Percantik Furniture Ukiran Palembang dengan Biovarnish Wood Stain

Apakah Anda pernah berkunjung di kota Palembang? Kota yang memiliki icon jembatan Ampera ini memiliki berbagi macam kerajinan ukir yang berpenampilan menarik. Bahkan kerajinan yang sudah dimulai sejak beratus-ratus tahun lamanya sudah merambah ke dunia ekspor.

Para pengrajin ini memanfaatkan ukiran Palembang untuk berbagai macam furniture seperti lemari, meja, kusen dan juga pintu tidak sedikit juga hiasan rumah yang menggunakan ukiran seperti bingkai kaca.

Dalam finishingnya, ukiran Palembang menggunakan dua warna yaitu warna natural kayu dan juga warna emas. Warna natural ini akan sangat bagus apabila menggunakan cat kayu Biovarnish. Untuk pilihan warna natural yang digunakan adalah warna gelap seperti warna kayu sonokeling, warna kayu mahoni atau warna kayu gelap lainnya.

subsidi ongkir

Produk Biovarnish Wood Stain yang memiliki pilihan warna gelap antara lain adalah warna sonokeling, warna papua rose dan warna red mahogany. Sedangkan untuk warna emas pada bagian ukiran Anda bisa menggunakan produk cat kayu besi Orchid yang memiliki pilihan warna emas dan mudah untuk diaplikasikan yaitu dengan kuas.

Ukiran Palembang sendiri biasanya di berikan lapisan clear coat gloss. Dalam hal ini Anda bisa menggunakan Biovarnish Clear Gloss yang memiliki tingkat glossy hingga 85%. Clear Coat ini berfungsi menggantikan cat melamin kayu yang selama ini terkenal dan banyak digunakan pengrajin ukiran kota Palembang. Cat melamin memiliki efek yang sangat berbahaya bagi manusia bahkan di luar negeri jenis cat melamin sudah tidak digunakan lagi.

Fungsi Biovarnish Wood Stain untuk ukiran Palembang tidak hanya sekedar memberikan warna saja. Cat Biovarnish yang terbuat dari water based ini memberikan proteksi baik untuk kayu dan juga para penggunaan furniture. Tidak ada bahan kimia berbahaya yang menguap dan juga dihirup oleh manusia bahkan mencemari lingkungan. Jadi peranan cat kayu Biovarnish pada ukiran Palembang sangat penting dan tidak boleh dilewatkan.

Mengenal Ukiran Palembang

Sebelum masuk pada penggunaan cat kayu Biovarnish pada ukiran Palembang maka sebaiknya pelajari terlebih dahulu seperti apakah ukiran Palembang ini? Seni ukiran Palembang  memiliki pengaruh tinggi akan budaya China dan Budha. Ini dikarenakan banyak pedagang dari China yang masuk ke wilayah Palembang dan mempengaruhi seni ukir.

Gaya ukiran Palembang memiliki berbagai macam motif seperti halnya ukiran Jepara. Motif ukiran ini didominasi oleh tumbuhan seperti teratai dan bunga melati. Ukiran Palembang tidak memiliki tampilan manusia ataupun hewan.

Pada awalnya ukiran Palembang hanya digunakan untuk lemari saja. Modern ini ukiran Paalembang  juga digunakan untuk furniture lain seperti meja, bingkai kaca.

Gaya ukiran Palembang termasuk katagori dekoratif dengan teknik rendah, tinggi dan tembus (terawang). Untuk motif ukiran yang sering digunakan adalah nama pohon kemalo.

Jenis kayu yang digunakan adalah kayu mahoni atau kayu tambesu. Kayu mahoni sering digunakan karena lebih mudah untuk difinishing warna dasar yaitu warna kayu kemerahan. Sedangkan kayu tambesu sendiri memiliki warna cerah yang juga udah untuk difinishing untuk warna gelap sebelum ukirannya diberikan warna emas.

Warna emas pada ukiran Palembang inilah yang membedakan dengan ukiran pada daerah lainnya. Kualitas dari kayu tambesu sendiri sangat tinggi sehingga banyak digunakan baik dari segi kekuatan dan keawetannya tidak kalah dengan kayu jati. Maka kayu tambesu pun memiliki bobot yang berat.

Jika Anda berkunjung di kota Palembang terdapat daerah yang khusus membuat ukiran Palembang atau yang sering dikenal dengan sentra ukiran Palembang. Anda bisa mendaatangi daerah Jalan Faqih Jalaludin, Lorong fahrudin Kelurahan 19 Ilir, Kecamatan Bukit Kecil, Palembang.

