Manfaatkan Cat Kayu Tahan Air Ini untuk Ayunan Kayu Tampak Indah

Ayunan kayu sering diletakkan di luar ruangan sehingga sangat rawan rusak karena beberapa faktor, gunakan cat kayu tahan air untuk melapisi ayunan tersebut dengan baik.

Ayunan kayu merupakan salah satu furniture eksterior sehingga sangat rawan rusak dan lapuk jika tidak dirawat dengan baik. Tampilan furniture tersebut juga akan mudah rusak jika tidak menggunakan cat kayu yang memiliki daya rekat film yang kuat serta tahan air yang bagus.

Cat kayu tahan air akan melindungi dengan baik furniture eksterior seperti ayunan kayu. Tidak akan mempertahankan tampilan furniture jauh lebih tahan lama.

Finishing Ayunan Kayu Menggunakan Cat Kayu Tahan Air

Ayunan kayu akan mudah lapuk dan rusak jika salah dalam memilih dan menggunakan bahan finishing. Walaupun cat kayu yang memiliki fiture tahan air banyak dijumpai di pasaran, namun kandungan bahannya justru sangat berbahaya bagi kesehatan sehingga dapat mengancam kesehatan pekerja atau pun pengguna seperti Anda atau keluarga Anda.

Cat Kayu Tahan Air

Salah satu cat kayu yang sangat aman digunakan adalah Biovarnish. Cat tersebut merupakan cat kayu tahan air yang menggunakan bahan dasar air yang diformulasikan sebagai pengganti cat solvent based seperti plitur. Sehingga sangat cocok digunakan untuk finishing dnegan tampilan natural kayu. Untuk mempermudah finishing, berikut langkah-langkah aplikasi Biovarnish yang tepat pada ayunan kayu:

  1. Ampelas permukaan kayu agar lebih halus dan menghilangkan kotoran yang masih menempel.
  2. Aplikasikan Biovarnish Wood Filler menggunakan pisau pelat ke seluruh permukaan kayu
  3. Aplikasikan Biovarnish Wood Stain menggunakan kuas yang dilapisi kain ke seluruh permukaan kayu. Tunggu hingga kering selama 1 jam kemudian ampelas dengan halus
  4. Terakhir aplikasikan Biovarnish Clear lalu diamkan selama semalam untuk hasil akhir lebih maksimal

Cat Kayu Water Based Terbaik di Indonesia

Biovarnish merupakan cat kayu tahan air dengan bahan water based yang memiliki fitur dengan daya rekat film yang kuat, tahan air, anti jamur, transparansi warnanya yang bagus dan tajam. Jadi, Biovarnish sangat cocok digunakan untuk finishing dengan tampilan natural pada media kayu, bambu, MDF, plywood, rotan atau serat alam lainnya.

5 Alasan Mengapa Biovarnish Cocok untuk Ayunan Kayu

Apabila dilihat dari cara aplikasinya, Biovarnish adalah produk yang sangat mudah untuk diaplikasikan. Dengan adanya kuas berbulu nilon dan air saja, cat kayu tahan air ini sudah bisa dikuaskan ke permukaan ayunan kayu. Tapi bukan hanya kemudahannya saja yang menjadi alasan Biovarnish harus digunakan. 

Cat yang proses aplikasinya mudah ini memiliki beberapa kelebihan lain dari segi tampilan dan juga perlindungan. Berikut ini keunggulan dari Biovarnish yang menjadikannya produk terbaik untuk ayunan kayu. 

  • Memberikan warna natural transparan

Alasan pertama adalah supaya ayunan kayu di rumah memiliki tampilan indah. Kayu memiliki keindahan tampilan serat dan warnanya. Sedangkan Biovarnish bisa memperlihatkan warna natural kayu tersebut semakin indah. 

Dengan adanya lapisan dari Biovarnish wood stain warna kayu nantinya akan jadi lebih tajam. Bisa juga menduplikasi warna kayu lain menggunakan Biovarnish. Misalnya saja warna kayu jati menjadi mahoni atau sebaliknya. 

