas dan huja. Oleh karena itu, Anda tidak bisa menggunakannya sebagai perabotan rumah di luar ruangan. Akan sangat berbahaya jika triplek dijadikan bahan baku garden furnitur.
  2. Permukaan triplek sering tidak halus karena lapisan veneer yang ditempelkan tidak diamplas terlebih dahulu. Belum lagi efek dari bahan perekat yang buruk dan teknik yang buruk dapat menimbulkan triplek yang bergelombang.
  3. Proses pengangkutan harus dilakukan secara hati-hati. Bentuk dari triplek yang lebar membuat material ini mudah patah jika tidak diangkut dengan hati-hati.

Kelemahan dari triplek terutama ketika digunakan di luar ruangan. Penggunana triplek dalam ruangan harus diperhatikan, misalnya Anda akan menggunakannya sebagai furnitur dapur.

Baca Juga : jual produk dempul kayu tahan air paling banyak dicari di indonesia

Baca Juga : ide warna cat jendela kayu yang bagus dan paling banyak digemari

Di dalam ruangan dapur juga memiliki sifat basah atau kelembaban yang tinggi, Anda perlu waspada dan meletakan triplek di sudut yang tepat. Selain penempatan Anda juga membutuhkan bahan pelapis triplek tahan air. Kelembaban udara akan bisa diantisipasi ketika menggunakan bahan pelapis triplek ini agar tidak masuk ke dalam triplek.

Sama seperti kayu solid, triplek juga dapat meresap kelembaban udara dalam ruangan yang mengakibatkan pembusukan material dalam waktu yang dekat. Selain bersifat melindungi, bahan pelapis triplek juga dapat memberikan penampilan yang menarik pada furnitur triplek Anda.

Jenis Bahan untuk Menciptakan Lapisan Kayu Anti-Air yang Dibutuhkan

Ada dua fungsi yang perlu diperhatikan ketika memilih bahan pelapis ini. Yang pertama adalah untuk memberikan ketahanan dari air dan kelembaban dan yang kedua adalah untuk memberikan penampilan. Anda cukup mencari dua fungsi tersebut untuk bahan pelapis atau cat yang ada di toko bahan bangunan terdekat.

cat lapisan kayu tahan air untuk triplek

Namun ada banyak sekali bahan finishing yang bisa Anda dapatkan di toko bahan bangunan, Anda perlu mengetahui ciri dari bahan finishing ini. Bahan pelapis triplek ini bisa Anda pilih warna natural atau warna solid tergantung dengan gaya dan juga kebutuhan Anda. Berikut ini ciri bahan pelapis yang seharusnya digunakan pada triplek.

√ Ciri Pertama

Menutup permukaan triplek dengan maksimal. Penutupan permukaan triplek dengan baik maka Anda membutuhkan cat dasar kayu. Cat dasar yang bisa Anda temukan seperti wood filler atau wood putty akan menutup dengan rapat seluruh permukaan triplek. Fungsingya untuk menutup pori dan cacat kayu yang akan memudahkan air atau kelembaban meresap ke dalam. Cat dasar ini akan mengeras setelah diaplikasikan dan menutup dengan maksimal.

√ Ciri Kedua

Sebaiknya pilih cat untuk outdoor. Jika Anda ragu dengan ketahanan dari cat indoor maka Anda bisa menggunakan lapisan cat outdoor pada triplek rumah Anda. Ketahanan cat outdoor tentu akan lebih baik mentgatasi kelembaban yang ada di dalam ruangan. Ini akan menjamin triplek agar menjadi lebih tahan terhadap air.

√ Ciri Ketiga

Cat water based, menimbang masalah keamanan pada ruangan maka cat water based adalah solusi yang diberikan pada saat ini. Triplek terkenal telah menggunakan bahan perekat yang tinggi oleh toxic. Sehingga untuk menguranginya Anda perlu menggunakan lapisan kayu anti air yang aman dan ramah lingkungan. Cat water based memiliki kandungan logam berat yang rendah sehingga akan aman digunakan dalam rumah.

Jika produk yang aman dan ramah lingkungan digunakan maka Anda bisa aman beraktivitas di dalam rumah. Belum lagi jika cat tersebut mampu memberikan ketahanan pada triplek dari air. Bahan yang digunakan untuk lapisan kayu anti air pada triplek yang disarankan dan terbuat dari bahan dasar air yang direkomendasikan adalah cat Biovarnish. Sebagai cat plitur atau pernis kayu Anda akan menemukan banyak kelebihan setelah menggunakannya.

