Mau Finishing Furniture Cafe Tampilan Unik dan Antik? Ini Caranya

Membuat cafe dengan tampilan furniture antik pasti sangat unik, Anda bisa melakukan finishing furniture gaya antik sendiri untuk cafe Anda. Teknik dan bahan finishing yang tepat akan membuat furniture cafe dengan tampilan unik dan antik.

Usaha cafe saat ini di kota modern sangat menggiurkan, keuntungannya bisa berkali liat dan bagaimana cara Anda untuk menarik pengunjung datang? Berbagai cara yang dilakukan oleh pemilik cafe untuk bisa meraih banyak pengunjung mulai dari harga makanan, jenis makanan hingga desain dari ruangan.

Kenyamanan bisa menjadi daya jual tinggi. Misalnya saja sebuah cafe dengan tampilan yang serba minimalis, tampilan desain yang kuno hingga cafe lucu dengan banyak boneka. dan mainan. Semakin unik cafe maka akan semakin banyak pengunjung yang tertarik untuk datang.

Jika beruntung, maka cafe Anda bisa terkenal hingga sampai ke luar kota. Cara paling mudah dan menjadi faktor penting adalah membuat cafe dengan furniture yang unik. Material kayu adalah material yang paling mudah ditemui dan dapat diolah menjadi baragam bentuk unik sesuai tema yang dimunculkan.

Finishing Furniture Cafe Tampilan Serat Buatan

Harga kayu seringkali menjadi hambatan pemilik cafe untuk memiliki kayu dengan kualitas yang kurang baik. Kualitas yang kurang baik tersebut seperti warna kayu yang kurang menarik dan serat kayu tidak jelas terlihat. Jangan khawatir, kekurangan kayu tersebut dapat ditutup dengan teknik finishing.

Jika kayu kurang memiliki kualitas ketahanan alias lebih mudah terserang rayap, maka gunakan bahan obat anti rayap seperti BioCide Insecticide sebelum proses finishing berlangsung. Kayu akan terawat dan pencegahan rayap datang kembali cukup kuat.

Kayu yang sudah dipersiapkan sebelumnya bisa langsung diberikan hasil finishing yang unik.Karena kayu tidak memiliki serat menarik, Anda bisa membuatnya sendiri. Misalnya saja pada kayu jati belanda yang memiliki warna putih dan serta yang kurang menarik.

Anda bisa menciptakan serat kayu dengan rubber grain, yaitu sebuah alat terbuat dari karet yang memiliki pola serat kayu. Rubber grain ini akan memberikan hasil finishing serat kayu yang tajam. Agar hasilnya maksimal, Anda perlu mempelajari bagaimana cara untuk menarik and menciptakan serat kayu tersebut.

inishing Furniture Cafe dengan Tampilan Antik

Produk Biovarnish adalah produk plitur yang cocok digunakan sebagai cat dasar kayu dan cat untuk lapisan akhir. Sedangkan untuk cat pembentuk serat kayu Anda bisa menggunakan Glaze water based.

Cara aplikasi cat kayu Biovarnish dan Glaze water based untuk finishing serat kayu buatan pada furniture kayu jati belanda

  • Bersihkan permukaan kayu jati belanda, dan amplas permukaannya hingga menghasilkan permukaan halus.
  • Aplikasikan Biovarnish Liquid Stain warna walnut brown atau salak brown. Campurkan Biovarnish dengan air kemudian aduk dan kuaskan ke seluruh permukaan sampai merata. Tunggu kering dan lanjutkan dengan pengamplasan ambang dengan amplas 400 grit. Bersihkan debu amplas.
  • Siapkan rubber grain dan Glaze yang sudah dicampur dengan sedikit air. Celukan rubber grain ke larutan Glaze kemudian tarik dan buat serat searah serta kayu. Jangan sampai tarikan putus karena Anda akan menggagalkan hasil finishingnya. Tunggu beberapa menit hingga kering.
  • Siapkan Biovarnish Clear Coat yang sudah dicampurkan dengan air. Setelah Glaze cukup mengering lapisi permukaan furniture dengan Biovarnish Clear Coat. Kumasukkan searah serat kayu kemudian diamkan permukaannya mengering selama semalaman.

Hasilnya Anda akan mendapatkan furniture kayu jati belanda dengan tampilan serat buatan.

Keunikan dari aplikasi serat buatan ini tentu saja terdapat pada bagaimana Anda akan menciptakan serat kayu. Tidak sedikit waktu yang harus digunakan untuk mempelajari bagaimana membuat serat kayu buatan ini.

