Gilding Cover Pasti Tahan Lama dengan Lapisan Cat Kayu Water Based

Tampilan untuk warna emas pada furniture dan juga home decor dengan gilding cover akan lebih tahan lama dengan finishing kayu water based Biovanrish Clear Coat.

Apakah Anda menyukai warna emas atau warna silver? Warna tersebut sangat cocok jika digunakan untuk furniture jenis klasik. Furniture klasik gaya victoria sangat cocok jika menggunakan jenis warna emas atau silver. Selain warna furniture biasanya diberikan ornamen yang unik dan juga mewah seperti bunga atua hewan.

Furniture gaya victoria sendiri adalah jenis gaya yang timbul di Eropa. Untuk mendapatkan hasil warna emas atau silver, digunakan teknik gilding cover yang memanfaatkan gold leaf atau silver leaf. Bentuk dari gold leaf atau silver leaf adalah lembaran dengan lapisan warna emas.

Cara ini sangat mudah dibandingkan Anda menggunakan cat biasa karena akan memberikan warna emas tanpa membutuhkan campuran thinner. Aplikasi gilding cover ini bisa bermacam-macam yaitu bisa untuk kayu, sterefoam, gipsum yang berukir, gerabah, dll.

Golden leaf ini juga memiliki pilhan motif bagi Anda yang ingin mendapatkan permukaan furniture bertekstur atau memiliki berbagai macam jenis tampilan. Nah untuk memberikan lapisan gilding cover tampak lebih menarik, maka digunakanlah lapisan top coat. Anda bisa memilih lapisan top coat gloss untuk lapisan berpenampilan menarik dan juga lapisan lebih kuat.

Finishing water based adalah salah satu jenis lapisan top coat yang bagus untuk digunakan dalam gilding cover. Cara aplikasinya cukup mudah karena Anda hanya membutuhkan bahan pelarut air dan juga kuas untuk meratakan bahan top coat.

Hasilnya, gilding cover tidak akan mudah berubah warna karena proses oksidasi. Dan juga gilding cover tidak akan mudah tergores karena lapisan dari top coat sangat kuat. Dalam aplikasi gilding cover pada permukaan furniture ada tiga jens bahan perekat yang bisa dan pilih mulai dari perekat oil, perekat putih dan juga perekat pink. Pada ulasan kali ini, Anda akan mendapatkan cara penggunaan gilding cover dan juga cara aplikasi mudah dari finishing water based.

Cara Menggunakan Gilding Cover

Sebelum masuk ke dalam tahapan aplikasi sebaiknya Anda mengenal ada berapa jenis gilding cover ini. Untuk aplikasi gilding cover ini ada dua jenis yaitu gilding cover tempel dan juga gilding cover gosok. Anda bisa menempelkan gold leaf dengan bahan perekat atau bisa juga Anda melakukan penggosokan pada jenis gold leaf yang diogosok.

Setelah itu selesai baru Anda menggunakan finishing water based pada material furniture kayu. Untuk lebih lengkapanya cara aplikasi gold leaf berikut ini Anda bisa mengikuti langkah-langkahnya:

  1. Mempersiapkan material yang akan dilapisi oleh gilding cover. Perhatikan dan selau siapkan media yang bersih dan juga kering agar gold leaf mudah menempel pada permukaan furniture.
  2. Siapkan bahan perekat dan disarankan menggunakan bahan perekat Eva Phaeton. Campurkan dengan air sekitar 10% atau 50%. Campuran air ini disesuaikan dengan tingkat kekentalan yang dibutuhkan. Lalu Anda bisa mengoleskan pada seluruh permukaan furniture hingga rata.
  3. Tempelkan golden leaf pada permukaan furniture satu persatu tetapi jangan langsung semuanya. Ratakan gold leaf dengan kuas halus kemudian ratakan dengan kain katun bersih dan kering. Proses pemerataan ini arus diperhatikan juga agar tidak muncul gelembung udara maka Ada harus menekannya secara perlahan searah saja.

Setelah Anda selesai melakukan finishing dengan golden leaf ini maka Anda bisa langsung memperisiapkan finishing water based sebagai langkah terakhir. Anda bisa memilih top coat yang beredar di pasaran saat ini tetapi disarankan untuk menggunakan Biovarnish Clear Coat Gloss.

Tampilan dari Biovarnish Clear Coat Gloss ini akan transparan dan cara aplikasinya pun sangat mudah yaitu dengan kuas dan juga air saja. Untuk Anda lebih lanjut Anda bisa menyimaknya dalam artikel ini.

