Cara Menggunakan Dempul Kayu Bengkirai untuk Lantai Balkon Rumah

Penting untuk menggunakan dempul bagi lantai kayu bengkirai pada balkon rumah, kayu bengkirai akan lebih awet untuk lantai balkon setelah diaplikasikan dempul. Pastikan anda memilih dempul yang berkualitas untuk finishing lantai balkon dengan kayu bengkirai.

Dempul Kayu Bengkirai Untuk Lantai Balkon Rumah

Lantai kayu di Indonesia terbilang jarang karena perawatan yang dibutuhkan cukup tinggi dan mahal. Perawatan yang tinggi dan juga harga yang mahal setimpal dengan keindahan yang dihasilkan oleh lantai yang menggunakan kayu. Bahkan harga yang mahal bukannya tanpa sebab saja. Untuk harga dari kayu yang khusus untuk lantai apalagi balkon kayu membutuhkan jenis kayu yang mahal seperti kayu bengkirai.

Penggunaan lantai kayu pada bagian balkon rumah juga membutuhkan perawatan khusus. Agar lantai kayu pada balkon tidak mudah rusak, pastikan anda melakukan perawatan dengan benar.

Perawatan Lantai Balkon Kayu

Berbicara masalah perawatan, khususnya untuk balkon kayu maka perawatan akan lebih sering dibandingkan dengan perawatan lantai di dalam rumah. Perawatan yang dilakukan dimulai dari pemberikan bahan finishing yaitu dempul kayu, liquid stain kemudian clear coat yang digunakan. Sedangkan untuk perawatan berkala apabila terjadi lantai yang rusak bisa menggunakan dempul kayu saja.

Sebenarnya perawatan ini cukup mudah karena Anda hanya perlu menggunakan lapisan cat yang berkualitas. Jika sudah, maka akan terbentuk lapisan cat yang berkualitas dengan lapisan film yang kuat. Lapisan tersebut pasti akan mampu melindungi lantai kayu pada balkon dengan baik dan anda hanya perlu melakukan perawatan setiap beberapa tahun sekali.

Mengapa lapisan film yang diberikan harus kuat pada lantai balkon? Alasannya sangat simple yaitu karena lantai balkon akan sering terkena panas dan juga hujan atau air. Kayu walaupun Anda menggunakan kayu bengkirai sekalipun akan sangat sulit untuk menjaga ketahanannya tanpa ada lapisan film tersebut. Baik dari warna dan juga kekuatan kayu akan terus menerus berkuran. Namun jika Anda menggunakan lapisan cat yang tepat mulai dari dempul kayu tersebut maka lantai balkon akan dijamin lebih tahan lama.

Kemampuan Kayu Bengkirai Untuk Diolah Menjadi Lantai

Sempat disinggung sedikit di atas bahwa jenis kayu yang bagus untuk digunakan pada lantai kayu balkon adalah kayu bengkirai. Kemampuan kayu bengkirai untuk diolah menjadi lantai kayu membutuhkan proses yang panjang. Ketika papan bengkirai yang berukuran tebal sekitar 2,5 cm hingga 4 cm dikeringkan maka kadar air akan dikurangi dari 50% menjadi 15% yaitu MC kayu standar.

Semua proses tersebut membutuhkan waktu 6 hingga 9 hari dengan suhu pengeringan bekisar 43°C – 71°C dan kelembaban nisbi 84%-38%. Bisa dibilang kayu ini termasuk kayu yang sulit untuk dikeringkan karena mudah pecah dan juga retak serta berubah bentuk.

Dempul Kayu Bengkirai Untuk Lantai Balkon Rumah

Kayu bengkirai termasuk pada kayu dengan keawetan kelas I-II sedangkan daya tahan terhadap rayap kayu kering termasuk kelas III dan kayu ini termasuk jenis kayu yang sulit untuk diawetkan. Namun untuk mencegah timbulnya rayap kering tersebut Anda dapat menggunakan bahan pengawet seperti BioCide Insecticide yang diaplikasikan ketika kayu bengkirai ini masih menjadi sawn timber. Prosesnya cukup direndam dalam bahan yang telah dicampur dengan air kemudian baru masuk ke tahapan pengeringan.

Pengolahan

Pengolahan kayu bengkirai menjadi lantai sendiri tidak begitu sulit walaupun kayu ini masuk ke dalam katagori kayu keras. Pengerjaan menjadi lantai bisa dilakukan menggunakan gergaji atau dapat juga dengan diserut hingga licin asal menggunakan sudut ketam yang kecil. Apabila Anda ingin menggunakan kayu bangkirai selain menjadi lantai misalnya saja untuk konstruksi dan membutuhkan pemakuan sebaiknya proses dilakukan dengan pengeboran agar tidak pecah.

Dempul Kayu Bengkirai Untuk Lantai Balkon Rumah

Selain pengolahan menjadi lantai kayu bengkirai juga memiliki ciri penampilan khusus yang perlu Anda ketahui untuk memilih warna cat sebelum proses finishing. Kayu bengkirai memiliki warna kayu teras kuning cokelat dengan kayu gubal berwarna pucat kekunig-kuningan. Teksturnya halus hingga agak kasar jadi ketika proses pengamplasan cukup ringan.

Tampilan seratnya adalah lurus atau berpadu dengan kesan raba permukaan yang licin atau berganti-ganti antara licin dan kesat arah serat yang berpadu. Untuk masalah kilap,kayu memiliki permukaan yang mengkilap cukup tinggi sehingga sangat cocok apabila Anda memilih tampilan gloss.

