Cat Kayu Warna Gloss Mengubah Tampilan Furniture Kursi Kayu Mindi

Pemilihan cat kayu gloss untuk kursi mindi dapat menambah kesan mewah dan eksotis untuk menggunakan cat kayu gloss pada finishing kursi mindi, simak artikel ini untuk mendapat informasi lebih lanjut mengenai rekomendasi cat gloss untuk furniture kursi mindi.

Menggunakan kursi kayu sebagai furniture di rumah tentu akan menambah kesan natural. Selain itu, furniture kayu juga akan menambah kesan hangat untuk anda dan keluarga. Begitu pula dengan penggunaan furniture kayu mindi untuk kursi. Selain bahan baku dan bentuk furniture yang perlu diperhatikan adalah penggunaan bahan finishing dan hasilnya.

Penggunaan warna gloss sebagai finishing kursi kayu mindi akan membantu furniture tersebut lebih awet dan tahan lama. Aplikasinya juga akan membuat furniture kursi mindi menjadi terlihat lebih mahal dan berkelas.

Mengenal Karakteristik Kayu Mindi

Kayu mindi atau melia azedarach dikenal pula dengan white cedar atau Chinaberry. Berasal dari negara Asia khususnya India, kayu ini menyebar ke berbagai belahan dunia termasuk Amerika dan Indonesia. Tanaman ini berfungsi sebagai tanaman perindang saat pertama kali masuk dan menyebar di Amerika.

Mengenal Karakter Kayu Mindi Hingga Finishingnya

Di Indonesia, kayu Mindi tumbuh di berbagai wilayah diantaranya Jawa, Bali, Nusa Tenggara Barat dan Nusa Tenggara Timur. Mindi di Amerika hanya digunakan pada proyek skala kecil dan juga hobi. Pertumbuhan pohon mindi bisa mencapai 45 meter dengan ketinggian cabang kayu sekitar 8 hingga 20 meter. Diameter dari pohon mindi bisa mencapai 60 cm, cukup besar seperti pohon jati. Bentuk dari pohon mindi seperti payung sehingga tidak heran jika sering digunakan sebagai tanaman perindang.

Penggunaan kayu mindi di Indonesia banyak dijumpai untuk bahan baku pembuatan furniture, termasuk kursi. Karena memiliki tekstur yang kuat namun tidak tahan dengan cuaca, penggunaan kayau mindi sebagai kursi perlu membutuhkan lapisan cat yang tepat untuk melindunginya dari perubahan cuaca.

Anda dapat menggunakan bahan finishing yang aman dan ramah lingkungan serta mampu memberikan perlindungan lebih kepada kayu mindi. Untuk memilih bahan finishing yang tepat bagi kayu mindi, simak ulasannya berikut ini.

Tips Memilih Cat Gloss Berkualitas untuk Kursi Mindi

Ada berbagai pilihan merk dan jenis cat yang diperjual belikan di pasaran saat ini. Tapi, apakah semua jenis cat tersebut aman untuk digunakan? Sangat penting untuk mengetahui tingkat keamanan dan kenyamanan dari penggunaan bahan finishing. Agar hasil finsihing furniture kayu mindi menjadi lebih nyaman untuk anda gunakan, pastikan anda tidak salah memilih bahan finishing.

Bahan finishing yang aman dan ramah lingkungan sangat wajib untuk digunakan. Artinya, anda perlu memperhatikan kandungan bahan kimia pada cat tersebut, apakah mengandung logam berat atau bahan kimia berbahaya atau tidak? Jika iya, pastikan kandungannya masih sesuai dan tidak menyebabkan masalah kesehatan di kemudian hari.

Produk Biovarnish

Sebaiknya, anda menggunakan cat water based yang diformulasikan dengan kandungan bahan kimia lebih rendah dibandingkan dengan cat solvent based. Penggunaannya akan membantu proses finishing kursi mindi lebih aman dan ramah lingkungan. Hasil finishing dari cat water based juga akan lebih nyaman digunakan karena tidak berbau menyengat dan tidak berbahaya bagi kesehatan.

Anda dapat menggunakan biovarnish liquid stain sebagai cat water based untuk finishing kursi kayu mindi. Cat ini juga memiliki tingkat transparansi yang bagus sehingga akan menampilkan serat kayu mindi dengan sempurna. Untuk tampilan warna gloss, anda juga dapat menggunakan cat kayu warna gloss berkualitas dari biovarnish untuk hasil yang lebih maksimal.

