3 Cara Mengecat Furniture Kayu untuk Tampilan Industrial

Dahulu apa yang disebut sebagai furniture industrial adalah furniture yang digunakan di pabrik dan gudang. Furniture tersebut lebih mengutamakan fungsi daripada penampilannya. Namun saat ini furniture bergaya industrial adalah salah satu mebel yang paling banyak dicari.

Alih-alih banyak dicari, furniture bergaya ini bisa saja memiliki harga yang sangat mahal. Bahkan tidak sedikit orang yang membeli furniture custom untuk gaya ini. Gaya ini dimulai pada akhir tahun 1960an dimana tampilan artistik dari berbagai apartemen yang disewakan bermunculan.

Pada tahun 2000an gaya ini menjadi lebih terkenal dan tetap banyak digunakan hingga tahun 2010an. Kini gaya industrial yang bermunculan kebanyakan menggunakan material yang tidak terduga dari bekas bangunan.

Misalnya saja kontainer atau peti kemas bekas yang kemudian digunakan sebagai arsitektur sebuah rumah atau gedung perkantoran. Banyak hal yang perlu dilakukan untuk mencapai furniture dengan gaya industrial.

Seperti apakah furniture dengan gaya industrial yang bisa Anda dapatkan? Seberapa besar peranan material dan juga cat dalam pembuatan gaya ini? Jika Anda ingin mendapatkan jawabannya belajar semua dalam artikel ini.

Mengenal Lebih Jauh dengan Gaya Industrial

Semakin menurunnya kemampuan untuk bisa mendapatkan rumah di kota besar, banyak orang berusaha untuk mengubah tempat industri seperti pabrik menjadi apartemen. Mereka bekerja keras untuk mengubah tempat yang berukuran besar menjadi tempat yang nyaman untuk ditinggali.

Orang-orang akan menggunakan kanvas berukuran besar untuk menutup atap sehingga menjadi langit-langit. Sedangkan plywood digunakan untuk membuat sekat antar ruangan. Konstruksi bangunan yang berukuran besar tetap dijaga dan menggunakannya sebagai benda fungsional.

Misalnya saja menggabungkan pipa terbuka, tabung ventilator, balik dan tiang penyangga serat lantai kayu atau beton. Seperti apakah syarat untuk bisa menciptakan sebuah rumah dan furniture dengan gaya industrial?

Berikut ini beberapa faktor penting yang akan mempengaruhi kesempurnaan dari gaya industrial.

  • Ruang terbuka

Sebuah ruangan dengan gaya industrial biasanya akan menciptakan ruangan yang terbuka, besar tanpa struktur yang jelas. Bagaimana membedakan masing-masing ruang tanpa adanya penyekat?

3 Cara Mengecat Furniture Kayu Untuk Tampilan Industrial

Disinilah furniture memiliki peranan yang sangat penting. Lemari dan peralatan dapur akan membatasi wilayah dapur. tempat tidur dan rak penyimpanan akan menjadi ruang tidur. Sedangkan sofa dan meja akan menjadi ruang keluarga. Penempatan karpet juga turut serta menunjukan bagian masing-masing ruangan.

  • Struktur terbuka

Sangat mahal untuk membagun dan menutup sisa-sisa industri seperti pipa di bawah atap dan di dinding. Justru inilah kesempatan untuk membiarkan benda-benda bekas struktur tersebut tetap terlihat atau terbuka menjadi gaya.

Dinding bata terekspos dengan balok langit-langit dan lantai beton atau kayu. Bangunan asli tetap diperlihatkan apa adanya sebagai pengingat. Material logam dan juga kayu adalah material asli yang tersisa setelah gedung dikosongkan sebelumnya.

Inilah yang menjadi bagian integral dari gaya industrial. Material kayu berfungsi untuk menambah kehangatan dan tekstur dimana logam memberikan kesan ramping dan modern.

  • Warna natural

Gaya industri tetap mengedepankan tampilan yang simpel dan memiliki estetika tinggi. Tone warna yang dipilih sebagian besar adalah warna natural. Warna ini seperti coklat atau warna tan yang lembut akan memperlihatkan kesan industriall yangsangat kuat. Warna natural tidak akan mengganggu pandangan mata dan memperlihatkan setiap elemen menjadi lebih terbuka.

Peranan Furniture dalam Gaya Industrial

Dilihat pentingnya furniture dalam gaya ini, maka pemilihan furniture dan warnanya penting untuk diperhatikan. Mebel dengan gaya industri membutuhkan material yang keras seperti logam dan kayu. Material tersebut tahan lama dan keras.