Cara Menggunakan Wood Filler

Kayu bengkirai memang sangat bagus apabila dijadikan sebagai lantai balkon rumah, namun peranannya tidak akan terlepas dari bahan finishing. Kini setelah Anda mengetahui bagaimana kemampuan kayu bengkirai sebagai material utama lantai saatnya Anda melakukan proses finishing.

Melakukan proses finishing lantai kayu dimulai dari penggunaan wood filler. Pemilihan produk menjadi hal utama yang perlu Anda ketahui. Dalam hal ini Anda bisa menggunakan Biovarnish Wood Filler. Pilihan warna yang cocok jika akan mendapatkan hasil warna natural untuk kayu bengkirai adalah warna jati yang kecoklatan atau coklat muda.

Dempul Kayu Bengkirai Untuk Lantai Balkon Rumah

Berikut ini cara aplikasi Biovarnish wood filler jati untuk melapisi lantai kayu:

> Bersihkan Balkon

Pastikan kebersihan dari lantai balkon. Lantai harus bersih dari debu dan juga kotoran yang akan mengganggu penetrasi dari dempul dan juga cat. Gunakan vacuum untuk menghisap debu dan juga kotoran yang masih menutupi pori-pori kayu.

> Aplikasikan Biovarnish Wood Filler

Siapkan Biovarnish Wood Filler jati kemudian langsung aplikasikan menggunakan pisau pallet yang berukuran cukup besar ke seluruh permukaan kayu. Ratakan wood filler searah serat kayu agar bisa masuk ke dalam pori-pori kayu. Tunggu hingga mejadi kering sekitar 20 menit.

> Lakukan Pengamplasan

Setelah kering lakukan pengamplasan dengan kertas amplas alumunium oxide nomor 240. Untuk mempermudah lakukan pengamplasan dengan sander atau mesin amplas. Proses ini dilakukan hingga mendapatkan permukaan kayu yang seratnya terlihat.

Dempul Kayu Bengkirai Untuk Lantai Balkon Rumah

Jika pengamplasan telah selesai lakukan vakum ke seluruh permukan lantai kayu balkon untuk menghilangkan sisa debu amplas. Perhatikan apabila permukaan lantai balkon masih ada yang berlubang maka Anda bisa mendempul kembali bagian tersebut dan lakukan proses pengamplasan.

Finishing Lengkap Lantai Kayu Balkon

Proses menggunakan dempul kayu Biovarnish Wood Filler tidak berhenti di situ saja. Untuk mendapatkan hasil lantai balkon yang bisa langsung digunakan. Proses selanjutnya berlangsung pada pengecatan lantai kayu yang akan Anda dapatkan dengan menggunakan Biovarnish Liquid Stain sebagai bahan coloring dan juga BioThane sebagai bahan Clear Coat. Untuk proses finishing yang mudah ini Anda bisa mengikuti beberapa langkah berikut ini:

1. Persiapan

Pastikan permukaan kayu yang sudah selesai di aplikasikan Biovarnish Wood Filler tidak tersisa debu amplas. Gunakan vakum debu amplas agar debu benar-benar terangkat hingga bersih.

2. Aplikasikan Biovarnish Liquid Stain

Pilih Biovarnish Liquid Stain sesuai dengan warna kayu bengkirai seperti warna gardena teak atau candy brown. Campurkan dengan air perbandingan 2 bahan : 1 kemudian aduk hingga menjadi rata. Aplikasikan cat kayu dengan kuas atau dengan spray system bisa juga menggunakan roll hingga rata searah serat kayu agar hasilnya benar-benar rata dan juga halus.

Dempul Kayu Bengkirai Untuk Lantai Balkon Rumah

Tunggu cat mengering sekitar 60 menit baru diamplas dengan kertas amplas nomor 400. Amplas hingga permukaan menjadi lebih halus kemudian vakum hingga sisa debu amplas benar-benar tertutup dengan baik. Jika warna dari lantai belum sesuai dengan yang diinginkan maka aplikasikan kembali Biovarnish Liquid Stain.

3. Gunakan Biothane Clear Coat

Langkah terakhir adalah menggunakan BioThane yang merupakan clear coat dengan lapisan film yang transparan. Campurkan BioThane dengan air perbandingan 2 bahan : 1 air kemudian Anda bisa langsung bisa langsung mengaplikasikan dengan spray system. Aplikasikan hingga rata dan tunggu kering sekitar satu malam. Pastikan atap dari balkon tertutup sehingga tidak ada debu yang akan menempel pada cat ketika masih basah.

Cari Artikel Berdasarkan Judul

——– About Biovarnish !!! ——–

——– Biovarnish on Tokopedia ——–

——– BioCide on Tokopedia ——–

——– Bioindustries on Tokopedia ——–

——– BioPolish on Bukalapak ——–

——– Official Web BioIndustries ——–

Artikel "Biovarnish"

Youtube Channel

Channel youtube Bio Paint kami berisi konten tutorial finishing dan produk unggulan Bio.

About Us

catkayu.com merupakan website yang memuat artikel – artikel tentang finishing, perawatan, dan pencegahan kayu dari kerusakan.

Biovarnish merupakan bahan finishing kayu berbahan dasar water-based acrylic dengan sistem aplikasi oles atau kuas, digunakan untuk finishing kayu interior / exterior seperti interior & eksterior furniture, wood building (gazebo, door, wall, pergola, pagar), toys and craft, yang aman dan ramah lingkungan.

Telp / WhatsApp : Klik Disini

©2015 - 2020 catkayu.com - All Right Reserved.