Tampilan Warna Patina pada Furnitur Kayu dengan Cat Water Based

Tampilan warna patina pada furnitur kayu bisa menjadi sesuatu yang menarik dan masih banyak digemari hingga kini. Ada beragam warna dan gaya finishing yang bisa dibuat, tergantung dengan kebutuhan yang diinginkan. Hingga tahun 2020 ini, warna patina pada furnitur kayu masih banyak disukai dan banyak digunakan.

Warna patina yang merupakan warna kayu terlihat seperti lapuk masih menjadi favorit bagi para pecinta furnitur bergaya lawas. Keunikan inilah yang menjadi daya saing yang membedakannya dari tampilan furniture lainnya. Trend ini bahkan sempat menjadi trend colour pada tahun 2018 karena banyaknya yang menggemari furniture dengan tampilan ini.

Hal tersebut terbukti dengan adanya pameran furniture pada tahun 2018 silam yang menampilkan banyak sekali furniture dengan tampilan warna unik. Diantaranya adalah dengan tampilan warna patina, warna drift wood, dan warna wash series. Namun tidak menutup peluang pada finishing furniture kayu warna natural juga masih banyak digemari.

Mengenal Warna Patina Pada Furnitur Kayu

Apa sebenarnya tampilan warna patina ini dan apakah cat kayu water based yang telah banyak digunakan dapat memberikan tampilan patina untuk semua jenis kayu pada furnitur? Kata patina berasal dari bahasa latin yang artinya “ shallow dish”. Maksudnya adalah patina dapat dikatagorikan sebagai tampilan yang memudar, bertambah gelap, atau tanda lainnya.

Furniture patina memiliki tampilan yang memperlihatkan penuaan karena alasan gangguan alam yang tidak terhindarkan. Meski demikian, pada saat ini furniture dengan tampilan patina bisa didapatkan meski menggunakan material yang baru. Tidak melulu harus didapatkan dari furniture yang telah lama digunakan dan terkena berbagai gangguan secara alami.

Mengenal Tampilan Patina Pada Furnitur

Proses perubahan tampilan menjadi patina ini kini bisa menggunakan bahan kimia. Jika pada arti sesungguhnya warna patina yang berubah karena ganguan alam, karena menarik warna patina kini dapat dibuat atau diciptakan menggunakan bahan kimia seperti cat kayu water based.

Warna patina muncul awalnya pada material tembaga yang berubah warna akibat adanya gangguan cuaca. Tambaga berubah warna menjadi warna biru kehijauan yang menandakan adanya korosi akibat terkena sulfur dan bahan yang mengandung oxide.

Pada bahan tembaga warna patina sering ditemukan pada gedung bertingkat zaman dahulu seperti gereja tua atau monumen bahkan gedung bertingkat seperti zaman colonial. Meski kental dengan kesan kuno, nyatanya sampai saat ini masih banyak yang menggemari tampilan mebel atau bahan tembaga dengan warna patina.

Bisakah Warna Patina Diaplikasikan Pada Kayu?

Jika furniture yang Anda miliki adalah kayu, dapatkah Anda menggunakan furniture kayu tersebut agar memiliki tampilan patina? Menurut istilah geologi dan geomorfologi patina adalah rujukan yang digunakan untuk mengatakan adanye perubahan lapisan film baik itu warna atau lapisan tipis yang ada pada permukaan batu, kayu atau bahan alam lainnya.

Cat Kayu Water Based Untuk Tampilan Patina

Adanya pelapukan pada lapisan tipis pada luar batu atau kayu ini disebut dengan case hardened atau yang disebut juga dengan “cortex” oleh para ahli geologi pada permukaan baik itu batu api atau bintik kecil. Melihat adanya perubahan tampilan pada batu maka, berlaku juga pada material kayu.

Anda bisa menunggu kayu yang diletakan di luar agar lapisan tipis pada kayu berubah dan menjadi memiliki tampilan warna patina. Namun untuk mendapatkan warna patina dengan cara tersebut tentu saja akan memakan waktu yang cukup lama. Anda akan menghabiskan waktu cukup banyak dan musim dari warna patina telah berlalu karena untuk mendapatkan secara alami tidak hanya membutuhkan waktu singkat.

Tampilan warna patina tidak bisa diperoleh dalam satu atau dua bulan, namun bisa mencapai hingga puluhan atau ratusan tahun. Salah satu kendala untuk mendapatkan warna patina tersebut kini bisa dilakukan dengan menggunakan cat kayu water based. Penggunaan cat water based pun cukup mudah, ada beberapa jenis produk yang akan memberikan kemudahan dalam hal aplikasi, dalam hal ketahanan dan hasil penampilan patina itu sendiri.

Rekomendasi Cat Kayu untuk Finishing Furniture Patina

Cat kayu water based memiliki keunggulan sendiri ketika digunakan sebagai finishing patina dibandingkan dengan cat kayu solvent based. Keunggulan yang pertama adalah proses aplikasinya yang lebih cepat dan mudah. Bahkan untuk pengeringannya bisa dilakukan tanpa harus dijemur pada panas matahari. Anda bisa mengaplikasikan cat water based kapan saja dan dimana saja tanpa tergantung dengan cuaca panas matahari.

