Cara Finishing Gantungan Kunci Kayu dengan Cat Kayu Biovarnish

Gantungan kunci kayu adalah salah satu produk yang bisa digunakan sebagai buah tangan, dan akan lebih menarik hasilnya jika finishingnya menggunakan pernis kayu Biovarnish.

Kerajinan kayu atau yang lebih dikenal dengan wooden craft, bukanlah sebuah produk yang biasa saja. Anda bisa mendapatkan wooden craft hampir di setiap daerah tujuan wisata terutama di pulau Jawa. Mengapa? Karena kayu adalah salah satu produk yang banyak ditemukan di Pulau Jawa.

Banyak sekali bentuk kerajinan yang bisa Anda miliki seperti gantungan kunci, hiasan meja, mainan anak-anak, dan lainnya. Dari kebanyakan kerajinan tersebut, gantungan kunci adalah produk yang paling mudah dibuat. Bahkan Anda tidak perlu membeli produk kayu yang mahal tetapi bisa menggunakan limbah kayu dari industri furniture.

Anda bahkan tidak membutuhkan modal yang banyak, cukup membeli pernis kayu Biovarnish untuk tahapan finishing atau memberikan tampilan yang lebih menarik. Anda juga tinggal menyiapkan logam gantungan yang akan dipasang pada kayu.

Jika Anda tertarik menciptakan usaha kerajinan gantungan kunci ini, Anda bisa memulainya sekarang juga. Dalam artikel ini akan dibahas banyak mengenai cara membuat gantungan kunci dari kayu serta cara finishingnya yang sangat mudah. Gantungan kunci dapat Anda pasarkan sendiri langsung melalui toko maupun pesanan. Misalnya seperti souvenir untuk acara pernikahan atau souvenir acara seminar dan workshop.

Lebih manarik lagi apabila Anda menggunakan gantungan kunci sebagai icon dari kota tempat Anda tinggal. Wooden craft lain bisa juga Anda ciptakan sebagai home decor interior dengan menggunakan laminasi dan menciptakan produk berestetika ini. Hasil tersebut akan tergantung dengan kreatifitas Anda dalam membentuk produk.

Menciptakan Gantungan Kunci dari Limbah Kayu

gantungan kunci

Dalam menciptakan gantungan kunci kayu ini, Anda bisa memulai mencari limbah kayu dari sisa industri furniture ekspor. Selalu pilih kayu yang masih berkualitas. Kualitas di sini dimaksudkan adalah yang memiliki tekstur tidak keropos, ukurannya tidak terlalu kecil sehingga masih bisa dibentuk.

Sebenarnya selain kayu, Anda bisa juga menggunakan batok kelapa karena cara pembuatannya tidak jauh berbeda. Baik kayu dan batok kelapa sama-sama merupakan serat alam yang tidak mahal dan juga mudah ditemukan dan diolah.

Apabila Anda sudah mengumpulkan kayu maka Anda bisa mulai membuat pola. Pikirkan pola seperti apakah yang paling mudah untuk dibentuk. Anda bisa saja membuat gantungan kunci ukuran balok kecil. Kemudian Anda bisa mulai mengamplasnya hingga didapatkan permukaan kayu yang rata dan juga halus.

Proses Finishing Gantungan Kunci

Setelah bentuk gantungan kayu selesai, selanjutnya Anda bisa juga memberikan gambar pada gantungan kunci. Ambil gambar yang paling simple adalah batik, berikan kerangka gambar batik kemudian lakukan pengecatan dengan warna dan tunggu kering. Jika sudah kering benar maka lakukan finishing.

Pernis kayu Biovarnish bisa menjadi bahan finishing yang paling tepat. Anda bisa memilih tampilan doff atau gloss. Campurkan Biovnarnish Clear Coat yang sudah Anda pilih dengan  air perbandingan 2 bahan : 1 air kemudian aduk hingga rata.

Anda bisa melakukan pengolesan menggunakan kuas, atau penyemprotan dengan spray gun. Tunggu hingga kering sentuh sekitar 20 menit saja. Untuk kering sempurna gantungan kunci bisa Anda diamkan sekitar semalaman.

Berbeda dengan pernis kayu Biovarnish, para pengrajin gantungan kunci selama ini hanya mengandalkan cat semprot kaleng yang kualitasnya tidak terlalu baik. Anda harus selektif ketika memilih jenis bahan finishing untuk gantungan kunci kayu. Ini akan mempengaruhi hasil dan juga ketahanan. A

pakah Anda akan mendapatkan hasil yang menarik dan tidak tergantung dari kreasi atau bentuk gantungan kunci dan juga bahan finishing yang dimanfaatkan. Keuntungan juga akan muncul dari bahan finishing. Semakin murah harga finishing maka Anda akan semakin mendapatkan untung.

Mengenal Cat Semprot Kaleng di Indonesia

Merk dari cat semprot kayu di indonesia sangat banyak. Cat semprot ini memang berbeda dengan pernis kayu Biovarnish karena aplikasinya yang tinggal semprot. Sebenarnya apakah cat semprot kaleng ini? Anda mungkin lebih familiar dengan sebutan pylox, padahal pylox adalah merk bukan nama produk.

