Cat Kayu Yang Bagus dan Tahan Lama, Melamin Atau Biovarnish?

Apakah cat melamin merupakan cat kayu yang bagus dan tahan lama? Apa perbandingannya dengan Biovarnish? Dapatkan jawabannya dalam artikel ini.

Bagi Anda yang sudah sering melakukan finishing kayu pasti sudah sering mendengar istilah melamin atau mungkin sebagain besar Anda sudah banyak yang menggunakan cat melamin ini. Cat melamin adalah salah satu bahan finishing yang akan menghasilkan warna natural transparan. Hasilnya warna transparan dengan tingkat glossy high gloss. Penampilan yang mengkilap inilah yang membuat Anda pasti menyukai dan sering menggunakan melamin. Bahkan bagi sebagian besar pengrajin yang sudah mengenal dan menyukai hasil dari cat melamin ini tidak ingin beralih dengan merk lain. Padahal sebenarnya banyak sekali merk cat kayu yang bagus dan tahan lama dibandingkan dengan cat melamin. Bagi Anda yang masih menggunakan cat melamin tidakah Anda ingin berpindah menggunakan cat lain yang lebih baik dan lebih aman?

cat-kayu-untuk-furniture-natural

Salah satu produk yang sangat layak dan bisa menggeser kedudukan melamin adalah cat kayu Biovarnish. Produk ini diciptakan oleh Bio Industries yang mengusung tema eco green dalam setiap produknya. Produk Biovarnish berbeda dengan melamin yang merupakan cat kayu solvent. Biovarnish adalah cat kayu water based menggunakan teknologi terbaru masa kini. Jika Anda masih menggunakan cat melamin bisa dikatakan sudah ketinggaan zaman karena di negara-negara maju seperti Eropa, Jepang dan juga Amerika cat melamin sudah jarang bahkan hampir tidak digunakan. Untuk alasan utamanya tentu adalah masalah isu kesehatan. Melamin yang terbuat dari solvent ini banyak mengandung bahan kimia beracun bagi tubuh seperti formaldehyde, accetone, merkuri, toluen, dll. Bahan tersebut akan mempengaruhi kesehatan melalui udara, ketika melamin pada proses aplikasi dan sesudahnya bahan tersebut akan menguap dan mencemari udara yang dihirup oleh manusia.

Mungkin salah satu keraguan Anda dalam menggunakan cat water based adalah akrena takur akan warna yang mudah luntur ketika terkena air hujan. Mungkin sebagian besar Anda berpikiran bahwa cat yang berbahan dasar air tentu akan mudah luntur. Jangan salah! Produk cat water based dibuat dnegan bahan air yang sudah diemulsifier dnegan resin menjadi bahan finishing yang tidak mudah luntur bahkan lebih tahan lama dibandingkan dengan cat melamin. Dalam memilih cat kayu yang bagus dan tahan lama Anda harus membandingkan banyak produk dan banyak merk karena di Indonesia, merk cat kayu yang memiliki label bagus sangat banyak tetapi yang benar-benar bagus dan berkualitas masih jarang.

7 Perbandingan Cat Melamin dan Biovarnish

Bagi Anda yang masih bertanya-tanya apa saja perbedaan antara cat melamin dan cat Biovarnish mari kita jabarkan satu persatu mana yang bisa memiliki predikat merk cat kayu yang bagus dan tahan lama:

  1. Harga

Soal harga selalu menjadi pilihan nomor satu. Harga cat melamin memang sangat murah per kaleng cat melamin saja Anda bisa membeli denngan harga 57 ribu perkalengnya. Akan tetapi jangan harapkan Anda mendapatkan harga tersebut pada cat Biovarnish. Harga perkaleng Biovarnish adalah 70 ribu rupiah. Hal ini dikarenakan bahan dasar yang digunakan untuk produk Biovarnish berbeda dengan produk cat melamin.

  1. Proses Aplikasi

Melihat dari proses aplikasinya, produk Biovarnish hanya membutuhkan air dan juga bisa diaplikasikan dengan kuas. Berbeda dengan melamin yang membutuhkan dua bahan campuran yaitu hardener dan juga thinner. Untuk proses aplikasi melamin menggunakan spray system untuk hasil yang lebih maksimal.

