Biovarnish Wood Filler : Pengertian, Keuntungan dan Cara Aplikasinya

Apakah Anda pernah mendengar fungsi bahan finishing yang disebut dengan wood filler? Bahan ini tidak jauh berbeda dengan dempul yanitu berbentuk sedikit padat. Warna dari wood filler pun disesuaikan dengan warna jenis kayu yang digunakan karena wood filler adalah dempul kayu yang dibutuhkan khsusnya untuk finishing warna natural. Wood filler yang telah selesai diaplikaskan akan menimbulkan warna kayu yang juga transparan sehingga tidak akan menutup serat kayu. Sedangkan dempul untuk warna solid biasanya akan menutup warna kayu dan juga merusak seratnya.

Lalu apakah fungsi dari wood filler dan apakah merk wood filler yang menarik? Untuk produk wood fille yang direkomendasikan adalah produk merk Biovarnish Wood Filler water based. Mengapa water based karena produk berbasis air telah gencar digunakan di masyarakat menggantikan kedudukan finishing berbahan dasar solvent.

Nah untuk fungsi dari Biovarnish Wood Filler ada dua yaiu:

  1. Mengisi pori-pori

Fungsi utama Wood Filler adalah menutup pori-pori . Serat alam selalu memiliki pori yang nantinya akan dijadikan rumah oleh rayap. Menghindari hal tersebut wood filler menjadi alternatif cara yang sangat efektif untuk menutup pori kayu.

  1. Memperbaiki tampilan cacat

Tak hanya pori-pori kayu saja yang akan diatasi tetapi cacat pada permukaan kayu yang disebabkan oleh berbagai macam alasan. Jika Anda ingin hasil finishing yang mulus dan rata maka gunakan Biovarnish Wood Filler sebulum Anda melakukan pengecatan.

Apa Itu Biovarnish

Bovarnish merupakan merk cat pewarna kayu yang memiliki banyak varian bedasarkan fungsinya. Jika Anda menanyakan sebenarnya apakah Biovarnish Wood Filler itu? Bedakah dengan dempul? Dempul adalah bahan yang digunakan untuk menutup bagian cacat pada material yang akan difinishing. Fungsinya yang menghasilkan bidang metarial ini sangat penting. Sedangkan untuk Wood Filler sendiri digunakan untuk finishing kayu yang akan memberikan hasil halus dan rtaa. Jadi bisa dikatakan, Biovarnish Wood Filler termasuk dalam katagori dempul karena dempul ini memiliki banyak macam seperti dempul plastik, dempul besi, dempul duco.

Bahkan hasil dari Biovarnish Wood filler lebih dikhususkan untuk finishing warna natural saja. Jika untuk finishing warna solid atau duco maka Anda membutuhkan dempul duco yang lebih dikenal dengan wood putty. Produk Biovarnish Wood Filler berbeda dengan dempul kayu lainnya karena berbasis air yang tidak mengandung bahan kimia berbahaya.

Untuk pilihan dari Biovarnish Wood Filler ada 3 dengan pembagian sebagai berikut:

  1. Biovarnish Wood Filler Ramin

Warna ramin pada Biovarnish adalah warna terang sangat cocok bagi trend kayu saat ini yaitu jati belanda. Warna ramin sangat terang bahkan cenderung kekuningan sehingga sangat cocok digunakan untuk kayu berwarna terang seperti jati belanda, pinus, kayu mangga, kayu albasia, kayu ulin atau yang lainnya.

  1. Biovarnish Wood Filler Jati

Warna kayu jati tidak hanya cocok digunakan untuk material kayu jati. Anda bisa menggunakan Biovarnish Wood Filler untuk jenis kayu yang memiliki warna cokelat muda seperti kayu bengkirai, kayu kamper dan kayu sungkai.

  1. Biovarnish Wood Filler Mahoni

Warna kayu mahoni bisa dibilang cukup laris. Kayu mahoni yang kemerahan mampu menimbulkan kesan eksotis terlebih lagi jika Anda menggunakannya pada furniture di ruang keluarga maupun ruang makan. Warna kemerahan ini akan memberikan kesan hangat sehingga penghuni ruangan akan lebih betah.

