Ciptakan Warna Hitam Eksotis untuk Lantai dengan Pernis Kayu Ini

Pemilihan pernis warna hitam untuk lantai kayu akan menambah kesan eksotis pada rumah anda. Butuh rekomendasi merk pernis kayu terbaik untuk lantai? Simak rekomendasinya disini!

Punya lantai kayu di rumah? Cobalah untuk mengaplikasikan pernis pada lantai kayu di rumah anda untuk mempercantik tampilannya. Penggunaan pernis kayu juga dapat membantu memberi perlindungan pada kayu sehingga permukaannya lebih tahan lama. Warna dan serat natural kayu juga diharapkan dapat lebih terlihat setelah aplikasi pernis kayu.

Untuk mendapatkan warna hitam yang eksotis pada lantai kayu tentu tidak mudah. Perlu penggunaan produk cat kayu yang berkualitas serta teknik aplikasi yang tepat. Proses aplikasi menggunakan roll dapat menjadi pilihan yang tepat untuk aplikasi pernis pada lantai kayu. Agar hasil finishing lantai kayu lebih maksimal, mari simak tipsnya pada kesempatan kali ini!

Mengenal Produk Finishing yang Banyak Digunakan

Setiap produk pernis kayu yang digunakan untuk lantai sedikit berbeda, ada pula yang berwarna hitam untuk menampilkan kesan eksotis. Pastikan produk yang anda beli dapat digunakan untuk finishing lantai kayu atau dapat digunakan untuk kayu yang heavy duty. Penting untuk mengetahuinya karena berhubungan dengan kekuatannya dalam memberikan perlindungan.

Sebelum masuk ke dalam jenis cat berkualitas untuk lantai yang akan menghasilkan warna eksotis, maka sebaiknya kenali apa saja jenis produk yang beredar di pasaran. Berikut ini beberapa jenis produk cat yang biasanya digunakan untuk lantai kayu.

  • Lacquer

Mengaplikasikan ShellacJenis pernis yang banyak digunakan adalah lacquer atau sering disebut shellac. Terbuat dari resin alami yang dikeluarkan oleh serangga yang disebut lac beetle yang hidup di hutan India dan Thailand. Produk ini dapat digunakan sebagai glaze untuk pewarna kayu. Hanya saja baunya luar biasa menyengat dan akan menimbulkan polusi udara. Inilah alasan kuat mengapa penggunaan shellac untuk lantai sebaiknya dibatasi. Sehingga tidak menimbulkan polusi udara di dalam ruangan hingga bertahun-tahun lamanya.

 

  • Polyurethane

Produk kedua yang kini banyak muncul untuk digunakan adalah polyurethane. Biasanya produk ini terbuat dari bahan dasar air atau minyak. Hasil aplikasi PU memiliki tingkat glossy yang cukup tinggi. Banyak orang menggunakannya karena cat ini diperuntukan untuk kayu heavy duty. Anda bisa menggunakan polyurethane water based untuk lantai kayu pada kafe, kantor, lobi hingga dapur atau area yang sering digunakan. Penggunaan cat ini tahan terhadap panas matahari, hujan dan perubahan cuaca. Hasil finishingnya transparan dan bisa diaplikasikan dengan berbagai macam alat.

  • Pernis berbasis air

Penggunaan pernis jenis ini sama baiknya dengan pernis kayu berbasis thinner. Janis pernis ini memiliki bau yang sangat rendah, tidak memiliki toksisitas tinggi dan terang tanpa Anda harus menambahkan warna. Pengeringannya jauh lebih cepat dibandingkan dengan pernis minyak. Sangat ideal untuk berbagai jenis kayu hingga lantai dalam ruangan.

Produk Pernis yang Tepat untuk Lantai Kayu Eksotis

Kayu Cedar : Pengolahan Hingga Cara Finishingnya Yang Mudah

Cat atau pernis kayu warna eksotis akan menghasilkan tampilan sempurna pada jenis dan wana hitam untuk kayu, seperti jati, ulin, merbau atau kayu dengan serat yang melengkung tidak beraturan. Untuk menghasilkan finishing lantai kayu yang sempurna kami merekomendasikan anda menggunakan produk Biovarnish Liquid Stain dan top coat jenis  Polyurethane.

Produk polyurethane yang digunakan adalah Biothane, produk ini berbasis air sehingga Anda akan lebih mudah menggunakannya. Biovarnish liquid stain adalah cat kayu water based menyediakan warna eksotis yang sangat indah seperti black, papua rose, dan juga sonokeling. Ketiganya akan memberikan warna lantai kayu yang hitam sekaligus eksotis. Penggunaan kedua produk ini akan memberikan perlindungan terkuat dari berbagai gangguan yang sering terjadi pada kayu.

Penggunaan kedua produk ini sebagai cat kayu water based untuk finishing lantai kayu rumah anda adalah pilihan yang tepat. Hal ini dikarenakan biovarnish liquid stain memiliki beberapa keunggulan yang tidak dimiliki pernis merk lain. Biothane juga dapat memberikan perlindungan terbaik untuk lantai kayu di rumah anda. Apa saja keunggulan penggunaan kombinasi kedua produk ini? Berikut ini beberapa keunggulan kedua produk ini yang harus anda ketahui:

Keunggulan Finishing Biovarnish Liquid Stain dan Biothane

Lantai Kayu

Apa saja keunggulan produk biovarnish liquid stain dan biothane ketika Anda menggunakannya untuk finishing lantai kayu di rumah anda? Berikut ini beberapa keunggulan kedua produk ini untuk finishing lantai kayu rumah anda:

  • Tidak menimbulkan bau

Kandungan voc (volatile organic compound) di dalam cat sangat rendah sehingga tidak menimbulkan bau yang cenderung mengganggu. Kandungan yang rendah tersebut berakibat baik terhadap lingkungan yakni tidak mencemarkan udara dalam ruangan.

