Finishing Lantai Kayu Kelapa dengan Biovarnish untuk Tampilan Eksotis

Apabila Anda ingin mewujudkan lantai kayu yang eksotis bukna tidak mungkin. Dengan finishing lantai kayu kelapa yang tepat Anda akan mendapatkannya.

Apakah Anda menyukai kayu kelapa? Jenis kayu ini sangat berbeda jika dibandingkan dengan jenis kayu lainnya. Kayu kelapa ini memiliki warna dan serat yang sangat berbeda. Bentuknya yang tegak lurus menjadikan kayu kelapa sangat bagus untuk tiang atau konstruksi rumah.

Bahkan jika diaplikasikan pada tiang rumah akan tahan lama mengapa? Kayu kelapa memiliki tingkat kekerasan yang tidak beda jauh dengan kayu jati yaitu kelas II dan III. Tingkat kekerasan ini jugalah yang membuat kayu kelapa tidak mudah untuk diserang oleh rayap dan jamur dan membuat kayu kelapa mudah rusak.

Baca Juga : finishing ulang kayu lama untuk kembalikan tampilan kayu eksotis lagi

Jika Anda melihat banyak konstruksi rumah yang barus pasti akan memanfaatkan kayu kelapa atau kayu bengkirai. Seperti yang telah disebutkan di awal bahwa kayu kelapa memiliki warna dan serat yang unik. Warna kayu kelapa khas yaitu cokelat gelap dengan serat kayu yang lurus putus-putus.

Baca Juga : cara mendapatkan tampilan warna finishing kayu jati yang eksotis

Berbeda dengan serat kayu lainnya yang halus atau bahkan memiliki garis tidak beraturan tetapi terus menyambung. Harga kayu kelapa juga tidak semahal kayu jati sehingga Anda bisa menggunakannya sebagai lantai rumah.

Perekat kayu kelapa yang nantinya disusun untuk menjadi lantai kayu merupakan salah satu komoditas ekspor yang cukup besar di Indonesia. Penggunaan kayu kelapa pun ramah lingkungan karena merupakan jenis kayu Eco Labeling.

Walaupun kayu kelapa memiliki tingkat kekerasan dan kekuatan kelas II atau II tetap saja dalam prakteknya membutuhkan bahan finishing. Terutama finishing lantai kayu kelapa yang akan sering digunakan untuk berjalan membutuhkan produk yang berkualitas baik dari tahan gores dan juga ketahanan warna.

Perlindungan dari cat inilah fungsi dari finishing kayu kelapa yang tidak bisa Anda lewatkan. Selain itu pula Anda bisa mendapatkan penampilan warna natural yang bisa saja berbeda dengan kayu kelapa aslinya. Lapisan yang dibentuk inilah yang harus Anda perhatikan karena terbentuk tergantung dengan produk yang akan Anda gunakan.

Awalan untuk Merawat Lantai Kayu Kelapa

lantai-kayu-kelapa

Proses finishing kayu kelapa memang sangat penting tetapi apakah yang harus Anda lakukan sebelum proses tersebut? Ada yang disebut dengan obat anti serangga dan juga obat anti jamur.

Jangan meremehkan penggunaan obat ini pada lantai kayu karena obat inilah yang akan menghalau tumbuhnya jamur dan juga menghalau serangga seperti rayap merusak lantai kayu. Untuk saran produk yang bisa Anda gunakan adalah BioCide Insecticide dan BioCide Wood Fungicide.

Aplikasi ini dilakukan sebelum Anda melakukan finishing agar obat dapat meresap ke dalam parket. Berikut langkah-langkahnya:

  1. Persiapkan media kayu yaitu parket yang baru saja selesai diolah kemudian tumpuk atau masukan ke dalam bak yang cukup besar untuk rendaman.
  2. Campurkan BioCide Insecticide dan BioCide Wood Fungicide dengan komposisi 100 liter air, 1 liter BioCide Wood Fungicide dan 200cc BioCide Insecticide.
  3. Rendamkan parket di dalam bak dengan bahan obat anti jamur dan obat anti serangga yang sudah dicampur, lalu tunggu sekitar 1 hingga 2 jam.
  4. Tiriskan parket tersebut dan dikeringkan dengan stacking sistem. Parket tidak boleh ditumpuk menempel karena akan merusak tekstur dan warna kayu lalu masukan dalam proses kiln dry hingga mendapatkan MC yang diinginkan yaitu 12%.