Cara Penggunaan Biovarnish Wood Filler Yang Tepat

Bagaimana dengan cara aplikasi Biovarnish Wood Filler? Apakah sulit dan sama dengan langkah aplikasi dempul pada umunya? Cara aplikasinya lebih mudah dan Anda bisa mengikuti langkah-langkah berikut ini:

  1. Bersihkan kayu atau material serat alam yang akan Pastikan material kayu sudah bersih atau selesai diamplas sehingga siap untuk difinishing. Pastikan kayu memiliki MC 12% atau kering benar.
  2. Cara pertama Anda bisa menggunakan pisau pallet dan aplikasikan Biovarnish Wood Filler ke seluruh permukaan searah serat kayu. Jika sudah rata tunggu kering sekitar 20 menit. Cara kedua adalah dengan dicampur sedikit air dan diaduk hingga rata. Oleskan wood filler ke seluruh permukaan kayu hingga rata dengan kain katun bersih. Usapkan secara memutar searah serat agar seluruh pori terisi dengan baik. Lalu tunggu sekitar 20 menit.
  3. Apabila wood filler telah masuk dan kering benar maka Anda bisa melakukan pengamplasan dengan kertas ampals alumunium oxide no. 240. Amplas hingga halus dan serat kayu terlihat jelas. Jika masih banyak cat kayu Anda bisa mengaplikasikan Biovarnish Wood Filler hingga lubang cacat tertutup dengan rata.
  4. Jika aplikasi sudah selesai Anda bisa melanjutkan dengan aplikasi cat.

Kelebihan Biovarnish Wood Filler

Jika dilihat dari pilihan jenis Biovarnish Wood Filler dan cara aplikasinya produk ini sangat mudah dan juga tidak membutuhkan seorang ahli maupun tukang untuk melakukannya. Pertanyaan selanjutnya atau yang menjadi bahan pertimbangan selanjutnya biasanya adalah apakah produk dempul kayu ini berkualitas? Jika Anda ragu Anda bisa membandingkannya dengan produk dempul water based lainnya. Apakah mulai dari cara aplikasi mudah? Untuk lebih lengkapnya. Produk Biovarnish Wood Filler menjanjikan kualitas berikut ini.

1. Tidak Peeling

Permasalahan dempul mudah peeling atau mengelupas biasanya menjadi sorotan. Apabila dempul mudah peeling maka Anda akan boros menggunakan dempul dan berpengaruh pada budget finishing. Biovarnish dempul wood filler tidak akan mudah peeling pada saat pengamplasan . Ini menandakan bahwa demeul memiliki daya rekat atau daya tutup yang baik pada material kayu.

2. Mudah Diamplas

Kemudahan amplas ini akan berpengaruh pada lama aplikasi dan juga hasil. Dempul yang tidak mudah diamplas menandakan bahwa tidak merekat dengan baik bahkan formulanya kurang baik untuk dempul. Anda akan membutuhkan waktu yang lama untuk mengamplas untuk mendapatkan hasil yang halus. Dempul Biovarnish Wood Filler sangat mudah dan ringan untuk dimplas. Anda akan cepat mendapatkan hasil yang halus dan rata dalam waktu singkat.

3. Dapat Diaplikasikan Dengan Mudah

Anda bisa mengaplikasikan dengan mudah baik dengan pisau pallet maupun dengan kain katun yang bersih dan juga kering. Kedua cara tersebut dapat menyesuaikan bidang material. Apabila Anda mendapati bidang yang luas Anda bisa mengaplikasikan dengan pisau pallet sedangkan jika bidang kayu kecil maka Anda bisa mengaplikasikannya dengan  kain katun.

4. Aman dan  Ramah Lingkungan

Kebanyakan dempul mengeluarkan bau yang menyengat. Anda bisa melihatnya dari dempul dinding atau yang sering disebut dengan plamir. Karena bahan yang diganakan adalah air, Biovarnish Wood Filler tidak mengeluarkan aroma pengap yang akan mempengaruhi kesehatan. Ini juga dipenguruhi bahan yang digunakan tidak mengandung toxic.

5. Cepat Kering

Dengan waktu hanya 20 menit saja, Biovarnish Wood Filler akan cepat kering. Tidak seperti dempul lainnya yang membutuhkan waktu lebih lama sekitar 1 jam untuk proses pengamplasan. Bahkan Biovarnish Wood Filler tidak perlu dijemur untuk mendapatkan proses cepat kering.

Cari Artikel Berdasarkan Judul

——– About Biovarnish !!! ——–

——– Biovarnish on Tokopedia ——–

——– Biovarnish on Bukalapak ——–

——– Biovarnish on Shopee ——–

——– BioCide on Tokopedia ——–

Anti Rayap Jamur Kayu Terbaik

——– Official Web BioIndustries ——–

Artikel "Featured"

Youtube Channel

Logo Biopaint

About Us

catkayu.com merupakan website yang memuat artikel – artikel tentang finishing menggunakan cat kayu, perawatan, dan pencegahan furniture kayu dari kerusakan.

Biovarnish merupakan bahan finishing kayu berbahan dasar water-based acrylic dengan sistem aplikasi oles atau kuas, digunakan untuk finishing kayu interior / exterior seperti interior & eksterior furniture, wood building (gazebo, door, wall, pergola, pagar), toys and craft, yang aman dan ramah lingkungan.

Telp / WhatsApp : Klik Disini

©2015 - 2021 Cat Kayu - by DH

catkayu.com