Cat Kayu Doff Terbaik Pilihan Tepat untuk Desain Furniture Tampil Berani

Apakah Anda pernah mencoba tampilan warna cat kayu lainnya yang tidak mengkilap seperti furniture warna hitam doff? Karena tampilan mengkilap dan glossy sudah biasa apabila diaplikasikan pada furniture.

Selain karena tidak ada unsur warna natural disana, kebanyakan orang kurang berani memilihnya. Takut akan tidak cocok dengan ruangan, bosan dengan tampilan furniture dan bagaimana memilih cat yang tepat menjadi alasan utama warna solid tidak dipilih.

Ketika furniture memiliki tingkap kilap yang rendah maka akan semakin mudah goresan terlihat. Inilah yang sangat dihindari pemilik rumah yang memiliki anak kecil dan hewan yang suka membuat goresan pada furniture.

Baca Juga : kenali macam macam warna grey

Jika Anda bosan dengan tampilan kilap serta tidak memiliki faktor yang membuat furniture mudah tergores mengapa tidak mencoba untuk menggunakan cat kayu doff terbaik? Warna hitam gelap akan memberikan nuansa yang berbeda walaupun dengan artian Anda harus bisa memadukan warna dinding hingga home decor dengan furniture tersebut.

Efek Furniture dengan Cat Kayu Doff Terbaik Warna Hitam Doff

Bagaimana memadukan furniture yang memiliki warna hitam? Apa saja keuntungan yang akan didapatkan jika ternyata Anda memiliki furniture warna hitam? Tentu semua pilihan warna untuk furniture memiliki kelebihan dan kekurangannya.

Berikut ini faktor apa saja yang menguntungkan bagi Anda memperoleh furniture dengan warna hitam.

  • Furniture berwarna hitam akan memberikan kesan ruangan yang kaya pada seluruh rumah. Misalnya Anda memilih furniture dengan gaya kontemporer maka warna hitam akan banyak dipilih dan memberikan kesan bayangan yang meningkatkan kesegaran dalam ruangan serta kesan formal yang elegan.
  • Warna hitam pada furniture juga akan memberikan kehangatan dalam berbagai ruangan. Jika Anda ingin menggunakan gaya rustic maka menggunakan furniture warna hitam pada ruang tamu adalah pilihan terbaik.
  • Warna hitam memiliki efek yang sama dengan warna putih yaitu memberikan kesan luas dalam sebuah ruangan. Jika para desainer lebih suka menggunakan furniture berwarna hitam pada area tertutup seperti perpustakaan, ruang belajar and ruang tidur, Anda bisa mewujudkannya dengan mengubah furniture di rumah saat ini menjadi warna hitam.
  • Furniture warna hitam sangat cocok dipadukan dengan lukisan dan lampu gantung tipe chandeliers. Jika Anda ingin mendapatkan ruangan penuh dengan seni maka perpaduan ini bisa dipraktikkan.
  • Furniture berwarna hitam akan mengurangi kesan ruangan yang terang namun tetap memberikan kesan hangat. Ruangan yang gelap menawarkan tempat untuk beristirahat yang nyaman setelah seharian sibuk di luar ruangan.

cat kayu doff terbaik

Tips Furniture Berwarna Hitam

  • Jika Anda ingin menggunakan furniture kayu berwarna hitam gaya kontemporer maka seimbangkan dengan warna terang. Gunakan lampu, permadani bahkan bantal sofa yang memberikan warna cukup terang. Bagian terang juga bisa ditambahkan pada tirai.
  • Furniture kayu berwarna hitam selalu cocok dipadukan dengan warna abu-abu terang. perpaduan warna ini bisa memberikan kesan antik.
  • Untuk mendapatkan ruangan dengan kesan hangat menggunakan furniture berwarna terang dengan background warna hitam. Pemilihan warna ini akan menyeimbangkan ruangan.
  • Jika sofa memiliki warna hitam Anda bisa menggunakan coffee table warna putih. perpaduan kedua warna ini akan memberikan kesan yang tidak tergantikan.

Tips Memilih Cat

Kini saatnya masuk pada produk apakah yang akan memberikan warna hitam pada furniture dengan baik? Di toko bahan bangunan banyak sekali produk cat yang memberikan warna hitam untuk furniture kayu. Satu-satunya produk yang bisa diandalkan adalah Biovarnish.

