Cara Mengecat Furniture Kayu untuk Tampilan Industrial

Mengecat furniture kayu dengan tampilan industrial dapat dilakukan kapan saja, simak cara mengecat furniture kayu gaya industrial disini.

Memanfaatkan Meja Bundar Untuk Menghemat Ruangan

Furniture kayu dengan gaya tampilan industrial dahulu tidak populer untuk digunakan, karena hanya digunakan di pabrik dan gudang. Kini gaya industrial bermunculan dengan menggunakan berbagai material yang tidak terduga. Misalnya saja kontainer atau peti kemas bekas yang kemudian digunakan sebagai arsitektur sebuah rumah atau gedung perkantoran.

Saat ini peminat furniture dengan gaya industrial semakin banyak. Meski terkesan seperti furniture recycle, anda perlu melakukan proses finishing dengan benar agar mendapatkan tampilan industrial terbaik. Simak artikel ini untuk mengetahui lebih dalam mengenai furniture dengan gaya industrial.

Mengenal Gaya Tampilan Industrial Furniture Kayu

Semakin menurunnya kemampuan untuk bisa mendapatkan rumah di kota besar, banyak orang berusaha untuk mengubah tempat industri seperti pabrik menjadi apartemen. Mereka bekerja keras untuk mengubah tempat yang berukuran besar menjadi tempat yang nyaman untuk ditinggali.

Orang-orang akan menggunakan kanvas berukuran besar untuk menutup atap sehingga menjadi langit-langit. Sedangkan plywood digunakan untuk membuat sekat antar ruangan. Konstruksi bangunan yang berukuran besar tetap dijaga dan menggunakannya sebagai benda fungsional.

3 Cara Mengecat Furniture Kayu Untuk Tampilan Industrial

Misalnya saja menggabungkan pipa terbuka, tabung ventilator, bilik dan tiang penyangga serta lantai kayu atau beton. Seperti apakah syarat untuk bisa menciptakan sebuah rumah dan furniture dengan gaya industrial? Berikut ini beberapa faktor penting yang akan mempengaruhi kesempurnaan dari gaya industrial.

  • Ruang terbuka

Sebuah ruangan dengan gaya industrial biasanya akan menciptakan ruangan yang terbuka, besar tanpa struktur yang jelas. Bagaimana membedakan masing-masing ruang tanpa adanya penyekat? Disinilah furniture memiliki peranan yang sangat penting. Lemari dan peralatan dapur akan membatasi wilayah dapur. Tempat tidur dan rak penyimpanan akan menjadi ruang tidur. Sedangkan sofa dan meja akan menjadi ruang keluarga. Penempatan karpet juga turut serta menunjukan bagian masing-masing ruangan.

  • Struktur terbuka

Sangat mahal untuk membagun dan menutup sisa-sisa industri seperti pipa di bawah atap dan di dinding. Jadi manfaatkanlah benda-benda bekas tersebut agar tetap terlihat dan menjadi gaya industrial. Dinding bata terekspos dengan balok langit-langit dan lantai beton atau kayu. Bangunan asli tetap diperlihatkan apa adanya sebagai pengingat. Material logam dan juga kayu adalah material asli yang tersisa setelah gedung dikosongkan sebelumnya. Inilah yang menjadi bagian inti dari gaya industrial.

  • Warna natural

Gaya industri tetap mengedepankan tampilan yang simpel dan memiliki estetika tinggi. Tone warna yang dipilih sebagian besar adalah warna natural. Warna seperti coklat atau warna tan yang lembut akan memperlihatkan kesan industrial yang kuat.

Peranan Furniture Kayu dalam Gaya Tampilan Industrial

Pemilihan furniture dan warnanya untuk gaya industrial sangat penting untuk diperhatikan. Mebel dengan gaya industri membutuhkan material yang keras seperti logam dan kayu. Furniture industrial tidak memiliki banyak ornamen karena dibuat untuk mengedepankan fungsinya. Sehingga struktur furniture selalu dibuat kokoh dan desainnya terlihat maskulin.

