Meja Kecil Nyaman dan Aman untuk Buah Hati

    21
    Meja Kecil Nyaman dan Aman untuk Buah Hati

    Membeli furnitur untuk kamar anak memperkenalkan satu lagi masalah lingkungan dan kesehatan. Furnitur seperti tempat tidur, meja kecil untuk belajar dan kursinya terbuat dari kayu atau bahan sintetis atau beberapa kombinasi. Kemudian perabotan biasanya dicat atau diwarnai dengan berbagai bahan, yang biasanya tinggi dalam kandungan VOC dan racun lainnya.

    Satu zat beracun yang menjadi perhatian khusus adalah formaldehida. Formaldehyde digunakan sebagai bahan lem atau perekat, di tirai atau kain agar tahan lama lainnya Digunakan juga untuk membuat produk kayu yang ditekan seperti papan partikel, plywood, panel dan papan serat. Anda tidak perlu menyentuh formaldehida untuk terkenanya namun kita menghirupnya saat gas tersebut masuk ke udara. Formaldehida adalah karsinogen yang dikenal dan hanya menghirup asap dapat menyebabkan iritasi pada kulit, mata, hidung dan tenggorokan.

    Toksin lain yang biasa ditemukan dalam busa furnitur, seperti di sofa dan kasur, adalah PBDE (Polybrominated Diphenyl Ethers). PBDE digunakan sebagai penahan api dan juga dapat ditemukan di televisi, komputer dan isolasi kawat. PBDE ditumpahkan sebagai debu, dan kemudian kita menyentuh atau menelannya. Mereka telah dikaitkan dengan kerusakan hati dan ginjal dan dapat mempengaruhi otak dan perilaku. Menurut Pusat Pengendalian dan Pencegahan Penyakit, tingkat tertinggi PBDES telah ditemukan pada bayi dan balita.

    Memilih Meja Kecil untuk Kamar Anak

    Untuk mengurangi paparan racun pada anak Anda, pilih meja kecil kayu yang solid dan belum dilakukan pengecatan. Bahan furnitur lainnya, seperti papan partikel, MDF (papan serat kepadatan sedang) dan pelapis kayu, banyak dan murah. Tapi mereka sering dijual dengan murah (memastikan Anda harus membeli perabot baru di masa depan), dan mereka terdiri dari bahan beracun yang dapat mematikan yaitu VOC dan formaldehida. Jika Anda tidak mampu membeli kayu solid, furnitur MDF yang bebas formaldehida bisa menjadi pilihan yang baik untuk Anda. Meja kecil dengan plywood  dapat memiliki bantalan busa dan bahan sintetis sehingga fokus pada produk yang dibuat dengan bahan alami seperti katun organik atau wol.

    • Cat dan Pernis
    CS Biovarnish

    Ketika anak Anda sedang belajar di atas meja kecil, Anda tidak perlu khawatir tentang apa yang ia hirup dari cat atau noda di atasnya. Perhatikan apa yang digunakan untuk finishing furnitur anak Anda. Furnitur yang khas dilapisi dengan cat VOC tinggi dan bahan berhaya lainnya akan memiliki ciri mengeluarkan aroma yang menyengat sangat menusuk hidung. Carilah opsi cat berbasis air yang tidak beracun seperti Biovarnish atau cat Orchid yang sudah terjamin rendah kandungan VOC. Jika Anda membeli furnitur bekas atau antik, waspadai cat mengandung timah. Timbal dapat muncul  bahkan dalam partikel debu halus jadi gunakan kehati-hatian saat refinishing atau bahkan pengecatan ulang furnitur yang lebih tua.

    • Solusi Penyimpanan Aman

    Selain meja, eletkan tempat penimpanan mainan anak juga dibutuhkan. Anda bisa menggunakan berbagai macam kotak mainan di toko-toko dengan harga murah. Namun sebaiknya waspadai itu terlebih yang terbuat dari plastik. Sebaiknya Anda memilih bahan natural seperti dari keranjang anyaman daun pisang atau dari rotan. Bahkan tempat sampah kanvas, kain atau kotak kulit menjadi pilihan yang aman.

