Tipe Finishing Yang Bisa Dipilih Untuk Lantai Rumah Kayu

470
Tipe Finishing Yang Bisa Dipilih Untuk Lantai Rumah Kayu

Rumah yang menggunakan lantai kayu memang memberikan nilai artistik yang sangat tinggi. Namun penampilan yang artistik tersebut juga harus dibarengi dengan perawatan yang terbaik. Perlu diingat bahwa kayu adalah material memiliki pori kayu yang sangat mudah untuk menyerap kelembaban.

Kelembaban udara yang diserap akan menimbulkan jamur kemudian mengundang rayap. Sehingga rumah yang terbuat kayu mudah terancam rusak terlebih jika Anda menggunakan jenis kayu yang lunak. Lantai kayu memiliki perawatan khusus, sehingga banyak yang beranggapan bahwa jika tidak memiliki dana yang besar akan sangat sulit memilikinya.

Tipe Finishing Yang Bisa Dipilih Untuk Lantai Rumah Kayu

Anggapan tersebut memang tidak salah karena untuk mendapatkan lantai rumah kayu Anda harus merogoh kantong cukup dalam. Tidak hanya beberapa juta saja namun bisa mencapai belasan juta. Belum lagi nilai perawatan rutin yang wajib dilakukan agar lantai tetap terlihat seperti baru.

CS Biovarnish

Lantai kayu banyak diminati karena memiliki beberapa kelebihan seperti aman ketika sesorang terjatuh di atasnya. Kayu tidak akan menimbulkan cedera yang parah seperti lantai keramik yang keras. Lantai kayu juga sangat cocok untuk memberikan kehangatan di dalam rumah serta cara membersihkan yang relatif mudah.

Namun berbicara mengenai perawatan kayu, sebaiknya sudah diperhitungkan sejak awal ketika Anda akan melakukan finishing. Proses pengecatan lantai kayu adalah perawatan untuk jangka panjang. Ketika lantai dilakukan pengecatan maka ada banyak jenis finishing yang bisa dipilih sesuai dengan kebutuhan.

Dalam artikel ini Anda akan mengetahui pilihan tipe finishing apakah yang bisa digunakan pada lantai rumah kayu. Pada dasarnya ada dua tipe finishing yang bisa diaplikasikan pada jenis kayu keras yaitu penetrating sealers dan surface finishes. Keduanya memiliki jenis yang berbeda, jika penetrating surface lebih lembut maka surface finishes lebih luas dan juga memiliki sheen level.

Sebenarnya ada satu lagi tipe finishing yang digunakan yaitu irradiated polymers yaitu tipe yang lebih sulit dan hanya digunakan pada aplikasi komersial saja maka tipe finishing ini tidak akan dibahas dalam artikel ini.

Tipe Finishing Penetrating Sealers

Dengan menggunakan penetrating sealers bahan akan meresap ke dalam pori kayu dan mengeras untuk menciptakan proteksi terhadap debu dan kotoran. Setelah bahan menciptakan proteksi dan meresap ke dalam kayu maka perlahan akan menghilang ketika kayu terkena berbagai macam cuaca secara langsung.

Tipe finishing ini direkomendasikan dan telah digunakan oleh Oak Flooring Institute (OFI). Menurut OFI, pemula dalam finishing harus menggunakan jenis bahan penetrating sealers yang kering secara melambat. Karena bagi OFI, pengguna pemula tidak akan bisa menyesuaikan dengan bahan finishing yang dapat kering dengan cepat. Ketika tidak bisa mengimbangi dengan kecepatan kering bahan finishing maka akan merusak tampilan dari lantai kayu.

Tipe Finishing Surface Finishes

Surface finishes seperti namanya berfungsi untuk menciptakan lapisan protektif dengan tampilan seperti satin atau high gloss lapisan di atas kayu. Ada lima jenis bahan finishing yang digunakan untuk lantai rumah kayu seperti Polyurethane, pernis, Shellac, Lacquer dan VOC Finishes. Diantara kelima jenis bahan tersebut Polyurethane dan VOC finishes akan memberikan lapisan yang sangat kuat.

Jenis Cat Untuk Lantai Kayu

Telah dijelaskan secara singkat bahwa ada lima jenis bahan finishing yang digunakan. Jenis bahan finishing yang direkomendasikan adalah polyurethane dan VOC finishes. Untuk itu berikut ini penjelasan keduanya:

  • Oil Based Polyurethane

Bahan finishing ini banyak digunakan sebagai standar di industri selama puluhan tahun. Bahan ini akan memberikan lapisan pada lantai kayu tidak terlalu kuat bahkan terbilang rapuh sehingga tidak cocok digunakan pada lantai kayu yang banyak digunakan seperti lobi hotel atau deck kolam renang. Dalam beberapa tahun sekitar 2 atau 3 tahun akan menimbulkan efek menguning.  Oil based polyurethane menimbulkan aroma yang menyengat pada saatc proses pengeringan dan membutuhkan waktu sekitar 3 hingga 4 jam.

