Kayu Mindi Tampak Mengkilap, Manfaatkan Cat Kayu Warna Gloss Ini

Menggunakan cat gloss untuk finishing kayu mindi adalah opsi finishing yang tepat, anda perlu memilih bahan finishing yang tepat untuk hasil gloss pada kayu mindi. Simak artikel ini untuk mengetahui bahan finishing yang tepat dan cara finishing yang dapat dilakukan pada kayu mindi.

Kenalan Dulu Yuk Dengan Kayu Mindi Sebagai Alternatif Kayu Jati Belanda

Kayu mindi adalah salah satu kayu yang mudah dijumpai di Indonesia. Pemanfaatannya sebagai bahan baku pembuatan furniture juga sudah dilakukan sejak lama. Jenis finishing yang dihasilkan oleh kayu mindi banyak menggunakan tampilan warna gloss.

Untuk menghasilkan furniture kayu mindi berkualitas dengan tampilan gloss terbaik, anda perlu menggunakan bahan cat finishing yang berkualitas pula. Sebelum melakukan finishing, sebaiknya kenali terlebih dahulu karakteristik dari kayu mindi. Hal ini akan membantu anda melakukan proses finishing dengan lebih mudah karena sudah mengetahui karakter kayunya.

Karakter Kayu Mindi

Kayu mindi berasal dari pohon mindi yang banyak tumbuh di hutan tropis Indonesia. Meski menjadi salah satu komoditas ekspor terbesar di Indonesia, kayu mindi bukan berasal dari Indonesia. Pohon ini pertama kali ditanam di wilayah Amerika Utara, namun sifat adaptifnya dapat memungkinkan pohon mindi tumbuh di lingkungan dengan keadaan iklim yang berbeda. Hingga kini pohon mindi marak dibudidayakan di negara-negara beriklim tropis seperti India, Myanmar, serta Indonesia.

Mengenal Karakter Kayu Mindi Hingga Finishingnya

Kayu mindi memiliki kesamaan warna dan corak dengan kayu jati, juga memiliki tekstur sehalus kayu oak. Karakter ini yang menjadi keunggulan kayu mindi, sehingga membuatnya menjadi material utama dalam pembuatan  veneer kayu. Meski tidak terlalu kokoh, kayu mindi memiliki kemampuan resisten terhadap jamur dan serangga. Jadi,  anda juga bisa menggunakannya sebagai bahan pembuatan furnitur indoor maupun outdoor.

Untuk melindungi tekstur kayu mindi yang halus, anda bisa melakukan finishing furnitur mindi dengan efek glossy. Jenis finishing cat gloss pada kayu mindi juga dapat menambah kesan mewah pada furniture tersebut. Untuk mendapatkan hasil finishing glossy terbaik bagi kayu mindi, anda perlu menggunakan bahan finishing yang tepat.

Hasil finishing terbaik, sebaiknya anda menggunakan cat water based untuk furniture kayu mindi. Untuk mengetahui lebih dalam mengenai cat water based untuk finishing furniture mindi, simak ulasan lengkapnya disini!

Cat Water Based untuk Finishing Cat Gloss Kayu Mindi

Menggunakan cat water based untuk melakukan finishing pada kayu mindi adalah pilihan yang tepat. Cat ini juga dapat memberikan tampilan natural gloss yang aman bagi kesehatan anda. Menggunakan cat water based juga dapat memberikan tampilan gloss yang natural karena tingkat transparansinya tinggi. Selain itu, warna transparan yang dihasilkan oleh cat water based juga tidak akan menguning seperti pada cat solvent based.

Anda dapat menggunakan cat water based dari biovarnish. Penggunaan cat kayu water based juga lebih aman dan ramah lingkungan karena hanya menggunakan air bersih sebagai bahan pengencernya. Tanpa menggunakan thinner, anda sudah bisa mendapatkan hasil finishing natural gloss berkualitas bagi furniture mindi. Berikut ini merupakan contoh salah satu aplikasi cat biovarnish wlnut brown dengan tampilan gloss pada kayu mindi.

Penggunaan biovarnish liquid stain untuk finsihing mindi juga dapat membuat proses finishing menjadi lebih cepat. Cara aplikasi yang fleksibel membuat proses finishing dapat dilakukan menggunakan kuas maupun spray gun. Cat biovarnish juga memiliki kemampuan cepat kering, sehingga akan membuat proses finishing berjalan lebih cepat.

Diformulasikan mengikuti standar regulasi keamanan bahan kimia internasional dari ECHA dan US EPA. Sehingga membuat kandungan VOC pada cat ini menjadi sangat rendah, kurang dari 50 gram / liter. Dengan berbagai keunggulan yang dimiliki oleh cat water based biovarnish, maka sangat cocok jika cat ini digunakan untuk finishing  dengan tampilan glossy pada kayu mindi.

Finishing Cat Gloss Furniture Kayu Mindi Dengan Biovarnish

Tampilan warna gloss sering dijumpai pada furniture kursi, meja ataupun lemari. Hal ini dikarenakan tampilan tersebut lebih terkesan mewah, elegan serta indah dipandang.  Dengan lapisan cat tersebut, perlindungan pada kayu dari gangguan langsung seperti debu atau jamur lebih maksimal. Bahan anti jamur dan anti rayap yang terkandung pada biovarnish clear coat dapat menjadi pelengkap untuk masalah ini.