Finishing Ukiran Palembang dengan Biovarnish Wood Stain

Melakukan finishing pada ukiran Palembang tidaklah sulit karena untuk mendapatkan warna dasar Anda bisa menggunakan Biovarnish Wood Stain. Pada umumnya ukiran Palembang dibutuhkan dua warna yaitu warna kayu natural gelap dan juga warna emas. Pada permasalahan kali ini akan diulas mengenai pemberian cat warna dasar kayu dengan Biovarnish Wood Stain.

Pertama yang harus Anda siapkan adalah furniture yang sudah dilengkapi dengan ukiran Palembang. Pastikan furniture sudah bersih, kering dan bebas dari debu amplas atau minyak kayu. Biasanya kayu tambesu tidak memiliki kadar minyak yang tinggi.

Lalu siapkan Biovarnish Wood Stain warna black, Biovarnish Wood Filler warna mahoni, cat kayu besi Orchid warna gold, dan terakhir adalah Biovarnish Clear Coat Gloss. Untuk peralatannya Anda membutuhkan amplas no. 240 dan 400, kuas halus dan juga lap kain yang bersih dan kering.

Agen Biovarnish Palembang

Cara mengecat furniture ukiran Palembang dengan Biovarnish:

  1. Aplikasikan Biovarnish Wood Fliier mahoni dengan pisau pallet ke seluruh permukaan kayu. Untuk bagian ukiran, Anda bisa mencampurkan wood filler dengan sedikit air kemudian usapkan ke seluruh permukaan ukiran hingga merata sambil ditekan. Tunggu kering sekitar 20 menit kemudian amplas dengan kertas amplas no. 240. Amplas hingga serat alam terlihat dan bersihkan debu amplas dengan kain.
  2. Campurkan Biovarnish Wood Stain Black dengan air perbandingan 2 bahan : 1 air. Aduk hingga rata kemudian oleskan keseluruh permukaan kayu searah serat jangan lupa pada bagian lekukan ukiran harus terkena hingga rata. Tunggu kering tanpa dijemur pada panas matahari sekitar 60 menit. Amplas dengan kartas amplas no. 400 hingga halus dan Anda bisa mengaplikasikan cat sekitar 2 hingga 3 kali hingga didapatkan warna yang sesuai.
  3. Campurkan cat kayu besi Orchid warna gold dengan air perbandingan 4 bahan : 1 air kemudian aduk hingga rata. Lakukan pengecatan khusus pada ukiran saja dengn kuas berukuran kecil dan halus. Anda bisa mengikuti lekukan untuk hasil yang rata dan juga halus. Tunggu kering sekitar 60 menit.
  4. Campurkan Biovarnish Clear Coat Gloss dengan air perbandingan 2 bahan : 1 air kemudian aduk hingga rata. Aplikasikan keseluruh bagian furniture dengan kuas searah serat kayu. Kemudian Anda bisa tunggu sekitar satu malam dan furniture siap untuk digunakan atau dipasarkan.

Kualitas Ukiran dengan Cat Kayu Biovarnish

Jika melihat dari segi kualitas furniture yang telah di finishing dengan Biovarnish Wood Stain ini maka akan terlindung dengan baik. Perlindungan cat water based Biovarnish berbeda dengan cat water based pada umunya terlebih cat solvent.

Cat yang juga dapat digunakan untuk furniture outdoor ini memiliki katahanan terhadap cuaca, kelembapan, panas, rayap dan juga jamur. Kandungan dalam Biovarnish sudah lengkap dengan anti jamur dan anti rayap. Terlebih lagi cat kayu besi Orchid yang juga dilengkapi dengan anti karat.

Selain perlindungan, kualitas tampilan ukiran Palembang juga akan meningkat. Warna natural yang tajam dan warna gold yang terang serta rata ini akan berbeda dibandingkan dengan cat lainnya. Lapisan film proteksi baik dan tampilan juga menarik.

Mengapa Menggunakan Biovarnish Wood Stain?

Warna kayu asli sudah menarik, tetapi lebih menarik lagi jika Anda menggunakan lapisan wood stain. Tujuannya adalah untuk mempertajam warna kayu sekaligus tidak membuatnya mudah memudar. Ketika Anda meletakkan furniture di luar ruangan, otomatis lapisan coating yang pertama kali terkena sinar matahari. 

Inilah tujuan agar warna kayu asli terlindungi dan tetap tajam dengan adanya wood stain. Hal yang sama berlaku ketika Anda menggunakan Orchid untuk warna emas pada furniture Palembang. Baik itu Biovarnish dan cat kayu besi Orchid sama-sama produk cat yang menggunakan bahan pelarut air. 

