You are currently viewing Mengubah Tampilan Furniture Kayu Menjadi Gelap Eksotis dengan Cat

Mengubah Tampilan Furniture Kayu Menjadi Gelap Eksotis dengan Cat

Tampilan furniture kayu gelap eksotis memang menjadi primadona tersendiri. Warna gelap eksotis pada furniture kayu adalah daya pikatnya. Kesan gelap eksotis pada furniture kayu juga membuatnya terkesan mewah. Nilai estetika dari tampilan furniture kayu gelap eksotis juga sangat tinggi.

tampilan furniture kayu eksotis

Bisa menjadi sangat sulit ketika Anda hendak memperlihatkan keindahan alam dari furniture berbahan kayu yang murah. Banyak sekali jenis kayu yang beredar di pasaran namun tidak semuanya memiliki harga yang sama.

Perbedaan harga tersebut dipengaruhi dengan kualitas serat kayu dan kekerasannya. Pernahkah Anda melihat di sekitar ketika sedang berjalan ke toko furniture dan melihat tampilan eksotis sebuah kursi yang berwarna hitam?

Hitam eksotis ini biasanya terjadi pada jenis kayu keras yang memang memiliki kualitas kayu terbaik. Tentu saja harga tersebut sangatlah mahal mengingat jenis kayunya. Ingin mendapatkan tampilan kayu furniture yang hitam eksotis tanpa mengeluarkan banyak uang?

Kayu lunak bisa menjadi alternatif yang baik jika Anda ingin mendapatkan hasil tersebut. Anda bisa mendapatkan harga murah namun tampilan furniture kayu akan menjadi eksotis. Seperti apakah caranya?

Mengenal Apa itu Ebonisasi

Banyak para profesional yang telah bereksperimen menggunakan bahan besi untuk memberikan warna pada kayu. Banyak diantaranya yang gagal dan banyak juga yang berhasil sesuai dengan selera masing-masing.

Pewarnaan kayu menggunakan bahan besi ini disebut juga sebagai ebonizing. Ketika bahan untuk finishing diaplikasikan maka akan membuat reaksi antara oksida besi dan tanin alami dalam kayu untuk membuat hitam tampak alami.

tampilan furniture kayu eksotis

Hal tersebut sebenarnya terjadi dalam serat kayu daripada dengan lapisan coating. Inilah yang membuat lapisan warna yang didapatkan akan lebih tahan lama. Tidak hanya dangkal namun menembus masuk ke dalam bagian pori kayu. Prosesnya juga tidak membutuhkan waktu yang lama.

Metode pewarnaan ini sebenarnya adalah metode yang dilakukan secara tradisional tergantung dengan jenis kayunya. Kayu yang memiliki asam tanat yang cukup untuk bereaksi dengan besi akan menghasilkan warna sesuai.

Alasan tersebut membuat pilihan kayu terbatas karena hasilnya tidak dapat diprediksi. Kayu oak umumnya digunakan karena kandungan asam tanin yang tinggi, dan walnut adalah kayu yang sangat handal untuk ebonisasi. Namun efeknya juga berbeda tergantung jenisnya.

Kini terdapat dua cara yang bisa Anda dapatkan untuk bisa menghasilkan furniture berwarna gelap eksotis. Pertama cara tradisional menggunakan bahan alami yaitu daun teh dan kedua adalah dengan bahan finishing lapisan coating.

Agar Tampilan Furniture Kayu Menjadi Eksotis dengan Daun Teh

Buatlah daun teh menjadi bubuk terlebih dahulu, kemudian letakan dalam sebuah wadah, tuang cuka dapur satu botol kemudian rendam bersama dengan wol baja hingga tercelup seluruhnya.

Teh akan memberikan efek menghilangkan tampilan berkapur pada kayu dan membuat kayu memiliki warna hitam seperti batu bara. Jika Anda ingin mendapatkan warna yang gelap, maka rendam selama semalaman dan baru mengaplikasikannya di keesokan harinya. Jika tidak, Anda bisa melakukan perendaman selama 6 hingga 10 jam. Sambil menunggu bahan untuk mengecat bereaksi, siapkan permukaan kayu.