Aplikasi Finishing Lantai Kayu Kelapa dengan Produk Water Based

Siapa bilang produk water based tidak dapat digunakan untuk finishing lantai kayu kelapa? Justru produk water basedlah yang seharusnya digunakan untuk finishing lantai kayu. Mengapa? Lantai kayu adalah salah satu bagian penting di dalam rumah.

Dengan cat water based tentu lantai Anda tidak akan menimbulkan bau dari bahan finishing yang akan diaplikasikan. Jika bahan finishing lantai menimbulkan bau bahkan setelah selesai finishing akan membuat seluruh ruangan tercemar dan kesehatan Anda pun bisa terganggu.

Bahkan cara finishingnya sangat sederhan Anda tidak memerlukan berbagai macam bahan pelarut cukup air saja. Untuk lebih lengkapnya simak langah-langkahnya berikut ini:

  1. Persiapkan lantai kayu, jangan lupa hilangkan furniture yang ada di atas lantai kayu. Tutup home decor dengan plastik atau isolasi kertas seperti saklar lampu dan lampu gantung.
  2. Vakum terlebih dahulu lantai kayu kelapa hingga pada bagian sela kayu sehingga tidak ada kotoran yang masih tertinggal.
  3. Lakukan pengamplasan dari tengah ruangan menuju pinggir ruangan. Pengamplasan bisa dilakukan dengan alat drum sander agar lebih cepat. Sedangkan untuk bagian pinggir yang tidak terjangkau. Anda bisa menggunakan amplas manual.
  4. Lakukan vakum kembali hingga mendapatkan permukaan yang bersih dan juga kering.
  5. Untuk awalan aplikasikan Biovarnish Wood Filler dengan air sedikti saja. Lalu aplikasikan ke seluruh permukaan lantai kayu kelapa dengan bal system atau dengan mesin. Ini dibutuhkan untuk memperbaiki cacat pada kayu.
  6. Tunggu lantai hingga kering kemudian lakukan pengamplasan sekali lagi agar didapatkan permukaan halus dan kering. Vakum lantai kayu lagi untuk menghilangkan sisa debu amplas.
  7. Jika sudah halus campurkan Biovarnish Wood Stain dengan air perbandingan 2 bahan : 1 air dan pilih sesuai dengan warna yang diinginkan. Lakukan pengecatan pada bagian pinggir terlebih dahulu dan lakukan tes warna, jika warna sudah sesuai Anda bisa mengecat lantai dengan roller.
  8. Tunggu lantai kayu kering kembali dan amplas permukan kayu tidak terlalu ditekan lalu Anda bisa mempersiapkan BioColours BioThane.
  9. Lapisan terkahir in Anda bisa mencampurkan BipoColours BioThane dengan air perbandingan 2 bahan : 1 air kemudian aduk hingga rata. Anda bisa mengaplikasikannya pada seluruh lantai ruangan dengan roller. Tunggu kering sekitar 20 menit lalu Anda bisa mengaplikasikaan BioThane sekali lagi, untuk kering sempurna lantai harus didiamkan sekitar satu malam.

Langkah mudah dalam aplikasi Biovarnish dan BioColours BioThane ini akan memudahkan Anda melakukan finishing lantai kayu kelapa. Apabila Anda akan melakukan finishing lantai kayu kelapa maka sangat disarankan untuk menggunakan kedua produk tersebut.

Kelebihan Biovarnish Wood Stain untuk Finishing Lantai

Kayu kelapa adalah salah satu jenis kayu yang memiliki warna paling berbeda sekaligus serat yang paling unik. Tidak ada jenis kayu lain yang menyerupai serat kayu kelapa hingga warnanya sehingga perlu mencari jenis bahan finishing yang tepat. Apalagi jika menggunakannya sebagai lantai kayu. 

Perlindungan maksimal dan juga warna menjadi tujuan Anda ketika memilih bahan finishing. Biovarnish adalah produk yang hadir memberikan banyak pilihan warna untuk lantai kayu kelapa. Ada banyak sekali kelebihan yang diberikan Biovarnish wood stain untuk finishing lantai kayu sebagai berikut ini. 