Produk Bioduco adalah rangkaian produk berlapis yang terbuat dari bahan air untuk menghasilkan furniture warna hitam doff. Sebagai cat kayu doff terdapat empat produk yang perlu digunakan yaitu Bioduco wood putty, primer coat, Bioduco solid colors dan top coat matte.

Keempat produk ini akan menutup warna kayu serta serat kayu dengan baik sehingga hasil finishingnya akan memberikan warna hitam yang tajam. Semua proses aplikasi menggunakan alat semprot kecuali wood putty yang merupakan dempul kayu. Sangat disarankan bagi Anda untuk mengetahui teknik aplikasi spray system untuk menghasilkan tampilan yang terbaik.

Bahan pelarut yang digunakan adalah air sehingga tidak perlu lagi membeli thinner. Semua proses aplikasi tidak akan menimbulkan bau karena berbahan dasar air. Perlu diingat, furniture yang telah diaplikasikan cat kayu doff terbaik tidak boleh dijemur pada panas matahari.

Seluruh proses pengeringan furniture hanya perlu diangin-anginkan dalam ruangan. Jadi pastikan ruangan kering, bersih dan tentunya memiliki sirkulasi udara yang baik. Berikut ini alat dan bahan yang perlu dipersiapkan:

  • Bioduco wood putty
  • Bioduco Primer coat
  • Bioduco solid colors
  • Top coat matte
  • Air bersih
  • 4 gelas plastik untuk mencampur
  • pengaduk
  • Amplas alumunium oxide nomor 120, 240, 400
  • pisau palet/ kape
  • kain katun

Cara Aplikasi Cat Kayu Doff

cat kayu doff terbaik

  1. Amplas seluruh permukaan kayu dengan amplas alumunium oxide nomor 120. Bersihkan debu sisa pengamplasan dengan kain katun. Pastikan tidak pada kotoran dan debu yang menempel pada permukaan kayu.
  2. Mulai aplikasikan wood putty dengan pisau palet dan kape. Jika terdapat lubang pada permukaan kayu langsung isi dengan wood putty. Ratakan ke seluruh permukaan furniture kayu juga. Tunggu lapisan mengering, kurang lebih 20 menit akan kering dan lanjutkan dengan pengamplasan. Amplas dengan kertas amplas 240 sampai permukaan menjadi rata, bersihkan debu amplas dengan kain katun kembali.
  3. Mulai aplikasikan primer coat warna putih. Lapisan ini akan menutup warna kayu sehingga warna hitam akan menjadi lebih tajam. Aplikasinya berulang kali tergantung dengan kebutuhan untuk menutup warna kayu. Campurkan primer coat dengan air perbandingan 2 bahan : 1 air dalam gelas plastik. Aduk sampai merata baru masukan larutan ke dalam tabung spray. Semprotkan ke seluruh permukaan furniture. Proses kering membutuhkan waktu 60 menit dan dilanjutkan dengan pengamplasan ambang menggunakan kertas amplas 400.
  4. Kini aplikasi warna hitam dari Bioduco black. Campurkan bahan dengan air ke dalam gelas plastik. Gunakan perbandingan 2 bahan : 1 air dan aduk merata. Masukan ke dalam tabung spray kemudian semprotkan secara merata ke seluruh permukaan kayu. Tunggu kering selama 60 menit dan lanjutkan dengan proses pengamplasan ambang dengan amplas 400. Jika warna hitam masih kurang tajam ulangi aplikasi Bioduco black kembali sampai warna yang diinginkan didapatkan.
  5. Lapisan akhir untuk mendapatkan tampilan doff adalah top coat matte. Campurkan bahan dengan air ke dalam gelas plastik perbandingan 2 bahan : 1 air kemudian aduk merata. Tuangkan larutan kedalam tabung spray dan aplikasikan merata. Proses kering lapisan akhir ini adalah 24 jam dan Anda dapat mendiamkan furniture dalam ruangan semalaman.

Kesimpulan

Jika Anda ingin memberikan lapisan cat kayu hitam doff yang berulang maka pastikan setiap lapisan harus tipis. Semakin tipis dan semakin banyak lapisan, cat akan memberikan lapisan yang kuat.

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Scroll to Top