Cara Finishing Rak Dapur Kayu Palet Warna Natural dengan Plitur Aman

Furniture palet masih menjadi unggulan di kalangan desainer furniture interior. Agar tampilan transparan indah lakukan finishing palet rak dapur. 

finishing rak dapur palet

Palet merupakan bahan dasar furniture yang sering digunakan bahkan masih menjadi sebuah trend di kalangan pecinta furniture. Salah satu yang dapat digunakan adalah rak dapur. Tampilan palet rak dapur akan memberikan kesan rustic pada dapur Anda. Tidak hanya digunakan untuk hunian bergaya rustic saja namun juga dapat digunakan untuk hunian rumah bergaya minimalis.

Untuk menampilkan warna alami pada palet, lakukan finishing palet rak dapur dengan benar. Tampilannya yang indah tentu akan menampah estetika dapur. Tidak hanya untuk menjaga tampilan rak dapur namun juga melindunginya dari debu, air, minyak atau kotoran yang berasal dari luar lainnya. Untuk mendapatkan hasil rustic, lakukan dan pilih warna yang benar.

Inspirasi Gaya Finishing Palet Rak Dapur

Terdapat beberapa inspirasi gaya finishing palet rak dapur yang bisa Anda tiru untuk diterapkan dan mempercantik nuansa dapur. Seperti apa saja? Mari intip gaya gaya finsihing yang ciamik dibawah ini:

√ Finishing Natural Minimalis

Anda pasti sudah sangat sering melihat tampilan rumah bergaya minimalis yang menggunakan palet kayu untuk rak di wilayah dapur. Pemanfaatan palet kayu untuk rak kayu memang sudah banyak diterapkan saat ini. Salah satu gaya finishing yang paling banyak digandrungi adalah gaya natural minimalis.

Anda hanya perlu menggunakan cat kayu transparan yang mampu menampilkan serat kayu dengan lebih menonjol. Kesan hangat dan unik akan langsung terasa di wilayah dapur setelah Anda menerapkan gaya ini pada palet rak kayu di dapur.

√ Finishing Rustic

Selain gaya finishing natural, tidak ada salahnya jika Anda juga mencoba gaya finishing rustic pada palet rak kayu. Anda tetap bisa menggunakan cat kayu natural transparan maupun cat duco untuk memperindah tampilannya.

Finishing Rak Dapur Palet

Namun, tentu saja hal pertama yang harus Anda lakukan adalah melakukan rustic pada palet kayu. Anda bisa menggunakan alat rustic berupa pisau kawat besi ataupun menggunakan gerinda. Hasil finishing rustic juga bisa Anda kombinasikan dengan finishing efek bakar.

√ Finishing Duco Tema Shabby Chic

Gaya finishing selanjutnya juga cocok digunakan untuk tema hunian minimalis. Terkhusus bagi Anda yang mengusung tema shabby chic di rumah. Dominasi warna putih akan membuat dapur Anda terlihat lebih luas dan lebih bersih.

Untuk mendapatkan tampilan minimalis seperti ini, Anda bisa menggunakan cat duco. Pilihlah warna putih yang akan membuat tampilan dapur menjadi lebih menarik sekaligus bersih. Nilai estetika pada dapur akan semakin meningkat dengan tampilan cantik dari rak palet kayu yang berpadu indah dengan tema dekorasi ruangan.

Pentingnya Memilih Bahan Finishing Aman untuk Palet Rak Dapur

Selain karena digunakan untuk memperindah tampilan dapur, palet rak juga digunakan karena fungsinya. Kerap menjadi tempat penyimpanan berbagai peralatan bahkan bahan baku untuk keperluan memasak. Alangkah berbahaya jika palet rak dapur tidak difinishing dengan menggunakan bahan yang aman.

Keamanan bahan finishing yang digunakan juga tentu saja akan berpengaruh pada kenyamanan Anda saat menggunakan palet rak kayu tersebut. Pastikan saat melakukan finishing, Anda menggunakan bahan yang terbaik dan aman untuk diaplikasikan. Alasan kesehatan Anda dan keluarga juga sangat penting untuk diperhatikan.

Efek Formaldehyde Pada Tubuh

Jangan sampai Anda menggunakan bahan finishing yang berbau menyengat yang tentunya berakibat buruk bagi kesehatan. Biasanya, cat berbau menyengat karena kandungan formaldehyde yang terkandung di dalamnya sangat tinggi. Selain itu, campuran thinner sebagai bahan pengencernya tentu semakin memperburuk kadar VOC yang semakin meningkat.

Akibatnya, sudah jelas akan terdapat bau menyengat yang sangat mengganggu saat Anda mengaplikasikan cat. Anda juga tetap akan mencium bau tersebut dalam kurun waktu yang cukup lama bahkan saat cat sudah dalam kondisi kering dan furniture sudah digunakan.

Maka sebaiknya, gunakanlah cat atau bahan finishing yang aman untuk diaplikasikan. Anda bisa mulai beralih ke cat water based yang lebih rendah VOC. Saat ini, sudah banyak merk cat water based yang diproduksi oleh beberapa perusahaan. Namun, tidak semuanya aman dan berani membuktikannya dengan sertifikat resmi. Sebagai rekomendasi, Anda bisa menggunakan cat water based dari Biovarnish.

