Cara Mendapatkan Sanding Sealer Terbaik di Indonesia dengan 4 Ciri Ini

Cara mendapatkan sealer terbaik di Indonesia bukan hal yang sulit, anda bisa menggunakan Biovarnish Sanding Sealer produk asli Indonesia. Hasil finishing anda akan lebih maksimal dengan Sanding Sealer Biovarnish, produk karya anak bangsa Indonesia.

Mempelajari Teknik Menguas Untuk Finishing Natural Transparan - kuas

Bahan finishing dibutuhkan untuk memberikan perlindungan sekaligus memberikan warna yang menarik. Nah, dalam hal ini sanding sealer memiliki dua fungsi yang harus dipenuhi yakni menjadi cat yang mendasari kayu kemudian menjadi cat yang memudahkan lapisan di atasnya untuk menempel. Sayangnya tidak semua merk sanding sealer bisa memenuhi kedua fungsi tersebut.

Baca Juga : cara mengamplas ukiran kayu

Setelah mengetahui kedua fungsi sanding sealer Anda perlu menentukan apakah hasil finishing yang nantinya akan didapatkan. Ada dua jenis hasil finishing yang bisa dipilih yakni finishing open pore dan finishing close pore. Finishing ini akan memberikan tampilan natural. Hanya saja cara untuk finishing close pore Anda akan mendapatkan hasil finishing terbaik yang lebih rata dan halus dari sealer.

Apabila kayu yang digunakan memiliki banyak lubang yang ingin diperlihatkan misalnya seperti ukiran atau furniture dari akar kayu jati maka finishing open pore perlu diberikan. Sudah jelas bukan perbedaannya? Kedua jenis finishing ini membutuhkan jenis sanding sealer terbaik khususnya untuk finishing open pore.

Baca Juga : Biovarnish Sanding Sealer untuk Semua Jenis Kayu Eksotik

Produk Sanding Sealer Cara Terbaik untuk Finishing Open Pore

Finishing close pore membutuhkan wood filler yang akan bekerja untuk menutup pori dan cacat pada kayu. Maka hasilnya akan menjadi halus, pada finishing close pore Anda harus pintar memadukan warna wood filler dan wood stain untuk mendapatkan hasil warna kayu yang sama atau natural.

Baca Juga : rekomendasi merk cat terbaik untuk mendapatkan warna hitam doff terbaik

Sedangkan untuk finishing open pore pori kayu akan ditutup sempurna dengan sanding sealer. Jadi sanding sealer akan bekerja sebagai cat dasar kayu yang terbaik. Salah satu produk sanding sealer yang disarankan untuk digunakan adalah Biovarnish Sanding Sealer.

Biovarnish adalah produk sanding sealer water based yang akan memberikan banyak hasil terbaik pada finishing khususnya finishing open pore. Ada banyak keuntungan yang didapatkan dengan baik pada finishing open pore yakni sebagai berikut ini:

Baca Juga : cara mendapatkan produk cat kayu terbaik untuk kusen secara online

1. Warna yang transparan

Bagi banyak sanding sealer yang menajadi cat dasar warna natural maka warna yang benar benar bening sangat dibutuhkan. Apabila Anda tidak mendapatkan warna yang transparan maka kedepannya warna kayu akan berubah menguning dan mempengaruhi tampilan furniture kayu. Karena produk Biovarnish menggunakan pelarut air maka hasil warnanya sudah dipastikan berwarna transparan.

2. Proses aplikasi yang tidak berbau

Cara Mendapatkan Sanding Sealer Terbaik di Indonesia

Lagi-lagi keuntungan karena bahan dasar air yang digunakan. Air tidak akan menimbulkan bau pada saat sanding sealer diaplikasikan. Jauh berbeda dengan sanding sealer yang terbuat dari solvent. Pelarut thinner akan digunakan pada sanding sealer solvent sehingga akan menimbulkan asap bau yang menyengat. Buruknya lagi asap tersebut sangat berbahaya bagi kesehatan manusia.

Baca Juga : cara mendapatkan cat kayu outdoor terbaik untuk melindungi furnitur kayu

3. Hasil yang tahan lama

Sanding Sealer Biovarnish dirancang untuk bisa merekat pada furniture kayu dengan maksimal dan baik. Sehingga ketahanan dan kekuatan yang dihasilkan menjadi yang terbaik. Anda tidak perlu takut atau khawatir akan masalah cat yang mudah memudar warnanya atau mengelupas karena panas matahari. Cat akan melindungi furniture bahkan dari perubahan cuaca.

Baca Juga : cara mendapatkan finishing halus pada kayu bengkirai dengan produk ini

4. Harga yang terjangkau

Produk Biovarnish memiliki harga yang terjangkau dan Anda tidak akan boros menggunakannya. Bahan pelarut air yang digunakan membuat Anda tidak perlu mengeluarkan uang lebih membeli bahan pelarut untuk thinner. Untuk penyimpanan yang terbaik setelah digunakan dan masih ada sisa pastikan kaleng cat tertutup dengan rapat.