    Sejumlah faktor lain harus dipertimbangkan ketika memilih furnitur meja kecil untuk kamar anak dan rumah:

    Barang Lokal – Memilih furnitur yang diciptkan tidak jauh dari rumah Anda dan dari terbuat kayu yang dipanen secara lokal memastikan bahwa pembelian Anda akan memiliki dampak yang cukup besar di bumi dengan meminimalkan sumber daya yang diperlukan untuk mengangkut potongan. Dan Anda akan mendukung bisnis lokal.

    Meja Kecil Daur Ulang – Jika memungkinkan, pilih furnitur kayu yang terbuat dari kayu yang bisa diselamatkan atau didaur ulang. Tidak ada pohon yang harus ditebang untuk membuatnya dan Anda mendapatkan semua manfaat dari kayu alami.

    Meja Kecil Nyaman dan Aman untuk Buah HatiDibuat dengan Baik – Jika Anda memilih furnitur yang dibuat dengan baik, kemungkinan Anda akan bertahan seumur hidup. Anda akan membantu planet ini dengan tidak harus menebang lebih banyak pohon untuk menggantikannya dan Anda akan membantu dompet Anda.

    FSC-certified – The Forest Stewardship Council menyatakan kayu yang berasal dari hutan yang dikelola secara bertanggung jawab bisa Anda gunakan untuk mencegah penggunaan material dari penebangan hutan tidak berizin.

    Bekas / Antik – Memilih furnitur bekas atau antik adalah pilihan yang paling ramah lingkungan karena mengurangi jumlah pohon yang harus ditebang. Pastikan saja furnitur sesuai dengan standar keselamatan saat ini, terutama dalam tempat tidur anak.

    Menggunakan Cat Kayu Besi Orchid untuk Meja Kecil

    Seperti yang telah dikatakan bahwa penggunaan bahan finishing yang tepat akan sangat mempengaruhi. Anda bisa menggunakan cat kayu besi Orchid yang termasuk produk cat water based. Warna yang disediakan akan disukai oleh anak Anda seperti merah, biru, kuning dan lain sebagainya. Sebagai meja kecil anak maka warna terang akan lebih menarik dan tentu saja warna yang akan menutup serat dan warna kayu asli.

    Cat kayu besi Orchid adalah pilihan yang tepat jika Anda akan menggunakan pada kamar anak. Hasil finishing adalah semi gloss sehingga memudahkan para orang tua membersihkannya dari debu dan juga goresan yang tidak akan terlalu tampak. Untuk mengaplikasikan cat kayu besi Orchid Anda memerlukan dua produk lain yaitu BioColours primer coat dan BioColours Top coat.

    Apabila Anda ingin mendapatkan tampilan meja yang tidak mengkilap maka Anda bisa menggunakan BioColours Top Coat matte. Berikut ini langkah-langkah mudah aplikasinya.

    • Pastikan meja kayu memiliki warna asli kayu. Jika Anda akan mengecat ulang hilangkan lapisan cat yang lama terlebih dahulu. Selanjutnya lakukan pengamplasan untuk memperhalus permukaan meja dan membuka pori kayu, Anda bisa menggunakan amplas 150.
    • Lapisan pertama BioColours Primer coat, campurkan dengan air terlebih dahulu kemudian aduk hingga rata dan semprotkan secara merata ke seluruh permukaan kayu.Tunggu lapisan kering dan lanjutkan dengan pengamplasan ambang menggunakan amplas 400. Berishkan debu pengamplasan.
    • Lapisan kedua jika warna dari serat kayu dan warna kayu tertutup maka Anda bisa mengaplikasikan cat kayu besi Orchid. Campurkan Orchid dengan air perbandingan 4 bahan : 1 air lebih banyak dibandingkan air. Anda bisa menggunakans endok untuk menakar. Lalu oleskan dengan kuas busa satu arah ke seluruh permukaan kayu hingga rata.Tunggu lapisan kering dan amplas dengan amplas 400. Lapisan warna biasanya belum terlalu memunculkan warna maka Anda bisa mengulangi langkah ini hingga 3 atau 4 kali.
    • Lapisan akhir adalah BioColours top coat. Campurkan top coat dengan air dan aduk rata. Semprotkan untuk hasil yang halus dan Anda bisa menunggu kering lapisan akhir selama 24 jam. Pastikan Anda tidak melakukan penjemuran di semua tahapan.