  1. Media Aplikasi

Baik melamin dan juga Biovarnish adalah produk untuk finishing furniture kayu. Keduanya bagus dan bisa diaplikaskan pada semua jenis kayu yang sudah diolah menjadi furniture. Untuk Biovarnish penggunannya lebih meluas yaitu bisa digunakan untuk semua jenis serat alam seperti rotan, bambu, pelepah pisang, dll.

  1. Daya Sebar

Untuk daya sebar ini cat melamin memiliki cover area (daya sebar) yang tidak terlalu luas. Salah satu produk melamin di indonesia memiliki daya sebar 8m2/liter. Sedangkan untuk produk Biovarnish memiliki cover area seluas 10 m2/ kg. Daya sebar produk finishing akan menentukan sebanyak apa Adna akan menggunakan produk cat tersebut pada bidang atau media yang akan difinishing. Semakin luas daya sebarnya maka Anda akan hemat menggunakan produk tersebut.

  1. Hasil aplikasi

Dari hasil tampilan, melamin memang juara karena tingkat glossy yaitu high gloss dihasilkan oleh produk melamin. Untuk produk Biovarnish karena berbahan dasar air tingkat glossynya hanya mencapai 80-85% saja. Jadi Biovarnish lebih mengarahkan Anda untuk mendapatkan tampilan yang benar-benar natural sedangkan produk melamin memberikan warna natural yang mewah. Sayangnya walaupun melamin memiliki tingkat glossy yang tinggi, hasilnya cenderung menguning atau yellowing yang membuat furniture natural tidak tampak alami. Hasil yang menguning ini disebabkan oleh tingginya kadar formalin. Untuk cat kayu Biovarnish memiliki hasil yang bebas yellowing karena bahan dasar air tidak mengandung formalin.

  1. Ketahanan

Masalah ketahan ini yang selalu menjadi pertanyaan. Untuk melamin hanya bisa digunakan pada semua jenis furniture interior saja. Karena cat melamin tidak tahan terhadap panas matahari, ketika melamin digunakan utnuk furniture outdoor maka akan muncul cracking dan warna yang dihasilkan akan luntur. Untuk produk Biovarnish masalah ketahanan bisa diaplikaskan untuk furniture indoor dan outdoor karena memiliki kelebihan tahan cuaca, tahan jamur, tahan serangga dan juga tahan gores. Jika Anda menginginkan finishing furniture outdooor sebaiknya menggunakan Biovarnish.

  1. Keamanan

Melihat dari tingkat keamanan melamin mengandung bahan kimia yang berbahaya sedangkan produk Biovarnish lebih aman karena menggunakan teknologi water based yang tentu tidak mengandung kimia beracun bagi manusia. Selain itu produk Biovarnish telah mengacu standar regulasi ECHA (European Chemical Agency) dan US EPA (Enviromental Protection Agency). Standar regulasi tersebut membuktikan bahwa cat kayu Biovarnish bukanlah produk yang mengandung bahan kimia berbahaya seperti yang terkandung dalam cat melamin.

Peranan Cat Kayu Yang Bagus dan Tahan Lama Untuk Furniture 2017

Di tahun 2017 ini trend finishing warna natural masih terus dipilih oleh masyarakat. Trend ini lebih mengusung warna natural dan juga eco green. Melihat tema tersebut maka cat kayu yang bagus dan tahan lama yang digunakan sebaiknya bukan cat melamin melainkan cat Biovarnish. Sifat eco green tidak dimiliki oleh cat melamin karena bahan pembuatnya adalah bahan beracun untuk tubuh manusia. Warna natural akan menimbulkan kesan netral sehingga dapat dipadupadankan dengan jenis furniture lainnya. Warna natural ini juga sangat tepat pada konsep rumah modern minimalis yang saat ini banyak diciptakan. Harga rumah yang melambung tinggi membuat rumah berukuran kecil tetapi memanfaatkan ruang sempit sehingga terlihat luas.

pernis kayu berkualitas biovarnish

Jika Anda ingin menggunakan cat kayu yang bagus untuk trend furniture 2017 yaitu warna natural sebaiknya gunakan produk Biovarnish. Anda bisa mendapatkan produk Biovarnish kami melalui website ini secara online, atau langsung saja menghubungi costumer service kami di nomor 0822 1935 7399 atau 082219357640 atau melali BBM : D69F376B.