Cara Mudah Mengecat Kayu Agar Mengkilap dan Tahan Lama

Cara mengecat dengan hasil tampilan mengkilap pada sebuah furniture kayu, misal meja tamu adalah kebanggaan yang akan didapatkan pemilik rumah.

Banyak keuntungan yang didapatkan jika cara mengecat kayu agar mengkilap baik itu warna solid pada kayu atau warna natural, nyatanya tampilan mengkilap dari meja kayu banyak digunakan.

Coba Anda lihat pada kebanyakan toko furniture, kebanyakan produk yang dijual adalah tampilan mengkilap. Ada banyak keuntungan yang didapatkan karena tampilan mengkilap ini dan banyak orang yang menyukainya dibandingkan dengan tampilan furniture matte atau doft.

Baca Juga : cara mengecat tembok beda warna

Jenis cat yang digunakan agar lebih tahan lama dalam cara mengecat kayu dengan pernis agar mengkilap juga perlu diperhatikan. Ada banyak sekali merk cat yang beredar di pasaran sehingga Anda harus memperhatikan kualitas masing-masing merk.

Untuk lebih mudah dan lebih cepat proses aplikasi terlebih jika Anda adalah DIY penggunaan cat water based akan sangat membantu. Banyak kelebihan cat water based yang didapatkan karena pertama adalah kecepatan keringnya hanya membutuhkan waktu selama 60 menit saja.

Baca Juga : Tips dan Trik cara mengecat pintu kayu dengan cat minyak

Tampilan yang diberikan oleh cat water based pada furniture kayu yang mengkilap tahan lama tanpa ada efek menguning yang banyak dihasilkan oleh cat melamin kayu. Proses aplikasi yang paling mudah akan Anda temukan dalam produk cat water based Biovarnish. Produk yang proses aplikasinya hanya membutuhkan air dan juga kuas bebas brush mark.

https://www.youtube.com/watch?v=NqXxgo0ag08

Sumber : Youtube Bio Paint

Keuntungan Menggunakan Cat Mengkilap

Sebelum masuk ke dalam proses aplikasi cat kayu water Biovarnish untuk tampilan furniture yang mengkilap maka apa saja sebenarnya kelebihan dari cat yang mengkilap? Cat mengkilap ini sering disebut dengan cat gloss di mana hasil finishing akan menghasilkan sheen level tertentu. Untuk tampilan gloss sheen level yang diberikan adalah 80% hingga 90%. Jika sheen level 100% artinya akan memantulkan cahaya atau menjadi seperti kaca.

Baca Juga : cara mengkilapkan kayu

Ya, sheen level artinya adalah ukuran dari lapisan cat yang akan memantulkan cahaya sehingga Anda bisa melihat tampilan yang mengkilap. Pada cat kayu water based Biovarnish series ini Anda akan mendapatkan sheen level ukuran 85% di mana tampilan akan mengkilap dan memantulkan cahaya dengan baik.

Baca Juga : ikuti tips mudah untuk mengecat furnitur kayu agar mengkilap

Syarat untuk aplikasi ini Anda harus memiliki permukaan kayu yang datar. Apabila permukaan kayu tidak datar atau bergelombang maka tingkat kilap yang dihasilkan pun akan berkurang. Ada banyk sekali keuntungan yang didapatkan dengan mengecat menggunakan hasil mengkilap ini.

Bagi Anda yang belum pernah memilih furniture dengan tampilan mengkilap maka Anda perlu mempelajarinya. Berikut ini keuntungan yang akan Anda dapatkan.

Baca Juga : cara finishing lantai kayu lebih mengkilap awet dan tahan lama

1. Proses Membbersihkan

Kayu yang telah diubah menjadi furniture bahkan furniture yang sering digunakan maka perlu dibersihkan dari debu dan kotoran yang menempel. Contohnya saja furniture antik yang lama disimpan di dalam sebuah gudang. Adanya tampilan mengkilap pada lapisan luar kayu akan membantu Anda memudahkan untuk pembersihan. Debu akan menempel namun mudah juga untuk dibersihkan baik dengan lap kering maupun lap basah.

membersihkan debu dan kotoran

Jika Anda menggunakan tampilan mengkilap maka apa saja furniture yang Anda akan bersihkan Anda tidak perlu menggunakan bahan pembersih tertentu karena debu tidak akan menempel.

Baca Juga : cara mengecat meja kayu dengan benar tahan lama dan awet

2. Sidik jari

Masalah sidik jari yang membekas atau goresan yang membekas pada permukana furniture selalu menjadi masalah. Baik karena seringnya penggunaan atau seringnya dibersihkan dengan lap yang kotor. Anda tidak perlu bingung untuk mengatasinya, dengan cat mengkilap dari produk Biovarnish adanya sidik jari atau goresan akan teratasi dengan baik. Cat mengkilap akan mengurangi tampilan goresan dan juga sidik jari, memungkinkan untuk tampilannya tetap mengkilap dengan baik.

