Tips Ampuh Furniture Interior Cafe Tidak Membuat Bau Ruangan

Bau pada ruangan di cafe bisa saja disebabkan oleh furniture interior seperti meja dan kursi. Setelah difinishing, meja dan kursi cafe bisa membuat ruangan menjadi bau dengan aroma cat yang menyengat. Selain mengganggu, bau pada ruangan cafe akibat meja dan kursi tersebut juga sebenarnya tidak baik bagi kesehatan.

Meja Kursi Cafe Yang Tidak Membuat Bau Ruangan

Seringkali para owner cafe seperti yang baru saja ingin memulai usaha, atau bahkan yang telah berjalan tidak mempehatikan salah satu bagian kecil namun sangat penting, yaitu pemilihan furniture interior cafe. Mungkin di awal perabotan yang digunakan di dalam cafe memiliki penampilan yang menarik sehingga dipilih dan dibeli. Namun apakah Anda sudah memperhatikan tingkat keamanan produk tersebut?

Masalah yang Sering Terjadi Saat Finishing Furniture Interior Cafe

Pada saat settingan ruang cafe yang pertama kali Anda bisa saja merasakan aroma yang menyengat dalam ruangan. Bau yang menyengat ini bahkan mengganggu aktivitas Anda bahkan sampai pada pengunjung. Cafe memang terlihat baru namun belum tentu keamanan terjamin.

Apa masalahnya dan apa yang harus dilakukan. Masalah bau atau aroma menyengat ini terletak dari furnitur yang telah Anda pilih dan juga bahan cat pada dinding. Keduanya menyatu dan aroma menyengat akan berputar hanya dalam ruangan dan dihirup oleh banyak orang. Perlu diketahui bahaya bau cat yang terdapat pada furniture.

Pentingnya Sanding Sealer BioColours Untuk Finishing Meja Cafe

Masalahnya bahan cat pada dinding atau furnitur tersebut mengandung banyak sekali formalin yang menguap menjadi zat formaldehyde. Anda tentu mengetahui bahaya dari formalin, banyak penyalahgunaan formalin pada makanan namun yang satu ini secara tidak sadar larut dalam udara yang dihirup banyak manusia.

Ketika masuk dalam ruangan yang mengandung formalin tinggi karena furniture interior cafe Anda, maka efek ringan yang didapatkan adalah mata perih, pusing hingga batuk. Anda bisa memperhatikan pengunjung Anda apakah kebanyakan pengunjung mengalami hal tersebut. jika iya maka Anda harus segera mengganti furnitur dan juga melakukan perubahan.

Gunakan Bahan Finishing yang Aman untuk Furniture Cafe

Perubahan yang dilakukan tidak harus mengganti dan membeli baru furniture cafe. Anda bisa saja hanya mengecat ulang seluruh lapisan pada meja dan kursi dengan bahan yang lebih aman. Ganti juga cat pada dinding Anda dengan bahan cat yang lebih aman seperti cat water based.

Ingin Anyaman Bambu Tampak Natural Gunakan Cat Kayu Yang Bagus Dan Tahan Lama - Biovarnish

Produk cat water based yang kini banyak digunakan di pabrik furnitur ekspor lebih mudah Anda dapatkan dengan cepat. Karena sudah banyak produsen cat water based yang ada di Indonesia dan dapat diakses dengan mudah. Salah satunya adalah produk Biovarnish dan Biothane.

Kesatuan kedua produk tersebut aman sekaligus memberikan perlindungan pada meja kursi cafe Anda agar lebih tahan lama. Gesekan yang mengakibatkan goresan akan ditahan oleh lapisan film dari Biothane. Anda tidak perlu kahwatir lagi harus melakukan pengecatan ulang terlalu sering.

Bahaya Penggunaan Cat dengan Toxic Tinggi

Sebelum masuk pada pengecatan, perhatikan dan pelajari apa saja yang berbahaya dari meja kursi cafe Anda yang masih memiliki kandungan toxic tinggi. Anda tentu harus mempelajarinya agar ketika sedang menggunakan Anda memahami bahwa cat yang digunakan benar-benar bebas racun.

√ Inhalasi

Kebanyakan cat mengandung bahan kimia yang menimbulkan bahaya kesehatan, terutama bagi mereka yang bekerja dengan mereka secara teratur. Di antara bahan kimia ini adalah senyawa uretana dan sianida yang dapat sangat berbahaya jika terhirup dalam jumlah yang signifikan. Zat kimia ini menembus paru-paru selama inhalasi dan terakumulasi pada dinding berserat dari organ vital ini, menyebabkan iritasi dan pembengkakan.

Cara Sanding Kayu Jati Belanda, Tips Dan Trik Bagi Pemula

Gejala inhalasi kimia termasuk batuk, sakit tenggorokan, mengi dan kesulitan bernapas. Ketika Anda menghirup sejumlah besar isocyanate, yang terkandung dalam beberapa cat, kesehatan Anda mungkin terpengaruh. Pusing, sakit kepala, atau masalah penglihatan kadang-kadang dapat terjadi. Penting untuk menerapkan cat dan pernis hanya di area yang berventilasi baik, menggunakan masker respirator, untuk menghindari inhalasi. Jika Anda menghapus cat kering pada lapisan cat meja kursi cafe yang lama pakailah masker debu dan kacamata.

