Cat Kayu dan Besi untuk Rak Sudut Ruangan Tampak Lebih Menarik

Rak sudut ruangan saat ini menjadi pilihan untuk hunian minimalis karena lebih fungsional. Dengan penggunaan cat rak sudut ruangan juga akan mempengaruhi suasana ruangan. Pastikan Anda memilih menggunakan cat berkualitas terbaik untuk mewarnai rak sudut ruangan.

Rak Sudut Ruangan

Manfaat Menggunakan Rak di Sudut Ruangan

Perabotan dan hiasan rumah merupakan komponen penghias rumah yang sangat penting digunakan. Dewasa ini, talah banyak desain desain furniture yang diciptakan untuk memenuhi kebutuhan ruangan sesuai dengan gaya setiap hunian rumah. Salah satu hunian rumah yang gencar digunakan adalah dengan gaya hunian rumah minimalis. Gaya hunian ini juga telah menjadi trend yang digandrungi banyak kalangan dari berbagai jenjang usia dan profesi.

Dengan lahan tanah yang sedikit dan rumah dengan ruangan yang sedikit pula menuntut Anda untuk lebih pintar menata dan memilah furniture yang cocok untuk hunian minimalis Anda. Jika Anda salah memilih furniture, tentu akan mempengaruhi suasana ruangan, salah satunya akan tampak lebih sempit. Hunian minimalis sebaiknya diisi dengan furniture minimalis tetapi tidak melupakan nilai fungsionalnya.

Anda harus lebih berinisiatif menggunakan ruangan seefektif mungkin agar tidak memakan banyak tempat. Salah satu tempat yang dapat Anda gunakan adalah sudut sudut ruangan di rumah Anda. Anda dapat menggunakan rak sudut ruangan untuk meletakkan barang-barang.

Anda hanya perlu memberikan kesan indah dengan tambahan aksesoris ruangan, seperti bunga atau pigura foto minimalis. Selain dengan menggunakan aksesoris ruangan pada rak sudut ruangan Anda, perlu menggunakan cat yang tepat. Penggunaan cat rak sudut ruangan yang tepat dapat mempengaruhi suasana ruangan Anda.

Meski terkesan sederhana, sebenarnya penggunaan rak di sudut ruangan juga akan sangat membantu dalam meningkatkan kesan dekorasi pada rumah. Bukan hanya secara fungsional tetapi juga secara estetis ruangan di rumah Anda akan tampak lebih menarik.

Pilihan Cat Untuk Rak Sudut Ruangan Agar Tampak Lebih Indah

Pemilihan cat rak sudut ruangan memang sangat mempengaruhi suasana ruangan. Pada hunian minimalis biasanya menggunakan warna yang lebih cerah dan kalem seperti warna putih dan pastel. Dengan warna cerah pada cat rak sudut ruangan, akan menimbulkan kesan luas dan unik. Namun, jika Anda tidak terlalu berkenan untuk menggunakan cat yang cerah, Anda juga dapat menggunakan cat yang lebih gelap seperti hitam atau abu-abu.

Dengan cat tersebut akan menimbulkan ruangan lebih hangat namun ada hal lain yang Anda perlu perhatikan. Jangan lupa memperhatikan dan mempertimbangkan warna tembok. Pada hunian minimalis lebih sering menggunakan warna tembok cerah.

Dengan warna cerah bisa dipadukan dengan macam warna dan tidak menimbulkan kesan sempit. Bahkan furniture-furniture lebih baik menggunakan warna solid cerah agar tidak terkesan sempit. Selain memastikan warna, Anda perlu memperhatikan penggunaan bahan cat yang digunakan.

Lebih baik Anda menghindari cat solvent based. Karena cat tersebut biasanya mengandung bahan timbal atau merkuri yang sangat berbahaya jika mengendap di dalam tubuh manusia. Gas atau uap yang ditimbulkan oleh cat solvent based jika dihirup secara terus menerus akan mengakibatkan banyak gangguan pada kesehatan Anda.

Antara lain seperti mata akan pedih, kepala terasa pusing, iritasi kulit, gangguan sistem syaraf, gangguan hati dan bahkan akan terjangkit kanker. Maka dari itu, disarankan menggunakan cat yang aman dan ramah lingkungan. Cat aman dan ramah lingkungan biasanya menggunakan cat water based atau cat berpelarut air.

Cat ini telah banyak digunakan di sebagian belahan dunian, diantaranya sebagian benua Amerika dan Eropa karena keamanannya. Sedangkan di Indonesia, pengguanaan cat aman dan ramah lingkungan sudah digunakan sejak lima tahun terakhir.  Sehingga Anda tidak perlu khawatir akan bahaya dari cat water based, cat ini cenderung tidak berbau dan VOC yang ditimbulkan sangat rendah dibawah rata-rata keamanan.

Orchid Enamel Paint, Cat Water Based Terbaik untuk Rak Sudut Kayu

Salah satu cat water based yang ada di Indonesia adalah Orchid Enamel Paint. Cat ini berbahan water based acrylic yang aman dan ramah lingkungan yang tahan air dan anti jamur. Cocok untuk digunakan pada material besi maupun kayu sehingga bisa digunakan untuk berbagai furniture  termasuk furniture interior. Rak sudut kayu akan tampak lebih menarik dengan cat ini.