Perabotan industrial tidak selalu merupakan barang yang mempertahankan tujuan aslinya. Misalnya saja bangku yang dulunya digunakan sebagai banku kerja, mungkin saat ini bisa beralih fungsi menjadi meja dapur yang sangat kokoh. Selain itu, furniture industrial dapat dirancang dan selalu dikembangkan. Mereka terbuat dari bahan bekas pabrik yang tidak dibuang dan diolah kembali. Konsep ini sama dengan tema go green yang saat ini banyak dicanangkan oleh lembaga pemberdayaan lingkungan.

Karena banyak menggunakan kembali furniture lama yang dialih fungsikan, anda perlu menggunakan cat yang mampu memberikan tampilan baru pada furniture. Selain itu, pastikan bahan finishing yang anda gunakan dapat bertahan lama untuk melindungi furniture industrial yang kokoh.

Pilihan Cat untuk Furniture Industrial

Mengacu pada faktor yang menentukan gaya industrial, warna natural akan menjadi pilihan favorit. Warna natural dengan serat kayu yang terekspos menjadi pilihan warna utama yang paling menarik. Untuk mendapatkan hasil finishing natural pada gaya industrial anda dapat menggunakan berbagai pilihan warna cat yang tersedia. Sebelum memilih warna, pastikan anda menggunakan jenis cat yang tepat.

Untuk mendapat hasil finishing natural pada gaya industrial, sebaiknya gunakan Biovarnish liquid stain. Cat kayu water based ini dapat anda gunakan untuk furniture industrial indoor maupun outdoor. Cara aplikasinya juga sangat fleksibel, sehingga mudah digunakan. Cat ini akan membantu anda menghasilkan furniture industrial dengan serat kayu yang menonjol karena hasil finishingnya natural transparan. Sangat cocok untuk furniture kayu gaya industrial.

Jika anda menggunakan material besi pada furniture industrial, anda bisa menggunakan jenis cat lainnya yaitu orchid enamel paint. Pewarna besi ini akan membuat furniture besi untuk gaya industrial anda menjadi lebih terkesan kokoh dan maskulin. Cara aplikasinya juga sama fleksibelnya seperti liquid stain, bisa dikuas maupun di spray.

Cat Orchid

Jika Anda adalah seorang DIY, maka tidak ada salahnya untuk bereksperimen melakukan finishing pada furniture bergaya industrial sendiri di rumah. Banyak bahan finishing yang bisa digunakan dan cara penggunaannya tidak sesulit yang dibayangkan. Berikut ini beberapa contoh dari furniture industrial beserta cara finishingnya yang bisa anda lakukan juga dirumah:

>> Coffee Table dari Kayu dan Besi

Jika Anda perhatikan pada gambar berikut ini, maka ada dua material yang digunakan yaitu kayu dan besi. Furniture coffee table tersebut menggunakan finishing warna natural pada bagian kayu dan warna hitam pada bagian besi.

3 Cara Mengecat Furniture Kayu Untuk Tampilan Industrial

Kedua hasil finishing tersebut bisa Anda capai menggunakan cat kayu Biovarnish dan Orchid. Proses aplikasinya dapat menggunakan kuas jadi Anda tidak perlu kesulitan selama proses pengecatan. Berikut ini langkah aplikasi dengan Biovarnish:

  1. Amplas permukaan kayu hingga halus dan merata. Bersihkan debu amplas.
  2. Aplikasikan Biovarnish wood filler dengan pisau palet merata kemudian tunggu kering. Amplas dengan amplas 240 hingga halus.
  3. Aplikasikan Biovarnish liquid stain warna walnut brown yang sudah diencerkan dengan air perbandingan 2:1. Kuaskan searah serat kayu dengan merata. Tunggu kering kemudian amplas ambang dengan amplas 400.
  4. Aplikasikan Biovarnish clear coat matte yang sudah dicampur dengan air perbandingan 2:1. Kuaskan ke seluruh permukaan searah serat kayu. Tunggu kering semalam.

Sedangkan aplikasi cat kayu Orchid warna black bisa digunakan untuk material besi. Berikut ini langkah-langkahnya:

  1. Amplas permukaan besi hingga halus kemudian bersihkan dengan kain.
  2. Campurkan cat Orchid warna black dengan air perbandingan 2:1. Kuaskan cat hingga merata ke satu arah. Tunggu kering kemudian amplas.
  3. Anda bisa mengaplikasikan cat kayu besi Orchid berulang hingga mendapatkan warna hitam yang diinginkan.