√ Kontak Kulit

Paparan jangka pendek untuk cat dan pernis tidak mungkin menyebabkan masalah bagi kulit Anda. Jika Anda bekerja dengan bahan kimia ini secara teratur, sangat penting untuk melindungi kulit Anda sebanyak mungkin. Indikator umum dari paparan lama pada cat dan lak adalah dermatitis kontak, atau kemerahan dan gatal pada kulit.

Jika gejala-gejala ini muncul, bersihkan dan bilas area yang terkena dengan sabun dan air. Jika kondisi tidak membaik atau memburuk, kunjungi dokter. Dalam kasus yang jarang terjadi, penyebab ketidaknyamanan yang sebenarnya adalah alergi terhadap cat dan lak. Dampaknya terhadap kesehatan Anda bisa sangat serius.

√ Kontak Mata

Selama aplikasi penyemprotan cat, partikel-partikel cair yang mengandung bahan kimia beracun bisa masuk ke mata Anda dan mengiritasi selaput lendir Anda. Ini menyebabkan mata berair, bengkak dan bahkan bisa menyebabkan kebutaan.

Cara Pakai Cat Semprot Berbagai Permukaan

Menggunakan kacamata pengaman yang pas dengan benar adalah cara paling sederhana dan paling efektif untuk menghindari paparan mata. Jika paparan langsung dengan mata Anda terjadi, siram mata dengan air dingin setidaknya selama 15 menit dan dapatkan perawatan medis.

√ Proses Menelan

Bahan kimia dari cat dan pernis selesai dapat menembus sistem pencernaan seperti melalui paru-paru. Selama aplikasi penyemprotan bahan-bahan ini, partikel-partikel cair membuat kontak dengan mulut dan mungkin tertelan. Pemaparan yang berkepanjangan atau ekstensif dari bahan kimia ini dalam saluran pencernaan dapat menyebabkan sensasi terbakar dan sakit perut.

Efek Formaldehyde Pada Tubuh

Saat Anda atau seseorang yang Anda kenal mencerna cat atau pernis dalam jumlah yang signifikan, jangan memaksakan muntah. Jika orang yang terkena itu sadar, dia harus minum air atau susu dan mencari bantuan medis segera. Jika tidak sadar, jangan paksakan cairan; bawa orang itu ke dokter sesegera mungkin.

Cara Penggunaan Cat Kayu Biovarnish Bebas Bau

Anda juga bisa melakukan finishing close pore dengan seluruh rangkaian produk Biovarnish. Berikut ini langkah aplikasi yang bisa Anda lakukan:

Menghindari permasalahan di atas maka Anda bisa mengandalkan produk Biovanrish dan Biothane untuk finishing meja kursi cafe Anda. Prosesnya mudah dan tidak memerlukan banyak peralatan, untuk proses aplikasi lengkap Anda bisa mengikuti langkah berikut ini:

Memilih Dan Menggunakan Cat Kayu Biovarnish Furniture Untuk Cafe

1. Pembersihan

Tahapan ini memerlukan proses pengamplasan dan pembersihan lapisan cat yang lama. Fungsinya adalah untuk membuka pori kayu sehingga lapisan cat baru dapat meresap dengan baik. Jangan lupa pastikan untuk membersihkan debu amplas.

2. Aplikasi Filler atau Dempul Kayu

Langkah ini membutuhkan Biovarnish Wood Filler, Anda bisa mengaplikasikan dengan pisau palet ke seluruh permukaan kayu. Lakukan berlawanan arah serat agar filler benar-benar mengisi pori kayu. Tunggu lapisan mengering dan amplas sambil ditekan dengan amplas 240, hilangkan debu amplas.

3. Lakukan Perwarnaan

Tahapan ini aplikasi Biovarnish Wood Stain, Anda bisa memilih warna natural yang tersedia dalam 20 pilihan. Campurkan wood stain dengan air menggunakan perbandingan 2 bahan : 1 air kemudian aduk hingga rata.

Plitur Kayu Jati

Gunakan cat searah serat kayu, lalu tunggu kering. Lanjutkan dengan amplas ambang dengan amplas 400. Ulangi proses aplikasi jika dirasa warna belum cukup.

4. Beri Lapisan Akhir

Pada lapisan akhir ini Anda bisa menggunakan produk Biothane agar lapisan film yang terbentuk lebih kuat dan lentur.

Proses aplikasi dimulai dengan mencampur bahan dengan air perbandingan 2 bahan : 1 air. Lakukan penyemprotan secara merata dan tunggu lapisan kering selama 24 jam. Maka meja kursi cafe Anda siap untuk digunakan.

Cari Artikel Berdasarkan Judul

——– About Biovarnish !!! ——–

——– Biovarnish on Tokopedia ——–

——– BioCide on Tokopedia ——–

——– Bioindustries on Tokopedia ——–

——– BioPolish on Bukalapak ——–

——– Official Web BioIndustries ——–

Artikel "Finishing Kayu"

Youtube Channel

Channel youtube Bio Paint kami berisi konten tutorial finishing dan produk unggulan Bio.

About Us

catkayu.com merupakan website yang memuat artikel – artikel tentang finishing, perawatan, dan pencegahan kayu dari kerusakan.

Biovarnish merupakan bahan finishing kayu berbahan dasar water-based acrylic dengan sistem aplikasi oles atau kuas, digunakan untuk finishing kayu interior / exterior seperti interior & eksterior furniture, wood building (gazebo, door, wall, pergola, pagar), toys and craft, yang aman dan ramah lingkungan.

WhatsApp : 087839346433

©2015 - 2020 catkayu.com - All Right Reserved.