Apa Kunci Utama Meja Lipat Kayu yang Aman dan Ramah Lingkungan?

Meja lipat saat ini sudah banyak diproduksi, termasuk dengan material yang ramah lingkungan. Meja lipat ramah lingkungan akan membuat Anda merasa lebih nyaman saat menggunakannya. Oleh karena itu, perhatikan terlebih dahulu material dan bahan finishing yang digunakan saat Anda ingin membeli meja lipat agar lebih aman dan ramah lingkungan untuk digunakan.

Cara Membuat Meja Lipat Dinding Dari Kayu Lapis

Penggunaan furniture yang aman dan ramah lingkungan saat ini sudah menjadi semacam kebutuhan hidup. Bukan hanya untuk memenuhi trend melainkan juga memang sudah menjadi suatu kebutuhan yang krusial. Mengingat kondisi alam dan perkembangan kondisi bumi saat ini, tidak ada salahnya untuk beralih dan memilih menggunakan produk yang lestari. Salah satu produk atau furniture yang sangat penting untuk menggunakan material ramah lingkungan adalah meja lipat.

Meja lipat merupakan furniture yang bisa digunakan untuk berbagai macam jenis fungsi. Seperti untuk meja yang digunakan pada saat pesta kebun, untuk belajar, untuk hiasan dan lain sebagainya. Hal ini membuat peranan jenis furniture yang satu ini menjadi sangat penting. Tanpa adanya meja maka semua proses kegiatan akan terganggu bahkan cukup kesulitan untuk meletakan barang.

Pentingnya Menggunakan Meja Aman dan Ramah Lingkungan

Meja lipat adalah furniture yang sangat portable karena anda bisa meletakannya di mana saja dan juga dapat di bawa kemana saja tergantung dengan kebutuhan. Furniture meja lipat bahkan menjadi kebutuhan anak Anda yang suka berpergian. Dengan meja lipat untuk belajar maka mereka dapat menggunakannya di mana saja. Karena perannya begitu penting, maka sebaiknya pilihlah penggunaan meja lipat yang aman dan ramah lingkungan untuk digunakan.

Pentingkah Memilih Meja Lipat Untuk Anak

Lalu bagaimana meja lipat yang berkualitas dan aman untuk digunakan? Banyak orang memahami bahwa meja lipat yang terbuat dari kayu adalah meja yang aman dan ramah lingkungan. Padahal sebenarnya alasan itu belum tentu benar mengingat kayu tetap butuh untuk diolah dan difinishing. Pada tahap inilah rawan terjadi penggunaan bahan bahan yang tidak aman untuk digunakan.

Walaupun kayu adalah material alam yang ramah lingkungan untuk digunakan namun ada bahan lain seperti bahan finishing dan juga lem yang digunakan pada meja lipat. Berbagai bahan finishing terebut yang berpotensi menjadikan meja lipat kayu tidak aman untuk digunakan.

Maka mencari meja lipat yang ramah lingkungan perlu dipelajari dan akan lebih mudah mendapatkan meja yang sesuai dengan kebutuhan. Nah apa saja kunci utama dari meja lipat yang aman dan juga ramah lingkungan? Anda akan menemukannya dalam artikel ini.

Apa Saja Faktoor Furniture Ramah Lingkungan?

Furnitur yang ramah lingkungan adalah kunci utama Anda mendapatkan meja lipat yang terbaik. Untuk itu pahami apa arti ramah lingkungan sehingga Anda bisa mendapatkannya dengan mudah. Ramah lingkungan berarti tidak akan membahayakan alam sekitar baik itu manusia atau makhluk hidup lainnya.

Bahaya VOC, Timbal Dan Merkuri Pada Tubuh

Terbas dari berbagai bahan kimia yang berbahaya seperti logam berat adalah salah satu tolak ukur yang bisa digunakan ketika sedang mencari furnitur yang ramah lingkungan. Banyak bahaya yang didatangkan dari bahan logam berat. Bahan logam berat yang merupakan bahan organik adalah bahan yang dapat menimbulkan pencemaran mulai dari udara hingga benda di sekitarnya.

Anda tidak dapat melihat dan merasakan namun bahan tersebut berada di sekitar lingkungan Anda. Berbahayanya lagi ketika bahan tersebut masuk ke dalam tubuh maka gangguan kesehatan dapat terjadi dalam jangka waktu yang tidak dapat dipastikan.

