4 Tips yang Membantu Kita Memilih Cat Triplek dengan Warna Natural

Triplek adalah salah satu material yang dewasa ini banyak digunakan untuk furniture, merupakan alternatif yang menguntungkan, dengan memilih cat warna natural dalam aplikasinya.

Triplek terdiri dari tiga lapisan, yaitu lapisan yang direkatkan menggunakan lem dan bagian muka adalah lapisan veneer. Hasil lapisan yang merekat dengan baik karena setiap lapisan direkatkan dengan arah serta yang berlawanan.

Cara pengeleman triplek tersebut sangat penting untuk membentuk ikatan yang tahan lama. Triplek juga sangat mudah untuk di finishing. Memilih bahan cat untuk finishing triplek warna natural akan sangat mudah ditemukan di toko bahan bangunan.

Banyaknya merk cat untuk triplek ini seringkali membingungkan dalam memilih, karena tidak semua bahan cat akan memberikan hasil tampilan yang sempurna. Perhatikan bagaimana jenis cat yang terbaik hingga cara aplikasinya yang tepat.

Pada artikel ini Anda akan mempelajari, manakah jenis cat yang terbaik dan harus digunakan.

Ciri Cat Warna Natural Terbaik untuk Triplek

Bagaimana memilih jenis cat warna natural untuk triplek yang sebaiknya dibeli? Cat tersebut tentu harus bisa memberikan hasil tampilan pada triplek yang maksimal. Mengingat triplek adalah material yang tidak memiliki serat seperti kayu solid, maka memilih warna natural cat sangat penting.

Bukan berarti triplek tidak dapat dicat dengan warna natural, hanya saja Anda harus memilih pernis dan plitur yang cocok untuk triplek. Triplek membutuhkan bahan finishing yang memiliki ciri-ciri berikut ini:

√ Tidak Menimbulkan Lengkungan

Beberapa jenis cat justru akan menimbulkan lengkungan pada triplek. Kesalahan ini bisa disebabkan oleh faktor formula atau faktor cara aplikasi yang salah. Terlalu tebal mengaplikasikan cat dalam sekali sapuan bisa menimbulkan masalah ini.

Tips Memilih Cat untuk Triplek untuk Warna Natural

Ingatlah bahwa triplek terdiri dari lapisan veneer dan lem. Bahan lem yang akan membuat veneer mudah melengkung sehingga harus dihindari.

√ Menghaluskan Permukaan Triplek

Bukan furniture berukir, namun hasil finishing triplek yang harus dicapai adalah finishing halus dan merata. Cat yang digunakan harus bisa menutup cacat produksi yang biasanya ditimbulkan.

Cacat pada triplek misalnya seperti bagian pemotongan yang tidak merata dan bagian veneer yang terkelupas. Semua harus bisa diperbaiki dengan cat untuk triplek.

√ Proses Pengeringan yang Tepat

Triplek tidak baik untuk dijemur setelah proses pengeringan. Langkah ini akan mempercepat membuat veneer menjadi melengkung dan rusak. Hal ini disebabkan oleh pengeringan yang terlalu cepat sehingga memaksa cat untuk menguap dengan cepat.

Cat yang dapat mengering tanpa dijemur sebaiknya dipilih karena pengeringan di dalam ruangan akan membuat penguapan cat yang tepat. Hasilnya cat mengering tanpa menimbulkan cacat pada triplek.

√ Cat Water Based

Jenis cat water based sebaiknya digunakan untuk semua finishing triplek. Cat ini akan kering dengan sempurna tanpa penjemuran. Disisi lain, cat water based adalah jenis cat kayu yang aman dan ramah lingkungan.

Menggunakan bahan kimia seperti cat harus memperhatikan masalah keamanan lingkungan. Cat terbuat dari bahan organik yang akan sangat berbahaya bagi kesehatan manusia dan lingkungan.

Cat water based adalah solusi untuk menjaga lingkungan aman serta kesehatan manusia, juga tersedia di banyak tempat untuk bisa dibeli dan digunakan.

Merk Cat Water Based untuk Finishing Triplek Warna Natural

Sumber : Youtube Bio Paint

Jika ciri cat sudah Anda temukan, kini saatnya untuk menemukan manakah produk yang harus dibeli. Merk cat water based yang cocok sebagai cat untuk triplek tidak lain adalah Biovarnish. Produk Biovarnish digunakan untuk mengganti plitur dan vernis konvensional dengan bahan pelarut solvent. Anda tidak perlu membeli thinner sebagai bahan pelarut melainkan menggunakan air.

Pastikan Anda menggunakan air yang tidak asam dengan PH kurang lebih 7. Air yang asam akan merusak cat jadi perlu diperhatikan jenis air apakah yang digunakan. Cat kayu Biovarnish adalah produk yang terdiri dari tiga produk yang perlu diaplikasikan secara berurutan.

Berikut ini tiga produk yang akan menyempurnakan tampilan dari triplek :

1. Biovarnish Wood Filler

Produk pertama yang harus diaplikasikan untuk menutup cacat pada triplek. Produk ini adalah wood filler yang terdiri dari empat macam pilihan warna yaitu warna jati, sungkai, ramin dan mahoni.