Anda bisa menggunakan Glaze black atau brown untuk membentuk serat. Aplikasinya bervariasi sesuai material karena beberapa orang juga menggunakannya pada material kertas tebal.

Finishing Furniture Cafe Unik dengan Tampilan Efek Terbakar

Tampilan unik lainnya adalah dengan furniture kayu terbakar. Bagaimana caranya bisa memperlihatkan kayu yang terbakar? Ini akan menambah keunikan dari cafe yang akan Anda ciptakan.

Teknik ini sebenarnya sudah lama digunakan di Jepang dan dikenal dengan nama shou sugi ban. Finishing yang menggunakan api untuk membakar kayu cedar, karena dulunya kayu cedar banyak tumbuh di Jepang hanya saja kurang tahan.

Akhirnya kayu cedar banyak yang dibakar dengan tujuan pengawetan, namun tidak hanya pengawetan saja ternyata yang didapatkan. Kayu cedar yang telah dibakar justru berpenampilan menarik dengan serat yang terlihat sangat indah.

Nah kini tanpa cara bakar-bakaran yang cukup berbahaya, Anda bisa mendapatkan hasil finishing yang sama hanya menggunakan cat kayu Biovarnish. Yang terpenting adalah, Anda harus memilih kayu dengan serat yang indah seperti kayu pinus. Jika menggunakan kayu dengan serat kurang menarik, maka kayu tidak akan terlihat keindahannya.

inishing Furniture Cafe dengan Tampilan Antik

Dua produk saja yang dibutuhkan untuk finishing kayu terbakar ini yaitu Biovarnish Liquid Stain warna papua rose dan Biovarnish Clear Coat gloss.

Cara aplikasi yang bisa Anda ikuti adalah sebagai berikut ini :

  • Amplas seluruh permukaan kayu, pastikan permukaan bersih dan bebas dari kotoran dan debu bekas pengamplasan.
  • Siapkan Biovarnish Liquid Stain papua rose yang sudah dicampur dengan air. Kumasukkan cat ke seluruh permukaan furniture kayu pinus searah serat kayu. Tunggu beberapa menit lalu gunakan kain lap untuk membersihkan permukaan dari sisa cat.
  • Permukaan kayu sudah terlihat terbakar, hal ini disebabkan Liquid Stain menyerap pada serat kayu yang sudah berwarna gelap dan menjadi lebih gelap lagi. Tunggu lapisan benar-benar mengering.
  • Siapkan Biovarnish Clear Coat gloss yang sudah dilarutkan dengan air. Aduk rata dan kuaskan ke seluruh permukaan kayu searah serat. Tunggu lapisan akhir ini kering sempurna selama semalaman.

Sebagai tips, untuk hasil finishing akhir semua furniture cafe sebaiknya Anda selalu menggunakan Biovarnish clear coat gloss. Alasannya adalah tampilan mengkilap pada furniture memudahkan untuk dibersihkan. Jika furniture memiliki tampilan glossy juga akan lebih tahan terhadap goresan.

Finishing Furniture Cafe dengan Tampilan Unik dan Antik

Ingin cafe Anda terlihat unik dengan kecantikannya? Penuhi dengan furniture yang memiliki tampilan unik dan antik untuk cafe Anda. Furniture antik identik dengan kesan lawasan atau lama. Tampilan yang kental dengan nuansa antik adalah adanya beberapa bagian yang rusak karena terkelupas.

Anda tidak perlu membeli furniture antik di tempat barang antik dengan harga yang mahal. Bahkan belum tentu furniture yang Anda beli ini sesuai dan memiliki jumlah sesuai kebutuhan cafe Anda. Cara mudah untuk mendapatkan furniture berpenampilan antik adalah dengan melapisinya menggunakan cat.

Tentu saja ada teknik tersendiri yang bisa digunakan untuk mewujudkan hasil finishing ini. Bagi para DIY pasti sudah tidak asing lagi dengan teknik distressing yang digunakan pada cat duco. Kali ini Anda bisa menggunakannya pada cat kayu warna natural.

Sama seperti teknik hasil finishing furniture bakaran, Anda hanya membutuhkan dua bahan finishing yaitu Biovarnish Liquid Stain warna black dan Biovarnish Clear Coat gloss. Anda bisa mengaplikasikan hasil finishing ini pada berbagai jenis kayu baik yang memiliki serat menarik atau tidak.

