Hasil Sempurna, Ini Tips Aplikasi Finishing Kayu Kelapa untuk Pemula

Kayu kelapa sering dimanfaatkan sebagai furniture, sehingga perlu memperhatikan finishing kayu kelapa yang tepat.

finishing kayu kelapa

Desainer arsitekture telah memanfaatkan kayu kelapa sebagai furniture atau komponen bangunan rumah seperti kusen, pintu, pagar, atau rangka atap sudah sejak lama. Karena serat kayunya yang unik dan kuat tersebut lah yang menjadikan kayu kelapa sebagai pilihan bahan yang dapat digunakan. Apalagi kayu kelapa sangat mudah didapatkan di Indonesia, kawasan yang didominasi dengan dataran rendah seperti sepanjang pantai yang biasanya banyak sekali pohon-pohon kelapa tumbuh. Maka dari itu, kayu kelapa banyak dimanfaatkan untuk kebutuhan bangunan di Indonesia.

Karena seratnya yang unik dan indah tersebut yang menjadikan kayu kelapa memliki ciri khas. Namun, kayu kelapa sangat rentan terhadap serangan jamur dan serangga seperti rayap, serangga bubuk atau dikenal dengan teter. Untuk menghindari bahaya tersebut, maka diperlukan treatment dan finishing yang tepat. Finishing kayu kelapa biasanya lebih sulit, apabila salah mengaplikasikan finishing kayu kelapa dengan teknik yang tidak sempurna. Kemungkinan yang terjadi adalah kayu kelapa tersebut menyusup dan sangat berbahaya.

Gunakan Finishing Kayu Kelapa Yang Aman

Kayu kelapa biasanya diapalikasikan pada bangunan rumah seperti tiang rumah, kusen, pintu, jendela atau bahkan digunakan untuk pagar rumah. Karena kandungan kadar minyak yang tinggi, mengakibatkan permukaan kayu kelapa sedikit sulit diaplikasikan cat. Selain seratnya yang sangat jelas, lurus dan tegas membuat Anda untuk lebih berhati-hati dalam menggunakan teknik aplikasi finishing yang tepat. Sebelum Anda mengaplikasikan finishing kayu kelapa, alngkah baiknya melakukan treatment pada kayu untuk menghindari serangan serangga ataupun jamur. Serangga atau jamur sangat menyukai kayu dengan kandungan nutrisi yang banyak seperti kayu kelapa terlebih kayunya yang kering.

Perawatan kayu kelapa yang dapat Anda lakukan :

  1. Sebelum Anda memasukkan kayu ke dalam oven, alangkah baiknya memberikan anti jamur dan anti serangga sekaligus ke kayu.
  2. Rendam kayu kelapa kurang lebih 1-2 jam
  3. Setelah kering, angkat kayu dari rendaman kemudian masukkan kayu ke dalam oven pengeringan. Pastikan kayu kering dengan MC kayu<12%.
  4. Amplas hingga halus sampai dapat digunakan sebagai bagian bangunan rumah atau furniture.

Setelah Anda melakukan perawatan untuk kayu kelapa, kemudian dapat aplikasikan finishing kayu kelapa.

Berikut aplikasi finishing kayu kelapa yang dapat Anda lakukan:

  1. Setelah diamplas, gunakan Biovarnish Series untuk lapisan dasar permukaan kayu kelapa. Cat warna dasar tersebut sangat cocok digunakan untuk kayu apapun pada furniture eksterior.
  2. Setelah mengering, kemudian aplikasikan Biovarnish. Disarankan menggunakan kuas untuk mengaplikasikan cat pada permukaan kayu.
  3. Jika Anda merasa kurang dengan hasilnya, Anda dapat mengaplikasikan ulang Biovarnish setelah kering. Namun, sebelum aplikasi Biovarnish lagi pada permukaan kayu, Anda harus mengamplasnya kembali. Baru kemudian mengaplikasikan Biovarnish.
  4. Setelah Anda mendapatkan warna yang sesuai dengan yang diinginkan, aplikasikan Biovarnish Clear Coat. Untuk clear coat dapat menggunakan matte atau glos, sesuai dengan selera yang Anda kehendaki. Direkomendasikan sesuai dengan takaran (2 Clear coat: 1 Air)
  5. Tunggu hingga kering dan Anda dapatkan hasilnya

Bahan-bahan yang digunakan terutaman Biovarnish merupakan cat water based yang aman dan ramah lingkungan. Biovarnish sangat cocok digunakan untuk furniture eksterior, peran Biovarnish dapat menggantikan peran plitur konvensional atau pernis berbahan dasar shellac gum yang berbahaya.  Anda tidak perlu mencemaskan keamanan dari Biovarnish, karena bahan yang diformulasikan sesuai dengan standarisasi internasional seperti US-Environmental Protection Agency (EPA) dan standard regulasi dari European Chemicals Agency (ECHA)REACH.

Apakah Anda tertarik dengan penggunaan cat water based? Untuk mendapat produk ini, Anda melakukan pemesan atau menanyakan produk Biovarnish lebih lanjut via telp ke no 082220265056 atau WA ke no. 087839346433. Atau Anda ingin memeblinya langsung, silahkan kunjungi kantor Bio Industries di Jl. Sidikan No.94, Yogyakarta. Selain menjaga kesehatan orang sekitar dan lingkungan, Anda akan mendapatkan tampilan furniture-furniture lebih elegan dan indah dengan tampilan alami serat kayu kelapa. Demikian ulasan singkat mengenai finishing kayu kelapa, semoga dengan langkah-langkah finishing kayu kelapa tersebut dapat memudahkan Anda untuk aplikasi pada furniture.