Kedua aplikasi ini bisa Anda lakukan dari bagian manapun. Pastikan untuk mengeringkan furniture selama semalaman sebelum menggunakannya.

>> Kabinet dari Kayu

Furniture yang selanjutnya sedikit berbeda. Semua bagian kabinet terbuat dari kayu namun warna yang digunakan adalah warna natural dan warna solid. Bisa Anda lihat pada gambar di bawah ini, kabinet memiliki warna solid yang sedikit pudar.

3 Cara Mengecat Furniture Kayu Untuk Tampilan Industrial

Dibutuhkan waktu lebih lama karena Anda akan mengaplikasikan warna yang berbeda-beda. Untuk memperoleh warna natural Anda bisa menggunakan cat kayu Biovarnish liquid stain sedangkan warna solid didapatkan dari Bioduco chalk paint.

Proses aplikasi Biovarnish tidak jauh berbeda dengan aplikasi di atas, hanya saja warna liquid stain dapat disesuaikan. Jika ingin mendapatkan hasil finishing seperti pada gambar Anda bisa memilih warna gardena teak.

Proses aplikasi chalk paint yang lebih mudah bisa Anda ikuti sebagai berikut ini.

  1. Amplas permukaan kayu. Gunakan alat rustic atau sikat kawat, buatlah kerusakan di beberapa bagian. Gunakan amplas halus kemudian bersihkan debu amplas.
  2. Campurkan Bioduco chalk paint dengan air perbandingan 2:1 kemudian aduk merata. Kuaskan seluruh cat ke bagian furniture yang ingin diberi warna. Proses ini yang akan memakan waktu karena menggunakan warna yang berbeda.
  3. Tunggu lapisan cat mengering kemudian amplas bagian siku hingga terlihat warna kayu. Inilah yang akan menciptakan kesan lama pada furniture. Lakukan hal yang sama pada bagian furniture lainnya yang diberikan lapisan chalk paint.

Karena warna yang diaplikasikan berbeda, pastikan Anda menutup bagian permukaan yang lain agar tidak terkena cat warna lain.

>> Tempat Tidur Driftwood

Kembali lagi dengan tampilan kayu natural, namun kali ini akan memberikan kesan kayu yang lama dan telah rusak karena perubahan cuaca. Finishing ini lebih dikenal sebagai finishing driftwood. Tampilan driftwood adalah warna kayu yang sering ditemukan di pinggir pantai. Namun kini Anda bisa membuatnya sendiri menggunakan cat kayu Biovarnish.

Cara aplikasinya sama dengan cara menggunakan liquid stain untuk finishing coffee table diatas. Namun anda bisa memilih warna liquid stain yang digunakan. Anda bisa menggunakan 2 warna liquid stain sekaligus dalam finishing kali ini. Gunakan warna candy brown dan warna papua rose. Anda juga dapat memilih menggunakan warna lain. Lalu akhiri finishing dengan clear coat matte, kemudian keringkan semalaman.

Hasil finishing tempat tidur dengan tampilan driftwood ini akan berhasil jika Anda menggunakan jenis kayu dengan serat terbaik seperti kayu solid. Finishing ini tidak akan bekerja jika Anda menggunakan kayu buatan seperti plywood.

Cari Artikel Berdasarkan Judul

——– About Biovarnish !!! ——–

Biovarnish

——– Biovarnish on Tokopedia ——–

——– BioCide on Tokopedia ——–

——– Bioindustries on Tokopedia ——–

——– BioPolish on Bukalapak ——–

——– Official Web BioIndustries ——–

Logo Bioindustries

Artikel "Finishing Kayu"

Update

Plitur Kayu Biovarnish Untuk Finishing Artificial Wood Grain

Alat Pembuat Motif Serat Kayu

About Us

catkayu.com merupakan website yang memuat artikel – artikel tentang finishing, perawatan, dan pencegahan kayu dari kerusakan.

Biovarnish merupakan bahan finishing kayu berbahan dasar water-based acrylic dengan sistem aplikasi oles atau kuas, digunakan untuk finishing kayu interior / exterior seperti interior & eksterior furniture, wood building (gazebo, door, wall, pergola, pagar), toys and craft, yang aman dan ramah lingkungan.

WhatsApp : 087839346433

©2015 - 2020 catkayu.com - All Right Reserved.