Cara Aplikasi Biovarnish untuk Finishing Kursi Kayu Mindi

Berikut ini cara aplikasi Biovarnish untuk finishing kursi kayu mindi yang lebih aman dan ramah lingkungan:

  • Amplas permukaan kayu mindi sampai halus dan rata

Anda bisa menggunakan kertas amplas no 240 atau yang lebih kasar lagi untuk melakukan tahap ini. Setelah dipastikan halus dan rata seluruh permukaannya, jangan lupa untuk membersihkan debu sisa dari proses pengamplasan.

  • Gunakan Biovarnish Wood Filler

Tahap selanjutnya adalah penggunaan wood filler, hal ini dilakukan untuk menutup pori-pori kayu mindi. Aplikasikan menggunakan pisau scrape, tipis saja tapi merata. Tunggu kering sekitar 20 menit lalu amplas hingga bersih dan serat kayu terlihat.

  • Selanjutnya, aplikasikan Biovarnish Liquid Stain.
Kayu Cedar : Pengolahan Hingga Cara Finishingnya Yang Mudah

Gunakan biovarnish liquid stain untuk pewarna kursi kayu mindi. Encerkan liquid stain dengan air bersih perbandingan 2:1 atau 1:1, tergantung dengan kebutuhan dan keinginan anda. Anda dapat menggunakan kuas atau spray untuk mengaplikasikannya. Diamkan sampai kering selama 60 menit kemudian amplas ambang dengan kertas amplas 400, ulangi taha ini jika perlu.

  • Aplikasikan Biovarnish Clear Coat Gloss
Bahan-finishing-kayu-biovarnish

Untuk mendapat tampilan glossy, anda bisa menggunakan biovarnish clear coat gloss sebagai tahap akhir pada proses finishing. Cara aplikasinya sama dengan liquid stain. Anda bisa mengeringkan lapisan clear coat selama semalaman untuk mendapat hasil yang optimal.

Keunggulan Cat Gloss Biovarnish untuk Finishing Mindi

Harga Cat Warna Kayu

Berikut ini beberapa keunggulan yang dimiliki oleh biovarnish liquid stain yang menjadikannya sangat cocok digunakan sebagai pewarna kursi kayu mindi, diantaranya adalah:

  • Aman dan ramah lingkungan
  • Cepat kering
  • Transparansi warna baik
  • Penetrasi warna cepat
  • Tahan terhadap perubahan cuaca ekstrim
  • Mudah diaplikasikan

Penggunaan clear coat gloss pada finishing kursi mindi juga membantu menjaga furniture dari serangan jamur dan rayap. Karena biovarnish clear coat telah diformulasikan juga dengan bahan anti jamur dan anti rayap yang aman dan dapat membantu merawat kayu mindi agar lebih awet.

Dimanakah Anda bisa Membeli Biovarnish?

Anda bisa membeli berbagai varian produk biovarnish lainnya di service point kami berikut ini:

Bio Center Yogyakarta

Jl. Sidikan 94, Surosutan, Yogyakarta

Daerah Istimewa Yogyakarta

Indonesia 55162

Phn / fax: +62 274 388301

e-mail: [email protected]

Bio Service Point Jepara

Jl. Raya Kudus Km. 9, Ngabul, Tahunan Jepara, Jawa Tengah 59417

Phn: +62.291.598992

e-mail: [email protected]

Bio Service Point Cirebon

Jl. Escot No.42 RT.014/RW.04, Desa Tegalwangi, Weru, Cirebon, Jawa Barat 45154

Phn: +62 231 320759

e-mail: [email protected]

Anda juga dapat membeli berbagai varian produk biovarnish secara online melalui beberapa kanal kami berikut ini:

Website : https://www.biovarnish.com/

Facebook : https://www.facebook.com/officialbiovarnish/

Instagram : https://www.instagram.com/biovarnish/

Cari Artikel Berdasarkan Judul

——– About Biovarnish !!! ——–

——– Biovarnish on Tokopedia ——–

——– BioCide on Tokopedia ——–

——– Bioindustries on Tokopedia ——–

——– BioPolish on Bukalapak ——–

——– Official Web BioIndustries ——–

Artikel "Finishing Kayu"

Youtube Channel

Channel youtube Bio Paint kami berisi konten tutorial finishing dan produk unggulan Bio.

About Us

catkayu.com merupakan website yang memuat artikel – artikel tentang finishing menggunakan cat kayu, perawatan, dan pencegahan furniture kayu dari kerusakan.

Biovarnish merupakan bahan finishing kayu berbahan dasar water-based acrylic dengan sistem aplikasi oles atau kuas, digunakan untuk finishing kayu interior / exterior seperti interior & eksterior furniture, wood building (gazebo, door, wall, pergola, pagar), toys and craft, yang aman dan ramah lingkungan.

Telp / WhatsApp : Klik Disini

©2015 - 2021 Cat Kayu - by DH

CAT KAYU