Proses Aplikasi Cat Biovarnish sebagai Lapisan Kayu Anti Air Terbaik

https://www.youtube.com/watch?v=NqXxgo0ag08

Sumber : Youtube Bio Paint

Anda akan masuk ke dalam tahapan aplikasi. Triplek terkenal dengan permukaan yang seringkali tidak rata. Jika Anda ingin menggunakannya maka diperlukan persiapan agar mendapatkan hasil finishing yang rata bahkan halus.

Pertama

Untuk memulai maka dibutuhkan pengamplasan dengan amplas yang kasar 150 grit Anda bisa mengamplas dengan hand sander apabila permukaan furnitur cukup luas. Hati-hati dalam mengamplas kayu karena serbuk kayu sangat berbahaya bagi kesehatan jangan lupa untuk menggunakan masker dan sarung tangan. Setelah pengamplasan dirasa cukup halus lanjutkan dengan pelapisan cat dasar.

Kedua

Gunakan Biovarnish wood filler kemudian encerkan dengan seidikit air. Gunakan kain putih bersih dan kering untuk pengaplikasian. Usapkan secara merata ke seluruh permukaan kayu hingga benar-benar rata kemudian tunggu kering dan dilanjutkan dengan pengamplasan.

Ketiga

Pengamplasan lapisan cat dasar perlu amplas dengan grit 240. Lakukan pengamplasan hingga permukana triplek berubah menjadi lebih halus kembali. Jika permukaan sudah halus dan rata maka selanjutkan pemberian warna kayu dengan Biovarnish wood stain.

Keempat

Pilih wood stain dengan warna yang Anda inginkan. Proses aplikasinya campurkan wood stain dengan air perbandingan 4 bahan : 1 air Anda bisa menggunakan sendok untuk menakar dan tuang dalam gelas plastik. Siapkan kuas busa dan kuaskan wood stain searah serat triplek hingga rata. Tanpa dijemur tunggu lapisan stain kering dan Anda bisa mulai mengamplas dengan amplas grit 400. Pengamplasan dilakukan dengan cara ambang agar tidak menghabiskan lapisan stain. Jika warna belum sesuai yang diinginkan Anda bisa mengaplikasikan stain kembali.

Kelima

Lapisan akhir adalah lapisan film yang memberikan ketahanan terhadai air. Lapisan pelindung ini adalah Biovarnish clear coat. Gunakan clear coat gloss yang lebih tahan terhadap goresan kemudian campurkan dalam gelas plastik dengan air. Campurkan dengan perbandingan 2 bahan : 1 air dan aduk rata.

Kuaskan dengan kuas busa secara merata ke seluruh permukaan triplek kemudian dapatkan permukaan yang tertutup rapi. Tunggu triplek mengering selama 24 jam baru Anda bisa menggunakannya.

Di Manakah Anda bisa Mendapatkan Produk Ini?

Jika anda memiliki pertanyaan lebih lanjut atau pemesanan mengenai produk ini, silahkan hubungi HotLine kami via Whatsapp dan telepon di website ini.

Anda dapat membeli seluruh varian produk dari Bio Industri Omnipresen secara online melalui beberapa kanal marketplace kami berikut ini:

marketplace catkayu

marketplace catkayu

marketplace catkayu

Anda juga bisa membeli seluruh produk dari PT. Bio Industri secara langsung di beberapa service point kami berikut ini:

Bio Center Yogyakarta

Jl. Sidikan 94, Surosutan, Yogyakarta, Daerah Istimewa Yogyakarta, Indonesia 55162
Phone: 0274 287 1834
Hp / WhatsApp: Klik di Sini
e-mail: Klik di Sini

Bio Service Point Jepara

Jl. Raya Kudus Km. 9, Ngabul, Tahunan, Jepara, Jawa Tengah 59417
Phone: 0291 598992
e-mail: Klik di Sini

Bio Service Point Cirebon

Jl. Escot No.42 RT.014/RW.04, Desa Tegalwangi, Weru, Cirebon, Jawa Barat 45154
Phone: 0231 320759
e-mail: Klik di Sini

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Scroll to Top