Keempat warna Biovarnish wood filler bisa Anda pilih sesuai dengan hasil akhir yang Anda inginkan. Keunggulan dari wood filler dibandingkan produk lainnya adalah mampu membentuk ikatan yang kuat dengan permukaan triplek.

Mudah diamplas dan tidak peeling diakibatkan tingkat adhesi yang dihasilkan sangat maksimal. Anda tidak perlu khawatir lagi masalah cacat triplek dalam jangka waktu yang lama.

Proses aplikasi dengan wood filler disebut juga dengan pendempulan. Proses ini akan juga dapat dilakukan dengan menambahkan air dan proses aplikasi menggunakan kain lap. Wood filler dapat digunakan untuk menambal bagian rusak yang kecil dan dalam.

Apabila kerusakan cukup besar dan parah Anda bisa menambahkan serbuk kayu dalam proses aplikasinya. Serbuk kayu yang digunakan harus memiliki warna yang sama dengan hasil finishing.

2. Biovarnish Wood Stain

Produk kedua yang harus diaplikasikan setelah wood filler adalah wood stain. Biovarnish wood stain terdiri dari 24 warna pilihan yang bisa Anda gunakan pada triplek. Wanra ini mengimplementasikan warna kayu yang ada di dunia.

Pastikan Anda mengaplikasikan wood stain searah serat triplek karena akan memperlihatkan permukaan yang halus. Wood stain akan memberikan warna pada triplek yang tahan lama.

Proses kering wood stain hanya membutuhkan waktu selama 60 menit sebelum proses pengamplasan ambang dilakukan. Wood stain memiliki warna natural yang akan mempercantik tampilan triplek.

Aplikasi wood stain ini bisa memanfaatkan alat kuas. Kuas yang wajib digunakan adalah kuas busa atau kuas bulu nilon. Kuas nilon atau kuas busa tidak akan menyerap air sehingga tidak akan menimbulkan permukaan yang kasar.

3. Biovarnish Clear Coat

Finishing akhir membutuhkan bahan finishing clear coat. Jika Anda ingin mendapatkan hasil finishing yang mengkilap Anda membutuhkan Biovarnish clear coat gloss dan apabila Anda ingin mendapatkan hasil finishing yang rata maka Anda bisa menggunakan Biovarnish clear coat matte.

Hasil finishing ini akan mengering setelah semalaman, diwajibkan untuk mendiamkan furniture di tempat yang kering dan bersih. Keunggulan yang didapatkan adalah tidak menimbulkan efek menguning.

Efek menguning yang tidak timbul dikarenakan kandungan formalin lebih sedikit dan lebih banyak air. Anda tidak perlu takut akan hasil finishing yang berubah karena efek menungging yang timbul.

Cara Finishing Terbaik untuk Material Triplek

Triplek sama seperti jenis kayu olahan lainnya seperti plywood dan multiplek. Proses finishing yang dilakukan juga sama seperti jenis kayu lainnya yaitu persiapan. Kualitas persiapan yang dilakukan pada triplek akan menentukan hasil finishing yang halus dan merata.

Triplek memiliki persiapan yang lebih mudah dibandingkan dengan kayu olahan lainnya. Permukaannya sangat cepat halus setelah proses pengamplasan. Material ini tidak membutuhkan waktu lama dalam hal finishing.

Persiapan yang perlu dilakukan adalah pengamplasan menggunakan balok kayu. Jika Anda ingin proses yang lebih cepat, lakukan pengamplasan dengan mesin amplas. Mulailah dengan mengamplas menggunakan kertas alumunium oxide nomor 80 jika permukaan triplek masih sangat kasar.

Apabila sudah memulai halus, beralihlah menggunakan amplas yang lebih halus yaitu grit 120 dan 220. Jika permukaan triplek sudah lebih halus ketika pertama kali membeli, sebaiknya mulailah dari kertas amplas 120.

— Pertama —

bersihkan debu bekas pengamplasan dengan kain katun yang kering. Jangan gunakan kain lap yang lembab dan basah karena bagian lapisan veneer triplek akan bergelombang. Hilangkan beberapa kali dengan kain hingga lapisan debu benar-benar hilang.

— Kedua —

Kini saatnya untuk menggunakan cat triplek tahan air yaitu Biovarnish. Beberapa permukaan triplek yang rusak langsung saja diperbaiki menggunakan Biovarnish wood filler. Gunakan Biovarnish langsung dengan scrape dan ratakan.

Diamkan hingga kering kemudian lanjutkan dengan kertas amplas nomor 240. Amplaslah permukaan triplek hingga bersih bebas debu amplas. Jika permukaan sudah merata dan cacat pada triplek sudah tidak terlihat lanjutkan pada pengecatan.

— Ketiga —

Siapkan Biovarnish wood stain sesuai dengan warna pilihan Anda. Campurkan wood stain dengan air hingga mendapatkan kekentalan 11-12 NK2. Jika tidak memiliki alat pengukur gunakan perbandingan 4 bahan : 1.