3. Berkelas

Tampilan berkelas selalu menjadi unggulan yang banyak dicari pemilik rumah atau properti. Tampilan mewah dengan harga rendah akan Anda dapatkan jika menggunakan cat kayu Biovarnish. Produk ini akan memberikan tampilan mengkilap yang berkelas dengan kilap yang tinggi dan juga tahan lama. Bahkan Anda bisa mengaplikasikan pada berbagai jenis kayu. Jika Anda menggunakan jenis kayu murah maka dengan cat kayu Biovarnish kayu akan memiliki tampilan yang benar-bener berbeda dan menjadi mewah.

4. Efek cahaya

Anda yang suka bermain cahaya lampu di dalam rumah akan menjadi lebih hidup dengan adanya penggunaan cat mengkilap dari Biovarnish. Tampilan mengkilap akan memberikan efek cahaya yang lebih matang dan nyata. Misalnya Anda akan memberikan  lampu spot pada ruang maka, maka meja maka bisa Anda tembakan dengan lampu spot. Atau Anda akan memberikan sorota lampu spot pada meja dinding yang terdapat vas bunga dan lukisan di dinding.

5. Area basah

Cat kayu yang mengkilap sangat berfungsi pada area basah seperti dapur. Anda akan menggunakan kabinet dapur atau lemari dapur maka tampilan mengkilap akan menghambat mudahnya kelembaban dan juga air menyerap ke dalamnya. Membuat kabinet atau furniture dapur lainnya mudah untuk dibersihkan. Anda yang akan menggunakan furniture kayu pada area basah lain seperti akmar mandi dan juga teras maka wajib menggunakan cat mengkilap Biovarnish.

Cara Mengecat Kayu Agar Kayu Mengkilap Sempurna dengan Cat Waterbased Biovarnish

Anda kini sudah pada tahapan mengecat kayu dengan hasil mengkilap. Untuk hasil yang maksimal maka Anda perlu pengamplasan.

— Langkah Pertama —

Proses pengamplasan diperlukan untuk mendapatkan permukaan kayu yang rata dan memaksimalkan tampilan maksimal dari cat. Untuk proses ini Anda memerlukan amplas kasar ukuran 150 hingga 220. Anda bisa memilih untuk mengamplas dengan alat amplas listruik khusus atau manual.

Cara Mengecat Kayu Agar Mengkilap dan Tahan Lama

Jika mengamplas manual manfaatkan balok kayu agar hasilnya rata. Balutkan amplas pada permukaan kayu dan amplas searah serat. Jika sudah halus dan rata Anda bisa merasakannya dengan permukaan telapak tangan kemudian bersihkan debu amplas.

— Langkah Kedua —

Selanjutnya adalah proses aplikasi produk Biovarnish Series. Pertama aplikasikan Biovarnish Wood Filler warna sesuai dengan warna kayu. Proses aplikasi membutuhkan pencampuran terlebih dahulu antara wood filler dan air terlebih dahulu.

Gunakan kain bal untuk mengusapkan ke seluruh permukaan kayu sambil ditekan. Kemudian tunggu kering dan amplas hingga serat kayu dan warna kayu terlihat dengan amplas 240. Bersihkan debu amplas dan Anda siap untuk proses aplikasi selanjutnya.

Campurkan Biovarnish Wood Stain warna pilihan Anda dengan air perbandingan 4 bahan : 1 air. Anda bisa menakarnya menggunakan sendok atau alat takar khusus seperti NK2. Aplikasikan cat dengan kuas busa untuk menghindari brush mark, aplikasikan tipis searah serat kayu. Tunggu lapisan ini mengering dan Anda bisa mengamplas ambang secara menual dengan amplas 400. Bersihkan debu amplas. Ulangi aplikasi wood stain hingga Anda mendapatkan warna yang diinginkan.

— Langkah Ketiga —

cara mengecat kayu agar mengkilapLangkah akhir adalah aplikasi Biovarnish Clear coat gloss. Campurkan clear coat gloss dengan air perbandingan 2 bahan dengan 1 air. Aplikasikan dengan kuas busa kemudian tunggu kering selama 24 jam. Jika sudah kering benar Anda bisa menggunakan kayu tersebut.

Di Manakah Anda Bisa Mendapatkan Produk Ini?

Jika anda memiliki pertanyaan lebih lanjut atau pemesanan mengenai produk ini, silahkan hubungi kami melaui e-mail di [email protected] atau melalui Whatsapp yang tertera.

Anda dapat membeli seluruh varian produk dari Bioindustries secara online melalui beberapa kanal marketplace kami berikut ini:

marketplace catkayu

marketplace catkayu

marketplace catkayu

Anda juga bisa membeli seluruh produk dari Bioindustries secara langsung di beberapa service point kami berikut ini:

Bio Center Yogyakarta

Jl. Sidikan 94, Surosutan, Yogyakarta, Daerah Istimewa Yogyakarta, Indonesia 55162
Phone / fax: 0274 388301
Hp / WhatsApp: Klik di Sini
e-mail: [email protected]

Bio Service Point Jepara

Jl. Raya Kudus Km. 9, Ngabul, Tahunan, Jepara, Jawa Tengah 59417
Phone: 0291 598992
e-mail: [email protected]

Bio Service Point Cirebon

Jl. Escot No.42 RT.014/RW.04, Desa Tegalwangi, Weru, Cirebon, Jawa Barat 45154
Phone: 0231 320759
e-mail: [email protected]

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Scroll to Top