  • Memberikan warna tajam tahan lama

Anda akan mendapatkan lantai kayu yang dijamin warnanya lebih tahan lama dan tajam. Ketajaman warna dari wood stain ini bisa menyesuaikan dengan warna kayu asli. Warna asli kayu kelapa yang merah kehitaman bisa menggunakan warna kayu papua rose dari Biovarnish. 

Anda hanya perlu mengaplikasikan tipis saja untuk mendapatkan warna yang lebih tajam. Selain itu juga ketahanan warnanya yang jadi pilihan utama. Mengingat lantai kayu adalah bagian yang paling sering dipijak dan warna kayu lebih sering memudar. 

  • Memperlihatkan serat kayu

Keunikan yang dimiliki oleh kayu kelapa juga terletak pada seratnya. Serat kayu berbentuk lurus seperti titik tetapi tidak beraturan namun memiliki arah yang sama. Selain itu warna serat kayu juga lebih terang, sehingga terlihat kontras dengan warna kayu secara keseluruhan. 

Dengan lapisan Biovarnish wood stain, Anda bisa memperlihatkan warna serat kayu yang kontras. Hal ini disebabkan warna yang diberikan Biovarnish lebih transparan sehingga memperlihatkan serat secara mendetail. 

  • Lebih hemat dengan pelarut air

Anda tidak perlu membeli terlalu bahan bahan pelarut, karena sama seperti cat dinding, Biovarnish wood stain hanya memerlukan bahan pelarut berupa air. Cukup melarutkan dengan air perbandingan 2:1 saja maka cat sudah bisa diaplikasikan. Dengan begitu ada banyak sekali biaya yang akan terpangkas hanya dengan menggunakan Biovarnish. 

Soal finishing lantai kayu Anda tidak perlu mengeluarkan terlalu banyak biaya. Bahkan tidak akan terganggu dengan bau menyengat yang biasanya keluar dari cat karena solvent. Artinya cat dengan pelarut air lebih aman, tidak mengeluarkan bau amonia yang sangat mengganggu. 

  • Lebih cepat kering tanpa sinar matahari

Karena pengecatan lantai kayu dilakukan pada saat sudah dipasang, maka penjemuran di bawah sinar matahari langsung tidaklah memungkinkan. Inilah kendala yang paling sering didapatkan ketika menggunakan cat berpelarut solvent untuk lantai. Cat tidak cepat kering, apabila kering pun terjadi dengan tidak sempurna. 

Berbeda sekali dengan Biovarnish yang waktu keringnya lebih cepat bahkan tanpa sinar matahari. Khusus untuk lantai kayu di dalam ruangan yang tidak terkena cahaya matahari permukaannya akan tetap kering dengan sempurna. Jadi hasil yang memuaskan akan didapatkan. 

  • Tidak menimbulkan aroma menyengat

Kelebihan lainnya yang membuat Biovarnish sangat direkomendasikan adalah soal jenis cat yang tidak menimbulkan bau menyengat. Baik aplikator dan penghuni kamar nantinya tidak akan terganggu walaupun cat sedang masuk ke dalam proses pengeringan. Bahan yang menguap adalah air bukan thinner jadi wajar saja tidak menimbulkan bau. 

Hal ini selain tidak mengganggu juga memudahkan penghuni rumah untuk segera menggunakan ruangan. Tidak perlu menunggu lama sampai bau cat hilang seperti yang terjadi setelah mengecat dinding. 

Bagi Anda yang ingin mendapatkan produk Biovarnish dan BioColours BioThane ini maka bisa mendatangi langsung ke toko kami di Jalan Ki Sabalanang no. 23 Karangsari, Weru, Cirebon, Jawa Barat. Jika ingin tahu informasi lebih lanjut maka Anda bisa menghubungi langsung ke nomor 0231-320759.

Produk BioThane ini sangat disarankan karena akan membentuk lapisan film yang kuat dan tahan gores. Mengingat lantai kayu akan sering digunakan dan juga akan mudah tergores. Menghindari hal tersebut agar tampilan lantai tetap sama dan tahan lama Anda membutuhkan BioThane.

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Scroll to Top