Cat kayu warna gloss yang baik digunakan adalah cat dengan bahan water based. Sebab cat ini lebih aman digunakan karena tidak memberikan dampak buruk pada kesehatan ataupun lingkungan. Tidak kalah dengan cat solvent based seperti plitur atau pernis, hasil akhir finishing dengan cat ini pun juga memberikan tampilan yang indah dan justru lebih tahan lama karena tidak mudah menguap.

Berikut ini cara finishing kayu mindi dengan cat water based dari biovarnish:

  1. Amplas seluruh permukaan kayu mindi sampai rata dan bersih agar mudah diaplikasikan cat. Jangan lupa untuk membersihkan debu sisa pengamplasan.
  2. Selanjutnya, aplikasikan Biovarnish Wood Filler untuk mengisi pori-pori kayu dan mengatasi cacat kayu. Gunakan pisau scrape saat mengaplikasikannya. Aplikasikan secara halus dan merata, tunggu mengering sekitar 20 menit. Lalu amplas hingga serat kayu terlihat.
  3. Lanjutkan dengan proses pewarnaan. Aplikasikan Biovarnish Liquid Stain yang telah diencerkan dengan air bersih pada perbandingan 2:1. Kuaskan secara merata, tunggu hingga kering sekitar 60 menit. Amplas ambang menggunakan amplas 400. Ulangi tahap ini jika dirasa perlu.   Kayu Cedar : Pengolahan hingga Cara Finishingnya yang Mudah
  4. Terakhir, aplikasikan Biovarnish Clear Coat Gloss. Encerkan dengan air pada perbandingan 2:1. Kuaskan secara merata ke seluruh permukaan furniture mindi. Diamkan mengering selama semalam untuk mendapatkan hasil yang maksimal. bahan-finishing-kayu-biovarnish

 

Biovarnish Sebagai Bahan Finishing Aman dan Ramah Lingkungan

Biovarnish dikategorikan sebagai cat kayu yang aman karena terbuat dari bahan water based acrylic yang telah disesuaikan dengan standar kemananan bahan kimia dari regulasi ECHA dan US EPA. Jadi cat tersebut tidak mengandung bahan kimia berbahaya, tidak beracun, rendah VOC serta tidak menimbulkan bau yang sangat menyengat seperti saat aplikasi cat solvent based.

Cat Plitur Kayu Pernis

Finishing gloss dari biovarnish juga akan membantu anda mendapatkan furniture mindi yang mewah dan ramah lingkungan. Tidak akan ada bau menyengat khas cat solvent yang tertinggal saat anda mulai menggunakan furniture kayu mindi.

Anda juga dapat menggunakan cat biovarnish untuk finishing berbagai jenis furniture lainnya. Berbagai jenis kayu juga dapat difinishing dengan menggunakan cat ini. Tentunya dengan hasil dan kualitas finishing yang terbaik.

Dimanakah Anda bisa Membeli Biovarnish Liquid Stain?

Anda bisa membeli biovarnis liquid stain dan berbagai varian produk biovarnish lainnya di service point kami berikut ini:

Bio Center Yogyakarta

Jl. Sidikan 94, Surosutan, Yogyakarta

Daerah Istimewa Yogyakarta

Indonesia 55162

Phn / fax: +62 274 388301

e-mail: [email protected]

Bio Service Point Jepara

Jl. Raya Kudus Km. 9, Ngabul, Tahunan Jepara, Jawa Tengah 59417

Phn: +62.291.598992

e-mail: [email protected]

Bio Service Point Cirebon

Jl. Escot No.42 RT.014/RW.04, Desa Tegalwangi, Weru, Cirebon, Jawa Barat 45154

Phn: +62 231 320759

e-mail: [email protected]

Anda juga dapat membeli berbagai varian produk biovarnish secara online melalui beberapa kanal kami berikut ini:

Website : https://www.biovarnish.com/

Facebook : https://www.facebook.com/officialbiovarnish/

Instagram : https://www.instagram.com/biovarnish/

Cari Artikel Berdasarkan Judul

——– About Biovarnish !!! ——–

Biovarnish

——– Biovarnish on Tokopedia ——–

——– Biovarnish on Bukalapak ——–

——– Biovarnish on Shopee ——–

——– BioCide on Tokopedia ——–

Anti Rayap Jamur Kayu Terbaik

——– Official Web BioIndustries ——–

Artikel "Finishing Kayu"

Youtube Channel

Logo Biopaint

About Us

CAT KAYU merupakan website yang memuat artikel tentang finishing menggunakan cat plitur dan pernis kayu, perawatan, serta pencegahan furniture kayu dari kerusakan.

Biovarnish merupakan bahan finishing kayu berbahan dasar water-based acrylic dengan sistem aplikasi oles atau kuas, digunakan untuk finishing kayu interior / exterior seperti interior & eksterior furniture, wood building (gazebo, door, wall, pergola, pagar), toys and craft, yang aman dan ramah lingkungan.

Telp / WhatsApp : Klik Disini

©2015 - 2021 catkayu.com - All Right Reserved.