Keunggulan yang kedua adalah cat water based yang asli tidak menimbulkan bau yang membahayakan pernapasan.  Biasanya akan ada bau menyengat yang mengganggu pada saat Anda pertama kali membuka tutup atau kemasan cat. Bau tersebut biasanya bertahan lama bahkan hingga Anda selesai mengaplikasikan cat pada media kayu termasuk furniture.

Apakah Pernis Kayu Jati Terbaik? Ini Cara Memilih, Aplikasi Dan Perawatannya

Tidak hanya pada pernapasan saja, namun untuk cat water based yang asli tidak mengandung bahan kimia berbahaya yang akan membahayakan tubuh Anda. Keluarga terutama anak anak juga biasanya akan lebih sensitif dan terhadap bahaya yang ditimbulkan oleh bau tersebut. Berasal dari tingginya VOC, maka penggunaan cat water based aman digunakan karena memiliki nilai VOC yang rendah.

Yang ketiga adalah keunggulan dari segi harga atau biaya cat itu sendiri.  Cat water based terbilang lebih murah dibandingkan dengan cat solvent.  Di awal penggunaannya Anda pasti akan kaget dengan harga produk water based yang lebih mahal.

Namun setelah Anda menggunakannya pasti akan merasa lebih hemat budget. Karena pada penggunaan cat kayu water based ini Anda hanya menggunakan air sebagai bahan pelarutnya. Tidak perlu mengeluarkan biaya tambahan untuk membeli pelarut lainnya.

Katiga hal di atas yang mempermudah Anda dalam proses finishing warna patina. Penampilan yang diberikan pun tidak mengecewakan. Kedekatan dengan hasil warna tampilan patina bisa Anda pilih sesuai dengan selera.

Beragam Tampilan Finishing Patina Pada Kayu

Warna patina tidak hanya ada satu jenis saja, karena efek korosi atau efek penuaan yang diberikan juga bisa berbeda-beda. Maka Anda juga bisa berkreasi untuk mendapatkan hasil warna patina yang Anda inginkan. Jika Anda ingin mendapatkan hasil tampilan tersebut Anda bisa memilih beberapa tampilan patina menggunakan cat kayu water based berikut ini:

  • Finishing Patina Grey pada kayu sungkai

Cat Kayu Water Based Untuk Tampilan Patina

  • Finishing Patina Black grey

Cat Kayu Water Based Untuk Tampilan Patina

  • Patina Grey pada kayu mindi

Cat Kayu Water Based Untuk Tampilan Patina

Contoh beberapa warna patina di atas adalah warna patina yang bisa Anda ciptakan sendiri di rumah dengan menggunakan beberapa produk cat kayu water based. Untuk mendapat hasil finishing warna patina terbaik pada furniture ada beberapa produk yang kami rekomendasikan. Diantaranya adalah Bioduco Chalk Paint, Bioduco Top Coat, Biovarnish Wood Stain dan Biovarnish Glaze.

Kombinasi dari keempat produk tersebut sangat tepat dan dibarengi dengan cara aplikasi Anda yang sesuai. Anda bisa menggunakan beberapa cara aplikasi yang sesuai untuk mendapatkan tampilan patina yang diinginkan. Jangan sampai Anda menggunakan cat yang salah dengan cara aplikasi yang salah pula. Untuk menghindari kesalahan Anda bisa mengaplikasikan pada bidang yang lain terlebih dahulu.

Warna-warna patina modern ini bisa digunakan pada beberapa jenis furniture berukuran besar maupun kecil. Namun di tahun 2020 ini dan kedepannya jenis furniture berukuran kecil dengan berbagai fungsi atau dikenal dengan furniture modular akan menjadi sangat popular.

Anda bisa menggunakan tampilan patina pada furniture modular tersebut. Konsep minimalis pun tetap dapat digunakan dengan tampilan warna ini.

Berbagai Jenis Tampilan Furniture Warna Patina

Warna patina seringkali membingungkan para pemilik rumah atau gedung untuk menggunakannya. Gaya apakah yang bisa digunakan untuk mendapatkan tampilan furniture patina? Tentu saja untuk tampilan patina terdapat gaya tertentu yang bisa dipilih. Ada beberapa gaya yang bisa Anda kombinasikan dengan tampilan dari finishing furniture patina. Berikut ini beberapa pilihan untuk Anda pada beberapa gaya yang menggunakan tampilan patina.

√ Gaya Vintage

Cat Kayu Water Based Untuk Tampilan Patina

Anda ingin mendapatkan tampilan patina pada gaya vintage? Tentu saja hal ini bukanlah sesuatu yang mustahil untuk bisa diwujudkan. Tidak selalu warna putih dan natural yang dapat dikombinasikan. Anda juga bisa mendapatkan gaya vintage di ruang makan khususnya pada dining table.

