You are currently viewing Furniture dari Palet Kayu Bekas, Tetap Berkualitas dan Artistik

Furniture dari Palet Kayu Bekas, Tetap Berkualitas dan Artistik

Palet kayu bekas juga bisa dimanfaatkan menjadi furniture dengan kualitas terbaik. Ada penambahan nilai artistik yang diperoleh dari pemanfaatan palet kayu bekas untuk bahan furniture.

Pemanfaatan limbah berupa palet kayu bekas ini juga dapat menjadi upaya pengolahan limbah untuk menjadi produk dengan kualitas tinggi. Meningkatkan nilai jual adalah salah satu hal yang dapat dicapai melalui hal ini.
​ Furniture Menarik dan Berkualitas dengan Harga Terjangkau dari Kayu Palet

Memiliki furniture dengan tampilan yang menarik dan kualitas terbaik biasanya cenderung dibanderol dengan harga tinggi. Jenis kayu yang digunakan untuk mendapatkan kualitas furniture terbaik tentu menjadi perhatian sekaligus pertimbangan utama.

Namun, Anda juga bisa mendapatkan furniture dengan tampilan menarik namun harganya terjangkau. Salah satu alternatifnya adalah dengan menggunakan palet kayu bekas sebagai bahan baku furniture.

Anda bisa melakukan daur ulang pada palet kayu untuk dijadikan furniture. Memilih kayu palet sebagai bahan furnitur akan menghemat biaya produksi yang dikeluarkan untuk membeli material kayu solid yang biasa digunakan.

Tampilan yang lebih artistik juga bisa diperoleh dengan mudah pada pemakaian palet kayu sebagai material furniture. Bentuk paletnya akan menjadi ciri khas unik tersendiri yang membuat tampilan furniture semakin menarik.
Anda juga bisa melapisinya dengan menggunakan warna cat yang disesuaikan dengan tema ruangan. Pemilihan warna cat juga bisa disesuaikan dengan kebutuhan serta menyelaraskan dengan kondisi hunian.

​ Palet Kayu Beserta Keunggulan dan Kelemahannya

Palet kayu adalah rangkaian kayu yang disusun membentuk peti atau alas untuk tumpukan barang. Tujuan dari penggunaan palet kayu adalah untuk melindungi barang kiriman agar lebih aman, tidak mudah rusak dan pecah atau mengalami perubahan bentuk saat proses pengiriman.

Baca Juga :  Belajar Teknik Aplikasi Cat Kayu Kuas untuk Furniture Berbahan Rotan

Secara umum, jenis kayu yang digunakan adalah kayu dari pohon rambutan. Namun ada pula material lain yang kerap digunakan yaitu dari material Medium Density Fiberboard (MDF). Penggunaan palet kayu sering ditemukan pada berbagai industri atau pada kawasan pergudangan, industri delivery, pasar, dan supermarket. Beberapa sektor tersebut sering melakukan pengiriman produk dalam skala besar dan harus dipastikan keamanannya.

Selain menawarkan kelebihan, palet kayu juga tidak luput dari kekurangan. Simak penjelasannya berikut ini.

​ Kelebihan Kayu Palet

  • Palet kayu mudah ditemukan dan harganya lebih ekonomis dibandingkan kayu solid.
  • Bobot dari palet kayu lebih ringan dibandingkan kayu solid. Meski ringan, namun bisa digunakan untuk menahan bobot yang berat
  • Lebih mudah untuk dipindah dan juga mudah dibentuk
  • Memiliki tampilan menarik
  • Sangat cocok digunakan untuk hunian dengan tema rustic

Kekurangan Kayu Palet

  • Bentuknya tidak terlalu rata karena merupakan limbah dan barang bekas pakai
  • Untuk finishing, perlu menggunakan cat antirayap agar lebih awet dan bisa digunakan lebih lama
  • Ukuran palet biasanya cenderung kecil, kurang cocok untuk digunakan sebagai material mebel dengan ukuran besar​

Memilih Furniture dari Palet Kayu Bekas

Memutuskan untuk menggunakan palet kayu bekas sebagai bahan baku furniture merupakan pilihan yang tepat, karena turut memelihara kelestarian lingkungan dan mengurangi limbah. Namun, penting juga untuk Anda memperhatikan bagaimana kualitas furniture yang nantinya diperoleh dari pengolahan palet bekas tersebut.

Agar kualitas furniture tetap terjaga dengan baik, Anda perlu menerapkan beberapa tips berikut ini.

  • Cermati dengan baik furniture yang akan dibuat atau dibeli, pastikan permukaan furniture rata dan tidak ada lubang. Hal ini dapat menjadi acuan awal untuk memastikan penggunaan mebel dari palet kayu dapat bertahan lebih lama.
  • Pilih furniture yang sesuai dengan desain interior rumah Anda agar lebih tepat. Karena tampilan dari furniture berbahan dasar palet kayu bekas cenderung tampak artistik dengan kesan rustic atau industrial.
  • Pastikan furniture yang Anda pilih telah melalui proses finishing yang tepat dan optimal, sehingga tampilannya lebih menarik dan hasil finishingnya juga dapat bertahan lebih lama.
  • Ketahui range harga dari furniture berbahan dasar palet kayu, sehingga saat melakukan pembelian Anda tidak mudah terkecoh apalagi sampai mendapat harga yang lebih mahal.
Baca Juga :  Tips Natural Coating Furniture Rotan yang Aman, Mudah dan Cepat

Merawat Furniture Palet Kayu

Perawatan tentu menjadi hal penting yang harus dilakukan dengan rutin dan tepat, karena cara merawat furniture ini saat digunakan akan menjadikannya lebih awet dan tahan lama. Ada beberapa cara yang dapat dilakukan untuk merawat furniture dari palet kayu bekas, di antaranya:

  • Rutin bersihkan permukaan furniture menggunakan kain lap bersih yang teksturnya lembut, agar selalu bersih dan terhindar dari kotoran maupun debu yang bisa menjadi asal mula munculnya jamur maupun organisme pengganggu lainnya.
  • Poles furniture dengan produk perawatan alami agar tampak mengkilap dan berkilau alami seperti baru. Anda bisa mengandalkan produk Biopolish untuk kebutuhan ini.
  • Tempatkan mebel di dalam ruangan, sebaiknya jauhkan dari paparan sinar matahari langsung agar tidak mudah berubah warna maupun tekstur kayunya.
  • Lapisi permukaan furniture dengan cat antirayap agar mebel lebih tahan dan terlindungi dari serangan rayap meski sering digunakan. Anda bisa menggunakan cat Biovarnish untuk kebutuhan pengecatan dengan hasil natural. Atau bisa juga melapisinya dengan menggunakan cat Bioduco atau Orchid Enamel Paint untuk mendapat hasil tampilan solid.