Cat semprot kaleng biasanya terbuat dari bahan akrilik dan juga epoxy. Banyak merk cat semprot kaleng yang ada di Indonesia seperti Pylox, Sizuka, Diton, Sappor, dll. Lalu apakah yang menyebabkan para pengrajin gantungan kunci atau wooden craft menggunakan jenis bahan finishing ini? Mari simak kelebihan dan kekurangan dari cat semprot kaleng berikut ini:

Kelebihan dan Kekurangan Cat Semprot Kaleng

  1. Plihan warna. Cat semprot kaleng ini tidak hanya memiliki pilihan warna transparan saja tetapi warna solid. Pilihan warna solid lainnya sangat bervariasi di setiap merknya. Anda akan memenuhi kebutuhan warna jika menggunakan cat kaleng semprot ini.
  2. Kemudahan aplikasi. Cara aplikasi yang mudah ini adalah keunggulan yang tidak dimiliki oleh jenis cat kuas atau cat lainnya. Anda cukup menyemprotkan pada seluruh bidang material yang akan difinishing. Bahkan Anda tidak membutuhkan alat dan juga listrik. Anda bisa membawa cat ini dengan mudah karena fungsinya yang sekali pakai.
  3. Mampu diaplikasikan di mana saja. Pengaplikasian dari cat semprot kaleng ini tidak terbatas pada satu objek kayu saja tetapi jenis material lain seperti besi, baja dan juga dinding. Cat akan mudah menempel dengan keras karena sifat epoxy yang sangat keras dan tidak mudah untuk dihapus.
  4. Harga mahal, memang benar cat semprot kayu ini terkenal dengan harganya yang sangat mahal. Mengapa? Cat kayu yang sangat mudah aplikasinya ini dibandrol dengan harga sekitar 40 ribu hingga 70 ribu per kalengnya sekitar 400gr saja. Maka Anda akan boros jika mengaplikasikannya pada bidang yang luas.
  5. Terlalu keras untuk dihilangkan. Jika melihat dari bahan epoxy membuat cat semprot sangat sulit untuk dihilangkan. Saking kerasnya cat ini tidak dapat ditumbuk dengan cat lainnya layaknya jenis cat kuas atau cat dengan spray system lainnya. Jadi cat semprot kaleng ini hanya sekali digunakan untuk lapisan yang sangat kuat.
  6. Memiliki aroma menyengat. Yang paling berbahaya adalah aroma yang menyengat. Kandungan epoxy di dalamnya mengandung banyak sekali zat kimia berbahaya seperti formalin. Padahal jika Anda menggunakannya dalam jangka waktu yang lama bisa saja Anda terkena kanker

Lebih Baik Menggunakan Cat Kayu Water Based

Jika menimbang dari keenam alasan memilih cat semprot kaleng di atas, manakah keputusan Anda akan jatuh? Apakah Anda akan tetap berpegang teguh menggunakan  cat semprot kaleng atau beralih menggunakan pernis kayu Biovarnish? Padahal jika dilihat dari segi harga. Cat kayu Biovarnish lebih mudah karena cat ini hanya berharga 70 ribu per kaleng dengan berat 1 kg.

Dengan harga 70 ribu Anda bisa melakukan finishing untuk berbagai macam wooden craft dalam jumlah banyak. Sedangkan untuk hasilnya, Anda bisa mendapatkan hasil natural sedangkan untuk cat semprot kayu hanya menghasilkan warna mengkilap saja.

Dari segi keamanan, cat kayu water based lebih aman dibandingkan dengan cat epoxy dan tidak akan membahayakan kesehatan Anda di masa mendatang. Tertarik membeli pernis kayu Biovarnish? Anda bisa langsung datang ke alamat Jalan Ki Sabalanang no. 23 Karangsari, Weru, Cirebon, Jawa Barat. Bisa juga langsung menghubungi nomor 0231-320759.

Cari Artikel Berdasarkan Judul

——– About Biovarnish !!! ——–

Biovarnish

——– Biovarnish on Tokopedia ——–

——– Biovarnish on Bukalapak ——–

——– Biovarnish on Shopee ——–

——– BioCide on Tokopedia ——–

Anti Rayap Jamur Kayu Terbaik

——– Official Web BioIndustries ——–

Artikel "Featured"

Youtube Channel

Logo Biopaint

About Us

CAT KAYU merupakan website yang memuat artikel tentang finishing menggunakan cat plitur dan pernis kayu, perawatan, serta pencegahan furniture kayu dari kerusakan.

Biovarnish merupakan bahan finishing kayu berbahan dasar water-based acrylic dengan sistem aplikasi oles atau kuas, digunakan untuk finishing kayu interior / exterior seperti interior & eksterior furniture, wood building (gazebo, door, wall, pergola, pagar), toys and craft, yang aman dan ramah lingkungan.

Telp / WhatsApp : Klik Disini

©2015 - 2021 catkayu.com - All Right Reserved.