Satu set dining table dan chair bisa Anda aplikasikan dengan warna patina grey menggunakan kayu sungkai atau kayu mindi bisa mempercantik suasana. Kesan vintage akan lebih terasa dengan adanya furniture yang tampak tua. Anda juga bisa menerapkan warna patina pada berbagai furniture lainnya di ruangan yang ingin Anda dekorasi.

√ Gaya Shabby Chic

Siapa yang tidak kenal dengan gaya shabby chic? Gaya dekorasi dan finishing furniture ini kerap diaplikasikan pada ruangan atau hunian yang mungil. Terkenal dengan warna yang soft, pengaplikasian gaya ini akan membuat ruangan terasa lebih luas.

Menggunakan gaya shabby chic berarti Anda akan mengedepankan warna putih. Mayoritas warna putih pada furniture misalnya pada ruang keluarga kini bisa Anda gabungkan dengan warna patina. Kedua warna tersebut tentu bisa dan cocok untuk dipadukan satu sama lain.

Cat Kayu Water Based Untuk Tampilan Patina

Misalnya saja pada coffee table Anda bisa menggunakan warna patina yang digabungkan dengan sofa warna putih. Kombinasi ini akan memberikan tampilan yang lebih harmoni dan terkesan unik. Kesan mewah sekaligus klasik juga tetap bisa diperoleh dengan menerapkan gaya ini.

√ Gaya Mediterania

Siapa bilang tampilan furniture patina tidak bisa digunakan pada gaya mediterania? Gaya ini adalah salah satu jenis yang menampilkan kesan hangat. Nah di sinilah fungsi dari furniture dengan tampilan warna patina.

Anda bisa menggunakan tampilan patina pada furniture ruang tamu. Kesan hangat yang diberikan akan memunculkan gaya mediterania dengan sendirinya.

√ Gaya Klasik

Tampilan Patina

Anda akan menemukan banyak gaya klasik dengan ukuran furniture yang besar. Namun sayangnya ukuran besar pada gaya klasik sangat kontradiksi dengan furniture modern ini. Nah untuk tetap menimbulkan tampilan klasik, warna patina pada furniture akan bisa menampilkan furniture ini.

Melihat beberapa gaya yang bisa Anda gunakan untuk furniture tampilan patina maka Anda tidak perlu bingung lagi dimana Anda dapat mengaplikasikan warna furniture patina di rumah Anda tahun 2018 ini.

Dimanakah Anda bisa Mendapatkan Produk Cat untuk Tampilan Patina Pada Furniture?

Jika anda memiliki pertanyaan lebih lanjut atau pemesanan mengenai berbagai produk yang bisa digunakan untuk finishing patina, silahkan hubungi HotLine kami disini : HotLine Bio. Atau kontak kami melalui e-mail di [email protected]

Anda dapat membeli seluruh varian produk dari Bio Industries secara online melalui beberapa kanal marketplace kami berikut ini:

https://www.tokopedia.com/biopaint102

https://www.tokopedia.com/bioindustrieso

https://www.bukalapak.com/u/store_bioindustries

https://www.tokopedia.com/bioindustries

https://www.tokopedia.com/rayapjamur

https://www.bukalapak.com/u/agen_biovarnish

https://shopee.co.id/biovarnish.official

https://www.tokopedia.com/biovarnishseries

https://www.tokopedia.com/catkayu

https://www.bukalapak.com/u/catwaterbased

Anda juga bisa membeli seluruh produk dari Bio Industries secara langsung di beberapa service point kami berikut ini:

Bio Center Yogyakarta

Jl. Sidikan 94, Surosutan, Yogyakarta, Daerah Istimewa Yogyakarta, Indonesia 55162
Phn / fax: +62 274 388301
e-mail: [email protected]

Bio Service Point Jepara

Jl. Raya Kudus Km. 9, Ngabul, Tahunan, Jepara, Jawa Tengah 59417
Phn: +62.291.598992
e-mail: [email protected]

Bio Service Point Cirebon

Jl. Escot No.42 RT.014/RW.04, Desa Tegalwangi, Weru, Cirebon, Jawa Barat 45154
Phn: +62 231 320759
e-mail: [email protected]

Cari Artikel Berdasarkan Judul

——– About Biovarnish !!! ——–

——– Biovarnish on Tokopedia ——–

——– BioCide on Tokopedia ——–

——– Bioindustries on Tokopedia ——–

——– BioPolish on Bukalapak ——–

——– Official Web BioIndustries ——–

Artikel "Finishing Kayu"

Youtube Channel

Channel youtube Bio Paint kami berisi konten tutorial finishing dan produk unggulan Bio.

About Us

catkayu.com merupakan website yang memuat artikel – artikel tentang finishing, perawatan, dan pencegahan kayu dari kerusakan.

Biovarnish merupakan bahan finishing kayu berbahan dasar water-based acrylic dengan sistem aplikasi oles atau kuas, digunakan untuk finishing kayu interior / exterior seperti interior & eksterior furniture, wood building (gazebo, door, wall, pergola, pagar), toys and craft, yang aman dan ramah lingkungan.

Telp / WhatsApp : Klik Disini

©2015 - 2020 catkayu.com - All Right Reserved.