  • Lebih tahan cuaca

Karena ayunan kayu diletakkan di luar ruangan, maka risiko untuk terkena perubahan cuaca yang mempercepat proses pelapukan kayu lebih besar. Namun jika kayu sendiri sudah dilapisi dengan cat kayu yang berkualitas dan tahan cuaca tentu saja lebih aman. 

Inilah yang ditawarkan Biovarnish, yaitu memberikan perlindungan kepada ayunan kayu supaya tidak mudah retak atau rusak karena rayap bahkan jamur. Baik itu panas atau hujan tidak akan mempengaruhi substrat kayu. 

  • Tidak menimbulkan bau yang menyengat

Saat mengaplikasikan cat, penggunaan alat perlindungan diri tentu saja harus digunakan. Salah satunya adalah masker, yang melindungi agar saluran pernapasan tidak terganggu oleh bau cat. Namun Biovarnish tidak menimbulkan bau menyengat jadi Anda bisa lebih aman menggunakan cat kayu kapan saja. 

Tidak adanya bau yang menyengat disebabkan oleh kandungan logam berat di dalamnya dibatasi. Sehingga Biovarnish tidak menimbulkan efek penyakit yang berbahaya. Biovarnish adalah produk yang aman dan tidak berbahaya untuk digunakan, bahkan tanpa masker. 

  • Tidak berubah menguning

Ayunan kayu yang mungkin saja mahal harganya tentu akan berubah menjadi jelek tampilannya jika pernis atau cat kayu yang digunakan timbul efek warna kuning. Cat kayu yang berubah menjadi kuning warnanya disebabkan oleh kandungan formalin sangat tinggi. 

Efek menguning selain formalin juga disebabkan karena jarang terkena sinar matahari. Namun bukan berarti ayunan yang tidak terkena sinar matahari tidak akan berubah warnanya. Warna bisa berubah, tetapi jika Anda menggunakan Biovarnish tak ada efek warna menguning yang harus dikhawatirkan. 

  • Daya sebarnya cukup luas

Jika Anda berencana untuk mengecat ayunan dengan ukuran kecil, penggunaan Biovarnish kemasan kecil dan 1 kg sudah cukup. Hal ini disebabkan oleh daya sebar cat yang cukup luas sehingga hanya dengan 1 kg cat saja Anda sudah bisa menutup 8 hingga 10 m2 permukaan kayu. 

Jadi bukan masalah jika ayunan kayu berukuran besar, Anda tidak perlu membeli terlalu banyak cat. Bahkan jika menggunakannya tidak banyak cat yang terbuang. 

Menggunakan Biovarnish untuk finishing ayunan kayu hingga furniture dari serat alam lainnya adalah langkah yang tepat. Sebagai cat kayu, Biovarnish bisa digunakan untuk semua jenis furniture yang diletakkan di dalam atau di luar rumah. 

Anda tidak perlu khawatir soal cat yang harus digunakan dalam waktu singkat namun tidak kering. Karena Biovarnish adalah jenis cat cepat kering dan sempurna. 

Untuk informasi dan pemesanan cat kayu tahan air Biovarnish, silahkan menghubungi kontak berikut via phone maupun WhatsApp  ke no. 0822-1935-7399. Atau via market place kami di BukaLapak www.bukalapak.com/catwaterbased.

Cari Artikel Berdasarkan Judul

——– About Biovarnish !!! ——–

Biovarnish

——– Biovarnish on Tokopedia ——–

——– Biovarnish on Bukalapak ——–

——– Biovarnish on Shopee ——–

——– BioCide on Tokopedia ——–

Anti Rayap Jamur Kayu Terbaik

——– Official Web BioIndustries ——–

Artikel "Finishing Kayu"

Youtube Channel

Logo Biopaint

About Us

CAT KAYU merupakan website yang memuat artikel tentang finishing menggunakan cat plitur dan pernis kayu, perawatan, serta pencegahan furniture kayu dari kerusakan.

Biovarnish merupakan bahan finishing kayu berbahan dasar water-based acrylic dengan sistem aplikasi oles atau kuas, digunakan untuk finishing kayu interior / exterior seperti interior & eksterior furniture, wood building (gazebo, door, wall, pergola, pagar), toys and craft, yang aman dan ramah lingkungan.

Telp / WhatsApp : Klik Disini

©2015 - 2021 catkayu.com - All Right Reserved.