Kembali lagi pada furnitur yang ramah lingkungan, selain meja lipat Anda juga dapat mencari furnitur ramah lingkungan lainnya dengan mudah. Berikut ini beberapa petunjuk yang bisa Anda gunakan ketika mencari furnitur ramah lingkungan dan menjadi kunci utama. Berikut ini beberapa ciri furniture aman dan ramah lingkungan:

1. Beli Furniture Lokal

Ingin Usaha Menjanjikan Di Jawa Barat? Ini Dia Yang Anda Cari

Bagian dan furnitur sering kali berasal dari berbagai lokasi sebelum mereka tiba di toko furnitur ritel favorit Anda. Pengiriman antara lokasi-lokasi ini membutuhkan lebih banyak gas dan oleh karena itu, lebih banyak emisi gas rumah kaca. Membeli furnitur dari toko lokal yang dibuat oleh pengrajin lokal membantu mengurangi kelebihan pengiriman dan menyimpan uang yang beredar dalam ekonomi lokal Anda.

2. Pilih Kain Alami

Untuk perabotan berlapis kain, pertimbangkan linen atau katun organik. Linen membutuhkan sedikit input kimia untuk tumbuh, dan linen organik adalah pilihan yang lebih hijau. Kapas organik ditanam tanpa menggunakan pestisida sintetis dan wol secara alami tahan api.

3. Furniture Multifungsi

Membeli furnitur yang melayani banyak tujuan dan dapat dibongkar bisa membantu menghemat ruang di rumah Anda. Dapatkan meja kecil yang dapat berfungsi sebagai tempat tidur malam dan nampan makan, atau bingkai tempat tidur dengan laci lemari yang dapat dilampirkan. Kualitas yang rapi ini dapat memastikan Anda mendapatkan hasil maksimal dari investasi Anda dan membuat daur ulang mudah di masa depan.

4. Gunakan Furniture Daur Ulang

Membeli sarana daur ulang menggunakan sumber daya dan bahan yang lebih sedikit secara keseluruhan untuk pembuatan. “Daur ulang” berbeda dari “dapat didaur ulang” – yang terakhir telah dibuat dengan sumber daya baru, tetapi masih memiliki manfaat lingkungan.

Furnitur yang dapat didaur ulang dapat dipecah menjadi bagian-bagian yang merupakan bahan tunggal, yang kemudian dapat lebih mudah didaur ulang. “Daur ulang” bisa berarti furnitur Anda terbuat dari plastik atau logam daur ulang, atau kayu reklamasi.

5. Carilah Mebel Antik

Apa Kunci Utama Meja Lipat yang Ramah Lingkungan?

Furnitur berkualitas heirloom yang dibuat dengan bahan yang tahan lama dapat menghemat sumber daya dan uang. Investasikan pada bagian furnitur berkualitas tinggi yang tidak hanya tidak perlu diganti, tetapi dapat diteruskan ke generasi yang lebih muda dan melestarikan sejarah keluarga.

Furniture berkualitas dengan tampilan yang antik pasti akan sangat menarik untuk digunakan dari generasi ke generasi. Sebaiknya, manfaatkan peluang ini untuk memberikan warisan furniture antik bagi anak cucu Anda di masa depan.

Bahan Finishing yang Ramah Lingkungan

Selain kelima kunci utama di atas satu alasan atau kunci utama yang paling penting adalah memilih bahan finishing. Pilih bahan finishing yang digunakan pada furnitur Anda yang ramah lingkungan. Kini banyak sekali produsen cat kayu di Indonesia yang tidak memperhatikan keamanan lingkungannya. Alasannya adalah penjualan demi meraih keuntungan yang banyak adalah prioritas.

Kenali Masalah Pernis Berpelarut Solvent Dan Solusinya

Padahal masalah ini perlu diatasi sejak awal jika tidak akan menumpuk dan menimbulkan masalah besar di kemudian hari. Misalnya saja Anda menggunakan meja lipat yang dilapisi oleh cat solvent maka berapa jumlah logam berat yang Anda hirup setiap harinya dan menumpuk dalam tubuh Anda. Hal ini tidak hanya terjadi pada Anda namun juga pada keluarga besar Anda, jadi masalah ini tidak sepele.

Karena masalah pemilihan bahan finishing bukan masalah sepele maka Anda perlu menganggap init penting dan menjadi prioritas utama. Ketika Anda sedang mencari produk cat yang tepat maka Anda bisa mengguankannya dengan aman pada meja lipat. Atau ketika Anda sedang membeli furnitur tanyakan pada pemilik toko atau pelayan toko manakah meja lipat yang menggunakan bahan finishing cat water based.

Ya pemilihan cat water based adalah salah satu pilihan tepat. Contohnya saja cat kayu water based Biovarnish. Produk yang termasuk dalam katagori cat water based untuk kayu dengan hasil warna natural ini memiliki kandungan rendah toxic seperti logam berat khususnya formalin. Kandungannya sangat rendah bahkan di abwah rata-rata yang telah ditentukan oleh US EPA dan ECHA yang merupakan regulasi batasan penggunaan logam berat yang aman pada bahan kimia.