Menciptakan Finishing Gilding Cover Tahan Lama dan Tahan Gores

Melihat dari lapisan gilding cover yang merupakan kertas maka akan terlihat mudah robek. Padahal tampilan emas maupun silver sendiri akan sangat terlihat jika terdapat goresan. Apakah Anda ingin menciptakan gold leaf yang tahan lama dan juga tahan gores. Anda perlu mempersiapkan bahan finishing water based kemudian ikuti langkah-langkah berikut ini:

  1. Siapkan material kayu atau furniture yang sudah selesai dilapisi oleh gold leaf dan kering siap untuk dilakukan finishing selanjutnya.
  2. Campurkan Biovarnish Clear Coat Gloss dengan air perbandingan 2 bahan : 1 air kemudian di aduk hingga halus pada gelas plastik.
  3. Kuaskan seluruh top coat ke permukaan furniture hingga rata. Anda bisa menunggu kering sekitar 20 menit. Apabila Anda ingin mendapatkan lapisan yang lebih tebal lakukan pengamplasan pada lapisan top coat kemudian aplikasikan kembali bahan dan tunggu hingga kering benar sekitar satu malam.

Melakukan finishing kayu water based tidak tergantung oleh panas matahari. Sehingga jika Anda menemukan bahan finishing solvent yang keringnya butuh panas matahari hal tersebut tidak berlaku pada finishing water based. Mengapa? Karena bahan pelarut air sendiri tidak membutuhkan panas matahari untuk mendapatkan tahapan kering sempurna.

Sedangkan solvent membutuhkan panas matahari karena solvet hanya dapat menguap dan kering sempurna apabila terdapat panas matahari. Jika tidak maka akan muncul efek putih pada permukaan furniture. Tidak ingin hal tersebut terjadi? Maka selalu gunakan cat kayu water based Biovarnish Clear Coat Gloss untuk lapisan Gilding Cover furniture Anda.

Bahan Finishing Modern, Cat Kayu Water Based

Jika melihat apakah yang dibutuhkan dalam lapsian teratas gilding cover maka jawabannya adalah cat water based. Modern ini jenis cat water based sudah banyak digunakan dibandingkan dengan cat solvent. Jika Anda melihat dari segi harga di toko maka Anda akan menemukan cat yang lebih mahal dibandingkan dengan cat solvent.

Padahal sebenarnya tidak biaya lebih banyak dibutuhkan jika menggunakann cat solvent yang membutuhkan bahan pelarut thinner, cat water based hanya membutuhkan air saja dan Anda tidak perlu mengeluarkan air untuk membeli thinner. Sedangkan untuk water based hanya membutuhkan air yang tidak menguras banyak budget.

Finishing water based dengan produk Biovarnish akan lebih aman dibandingkan dengan jenis bahan finishing lainnya. Produk Biovarnish sudah memenuhi standar regulasi ECHA dan US EPA. Kedua regulasi tersbut telah membatasi penggunaan bahan kimia bebarhaya dan memberikan pelarangan untuk bahan kimia berbahaya bagi kesehatan manusia. Baik untuk furniture ekspor maupun di dalam rumah, bahan finishing ini sangat dianjurkan.

Ada tiga jenis bahan finishing lain yang bisa Anda gunakan untuk finishing furniture baik warna solid dan juga warna natural transparan, Anda bisa menggunakan Biovarnish, BioColours dan juga Orchid. Ada tiga tingkatan glossy yang bisa Anda dapatkan yaitu gloss, semi gloss, matt, death matt dan doff.

Bagi Anda yang membutuhkan segera cat kayu ini maka untuk informasi pemesanan bisa langsung menghubungi ke nomor 0822 1935 7399 atau 082219357640 atau bisa juga BBM D69F376B. Jika Anda ingin membeli langsung maka Anda bisa datang ke alamat Jalan Ki Sabalanang no. 23 Karangsari, Weru, Cirebon, Jawa Barat.

Cari Artikel Berdasarkan Judul

——– About Biovarnish !!! ——–

——– Biovarnish on Tokopedia ——–

——– BioCide on Tokopedia ——–

——– Bioindustries on Tokopedia ——–

——– BioPolish on Bukalapak ——–

——– Official Web BioIndustries ——–

Artikel "Featured"

Youtube Channel

Channel youtube Bio Paint kami berisi konten tutorial finishing dan produk unggulan Bio.

About Us

catkayu.com merupakan website yang memuat artikel – artikel tentang finishing menggunakan cat kayu, perawatan, dan pencegahan furniture kayu dari kerusakan.

Biovarnish merupakan bahan finishing kayu berbahan dasar water-based acrylic dengan sistem aplikasi oles atau kuas, digunakan untuk finishing kayu interior / exterior seperti interior & eksterior furniture, wood building (gazebo, door, wall, pergola, pagar), toys and craft, yang aman dan ramah lingkungan.

Telp / WhatsApp : Klik Disini

©2015 - 2021 Cat Kayu - by DH

CAT KAYU