Biovarnish Clear Coat, Pernis Kayu Water Based untuk Melindungi Kayu

Biovarnish clear coat adalah produk cat kayu berbahan dasar air yang bisa digunakan untuk menggantikan clear coat konvensional berbahan dasar solvent.

Begitu banyak olahan kayu yang dimanfaatkan manusia hingga saat ini. Mulai dari kayu sebagai struktur bangunan hingga yang terkecil adalah sebagai kerajinan. Kayu memang material yang belum ada tandingannya, baik dalam hal penampilan dan kekuatannya. Jika kayu begitu berharga, bagaimana cara mempertahankannya? Apalagi ketika kayu digunakan sebagai furniture outdoor

Apakah rahasia para pabrik furnitur bisa menciptakan mebel dengan harga mahal tapi tahan lama? Simpel, rahasianya terletak dari produk clear coat yang digunakan. Tahukah Anda bahwa ada dua fungsi dari bahan finishing seperti top coat. Pertama memberikan perlindungan dan kedua menciptakan tampilan yang indah. 

Inilah rahasianya para pabrik furnitur bisa menjual produk mereka dengan harga lebih mahal. Padahal kayu yang digunakan belum tentu mahal, misalnya saja kayu lunak seperti pinus atau jati belanda. Bahkan kini lebih banyak kayu engineering murah yang digunakan seperti MDF (Medium Density Board) hingga particle board. 

Furnitur kayu yang sudah melalui proses clear coating akan berubah drastis. Tampilannya yang pucat berubah mengkilap atau justru doff. Ditambah lagi perlindungannya terhadap perubahan cuaca, serangan serangga seperti rayap pun sangat baik. Nah, ingin tahu produk clear coat kayu apa yang sebaiknya digunakan? 

Apa Itu Biovarnish Clear Coat?

Jika Anda adalah seorang DIY, pastilah saat hendak melakukan finishing hasil karya kayu yang sudah dibuat seringkali dibuat bingung oleh produk clear coat. Apakah produk yang sebaiknya digunakan? Kini Anda dengan mudah dapat menggunakan Biovarnish clear coat. Produk ini adalah top coat water based yang bisa digunakan dengan mudah. 

Biovarnish clear coat adalah produk berbahan dasar air yang bisa digunakan untuk menggantikan clear coat konvensional berbahan dasar solvent. Istilah lain yang juga sering digunakan adalah pernis kayu water based. Tentu Anda pasti sudah tidak asing lagi dengan istilah pernis ini. 

Bukan hanya produk kayu saja yang bisa diaplikasikan dengan clear coat terbaik ini, tetapi semua jenis serat alam. Misalnya saja kursi dari bahan bambu atau rotan hingga kerajinan dari anyaman enceng gondok. Semua bahan serat alam tersebut akan mendapatkan perlindungan dan peningkatan tampilan yang indah. 

Selain itu, karena transparansinya yang sangat tinggi, Biovarnish akan memperlihatkan keindahan kayu dan serat alam. Mulai dari warna aslinya hingga bentuk serat kayu. Anda bisa menggunakan Biovarnish clear coat pada finishing open pore atau close pore sekalipun. 

Apa Keunggulan Menggunakan Biovarnish Clear Coat?

Mengingat fungsinya sangat luas bukan hanya kayu saja, tentu ada banyak kelebihan yang akan didapatkan dari produk ini. Setiap fitur yang dihadirkan dari Biovarnish clear coat akan menghasilkan perlindungan dan tampilan sempurna. Tidak tanggung-tanggung Anda juga bisa menggunakan produk ini pada furnitur indoor dan outdoor. 

Bagaimana dengan perlindungan dan penampilan yang diberikan? Yuk cermati beberapa keunggulannya beriku tini. 

1. Ketahanan terhadap cuaca, air, panas

Perlindungan pertama yang perlu diperhatikan saat Anda mencari top coat terbaik adalah ketahanannya. Apakah pernis tersebut tahan terhadap perubahan cuaca sekaligus air. Keduanya akan Anda dapatkan dalam produk Biovarnish clear coat. Walaupun kayu sering terkena hujan atau bahkan panas bergantian terus menerus, cat tidak akan rusak. 