Cara Finishing Kayu Open Pore dengan Sanding Sealer Terbaik

Mengetahui kelebihan Biovarnish Sanding Sealer tidak terlepas dari bagaimana cara Anda untuk melakukan proses finishingnya. Seperti yang telah dijelaskan proses finishing dengan Sanding Sealer Biovarnish tidak akan mengeluarkan bau yang menyengat jadi akan aman apabila Anda mengaplikasikannya di dalam ruangan.

Baca Juga : cara mendapatkan cat sangkar burung yang bagus dan terbaik di indonesia

Proses aplikasi yang mudah ini bisa menggunakan alat semprot untuk menghasilkan hasil yang halus. Cara untuk mendapatkan hasil sempurna dengan sanding sealer terbaik ini, Anda perlu mempersiapkan furniture dengan baik.

Cara Mendapatkan Sanding Sealer Terbaik di Indonesia

Pengamplasan perlu dilakukan satu jam sebelum proses finishing dimulai. Jika banyak bagian lekukan jangan lupa untuk mengamplas bagian tersebut. Bagian lekukan membutuhkan pengamplasan ekstra sehingga Anda perlu melakukannya dengan cara manual.

Jangan lupa juga untuk membersihkan bagikan cekungan tersebut. Debu pengamplasan paling banyak dan mudah menumpuk pada area tersebut. Jika perlu gunakan vakum untuk melakukan penyedotan debu. Lakukan langkah ini hingga permukaan kayu benar-benar bebas debu dan kotoran baru furniture kayu siap untuk difinishing open pore.

Langkah Finishing Open Pore dengan Biovarnish Sanding Sealer

Seperti memulai finishing pada umumnya, anda perlu melakukan pengamplasan terlebih dahulu pada seluruh permukaan kayu. Pengamplasan dilakukan agar hasil finishing dengan Sanding Sealer dapat lebih maksimal. Anda bisa mengaplikasikan sanding sealer dengan alat spray untuk mempercepat proses aplikasi. Berikut ini tahapan aplikasinya:

Cara Mendapatkan Sanding Sealer Terbaik di Indonesia

√ Encerkan Sanding Sealer

Campurkan Biovarnish Sanding Sealer terlebih dahulu dengan air bersih. Gunakan perbandingan 2 bahan : 1 air dan campur dalam wadah yang bersih. Tuangkan cairan ke dalam tabung alat semprot. Sebelumnya siapkan juga kompresor dan uji tekanan angin yang sesuai dengan kebutuhan anda

√ Aplikasikan Sanding Sealer

Mulai semprotkan Biovarnish Sanding Sealer ke seluruh area furniture kayu dengan rata. Gunakan teknik cross spray agar pori kayu tercover dengan sempurna. Tunggu lapisan sanding sealer kering dan amplas ambang dengan menggunakan amplas nomor 400. Bersihkan debu sisa proses pengamplasan.

√ Gunakan Top Coat

Lapisan kedua adalah top coat. Anda bisa menggunakan Biovarnish Clear Coat, campurkan Clear Coat dengan air pada perbandingan yang sama yakni 2 bahan : 1 air. Aduk hingga homogen lalu semprotkan ke seluruh permukaan furniture kayu. Kali ini Anda perlu mendiamkan furniture selama 24 jam agar hasil finishing dapat kering sempurna dan furniture mulai bisa anda gunakan keesokan harinya.

Cara aplikasi ini sangat mudah dan Anda bisa menggunakan dua lapisan untuk mendapatkan lapisan coating yang lebih tebal dan kuat. Namun pastikan telah melakukan pengamplasan di setiap lapisan agar cat diatasnya dapat menempel dengan baik.

Tips Finishing Natural dengan Sanding Sealer

Ada beberapa tips yang bisa Anda lakukan untuk mendapatkan finishing sempurna berikut ini:

produk cat Biovarnish

  • Jangan jemur furniture karena cat water based tidak membutuhkan panas matahari untuk mengering. Diamkan furniture dalam ruangan kering dengan sirkulasi udara yang baik.
  • Pilih top coat matte untuk hasil yang lebih tampak natural. Namun jika Anda akan menggunakan furniture di luar ruangan bisa memilih top coat gloss.
  • Pastikan Anda menunggu lapisan top coat benar-benar kering sempurna sebelum menggunakannya jika tidak lapisan cat akan rusak ketika digunakan.
  • Aplikasikan setiap lapisan jangan terlalu tebal. Semakin tipis maka akan semakin memberikan hasil yang lebih tampak natural. Lapisan tipis dengan beberapa layer justru akan memberikan perlindungan yang lebih kuat dibandingkan dengan satu lapsan yang tebal.

Inilah tips yang bisa Anda lakukan untuk finishing natural open pore pada jenis kayu apapun. Bahkan karena perlindungannya sangat baik Anda bisa menggunakannya pada furniture outdoor.

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Scroll to Top