Lakukan Finishing Palet Kayu dengan Cat Biovarnish

Selain memperhatikan keindahan palet, yang perlu diperhatikan adalah keamanan cat yang digunakan. Disarankan menggunakan cat water based yang aman dan ramah lingkungan. Untuk menggantikan fungsi plitur konvensional atau varnish berbahan dasar shellac gum, Anda bisa menggunakan cat water based dari Biovarnish.

Agar menghasilkan warna yang indah, lakukan langkah-langkah finishing palet rak dapur berikut :

1. Lakukan Persiapan

Sebelum palet diaplikasikan cat Biovarnish, alangkah baiknya jika diamplas terlebih dahulu. Gunakan kertas amplas alumunium oxyde nomor 240 lalu dilanjutkan dengan nomor 320. Pengamplasan dilakukan untuk menghilangkan debu, kotoran atau minyak yang masih tertempel di palet. Jangan lupa untuk membersihkan debu sisa pengamplasan.

Aplikasikan Cat Biovarnish

Aplikasikan cat Biovarnish Wood Stain atau Biovarnish Liquid Stain sesuai dengan warna yang sudah Anda pilih sebelumnya. Encerkan cat Biovarnish dengan air bersih pada perbandingan 2 bahan : 1 air bersih. Aplikasikan hingga merata ke seluruh permukaan palet lalu tunggu hingga mengering.

Tips Dan Teknik Mengecat Kayu Dengan Cat Solid Menggunakan Kuas - Cara Menguas Kayu

Lakukan pengamplasan secara ambang dengan menggunakan amplas alumunium oxyde nomor 400. Lalu jika hasilnya belum merata atau warnanya belum sesuai harapan, Anda bisa mengulangi pengecatan.

2. Aplikasikan Sanding Sealer

Cat Pelapis Kayu Biovarnish Sanding Sealer

Untuk memperindah tampilan finishing, Anda bisa menggunakan Biovarnish Sanding Sealer. Cara aplikasinya sama seperti saat Anda mengaplikasikan cat Biovarnish. Sanding Sealer akan membantu mengunci warna cat dan membantu Clear Coat memberikan hasil yang lebih maksimal.

3. Aplikasikan Clear Coat atau Pernis Kayu

Agar hasil akhir finishing semakin menawan, Anda bisa mengaplikasikan Biovarnish Clear Coat. Cara aplikasinya sama dengan Stain dan Sanding Sealer. Hanya saja, Anda perlu menunggu dan mengeringkannya dengan cara mendiamkannya di ruangan terbuka selama 24 jam.

Sudahkah Lantai Kayu Anda Menggunakan Biovarnish Sanding Sealer - Biovarnish Clear Coat

Anda tidak perlu melakukan penjemuran dibawah sinar matahari langsung. Cukup dengan mendiamkannya di dalam ruangan dengan ventilasi ruangan yang cukup baik. Tunggu hingga kering maksimal dan rak palet dapat digunakan pada dapur.

Keunggulan Cat Biovarnish untuk Palet Rak Dapur

Aplikasi di atas menggunakan cat water based yang memiliki kandungan VOC yang sangat rendah bahkan dibawah rata-rata keamanan. Biovarnish cocok diaplikasikan pada media kayu solid, mdf, tripleks, bambu, enceng gondok atau rotan.

Ingin Anyaman Bambu Tampak Natural Gunakan Cat Kayu Yang Bagus Dan Tahan Lama - Biovarnish

Bahkan bahan-bahan yang digunakan merupakan bahan yang sesuai dengan standarisasi keamanan dan kesehatan bahan kimia dari Uni Eropa ECHA Reach Regulation Compliance dan kandungan VOC jauh di bawah ambang batas yang ditetapkan oleh US-Enviromental Protection  Agency (EPA).

Untuk menghindari dari serangan atau jamur pada rak palet, alangkah baiknya palet yang belum dipola direndam ke dalam air yang sudah dicampur BioCide Insecticide dan BioCide Wood Fungicide hingga 1 sampai 2 jam. Kemudian, angkat palet tunggu hingga kering sampai bisa digunakan untuk dipola menjadi furniture.

Demikian ulasan singkat mengenai finishing palet rak kayu, semoga memudahkan Anda dalam aplikasi agar hasil akhir palet rak dapur dengan tampilan menawan.

Cari Artikel Berdasarkan Judul

——– About Biovarnish !!! ——–

——– Biovarnish on Tokopedia ——–

——– Biovarnish on Bukalapak ——–

——– Biovarnish on Shopee ——–

——– BioCide on Tokopedia ——–

Anti Rayap Jamur Kayu Terbaik

——– Official Web BioIndustries ——–

Artikel "Finishing Kayu"

Youtube Channel

Logo Biopaint

About Us

catkayu.com merupakan website yang memuat artikel – artikel tentang finishing menggunakan cat kayu, perawatan, dan pencegahan furniture kayu dari kerusakan.

Biovarnish merupakan bahan finishing kayu berbahan dasar water-based acrylic dengan sistem aplikasi oles atau kuas, digunakan untuk finishing kayu interior / exterior seperti interior & eksterior furniture, wood building (gazebo, door, wall, pergola, pagar), toys and craft, yang aman dan ramah lingkungan.

Telp / WhatsApp : Klik Disini

©2015 - 2021 Cat Kayu - by DH

catkayu.com