You are currently viewing 7 Cara Mudah untuk Mendapatkan Finishing Kayu Gelap Eksotik

7 Cara Mudah untuk Mendapatkan Finishing Kayu Gelap Eksotik

Tampilan kayu yang gelap eksotik biasanya jadi perhatian. Hal ini karena berlawanan dengan finishing kayu natural yang memperlihatkan warna asli kayu. Nah, untuk mendapatkan tampilan kayu gelap yang eksotik, dibutuhkan persiapan hingga pemilihan warna stain yang tepat. 

Walaupun kayu yang Anda gunakan tidak termasuk jenis kayu eksotis, jika difinishing dengan tepat akan tampak seperti kayu mahal. Anda hanya perlu tahu bagaimana teknik untuk mengecatnya. 

Simak tujuh caranya berikut ini yang bisa Anda duplikasi sendiri di rumah. 

Langkah untuk Finishing Kayu Lebih Gelap Eksotik

Banyak pengrajin yang menyarankan untuk menggunakan oil stain untuk mendapatkan hasil finishing yang gelap dan eksotis. Sayangnya, bahan baku oil stain tidak banyak tersedia dan serta warnanya yang terbatas. 

Selain itu, ada beberapa permasalahan yang sering muncul, seperti proses aplikasi terlalu lama karena harus menggunakan kuas lalu perlu diratakan dengan lap. Anda juga memerlukan lebih banyak bahan. 

Untungnya kini teknologi semakin maju dan Anda bisa menggunakan bahan lain seperti Biovarnish series. Anda bisa memilih warna gelap eksotis seperti warna papua rose, sonokeling, dark teak dan masih banyak lagi. 

Asalkan langkah finishingnya tepat, hasil finishing kayu gelap eksotis pasti akan didapatkan. Penasaran bagaimana cara Anda menciptakannya? Siapkan Biovarnish series dan ikuti tujuh langkah berikut ini. 

Langkah 1. Mengampelas Permukaan Kayu

Pengampelasan adalah langkah awal untuk permukaan kayu menjadi halus. Anda bisa menggunakan ampelas kasar seperti No.150 untuk permulaan. Kemudian berganti ke N0.180 dan terakhir No. 220. 

Cara mengampelas bisa dilakukan dengan alat atau manual. Supaya hasilnya merata, Anda bisa mengampelas dengan bantuan balok kayu jika dilakukan manual. Lakukan pengampelasan searah serat agar hasilnya lebih rapi. 

Baca Juga :  4 Tips Menggunakan Clear Coat Matte agar Tampak Sempurna

Langkah 2.  Melarutkan Liquid Stain 

Proses melarutkan liquid stain harus sesuai dengan petunjuk penggunaan produk. Hal ini bertujuan agar aplikasi liquid stain bisa mendapatkan warna gelap yang maksimal. Pilih warna sesuai dengan kebutuhan.

Bagi Anda yang tidak memiliki alat NK2 akan lebih baik untuk menggunakan perbandingan 2:1. Namun, jika Anda memiliki alat tersebut dapat melakukan pengukuran viskositas mencapai 11 sampai 12 detik NK2. Larutan yang tepat akan menentukan kemudahan aplikasi dan hasilnya. 

Pastikan Anda sudah mengaduk larutan dengan baik sehingga tidak ada endapan. Jika menggunakan alat semprot akan lebih baik untuk sering mengaduk cat dalam tabung sebelum menyemprotkan. 

Langkah 3. Mengaplikasikan Liquid Stain

Langkah selanjutnya adalah menyemprotkan Biovarnish Liquid Stain ke permukaan kayu. Pastikan jarak dan teknik menyemprot sudah Anda kuasai demi menghindari saging. Semprotkan lapisan pertama coating tipis saja dan tunggu kering selama 60 menit. 

Jika sudah kering, ampelas permukaan media dengan kertas ampelas yang lebih halus. Selanjutnya Anda bisa mengulangi penyemprotan. Setidaknya ciptakan dua hingga tiga lapisan coating. 

Semakin banyak lapisannya maka warna kayu akan berubah menjadi lebih gelap. Lapisan terakhir juga harus ditunggu kering dan diampelas ambang. 

Langkah 4.  Mengecat dengan Sanding Sealer

Di atas lapisan stain Anda harus melakukan finishing dengan Biovarnish sanding sealer. Proses aplikasi sanding sealer pada media kayu sama dengan  

Aplikasikan sanding sealer ke permukaan kayu hingga merata, tunggu kering dan lakukan ampelas ambang. Hasil warna tidak ada yang berubah karena sanding sealer akan memberikan warna transparan. 

