Cara Finishing Meja Komputer untuk Kantor yang Ramah Lingkungan

Menerapkan gaya hidup ramah lingkungan bisa dilakukan dimana saja, termasuk saat memilih meja komputer di kantor. Anda bisa memilih untuk menggunakan meja komputer yang ramah lingkungan di kantor dengan menggunakan meja recycle. Atau cara lain yang bisa dilakukan adalah dengan melakukan refinishing pada meja komputer di kantor agar lebih hemat dan ramah lingkungan.

Meja Komputer Untuk Kantor Yang Ramah Lingkungan

Hidup minimalis di zaman modern ini harus diterapkan oleh banyak orang. Harga rumah yang semakin mahal dan gedung yang mahal membuat tempat untuk bekerja baik di rumah maupun di kantor menjadi semakin sempit. Sifat hidup minimalis akan mengatasi semua masalah lahan sempit. Salah satunya adalah pemilihan meja komputer di kantor yang minimalis namun ramah lingkungan.

Di Indonesia sifat hidup minimalis belum maksimal, maka Anda perlu memulainya sekarang juga karena ternyata banyak space yang masih luas untuk diterapkan jika mengikuti gaya ini. Ketika saat Anda mengisi kantor dengan meja, kursi, lemari, lemari arsip, dan banyak lagi yang membuat ruangan kantor penuh. Para karyawan sangat bergantung pada barang-barang ini setiap hari, sehingga tidak tahu apa yang harus dilakukan tanpa mereka.

Dengan semua perabotan ini, racun dan gas dilepaskan ke udara dan sebagian besar dari kita bahkan tidak menyadarinya. Meja komputer dari kayu memiliki banyak sekali bahan kimia yang dapat membahayakan kesehatan. Namun ada kabar baik, kita dapat mencegah bahan kimia berbahaya ini merusak lingkungan. Kita dapat meningkatkan kualitas kesehatan kita, kondisi ekonomi kita, ekosistem, dan membuat kondisi yang lebih ramah lingkungan secara keseluruhan.

Pentingnya Menggunakan Meja Komputer yang Ramah Lingkungan

Mengapa begitu penting dalam menentukan meja kantor yang aman dan ramah lingkungan? Anda akan menggunakan meja tersebut lebih sering daripada Anda berada di rumah. Maka pastikan Anda tidak menyepelekan hal ini. Gas yang dikeluarkan oleh produk yang telah difinishing di dalam ruangan akan menjadi salah satu hal yang berbahaya ketika Anda hirup. Gangguan kesehatan jangka panjang dapat diderita dan sangat berbahaya.

Efek Formaldehyde Pada Tubuh

Berikut ini alasan mengapa Anda harus memilih meja komputer atau perabotan kantor lain yang lebih ramah lingkungan dan menjadi penting.

√ Udara dalam kantor lebih bersih

Saat membeli perabot kantor seperti meja komputer, penting untuk mengetahui dari siapa Anda membeli dan jenis bahan dan produk apa yang mereka gunakan. Tidak semua cat mengandung bahan kimia beracun yang berbahaya.

Bahaya VOC, Timbal Dan Merkuri Pada Tubuh

Ada cat dan bahan finishing yang rendah VOC, pilihlah produk yang difinishing dengan cat ini. Agar seluruh kayu, logam, dan kaca yang Anda gunakan tidak memancarkan racun berbahaya ke udara.

Produk lain seperti powder coating tidak hanya jauh lebih aman bagi karyawan yang menggunakan meja, bangku, meja, atau kabinet. Tetapi juga menjadi pilihan yang tepat karena lebih bersih dan ramah lingkungan. Meskipun ada beberapa kandungan bahan kimia di masing-masing produk, tetapi tidak terlalu memberi pengaruh buruk pada lingkungan.

√ Ekonomi Indonesia Bisa Berkembang

Pastikan Anda membeli produk dalam negeri. Anda akan mendapatkan banyak furnitur dari dalam negeri yang memiliki harga murah karena Indonesia salah satu negara penghasil furnitur ekspor yang tinggi. Maka banyak pengrajin furnitur di Indonesia yang bisa Anda gunakan produknya.

Membeli furnitur dalam negeri tandanya Anda sudah mulai menghargai produk Indonesia dan dapat memajukan perekonomian negara. Kualitas produk yang diberikan bahkan tidak kalah dengan produk meja komputer dari luar negeri yang memakan waktu berbulan-bulan untuk didapatkan.

√ Recycling Mengurangi Sumber Daya, Polusi, dan Tempat Pembuangan Akhir

Memproduksi material baru seperti kayu dan logam menggunakan banyak sumber daya. Dengan menggunakan kayu reklamasi atau logam daur ulang, dibutuhkan lebih sedikit tenaga manusia dan emisi serta listrik dari mesin yang menciptakan material baru berkurang.

Beberapa meja komputer unik dibuat dari kayu dan logam yang direklamasi. Mengusung tema go green jelas memiliki banyak manfaat. Termasuk untuk menjaga kondisi bumi agar lebih aman.