Furniture industri tidak memiliki banyak ornamen karena dibuat untuk mengedepankan fungsinya. Sehingga struktur furniture selalu dibuat menjadi kokoh dan desainnya bisa dibilang terlihat maskulin.

Perabotan industrial tidak selalu merupakan barang yang mempertahankan tujuan aslinya. Misalnya saja bangku yang dulunya digunakan sebagai banku kerja, mungkin saat ini bisa bealih fungsi menjadi meja dapur yang sangat kokoh.

Selain itu, furniture industrial dapat dirancang dan selalu dikembangkan. Mereka terbuat dari bahan bekas pabrik yang tidak dibuang dan diolah kembali. Konsep ini sama dengan tema go green yang saat ini banyak dicanangkan oleh lembaga pemberdayaan lingkungan.

3 Cara Mengecat Furniture Kayu Untuk Tampilan Industrial

Contoh lainnya yang lebih nyata, Anda mungkin sering dilihat furniture dari kayu bekas yang diubah menjadi lemari pakaian yang unik. Lemari tersebut bisa saja digabungkan dengan material logam.

Tampilannya memang sangat berbeda namun bahan yang digunakan dulunya bagian dari pabrik. Jadi apapun hasil yang dibentuk akan menjadi furniture bergaya industrial. Tidak hanya fungsi yang diutamakan namun juga kesan yang terasa.

Mungkin ketika Anda melihat dan menggunakan furniture tersebut Anda tidak merasa sedang di rumah. Namun Anda sedang berada di ruangan pabrik. Penjelasan singkatnya, furniture dengan gaya industrial bukanlah furniture yang memiliki sifat untuk diletakan dalam rumah sesungguhnya.

Efeknya tentu akan sangat menarik, furniture dengan gaya ini akan menampilkan kepribadian tambahan. Sedikit sentuhan gaya kontemporer dan pesona ruang hunian nasional.

Pilihan Warna Furniture dan Cara Mendapatkannya

Kini ketika banyak pengrajin furniture custom untuk gaya industrial banyak ditemukan, Anda juga bisa menentukan finishing seperti apakah yang diinginkan. Mengacu pada faktor yang menentukan gaya industrial, warna natural akan menjadi pilihan utamanya.

Warna natural tidak hanya satu namun beragam hal ini dipengaruhi oleh jenis kayu yang tersedia. WArna natural yang didapatkan dari serat alam seperti kayu memiliki pilihan warna yang lebih banyak. Untuk meniru tampilan dari kayu tersebut kini bukanlah hal yang sulit.

Jika Anda adalah seorang DIY, maka tidak ada salahnya untuk bereksperimen melakukan finishing pada furniture bergaya industrial sendiri di rumah. Banyak bahan finishing yang bisa digunakan dan cara penggunaannya tidak sesulit yang dibayangkan.

Hasilnya tidak kalah rapi dan menarik dari furniture yang hendak Anda beli di toko. Seperti apakah warna-warna yang mendominasi furniture industrial dan bisa Anda pilih? Bagaimana Anda bisa menciptakannya?

Berikut ini beberapa contoh dari furniture industrial beserta cara mendapatkan warnanya.

  • Coffee table dari kayu dan besi

Jika Anda perhatikan pada gambar berikut ini, maka ada dua material yang digunakan yaitu kayu dan besi. Furniture coffee table tersebut menggunakan finishing warna natural pada bagian kayu dan mengecat warna hitam pada bagian besi.

3 Cara Mengecat Furniture Kayu Untuk Tampilan Industrial

Kedua hasil finishing tersebut bisa Anda capai menggunakan cat kayu Biovarnish dan Orchid. Proses aplikasi menggunakan kuas jadi Anda tidak perlu kesulitan selama proses pengecatan.

Aplikasi dengan Biovarnish bisa mengikuti beberapa cara berikut ini:

  1. Amplas permukaan kayu hingga halus dan merata. Bersihkan debu amplas.
  2. Aplikasikan Biovarnish wood filler dengan pisau palet merata kemudian tunggu kering. Amplas dengan amplas 240 hingga halus.
  3. Aplikasikan Biovarnish wood stain warna walnut brown yang sudah diencerkan dengan air. Kuaskan searah serat kayu dengan merata. Tunggu kering kemudian amplas ambang dengan amplas 400.
  4. Aplikasikan Biovarnish clear coat matte yang sudah dicampur dengan air. Kuaskan cat ke seluruh permukaan searah serat kayu. Tunggu kering semalam.

Sedangkan aplikasi cat kayu Orchid warna black bisa digunakan untuk material besi. Berikut ini langkah-langkahnya.