Berikut ini langkah-langkah finishing antik menggunakan cat kayu Biovarnish :

1. Lakukan Persiapan

Siapkan permukaan kayu yang sudah di amplas dan bersih. Jangan sampai ada kotoran dan debu sisa amplas yang menempel.

2. Gunakan Stain

Kayu Cedar : Pengolahan Hingga Cara Finishingnya Yang Mudah

Siapkan Biovarnish Liquid Stain warna black yang sudah dicampurkan dengan air. Kuaskan Liquid Stain ke seluruh permukaan kayu searah serat hingga merata. Tunggu lapisan cat mengering dan amplas ambang seluruh permukaannya.

3. Lakukan Teknik Distressing

Teknik distressing bisa diterapkan menggunakan kertas amplas 240 ke bagian kayu yang biasanya terlihat memudar seperti bagian siku dan dudukan kursi atau top table. Amplas hingga warna kayu asli terlihat samar-samar. Bersihkan debu amplas.

4.   Aplikasikan Clear Coat

Siapkan Biovarnish Clear Coat gloss yang sudah dicampur dengan air kemudian aduk merata. Kuaskan cat ke seluruh permukaan searah serat kayu, tunggu lapisan akhir ini mengering selama semalaman.

Clear Coat

Hasil finishing akan terlihat antik apabila tempat yang Anda amplas hingga terlihat warna kayu asli tepat. Jika Anda terlalu banyak mengamplas maka hasil finishingnya tidak akan terlihat antik. Sebagai panduan, Anda bisa dilihat contoh berbagai furniture antik melalui majalah atau toko barang antik.

Cat Kayu Biovarnish untuk Finishing Furniture Cafe

Cat kayu Biovarnish, sekilas terlihat sebagai pengganti pernis dan plitur biasa. Dan sebenarnya pemakaiannya sangat bervariasi tergantung bagaimana Anda menguasai teknik finishing.

Pentingnya Sanding Sealer BioColours Untuk Finishing Meja Cafe

Cat yang terbuat dari bahan dasar air ini memiliki kelebihan yaitu mudah dikuas dan di amplas. Lapisan cat yang benar-benar melekat dengan baik pada pori kayu membuat cat ringan untuk di amplas. Cat juga mudah dikuas dengan kuas busa dan kuas nilon.

Sebagai cat yang digunakan untuk cafe, cat water based Biovarnish ini cocok karena proses pengeringan cepat tanpa menimbulkan polusi udara dalam ruangan. Tentu Anda pernah merasakan bagaimana cat kayu lain yang menimbulkan bau dalam ruangan cafe Anda?

Masalah bau sering terjadi pada furniture yang baru saja dicat dengan menggunakan cat konvensional berpelarut solvent. Bahan pelarut thinner akan menguap dan menimbulkan aroma yang sangat mengganggu untuk para pengunjung cafe Anda nantinya.

Ingin Anyaman Bambu Tampak Natural Gunakan Cat Kayu Yang Bagus Dan Tahan Lama - Biovarnish

Cat water based Biovarnish sebaliknya, karena bahan pelarut yang digunakan adalah air maka cat tidak menimbulkan bau yang mengganggu. Selain itu bahan pelarut yang menguap hanyalah air tanpa menimbulkan polusi udara dalam ruangan.

Pengunjung akan tetap nyaman menggunakan furniture baru yang sudah kering dan tidak menimbulkan bau yang mengganggu. Selain itu tampilan unik juga membuat menarik pengunjung untuk lebih sering datang.

Cari Artikel Berdasarkan Judul

——– About Biovarnish !!! ——–

Biovarnish

——– Biovarnish on Tokopedia ——–

——– Biovarnish on Bukalapak ——–

——– Biovarnish on Shopee ——–

——– BioCide on Tokopedia ——–

Anti Rayap Jamur Kayu Terbaik

——– Official Web BioIndustries ——–

Artikel "Finishing Kayu"

Youtube Channel

Logo Biopaint

About Us

CAT KAYU merupakan website yang memuat artikel tentang finishing menggunakan cat plitur dan pernis kayu, perawatan, serta pencegahan furniture kayu dari kerusakan.

Biovarnish merupakan bahan finishing kayu berbahan dasar water-based acrylic dengan sistem aplikasi oles atau kuas, digunakan untuk finishing kayu interior / exterior seperti interior & eksterior furniture, wood building (gazebo, door, wall, pergola, pagar), toys and craft, yang aman dan ramah lingkungan.

Telp / WhatsApp : Klik Disini

©2015 - 2021 catkayu.com - All Right Reserved.