Meskipun ada banyak hal yang bisa dibiodegradasi, butuh waktu lebih lama untuk berbagai material lapuk di tempat pembuangan sampah. Ribuan ton sampah yang menutupi bahan-bahan biodegradable menyulitkan udara untuk mencapainya sehingga proses pemecahannya menjadi lebih lama.

√ Mengupas Deforestasi

Bumi kita selalu semakin kecil karena kebutuhan manusia dan populasi kita terus meningkat. Begitu banyak hutan hujan, dan habitat yang disapu bersih untuk memenuhi tuntutan populasi manusia yang terus bertambah. Dengan menggunakan furniture daur ulang kita dapat membatasi jumlah pohon yang kita gunakan dan habitat yang kita hancurkan.

Karena pada hakikatnya, kita semua membutuhkan pepohonan untuk kelangsungan hidup. Pohon mampu menghasilkan oksigen dan menyerap karbon dioksida. Karena fungsi pepohonan yang sangat penting, menjaga kondisi pepohonan tetap lestari perlu kita lakukan.

Bahan Finishing Terpercaya untuk Meja Komputer Ramah Lingkungan

Jika Anda sedang terburu-buru memilih meja komputer maka sebaiknya lakukan daur ulang. Tetap gunakan meja komputer lama Anda dan cukup mengecat ulang untuk mendapatkan penampilan yang baru. Mendapatkan tampilan baru sama saja Anda telah membeli furnitur yang baru justru Anda akan menghemat budget kantor Anda.

Cukup dengan membayar tukang profesional yang dapat bekerja dengan cepat dan bahan finishing yang aman ramah lingkungan. Jika Anda belum memiliki meja komputer Anda bisa membelinya bekas, ada banyak limbah meja komputer yang terdapat di toko barang bekas. Cukup dengan perbaikan siku dan mengecat ulang maka Anda akan mendapatkan penampilan baru.

Memulai dengan memilih bahan finishing Anda bisa memanfaatkan cat kayu water based merk Biovarnish. Dirancang khusus untuk aplikasi mudah hanya menggunakan kuas cat kayu water based akan memberikan hasil natural transparan yang maksimal. Anda yang ingin menggunakan lapisan cat ini tidak perlu bersusah payah dengan hasil yang menggelembung atau brush mark. Karena hasilnya bebas dari cacat jika proses aplikasi benar.

Cara Finishing Meja Komputer dengan Biovarnish

Berikut ini proses aplikasi yang benar pada meja komputer jika Anda menggunakan cat kayu water based Biovarnish.

1. Persiapan

Siapkan meja komputer yang sudah dihilangkan dari lapisan cat sebelumnya. Anda juga bisa menghilangkan lapisan cat dengan pain remover. Amplas hingga halus dan serat kayu terlihat.

2. Gunakan Filler

Clear Coat Terbaik Untuk Finishing Furniture Rotan Tahan Lama - Biovarnish Wood Filler

Isi pori kayu dengan Biovarnish Wood Filler, aplikasikan wood filler dengan pisau palet dan tunggu kering. Amplas dengan amplas 240 hingga serat kayu terlihat dan bersihkan debu amplas.

3. Lakukan Pewarnaan

Dalam proses pewarnaan Anda bisa mengaplikasikan cat kayu Biovarnish Liquid Stain, kemudian aplikasikan dengan kuas.

Produk Liquid Stain

Campurkan terlebih dahulu Liquid Stain pilihan Anda dengan air perbandingan 2 bahan : 1 air dan aduk rata. Kuaskan searah serat kayu jika perlu gunakan kuas busa yang bebas brush mark. Tunggu kering dan amplas dengan amplas 400.

4. Lapisan Akhir

Pada lapisan akhir ini Anda hnay cukup menggunakan cat kayu Biovarnish Clear Coat, aplikasikan clear coat dengan kuas yang bersih.

Mengenal Clear Coat Untuk Hasil Yang Lebih Profesional - Biovarnish Clear Coat

Campurkan dengan perbandingan 2 bahan : 1 air lalu aduk rata. Kuaskan ke seluruh permukaan kayu hingga rata dan Anda akan mendapatkan hasil yang sempurna. Tunggu kering lapisan akhir ini selama 24 jam.

Cari Artikel Berdasarkan Judul

——– About Biovarnish !!! ——–

——– Biovarnish on Tokopedia ——–

——– BioCide on Tokopedia ——–

——– Bioindustries on Tokopedia ——–

——– BioPolish on Bukalapak ——–

——– Official Web BioIndustries ——–

Artikel "Finishing Kayu"

Youtube Channel

Channel youtube Bio Paint kami berisi konten tutorial finishing dan produk unggulan Bio.

About Us

catkayu.com merupakan website yang memuat artikel – artikel tentang finishing menggunakan cat kayu, perawatan, dan pencegahan furniture kayu dari kerusakan.

Biovarnish merupakan bahan finishing kayu berbahan dasar water-based acrylic dengan sistem aplikasi oles atau kuas, digunakan untuk finishing kayu interior / exterior seperti interior & eksterior furniture, wood building (gazebo, door, wall, pergola, pagar), toys and craft, yang aman dan ramah lingkungan.

Telp / WhatsApp : Klik Disini

©2015 - 2021 Cat Kayu - by DH

CAT KAYU