Selain itu keduanya juga memberikan perlindungan pada furniture kayu apapun termasuk ukiran Palembang. Apa saja perlindungan yang diberikan sehingga Anda harus menggunakan Biovarnish wood stain? Berikut ini macam-macam perlindungannya. 

  • Mengandung bahan anti jamur

Biovarnish wood stain adalah produk yang memiliki kandungan anti jamur. Sehingga furniture yang dilapisi dengan produk ini akan mendapatkan perlindungan lebih. Anda tidak perlu khawatir meskipun furniture diletakkan pada ruangan yang lembab, karena jamur akan dicegah pertumbuhannya. 

Jenis jamur yang paling serang menyerang furniture tidak lain adalah jamur permukaan. Ketika menyerang, jamur berbentuk seperti serabut putih yang lama kelamaan akan berubah menjadi warna hitam. Inilah yang akan dicegah oleh Biovarnish. 

  • Perlindungan dari sinar matahari

Ketika matahari mengenai kayu, kerusakan pertama kali yang ditimbulkan adalah warna yang mulai memudar. Warna kayu yang tadinya gelap, akan menjadi lebih terang begitu juga sebaliknya. Namun jika lemari Palembang Anda sudah dilapisi dengan Biovarnish wood stain maka perlindungan akan sinar matahari akan didapatkan. 

Warna dari stain bisa bertahan lama walaupun Anda meletakan lemari yang sering terekspos sinar matahari. Apalagi jika memberikan tambahan lapisan Biovarnish clear coat yang berfungsi sebagai pernis.

  • Lebih tahan goresan

Biovarnish wood stain memberikan lapisan yang cukup tebal dan harus dilapisi dengan clear coat. Jika Anda memberikan lapisan clear coat gloss maka permukaan lemari akan lebih tahan terhadap goresan. Dengan adanya coating yang melindungi dari goresan membuat lemari bisa memiliki tampilan yang lebih tahan lama. 

Anda bisa mendambakan furniture yang memiliki permukaan coating tidak perlu refinishing dalam jarak waktu yang dekat. 

  • Memberikan warna yang lebih tajam

Lemari akan memiliki tampilan yang lebih menarik dengan lapisan wood stain. Warna tajam natural kayu bahkan walaupun Anda menggunakan kayu dengan warna berbeda, wood stain bisa memunculkan warna yang lebih menarik. 

Ketajaman warnanya memperlihatkan kesan kayu lebih kuat. Selain tajam tampilan serat kayu lebih transparan. Dengan begitu lemari bisa terlihat lebih antik. 

  • Tidak menimbulkan bau menyengat

Satu hal yang diberikan oleh Biovarnish wood stain adalah bahan pelarutnya air yang membuatnya tidak memiliki bau menyengat. Dengan begitu perlindungan tak hanya diberikan pada kayu tetapi juga aplikatornya. 

Cat yang bau menyengat selalu memiliki kandungan bahan formalin dan lain sebagainya yang termasuk logam berat. Ketika manusia menghirup bahan tersebut sangat berbahaya bagi kesehatan. Oleh karena itu akan lebih baik jika menggunakan cat yang tidak menimbulkan bau. 

Biovarnish wood stain bukan hanya untuk mempercantik lemari ukiran saja tetapi juga untuk membuat lemari menjadi terlindungi. Tujuannya adalah supaya lemari memiliki penampilan yang lebih tahan lama. 

Cari Artikel Berdasarkan Judul

——– About Biovarnish !!! ——–

Biovarnish

——– Biovarnish on Tokopedia ——–

——– Biovarnish on Bukalapak ——–

——– Biovarnish on Shopee ——–

——– BioCide on Tokopedia ——–

Anti Rayap Jamur Kayu Terbaik

——– Official Web BioIndustries ——–

Artikel "Featured"

Youtube Channel

Logo Biopaint

About Us

CAT KAYU merupakan website yang memuat artikel tentang finishing menggunakan cat plitur dan pernis kayu, perawatan, serta pencegahan furniture kayu dari kerusakan.

Biovarnish merupakan bahan finishing kayu berbahan dasar water-based acrylic dengan sistem aplikasi oles atau kuas, digunakan untuk finishing kayu interior / exterior seperti interior & eksterior furniture, wood building (gazebo, door, wall, pergola, pagar), toys and craft, yang aman dan ramah lingkungan.

Telp / WhatsApp : Klik Disini

©2015 - 2021 catkayu.com - All Right Reserved.