Anda akan memperlihatkan efek tampilan kayu teroksidasi secara alami maka kayu juga harus memiliki permukaan yang tidak halus. Anda harus menciptakan beberapa kerusakan alami di beberapa bagian.

Ciptakan kerusakan ini menggunakan alat rustic, jika tidak punya lakukan secara manual menggunakan sikat kawat. Sikatkan ke permukaan kayu searah serta namun tidak terlalu merta kemudian amplas dan bersihkan permukaan kayu dari debu bekas amplas.

Cara Mempersiapkan Tekstur Kayu Untuk Finishing Furniture Rustic - sikat kawat

Agar tidak menghilangkan bekas kerusakan yang telah dibuat, lakukan pengamplasan secara ambang. Gunakan kertas amplas nomor 240 untuk mengamplas searah serat kayu. Jika warna dari bahan yang telah dibuat berubah menjadi coklat kehitaman Anda bisa mengoleskan menggunakan kuas.

Kuaskan larutan bahan ke seluruh permukaan kayu dengan kuas searah serat kayu. Lalu tunggu hingga mengering, cukup diamkan kayu dalam ruangan yang memiliki ventilasi udara baik. Perubahan warna pada kayu akan segera terlihat. Tandanya Anda harus memulai bergerak membilas kayu.

Bilaslah menggunakan air bersih, kemudian baru jemur permukaan kayu di bawah panas matahari. Warna akan berubah menjadi lebih gelap dan Anda akan melihat furniture kayu yang menjadi warna gelap eksotis.

Sebagai lapisan pelindung tambahan, Anda bisa menggunakan top coat. Jika Anda ingin memperlihatkan furniture terlihat natural maka pilihlah jenis top coat matte. Aplikasikan secara merata lalu tunggu mengering selama 24 jam.

Menggunakan Cat Water Based untuk Furniture Kayu Eksotis

Jika Anda kurang puas dengan hasil yang didapatkan dari proses tradisional di atas maka sebaiknya pilih lah untuk menggunakan lapisan cat. Keuntungan yang didapatkan dari menggunakan cat adalah Anda bisa mengubah penampilan furniture kayu di kemudian haru.

Warna yang dihasilkan tidak akan meresap hingga ke dalam pori kayu. Cat hanya membentuk lapisan di bagian luar kayu saja sehingga memungkinian Anda untuk menghapus dan mengurangi aplikasi dengan cat yang baru.

Faktor penting yang harus diperhatikan adalah bagaimana teknik Anda mengaplikasikan cat dan jenis cat apakah yang digunakan. Tidak semua jenis cat dapat memberikan hasil seperti ebonisasi secara alami.

Kecenderungan menggunakan lapisan coating adalah hasil yang tidak nyata. Kayu akan terlihat sekali diberikan lapisan coating. Jika dilihat dari segi perlindungannya, tentu menggunakan cat adalah pilihan yang sangat baik.

Bahkan Anda bisa menggunakan furniture di luar ruangan. Jenis cat yang disarankan untuk digunakan adalah cat berbasis air. Pewarna kayu jenis ini mengeluarkan lebih sedikit toxic sehingga tidak akan menghasilkan pencemaran lingkungan dan tidak mengganggu Anda saat proses aplikasi berlangsung.

produk wood stain

Cat water based juga akan menghasilkan penampilan furniture yang lebih menarik dan akan mempertahankan warna yang hitam sambil tetap memperlihatkan keindahan serat kayu. Jadi furniture yang dapat digunakan harus memiliki serat kayu menarik.