  • Daya rekat kuat

Kerakatan menjadi kunci bawa lapisan cat dapat bertahan lebih lama. Cat kayu Biovarnish dan Biothane adalah produk yang memiliki kerakatan sangat tinggi. Bahkan walaupun kuat namun tetap tidak keras, cat memiliki kelenturan yang sangat tinggi. Anda tidak perlu khawatir dengan sifat kayu yang mudah memuai dan menyusut karena tidak akan mempengaruhi permukaan cat.

  • Daya sebar yang luas

Kedua cat memiliki daya sebar yang luas sehingga Anda tidak perlu khawatir boros untuk aplikasi. Cat tidak akan boros digunakan ditambah lagi dengan kekuatan sebarnya yaitu 8-10 m2 untuk satu kilogram cat. Anda hanya perlu mencampurkannya dengan air dan tidak perlu lagi membeli thinner.

  • Tidak ada efek menguning
Permukaan Terbaik Yang Harus Diciptakan Pada Lantai Kayu - Biothane

Khusus untuk Biothane, Anda tidak perlu khawatir untuk hasil finishing yang cenderung menguning di kemudian hari. Kandungan voc yang rendah juga mempengaruhi hal ini sehingga cat tidak akan menimbulkan efek menguning yang membuat tampilan berkurang keindahannya.

  • Memiliki pigmen warna sempurna

Cat warna yang eksotis akan dipengaruhi dengan pigmen yang dimiliki. Cat akan memberikan hasil warna maksimal dan kesan hitam didapatkan. Jika Anda menggunakan bahan pelarut yang tepat maka warna akan menjadi lebih tajam. Anda bahkan bisa mengulangi proses aplikasi untuk memberikan beberapa lapisan sehingga menghasilkan warna yang diinginkan.

Tips Mudah Aplikasi Pernis Pada Lantai Kayu Eksotis

Jenis produk water based adalah cat yang lebih mudah diaplikasikan pada semua media kayu. Namun Anda juga harus belajar bagaimana cara mengaplikasikannya sehingga warna hitam eksotis didapatkan. Tidak mudah mengubah warna kayu yang tadinya berwarna coklat menjadi hitam eksotis.

Anda bisa mengaplikasikan biovarnish liquid stain langsung untuk memperoleh warna sempurna. Ikuti beberapa tips mudah aplikasi pernis biovarnish liquid stain pada lantai kayu berikut ini:

  1. Bersihkan ruangan untuk menghilangkan debu dan kotoran sebelum memulai pekerjaan. Pel seluruh lantai dengan kain yang sedikit lembab atau dengan kain microfiber dibasahi untuk mengangkat seluruh debu yang lembut.
  2. Pilih hari untuk bekerja yaitu dimana cuaca tidak terlalu lembab atau dingin. Pernis kayu akan mengering lebih lambat dalam cuaca yang terlalu lembab dan dingin. Selain itu pada cuaca yang berangin debu dan kotoran akan lebih cepat masuk.
  3. Jika Anda bekerja pada permukaan lantai yang sudah pernah dipernis jangan lupa untuk menghilangkan lapisan yang lama agar hasil finishingnya lebih baik.
  4. Setiap lapisan liquid stain yang diaplikasikan sebaiknya tipis saja agar permukaan kayu memiliki area yang tercover dengan sempurna. Cat tidak harus tebal agar warna yang dihasilkan dengan beberapa lapisan akan lebih sempurna.
  5. Aplikasikan Biovarnish dan juga Biothane searah dengan serat kayu. Mengaplikasikan searah dengan serat kayu akan membuat hasilnya menjadi lebih halus dan serat kayu terlihat lebih jelas
  6. Proses kering harus dilakukan selama semalaman. Dalam waktu tersebut sebaiknya ruangan dibiarkan kosong, pastikan anda menutup jendela dan pintu agar debu tidak masuk ke dalam permukaan cat yang masih basah.

Cari Artikel Berdasarkan Judul

——– About Biovarnish !!! ——–

——– Biovarnish on Tokopedia ——–

——– BioCide on Tokopedia ——–

——– Bioindustries on Tokopedia ——–

——– BioPolish on Bukalapak ——–

——– Official Web BioIndustries ——–

Artikel "Biovarnish Liquid Stain"

Youtube Channel

Channel youtube Bio Paint kami berisi konten tutorial finishing dan produk unggulan Bio.

About Us

catkayu.com merupakan website yang memuat artikel – artikel tentang finishing menggunakan cat kayu, perawatan, dan pencegahan furniture kayu dari kerusakan.

Biovarnish merupakan bahan finishing kayu berbahan dasar water-based acrylic dengan sistem aplikasi oles atau kuas, digunakan untuk finishing kayu interior / exterior seperti interior & eksterior furniture, wood building (gazebo, door, wall, pergola, pagar), toys and craft, yang aman dan ramah lingkungan.

Telp / WhatsApp : Klik Disini

©2015 - 2021 Cat Kayu - by DH

CAT KAYU