Aduk merata campuran wood stain dan air, ambil kuas dan celupkan ¾ bagian bulu kuas. Hilangkan cat yang terlalu berlebih kemudian kuaskan ke seluruh permukaan kayu searah serat.

Ratakan cat dan tunggu hingga mengering. Proses kering tidak membutuhkan panas matahari hanya diangin-anginkan saja dalam ruangan. Setelah kering, lanjutkan dengan pengamplasan.

— Keempat —

Proses amplas wood stain dilakukan secara ambang dengan kertas amplas grit 400. bersihkan debu amplas, biasanya lapisan pertama wood stain ini memiliki warna yang lebih lembut.

Aplikasikan wood stain sekali lagi dengan cara yang sama, tunggu kering dan amplas. Lanjutkan dengan lapisan akhir yaitu Biovarnish clear coat.

— Kelima —

Campurkan clear coat dengan air, gunakan hasil larutan yang sama seperti wood stain. Pastikan alat yang digunakan yaitu kuas sudah dicuci bersih sebelum digunakan kembali.

Kumasukkan searah serat kayu, dan lapisan akhir ini memerlukan waktu kering selama 24 jam. Anda bisa mendiamkan triplek selama semalaman sebelum digunakan. Maka lapisan cat untuk triplek yang terbentuk sudah cukup kuat memberikan perlindungan.

Tips Finishing Triplek agar Berhasil

Ada beberapa tips yang perlu dilakukan agar hasil finishing pada triplek tahan lama. Perlindungan yang diberikan harus sempurna agar furniture atau olahan yang menggunakan material triplek memiliki penampilan menarik.

Tips Memilih Cat untuk Triplek untuk Warna Natural

Saat melakukan finishing dan sebelumnya, Anda perlu memperhatikan beberapa hal berikut ini :

  • Pada saat mengamplas, perhatikan ketebalan triplek yang digunakan. Jika Anda menggunakan triplek yang tipis gunakan manual sanding agar tidak menghabiskan lapisan veneer. Perlakuan yang cukup berbeda dibandingkan dengan pengamplasan kayu solid.
  • Jangan lupa untuk menggunakan masker, debu amplas triplek sangat berbahaya bagi kesehatan dan bisa menyebabkan kematian.
  • Aplikasikan wood stan tipis saja, saat aplikasi kuas pastikan sekali sapuan kuas tidak akan memberikan lapisan yang terlalu tebal. Selain hasilnya tidak rapi proses pengeringan akan berjalan lama.
  • Dilakukan pengecatan sesudah triplek dibentuk menjadi furniture untuk menghindari cacat finishing karena pemotongan triplek.

Pastikan Anda selalu menggunakan cat yang tepat untuk triplek. Tidak semua jenis cat akan memberikan hasil terbaik seperti Biovarnish. Baik dari segi perlindungan dan juga penampilan.

Di Manakah Anda bisa Mendapatkan Produk Ini?

Jika anda memiliki pertanyaan lebih lanjut atau pemesanan mengenai produk ini, silahkan hubungi HotLine kami via Whatsapp dan telepon disini : HotLine Bio. Atau melaui e-mail Klik Di Sini.

Anda dapat membeli seluruh varian produk dari Bioindustries secara online melalui beberapa kanal marketplace kami berikut ini:

Anda juga bisa membeli seluruh produk dari Bioindustries secara langsung di beberapa service point kami berikut ini:

Bio Center Yogyakarta

Jl. Sidikan 94, Surosutan, Yogyakarta, Daerah Istimewa Yogyakarta, Indonesia 55162
Phone: 0274 287 1834
Hp / WhatsApp: Klik Di Sini
e-mail: Klik Di Sini

Bio Service Point Jepara

Jl. Raya Kudus Km. 9, Ngabul, Tahunan, Jepara, Jawa Tengah 59417
Phone: 0291 598992
e-mail: Klik Di Sini

Bio Service Point Cirebon

Jl. Escot No.42 RT.014/RW.04, Desa Tegalwangi, Weru, Cirebon, Jawa Barat 45154
Phone: 0231 320759
e-mail: Klik Di Sini

Cari Artikel Berdasarkan Judul

——– About Biovarnish !!! ——–

Biovarnish

——– Biovarnish on Tokopedia ——–

——– Biovarnish on Bukalapak ——–

——– Biovarnish on Shopee ——–

——– BioCide on Tokopedia ——–

Anti Rayap Jamur Kayu Terbaik

——– Official Web BioIndustries ——–

Artikel "Finishing Kayu"

Youtube Channel

Logo Biopaint

About Us

CAT KAYU merupakan website yang memuat artikel tentang finishing menggunakan cat plitur dan pernis kayu, perawatan, serta pencegahan furniture kayu dari kerusakan.

Biovarnish merupakan bahan finishing kayu berbahan dasar water-based acrylic dengan sistem aplikasi oles atau kuas, digunakan untuk finishing kayu interior / exterior seperti interior & eksterior furniture, wood building (gazebo, door, wall, pergola, pagar), toys and craft, yang aman dan ramah lingkungan.

Telp / WhatsApp : Klik Disini

©2015 - 2021 catkayu.com - All Right Reserved.