Tipe Finishing Yang Bisa Dipilih Untuk Lantai Rumah Kayu

Walaupun memiliki masa kering sentuh cepat sekitar 1 jam namun Anda harus menunggu kering sempurna sekitar satu malam. Setelah kering sempurna baru bisa dilakukan proses aplikasi kembali. Bahan finishing ini banyak digunakan walaupun tidak memiliki ketahanan yang baik oleh para industri karena mempertimbangkan harga yang relative murah.

  • VOC water based finishes

Jenis bahan finishing yang kedua adalah VOC urethane atau acrylic combination. VOC sendiri adalah Volatile Organic Compound yang artinya aturan ketat terhadap penggunaan bahan kimia pada cat yang melepaskan sedikit bahkan tidak ada pelarut menimbulkan potensi berbahaya senyawa ke udara pada saat pengeringan.

Bahan finishing ini bertolak belakang dengan oil based polyurethane, karena terbuat dari air sehingga tidak akan menimbulkan efek menguning dalam dua atau bahkan tiga tahun kedepan. Penggunaan VOC finishes ini membutuhkan kurang lebih empat laposan coating yang akan menciptakan proteksi terbaik pada lantai rumah kayu. Setiap lapisan ini akan diaplikasikan dengan cepat mengingat masa kering dari cat hanya satu hingga dua jam saja. Anda tidak perlu menunggu semalaman untuk proses coating.

Tipe Finishing Yang Bisa Dipilih Untuk Lantai Rumah Kayu

Jika dibandingkan kedua bahan finishing di atas maka VOC finishes jauh lebih baik dibandingkan dengan oil based polyurethane. Dalam waktu yang cepat VOC finishes selalu diperbaharui sehingga berkembang lebih baik dari bulan ke bulan. Dalam waktu yang dekat semua pabrik lantai kayu akan menggunakan VOC finishes.

Ada dua alasan mengapa VOC finishes sangat cepat perkembangannya pertama adalah pemerintah mulai memperketat dengan kualitas udara yang dihirup oleh manusia. Seperti yang ditemukan pada cat minyak dan juga cat yang menggunakan alkohol. Alasan kedua adalah masyarakat telah mempelajari bahwa VOC finishes adalah produk yang terbaik untuk bisa diaplikasikan sendiri. Dengan kelebihan cepat kering dan sangat mudah untuk digunakan.

Jenis VOC finish yang baik adalah semakin rendah kandungan acrylic dan lebih banyak kandungan urethane. Artinya bahan tidak mudah mengalir namun akan membentuk lapisan yang keras dan lentur.

Sebaiknya sebelum Anda menggunakan bahan cat untuk lantai, luangkan waktu untuk menuliskan apa saja kebutuhan Anda. Karena menuliskan kebutuhan berarti Anda juga harus mempersiapkan budget dan memperkirakan berapa jumlah uang yang akan dikeluarkan.

Harga dari VOC finishes ini biasanya lebih mahal, karena menggunakan teknologi terbaru yang tidak akan melepaskan hiodrokarbon ke udara sehingga mampu membersihkan udara menjadi lebih baik bahkan lebih aman. Keuntungan dari segi go green ini terbantu dengan ringannya pengeluaran Anda tanpa harus membeli bahan pelarut berupa solvent atau thinner.

Tipe Finishing Yang Bisa Dipilih Untuk Lantai Rumah Kayu

Sekali lagi tentang VOC finish ini, sebagai bahan yang kuat untuk digunakan dan menghasilkan lantai yang kuat, Anda bisa menggunakannya untuk semua lantai di bagian seluruh rumah. Bahkan dengan menggunakan produk ini Anda akan melindungi deck kolam renang menjadi lebih tahan lama.

Saran dari kami adalah menggunakan jenis lapisan film dari cat water based BioThane. Produk ini adalah bahan cat yang akan membentuk lapisan sangat kuat. Dengan bahan pelarut air Anda bisa mengaplikasikan lebih mudah dan bisa kapan saja karena bahan yang cepat kering.

Untuk mendapatkan produk BioThane ini Anda bisa membelinya di situs ini melalui nomor costumer service yang tersedia.

CS Biovarnish