Ingin Anyaman Bambu Tampak Natural Gunakan Cat Kayu Yang Bagus Dan Tahan Lama - Biovarnish

Menggunakan produk cat kayu Biovarnish juga dibutuktikan keamanannya dengan tidak ada bau yang menyebar ketika proses pengeringan lapisan cat berlangsung. Bagi Anda para DIY maka Anda bisa membandingkannya sendiri dengan produk pernis atau plitur solvent merk lainnya yang tentu akan menimbulkan aroma keras yang kuat.

Langkah Finishing Meja Ramah Lingkungan – Biovarnish

Finishing meja lipat dapat lebih aman dan ramah lingkungan karena tidak menimbulkan bau menyengat yang mengganggu pada ruangan dan bagi kesehatan. Selain itu, tampilan finishing juga akan lebih awet dan maksimal. Hal ini dibuktikan lagi dengan tampilan transparan yang tidak menimbulkan efek menguning ke depannya.

Cat kayu water based Biovarnish bisa Anda gunakan kapan saja dan dimana saja tidak tergantung panas matahari. Kecepatan kering di atas rata-rata membuat Anda bisa melakukan pekerjaan megecat dengan mudah. Merk Biovarnish telah direkomendasikan oleh banyak profesional di bidang perkayuan, produk cat Biovarnish ini telah banyak digunakan untuk pabrikan dan juga para DIY.

Untuk melakukan finishing natural transparan pada meja lipat dengan menggunakan Biovarnish, berikut ini langkah aplikasinya:

1. Lakukan Pengamplasan

Untuk langkah awal, Anda bisa memulai proses finishing dengan melakukan pengamplasan. Gunakan amplas alumunium oxyde grit 240 lalu lanjutkan dengan amplas grit 320. Bersihkan debu sisa pengamplasan.

3. Aplikasikan Liquid Stain

Selanjutnya, lakukan pewarnaan dengan mengaplikasikan Biovarnish Liquid Stain. Encerkan liquid stain dengan air bersih menggunakan perbandingan 2 bahan : 1 air. Aduk merata lalu aplikasikan dengan kuas ataupun dengan alat spray.

Produk Liquid Stain

Tunggu mengering sekitar 60 menit setelah aplikasi, lalu amplas secara ambang menggunakan kertas amplas nomor 400. Ulangi pengecatan jika Anda merasa belum mendapatkan warna yang sesuai dengan harapan.

3. Gunakan Sanding Sealer

Tahap selanjutnya, Anda bisa mengaplikasikan Sanding Sealer Biovarnish. Cara aplikasinya sama seperti saat Anda mengaplikasikan Liquid Stain. Anda bisa menggunakan kuas maupun spray gun untuk aplikasinya.

Cat Pelapis Kayu Biovarnish Sanding Sealer

Penggunaan sanding sealer berfungsi untuk menajamkan warna stain serta membantu clear coat agar hasil finishingnya lebih maksimal. Penggunaan Sanding Sealer juga akan membuat hasil finishing menjadi lebih halus karena bulu kayu akan terpotong dan terkunci oleh Sanding Sealer.

4. Gunakan Clear Coat

Sebagai lapisan terakhir, Anda bisa menutup proses finishing meja lipat dengan mengaplikasikan Clear Coat. Pilih tampilan Biovarnish Clear Coat kesukaan Anda, gloss atau matte. Kemudian campurkan clear coat dalam wadah plastik dengan air.

Sudahkah Lantai Kayu Anda Menggunakan Biovarnish Sanding Sealer - Biovarnish Clear Coat

Gunakan takaran 2 bahan : 1 air kemudian aduk rata dan kuaskan ke seluruh permukaan kayu searah serat. Tunggu lapisan ini mengering selama 24 jam dan pastikan benar benar kering sebelum Anda melipat meja ke dalam frame.

Cari Artikel Berdasarkan Judul

——– About Biovarnish !!! ——–

——– Biovarnish on Tokopedia ——–

——– BioCide on Tokopedia ——–

——– Bioindustries on Tokopedia ——–

——– BioPolish on Bukalapak ——–

——– Official Web BioIndustries ——–

Artikel "Knowledge"

Youtube Channel

Channel youtube Bio Paint kami berisi konten tutorial finishing dan produk unggulan Bio.

About Us

catkayu.com merupakan website yang memuat artikel – artikel tentang finishing menggunakan cat kayu, perawatan, dan pencegahan furniture kayu dari kerusakan.

Biovarnish merupakan bahan finishing kayu berbahan dasar water-based acrylic dengan sistem aplikasi oles atau kuas, digunakan untuk finishing kayu interior / exterior seperti interior & eksterior furniture, wood building (gazebo, door, wall, pergola, pagar), toys and craft, yang aman dan ramah lingkungan.

Telp / WhatsApp : Klik Disini

©2015 - 2021 Cat Kayu - by DH

CAT KAYU