Langkah 5. Mengaplikasikan Glaze

Untuk memberikan kesan eksotis Anda bisa mengaplikasikan Biovarnish Glaze black. Warna ini akan sangat pekat begitu juga bentuk cairannya. Tambahkan sedikit air sebagai bahan pelarut lalu aplikasikan Biovarnish Glaze. 

Baca Juga :  Pilihan Warna Wood Stain untuk Kursi Tamu Bergaya Klasik

Catatan pentingnya, usahakan larutan glaze agar tidak terlalu encer karena akan menurunkan intensitas warnanya. Biarkan warna tetap pekat kemudian kuas merata ke permukaan kayu. Gunakan kain untuk menghapus kelebihan cat di permukaan media. 

Hapus glaze searah dengan serat kayu sampai tersisa warna gelap pada bagian serat kayu tampak lebih gelap. Anda akan melihat kesan eksotis yang harus dilindungi dengan lapisan terakhir yaitu clear coat. 

Langkah 6. Melapisi dengan Clear Coat

Gunakan Biovarnish Clear Coat  sebagai coating pelindung kayu pada lapisan atas. Lapisan ini dibutuhkan untuk membuat kayu lebih tahan lama. 

Cara aplikasinya sama seperti aplikasi coating sebelumnya, dimulai dengan melarutkan bahan Biovarnish Clear Coat gloss atau matte. Campurkan dengan air dan semprotkan ke permukaan kayu sampai merata. Coating akan kering dalam waktu 60 menit. 

Sampai di sini Anda bisa mengulangi aplikasi clear coat, lalu lanjut untuk mengeringkan media selama semalaman. Clear coat memberikan warna transparan seperti sanding sealer hanya saja memiliki tingkat sheen yang berbeda. 

Langkah 7. Pengeringan Coating Kayu

Pada tahapan pengeringan ada beberapa hal yang perlu diperhatikan. Pertama, proses pengeringan dari setiap lapisan coating harus dilakukan di dalam ruangan. Anda tidak boleh menjemur coating water based karena akan membuat hasil kering yang tidak sempurna. 

Proses pengeringan bisa dilakukan di ruangan dengan sirkulasi udara baik. Hindari untuk diletakkan di ruangan lembab jika Anda tak ingin waktu kering semakin lama.

Kedua, pastikan ruangan bersih dan bebas dengan debu.  Cat yang basah dan terkena debu akan membuat hasil finishing tampak kotor. Walaupun hasil warnanya gelap eksotis tetapi jika tidak membersihkan ruang, pengeringan hasilnya juga tidak akan sempurna. 

Baca Juga :  Beragam Pilihan Warna Charcoal Tahun 2018 Didapatkan dengan Cat Ini

Tips Menggunakan Biovarnish untuk Hasil Eksotis

Penggunaan Biovarnish untuk finishing kayu gelap eksotik

Masih takut mengecat dengan warna gelap eksotis? Anda takut hasil warnanya belang karena menggunakan kayu berpori besar seperti pinus? Atau Anda takut warna glaze yang tidak terlihat karena warna dasar terlalu gelap? 

Tak perlu takut, beberapa tips berikut ini akan membantu Anda. 

• Pastikan Anda membuat larutan cat yang tepat

Hasil sempurna dimulai dari cara melarutkan bahan yang benar. Anda harus mengikuti petunjuk cara melarutkan sesuai dengan kemasan kaleng. Setiap produk memiliki cara melarutkan yang bisa diikuti dengan mudah. 

• Gunakan Glaze Black

Hasil warna serat bisa terlihat jika Anda menggunakan Biovarnish Glaze black. Segelap apapun warna dasar pada kayu, glaze black akan jauh lebih gelap. Pastikan Anda hanya melarutkannya dengan sedikit air. 

• Jangan pernah skip sanding sealer

Anda bisa menggunakan sanding sealer pada lapisan pertama dan sesudah liquid stain. Jadi di antara stain terdapat lapisan sanding sealer. Tujuannya pori kayu akan tersegel sebelum stain diaplikasikan dan hasilnya lebih merata.

• Proses pengeringan harus benar

Usahakan untuk melakukan prose pengeringan di dalam ruangan saja. Oleh karena, kesalahan pada proses pengeringan (misalnya menjemurnya langsung di bawah sinar matahari) akan membuat coating mengelupas atau kering tidak sempurna.