Walaupun Anda menggunakan jenis kayu lunak bukanlah sebuah masalah. Kayu akan tetap terlihat seperti kayu mahal. Produk cat water based yang disarankan untuk digunakan adalah Biovarnish. Produk ini memiliki kelebihan dengan proses aplikasinya menggunakan kuas. Jadi siapa saja dapat menghitamkan kayu menjadi penampilan eksotis. Bagaimana proses aplikasinya? Ikuti beberapa langkah mudah berikut ini:

  • Persiapan kayu

Sama seperti sebelumnya Anda harus mempersiapkan permukaan kayu sebelum proses finishing berlangsung. Siapkan kayu yang bersih dan kering, pastikan MC kayu standar dan siap untuk di amplas.

Mulailah dengan menghilangkan bulu-bulu kayu dengan amplas kasar. Kemudian buatlah kerusakan pada beberapa bagian furniture menggunakan sikat kawat atau mesin rustic. Lakukan searah serat kayu.

Cara Mempersiapkan Tekstur Kayu Untuk Finishing Furniture Rustic - rustic kayu

Bersihkan debu bekas pengamplasan dengan amplas yang lebih halus juga searah dengan serat kayu. Kini kayu siap untuk memasuki proses finishing.

  • Aplikasi Biovarnish Sanding Sealer

Kayu yang lunak seperti kayu pinus memiliki kecenderungan pori kayu berukuran lebih  besar sehingga inilah yang membentuk kayu menjadi lunak. Pori yang berukuran besar tersebut tidak bagus jika langsung diaplikasikan wood stain atau pewarna kayu.

Anda harus mengaplikasikan cat dasar kayu yaitu sanding sealer yang akan menutup pori secara merata. Caranya adalah campurkan Biovarnish Sanding Sealer dengan air kemudian aduk merata, gunakan perbandingan 2 bahan dan 1 air.

Sudahkah Lantai Kayu Anda Menggunakan Biovarnish Sanding Sealer - Sanding Sealer Biovarnish

Kuaskan sanding sealer secara merata ke seluruh permukaan kayu. Pastikan permukaan benar-benar terlapisi sempurna, fokuskan pekerjaan pada permukaan kayu yang telah dirusak.

Tunggu lapisan kering tanpa dijemur, cat akan mengering dalam ruangan. Baru lakukan proses pengamplasan ambang dengan amplas 400. Bersihkan debu amplas sesudahnya.

  • Proses pewarnaan kayu

Kini saatnya untuk Anda mengubah warna kayu menjadi kehitaman alami. Caranya adalah dengan menggunakan Biovarnish Wood Stain Black. Warna hitam yang dihasilkan adalah warna yang tidak menutup serat kayu sehingga tetap tampak natural.

Biovarnish wood stain

Anda harus mengaplikasikannya tipis dan berkala hingga dua atau tiga lapisan. Caranya adalah campurkan Biovarnish Wood Stain Black dengan air perbandingan 2 bahan dan 1 air. Kemudian aduk merata hingga tidak ada endapan.

Kuaskan cat ke seluruh permukaan searah dengan serat kayu. Tunggu lapisan pertama ini kering tanpa dijemur juga. Kemudian lanjutkan dengan pengamplasan ambang dengan amplas 400.

Langkah tersebut bisa Anda ulangi hingga mendapatkan warna yang diinginkan yaitu gelap eksotis.

  • Lapisan sebagai pelindung yang kuat

Seperti pada proses aplikasi secara tradisional,. lapisan coating terakhir selalu dibutuhkan. Anda kini bisa menggunakan Biovarnish Clear Coat Matte. Efek matte yang dihasilkan akan menampilkan furniture yang natural gelap dan eksotis.

clear coat water based

Cat juga diaplikasikan dengan kuas, caranya campurkan Clear Coat dengan air. Gunakan perbandingan yang sama yaitu 2 bahan : 1 air. Cat akan encer dan Anda bisa dengan mudah mengaplikasikannya pada permukaan kayu secara merata.

Kuaskan ke seluruh permukaan searah dengan serat kayu. Tunggu lapisan terakhir ini mengering selama semalaman atau 24 jam.