2. Daya rekat tinggi dan lentur

Bukan hanya keras dengan daya rekat tinggi saja yang dibutuhkan. Sebuah lapisan top coat cat juga harus lentur. Fleksibilitas ini dibutuhkan ketika kayu berubah bentuk saat sering terkena perubahan cuaca. Biovarnish clear coat adalah produk yang sangat lentur dan keras. Jadi perubahan bentuk apapun tidak akan membuatnya mudah retak bahkan mengelupas. 

3. Warna transparan yang stabil

Perubahan warna menjadi kuning (yellowing) sudah pasti akan Anda temukan dalam pernis solvent. Penyebabnya adalah kandungan formalin yang tinggi. Tapi Anda tidak akan mengalaminya dalam produk Biovarnish clear coat ini. Karena bahan dasarnya adalah air mampu menghasilkan transparansi tinggi yang stabil. Walaupun sering terkena sinar UV tidak akan merubah warnanya. 

4. Proses aplikasi yang mudah 

Tidak ada yang menandingi produk dengan aplikasi mudah yaitu dengan kuas. Siapapun pasti bisa mengecat dengan kuas, terlebih alat ini sangat murah dan mudah didapat. Hasilnya pun tetap sempurna dengan bebas bekas sapuan kuas. Biovarnish clear coat dirancang khusus untuk para DIY pemula dan ibu rumah tangga dari segi kemudahannya. 

5. Tersedia dua jenis tampilan

Pada dua jenis tampilan yang dihasilkan dari produk ini yaitu sebagai top coat glossy dan satu lagi adalah matte. Kedua tampilan ini bisa dipilih sesuai dengan kebutuhan. Misalnya jika ingin mengecat furnitur luar ruangan disarankan menggunakan gloss karena lebih tahan terhadap goresan. 

Apakah Aman ?

Sudah mengenal keunggulan dari Biovarnish clear coat? Masih ada satu lagi keunggulannya yang tidak boleh dilewatkan yaitu soal keamanan terhadap lingkungan. Masih sangat jarang pengrajin yang sadar dan menggunakan top coat kayu berbahan dasar air. Mereka beralasan harga yang murah terdapat pada produk solvent. 

Padahal jika menggunakan pernis solvent Anda harus membeli thinner yang justru membuat harga semakin membengkak. Disamping itu pernis silvent mengandung bahan logam berat seperti merkuri, formalin hingga timbal sangat tinggi. Berbeda dengan Biovarnish clear coat yang dimana kandungan tersebut telah dibatasi. 

Mengacu pada regulasi keamanan akan lingkungan di luar negeri yaitu ECHA (European Chemical Agency) dan EPA (Environmental Protection Agency) logam berat sangat terbatas. Jika pada jumlah di regulasi ditentukan minimal 100 gram per liternya, Biovarnish clear coat jauh di bawah angka tersebut. 

Clear coat water based ini menggunakan angka di bawah 50 gram per liternya untuk kandungan logam berat. Sehingga ketika digunakan khususnya dalam ruangan, pernis tidak akan mengganggu kondisi lingkungan. 

Cara Menggunakan Biovarnish Clear Coat dengan Kuas

Kuas telah menjadi alat yang sangat diandalkan karena kemudahannya. Ditambah lagi dengan Biovarnish clear coat Anda tidak perlu terganggu akan bau menyengat. Proses aplikasi akan lebih mudah daripada yang Anda bayangkan sebelumnya. 

Sebelumnya, cukup siapkan alat dan bahan berikut ini:

  1. Biovarnish clear coat gloss atau matte
  2. Air
  3. Kuas berbulu nilon
  4. Amplas aluminium oxide nomor 400
  5. Wadah untuk melarutkan top coat
  6. Kain lap bersih dan kering

Cara mengaplikasikan :

Langkah 1. Siapkan substrat kayu yang sudah dilapisi dengan base coat atau stain. Sebelumnya amplas terlebih dahulu permukaannya secara ambang setelah itu bersihkan dengan air. 

Langkah 2. Campurkan Biovarnish clear coat dalam wadah dengan air. Gunakan perbandingan 2: 1 hingga mendapatkan viskositas 11-12 detik NK2. Kuaskan top coat ke seluruh permukaan kayu hingga merata sesuai dengan arah serta. 

Langkah 3. Diamkan lapisan pernis mengering selama 60 menit. Jika dirasa sudah rata maka Anda bisa melanjutkan pengeringan selama 24 jam. Namun jika belum, ulangi aplikasi dengan penguasaan ke arah yang sama. 

Scroll to Top