  1. Amplas permukaan besi hingga halus kemudian bersihkan dengan kain.
  2. Campurkan cat Orchid warna black dengan air. Kuaskan cat merata ke satu arah. Tunggu kering kemudian amplas.
  3. Anda bisa mengaplikasikan cat kayu besi Orchid berulang hingga mendapatkan warna hitam yang diinginkan.

Kedua aplikasi ini bisa Anda lakukan dari bagian manapun. Pastikan untuk mendiamkan furniture selama semalaman sebelum menggunakannya.

  • Kabinet dari kayu

Furniture yang selanjutnya sedikit berbeda. Semua bagian kabinet terbuat dari kayu namun warna yang digunakan adalah warna natural dan warna solid. Bisa Anda lihat pada gambar di bawah ini, kabinet memiliki warna solid yang sedikit pudar.

3 Cara Mengecat Furniture Kayu Untuk Tampilan Industrial

Dibutuhkan waktu lebih lama karena Anda akan mengaplikasikan warna yang berbeda-beda. Untuk memperoleh warna natural Anda bisa menggunakan cat kayu Biovarnish sedangkan warna solid didapatkan dari Bioduco chalk paint.

Proses aplikasi Biovarnish tidak jauh berbeda dengan aplikasi di atas, hanya saja warna wood stain dapat disesuaikan. Jika ingin mendapatkan hasil finishing seperti pada gambar Anda bisa memilih warna gardena teak.

Proses aplikasi chalk paint yang lebih mudah bisa Anda ikuti sebagai berikut ini.

  1. Amplas permukaan kayu. Gunakan alat rustic atau sikat kawat, buatlah kerusakan di beberapa bagian. Gunakan amplas halus kemudian bersihkan debu amplas.
  2. Campurkan Bioduco chalk paint dengan air kemudian aduk merata. Semprotkan seluruh cat ke bagian furniture yang ingin diberi warna. Proses ini yang akan memakan waktu karena menggunakan warna yang berbeda.
  3. Tunggu lapisan cat mengering kemudian amplas bagian siku hingga terlihat warna kayu. Inilah yang akan menciptakan kesan lama pada furniture. Lakukan hal yang sama pada bagian furniture lainnya yang diberikan lapisan chalk paint.

Karena warna yang diaplikasikan berbeda, pastikan Anda menutup bagian permukaan yang lain agar tidak terkena cat warna lain.

  • Tempat tidur driftwood

Kembali lagi dengan tampilan kayu natural, namun kali ini akan memberikan kesan kayu yang lama dan telah rusak karena perubahan cuaca. Finishing ini lebih dikenal sebagai finishing driftwood.

3 Cara Mengecat Furniture Kayu Untuk Tampilan Industrial

Seperti yang Anda lihat pada gambar di atas, tampilan driftwood adalah warna kayu yang sering ditemukan di pinggir pantai. Namun kini Anda bisa membuatnya sendiri menggunakan cat kayu BioColours.

Berikut ini beberapa langkah yang bisa Anda dilakukan.

  1. Kayu harus benar-benar kering dengan mc standar. Amplas permukaan kayu hingga halus, pastikan jenis kayu adalah kayu dengan serat yang menarik.
  2. Aplikasikan BioColours wood stain warna candy brown yang tidak diencerkan. Kumasukkan merata tipis saja dan tunggu kering. Lanjutkan pengamplasan ambang.
  3. Aplikasikan tipis BioColours wood stain warna papua rose murni kemudian tunggu kering. Lanjutkan Kembali pengamplasan ambang. Jangan lupa bersihkan debu amplas setiap kali selesai mengamplas.
  4. Aplikasikan BioColours top coat matte yang telah diencerkan dengan sedikit air. Semprotkan untuk hasil yang lebih halus. Tunggu lapisan ini mengering semalaman.

Hasil finishing tempat tidur dengan tampilan driftwood ini akan berhasil jika Anda menggunakan jenis kayu dengan serat terbaik seperti kayu solid. Finishing ini tidak akan bekerja jika Anda menggunakan kayu buatan seperti plywood.

Artikel "Finishing Kayu"

About Us

Catkayu.com merupakan web official untuk produk Biovarnish, bahan finishing kayu water based yang aman dan ramah lingkungan.

Biovarnish merupakan bahan finishing kayu berbahan dasar water-based acrylic dengan sistem aplikasi oles atau kuas, digunakan untuk finishing kayu interior / exterior seperti interior & eksterior furniture, wood building (gazebo, door, wall, pergola, pagar), toys and craft.

WA: 082219357399

©2015 - 2019 CatKayu.com - All Right Reserved.