Kursi Rotan Berwarna Hitam Pekat Dengan Cat Enamel Orchid - Orchid

Tersedia beragam warna solid dengan tampilan menarik yang bisa Anda pilih dan Anda gunakan. Dari warna cerah dan sesuai konsep minimalis seperti putih hingga warna cerah seperti kuning tersedia disini. Anda juga tidak perlu kesulitan untuk menggunakannya karena cara aplikasinya sangat mudah dan cepat.

Tak perlu menggunakan thinner, Anda hanya perlu air bersih sebagai bahan pengencernya. Selain lebih ramah lingkungan, tentunya akan lebih hemat  budget juga bagi rangkaian proses finishing Anda. Anda juga perlu mengetahui mengenai kecepatan kering dari cat ini. Anda hanya perlu menunggu selama 60 menit setelah cat diaplikasikan lalu dikeringkan dengan cara diangin anginkan. Maka cat akan mengering sempurna dengan cepat.

Sangat banyak keunggulan yang dimiliki oleh cat kayu besi Orchid Enamel. Apakah Anda berniat untuk memakai cat Orchid Enamel pada rak sudut ruangan Anda? Tetapkan niat Anda sekarang dan mulai gunakan cat water based mulai sekarang. Agar tidak terjadi kekeliruan dalam proses aplikasinya, simak cara aplikasinya dibawah ini.

Cara Finishing Rak Sudut Ruangan dengan Orchid Enamel Paint

Melakukan finishing furniture kayu termasuk rak di sudut ruangan rumah dengan Orchid Enamel Paint memang sangat mudah dilakukan. Berikut ini tahapan aplikasi yang perlu Anda lakukan:

1. Mulai dengan Persiapan

Lakukan persiapan standar seperti memastikan rak kayu sudah dalam keadaan kering. Jika rak kayu baru saja dibuat, jangan lupa lakukan pengamplasan terlebih dahulu. Gunakan amplas alumunium ocyde nomor 240 dan 320 secara bertahap.

Amplas sampai seluruh permukaan rak kayu menjadi halus dan merata. Setelah selesai, jangan lupa untuk membersihkan debu sisa pengamplasan. Lanjutkan dengan aplikasi primer pada tahap berikutnya.

2. Gunakan Primer Coat

Selanjutnya, Anda bisa menggunakan Bioduco Primer Coat untuk menjadi dasaran. Bisa dibilang tahap ini mirip dengan aplikasi dempul atau filler karena tujuannya juga untuk menjadi dasar atau pondasi utama sebelum penecatan.

Cat Primer Duco Dasar Kayu

Hasil rak kayu akan lebih halus dan awet jika diaplikasikan dengan primer coat. Anda bisa mengaplikasikan primer coat dari Bioduco ini dengan perbandingan 2 bahan : 1 air bersih. Aduk rata lalu aplikasikan menggunakan kuas ke seluruh permukaan rak kayu. Tunggu 60 menit agar mengering lalu lanjutkan dengan aplikasi cat Orchid.

3. Pilih Warna Lalu Aplikasikan Cat Orchid

Lanjutkan dengan tahap pewarnaan menggunakan cat Orchid Enamel pada rak kayu. Cara aplikasinya mirip dengan aplikasi primer yaitu diencerkan dengan air bersih pada perbandingan 2 bahan : 1 air lalu diaplikasikan. Yang membedakan tentunya Anda perlu memilih terlebih dahulu warna apa yang akan diaplikasikan.

Kemudian para proses aplikasinya Anda juga bisa menggunakan kuas ataupun alat spray. Sesuaikan dengan kebutuhan dan kemampuan Anda ya. Waktu keringnya juga kurang lebih 60 menit setelah diaplikasikan, tunggu kering tanpa perlu dijemur dibawah sinar matahari langsung. Cukup diangin anginkan saja dan biarkan hingga mengering.

Jadi, pastikan Anda menggunakan cat yang aman dan ramah lingkungan untuk furniture di rumah termasuk pada rak di sudut ruangan Anda. Disarankan menggunakan cat water based agar lebih aman dan ramah lingkungan untuk diaplikasikan. Selain indah, tentu akan membuat hunian minimalis Anda lebih sehat.

Sudah siap mempercantik tampilan rak kayu di sudut ruangan rumah? Jangan lupa pakai Orchid Enamel Paint ya!

Cari Artikel Berdasarkan Judul

——– About Biovarnish !!! ——–

Biovarnish

——– Biovarnish on Tokopedia ——–

——– Biovarnish on Bukalapak ——–

——– Biovarnish on Shopee ——–

——– BioCide on Tokopedia ——–

Anti Rayap Jamur Kayu Terbaik

——– Official Web BioIndustries ——–

Artikel "Knowledge"

Youtube Channel

Logo Biopaint

About Us

CAT KAYU merupakan website yang memuat artikel tentang finishing menggunakan cat plitur dan pernis kayu, perawatan, serta pencegahan furniture kayu dari kerusakan.

Biovarnish merupakan bahan finishing kayu berbahan dasar water-based acrylic dengan sistem aplikasi oles atau kuas, digunakan untuk finishing kayu interior / exterior seperti interior & eksterior furniture, wood building (gazebo, door, wall, pergola, pagar), toys and craft, yang aman dan ramah lingkungan.

Telp / WhatsApp : Klik Disini

©2015 - 2021 catkayu.com - All Right Reserved.